Desain Rumah Dan Ruang Usaha (Ruko/Rukan) 2 Lantai

Pada posting artikel kali ini, saya akan melanjutkan artikel sebelumnya yang membahas tentang: Desain Rumah Dan Ruang Usaha (TOKO) 1 Lantai. Pada artikel yang lalu saya sudah menuliskan tentang proses merencanakan dan pembagian ruang pada rumah yang juga difungsikan sebagai ruang usaha.

Merencanakan rumah yang juga difungsikan sebagai ruang usaha (kantor, toko, wartel, warnet, kios, dsb) sebaiknya dilakukan pada saat proses pra-rencana. Bekerjasamalah dengan arsitek, ungkapkan semua ide yang ingin anda lihat pada rumah dan ruang usaha (ruko/rukan) anda. Mintalah gambar presentasi 3d untuk melihat seperti apa bentuk, susunan ruang dan tampilan rumah anda nantinya.

Pastikan desain rumah dan ruang usaha (ruko/rukan) anda sudah fix dan sesuai seperti yang anda inginkan, baru kemudian anda masuk pada tahapan konstruksi. Pada tahap konstruksi atau pembangunan rumah idealnya tidak ada revisi yang terlalu signifikan. Bila ada sesuatu masalah yang memang tak bisa dihindari dan harus merubah gambar teknis yang sudah direncakanakan semula, pastikan perubahannya dituangkan dalam as built drawing.

As built drawing berguna jika suatu saat anda harus melakukan perawatan pada elemen bangunan yang rusak, misalnya: floor drain, instalasi kabel, kelistrikan, dsb. Jika rumah anda anda berada dipinggir jalan, sebaiknya lebih berhati-hati. Perhatikan apakah ada instalasi listrik, plumbing, atau telfon yang ditanam dibawah tanah? Ini penting jika suatu saat ada pekerjaan galian (biasanya pekerjaan ini berasal dari Dinas PU, Tata kota, dsb) disekitar rumah anda, sampaikan pada pihak yang melakukan pekerjaan galian bahwa disekitar rumah anda terdapat instalasi yang mungkin akan terganggu akibat pekerjaan mereka.

Berbagai Jenis Ruang Usaha Dirumah

Ada banyak sekali jenis usaha yang bisa dilakukan dari rumah, untuk anda para wanita mungkin usaha seperti: warung makan, tailor, permak jeans, butik kecil, praktek dokter, bakery dan ice cream, dsb adalah jenis usaha yang bisa anda jalankan dari rumah. Sementara bagi para pria biasanya menjalankan usaha konsultansi, arsitek, notariat, programmer, desainer interior, broker, dsb.

Dari sekian banyak jenis usaha yang sudah disebutkan diatas, bukan tidak mungkin bila sebuah rumah digunakan untuk menjalankan beberapa jenis usaha. Atau bisa jadi sang suami menjalankan usaha dirumah sebagai konsultan dan sang istri sebagai dokter gigi. Bayangkan rumah anda harus direncanakan dan ditata sedemikian rupa agar sesuai dengan 2 jenis usaha yang dijalankan.

Berikut ini adalah area atau wilayah didalam rumah yang bisa anda bagi dan gunakan berdasarkan jenis-jenis usaha yang akan dijalankan:

  • Carport dapat anda manfaatkan sebagai wartel/warnet/cyber café atau kantn makan.
  • Garasi dapat anda manfaatkan sebagai distro atau factory outlet
  • Mezzanine diloteng (loft) dapat anda manfaatkan sebagai studio desain arsitek
  • Pavilliun dapat anda manfaatkan sebagai galeri seni
  • Jika rumah+ruang usaha (ruko/rukan) anda didesain 2 lantai, kelebihan kamar dilantai atas bisa anda manfaatkan sebagai kamar kost.
  • dsb..

Konsekwensi Bekerja Dan Menjalankan Usaha Dari Rumah

Bekerja dari rumah yang sekaligus difungsikan sebagai ruang usaha (ruko/rukan) memiliki beberapa keuntungan; anda tidak perlu terjebak kemacetan saat menuju kantor, tidak stress dengan rutinitas harian kantor, hemat biaya transportasi, dsb. Namun demikian bekerja dan menjalankan usaha dari rumah yang juga dimanfaatkan sebagai ruang usaha (ruko/rukan) memiliki beberapa konsekwensi yang harus anda perhatikan:

  • Disiplin dalam membagi waktu. Ketika anda bekerja atau menjalankan usaha dari rumah toko atau rumah kantor (Ruko/Rukan) tidak ada atasan atau pimpinan yang mengawasi anda. Andalah pimpinan dan bossnya, andalah yang harus pandai membagi mana waktu antara urusan pribadi dan urusan pekerjaan.
  • Pembagian dan penggunaan ruang secara tegas dan konsekuen. Sesuai dengan artikel yang sudah dibahas sebelumnya, ketika merencanakan denah atau layout rumah sekaligus ruang usaha (ruko/rukan) anda harus merencakan mana area privat yang berfungsi sebagai tempat tinggal, dan mana area yang berfungsi sebagai tempat usaha (kantor, toko, kios, wartel, cyber café, dsb).

Gambar Tampak Depan Rumah dan Ruang Usaha (RUKO/RUKAN)

Pada artikel kali ini, saya menyisipkan desain rumah sekaligus tempat usaha (ruko/rukan) 2 lantai, dimana pembagian area untuk usaha dan ruang untuk menerima tamu diletakkan dilantai 1. Dibagian kanan bangunan difungsikan sebagai tempat usaha (toko), sementara dibagian kiri bangunan adalah ruang tamu dan bisa juga dimanfaatkan sebagai kantor anda. Dibagian belakang rumah terdapat kamar mandi, pantry dan ruang makan.

Gambar Denah/Layout Lantai 1 – Rumah dan Ruang Usaha (RUKO/RUKAN)

Untuk living area semua diletakkan dilantai 2. 2 buah kamar tidur sesuai kebutuhan pemilik rumah berada pada bagian belakang, sementara master bedroom yang dilengkapi kamar mandi dalam kami letakkan dibagian depan

Sebuah ruang keluarga berukuran 3,50 m x 3,00 m cukup untuk menjadi tempat berkumpul yang menyenangkan bagi anggota keluarga. Ruang keluarga ini juga dilengkapi ruang hiburan dibagian depan. Diruang ini bisa diletakkan entertainment center (wall unit dan audio/video set).

Gambar Denah/Layout Lantai 2 – Rumah dan Ruang Usaha (RUKO/RUKAN)

Sebuah balkon berukuran 3,00 m x 2,00 m dibagian depan bisa menjadi tempat untuk duduk dan area observasi atau menikmati waktu pada saat pagi atau sore hari.

Gambar Potongan Melintang Rumah dan Ruang Usaha (RUKO/RUKAN)

Gambar Potongan Memanjang Rumah dan Ruang Usaha (RUKO/RUKAN)

Gambar Denah Pondasi Rumah dan Ruang Usaha (RUKO/RUKAN)

Berikut ini adalah ringkasan dari artikel pertama dan ke-2 tentang perencanaan rumah yang juga berfungsi sebagai ruang usaha (ruko/rukan):

  • Kenyamanan adalah hal utama yang harus dimiliki oleh sebuah hunian dengan 2 fungsi berbeda, sebagai tempat tinggal dan sebagai tempat usaha.
  • Sirkulasi penghuni juga penting diperhatikan untuk memastikan fungsi dari area private (rumah) dan area publik (ruang usaha) tidak saling bercampur.
  • Berikan batasan atau pemisahan yang jelas antara ruang privat (tempat tinggal) dan ruang publik (tempat usaha). Jika rumah sekaligus ruang usaha (ruko/rukan) anda berlantai satu, pisahkan ruang tersebut dengan partisi atau dinding solid. Jika rumah dan ruang usaha (ruko/rukan) berlantai 2, maka fungsi bangunan bisa dipisahkan berdasarkan level bangunan. Dilantai 1 bisa dijadikan ruang usaha (kantor, toko, wartel, warnet, kios, dsb), sementara dilantai 2 bisa dimanfaatkan sebagai tempat tinggal (living area).
  • Walaupun diatas kertas bekerja dan menjalankan usaha dari rumah lebih hemat dibanding menyewa kantor, namun anda harus tetap menyiapkan dana operasional. Dana operasional anda perlukan biasanya untuk membayar: listrik, telefon, air, dan internet.
  • Rumah yang juga difungsikan sebagai tempat usaha (ruko/rukan) adalah sama seperti bangunan komersil pada umumnya. Bangunan tersebut harus didesain sedemikian rupa, desain rumah sekaligus juga tempat usaha (ruko/rukan) sebaiknya cantik, menarik dan menarik perhatian bagi siapapun yang melihatnya (eye catching).
  • Perhatikan faktor keamanan bangunan anda. Rumah yang juga difungsikan sebagai ruang usaha (ruko/rukan) adalah asset penting milik anda dan keluarga. Baik sebagai rumah tempat tinggal anda dan keluarga, maupun sebagai bangunan komersil tempat anda bekerja, menjalankan usaha, dan menghasilkan keuntungan darinya.

Demikianlah artikel tentang desain rumah sekaligus ruang usaha (Ruko/Rukan) berlantai 2. Pada posting artikel berikutnya saya akan menampilkan beberapa desain rumah yang juga difungsikan sebagai ruang usaha (kantor, toko, warnet/cyber cafe, dsb).

..

Architectaria – Arsitek dan Perencana

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

34 Comments

  1. elisha

    Wah desain ruko/rukan gratis dan cuma-cuma nih pak?

    keren pak, apalagi gratis.. makin keren doong.

    terima kasih pak aria.

    rgds,

    elisha

  2. Irfan

    terima kasih atas gambar desain rumah sekaligus toko dan tempat usahanya pak. Kebetulan saya lagi ngumpulin berbagai ide rumah toko.

  3. yanritra sumardjijanthono

    terima kasih dengan tulus saya sampaikan semoga Tuhan YME memberi umur panjang pada Pak ARIA, baru kali ini saya menemukan situs desain rumah dengan Rab, yang disampaikan dengan ikhlas dan gratis.

    • @Yanritra Sumardjhijanthono,

      OK sama-sama bu, terima kasih do’anya.

      regards,

      Aria

  4. tony

    kira2 dana yg di keluarkan ruko lantai 2 sprti gambar di atas, berapa ?

    • @Tony,

      Karena desain ruko seperti gambar diatas berbeda dibanding ruko2 dari developer yang umumnya polos tanpa ruang, maka besaran biaya konstruksinya sama dengan rumah tinggal.

      Biayanya berkisar IDR. 750.000.000 pak.

      thanks and regards,

      Aria

  5. tony

    berapa biaya yg di keluarkan

  6. Tony

    Pak,saya mau minta bantuan untuk desain ruko 2 1/2 lantai.dgn ukuran 6×30.kl berkenan bisa email kesaya di tony_tjia@yahoo.com.trims

  7. andik setiawan

    bang,, mnta tolong desain denah ruko 2 lantai ukuran 5 * 20 mtr . dengan rukonya 5*8 aja? lantai 2 nya yang di naikkan cuma belakang ruko aja. klo boleh kirim ke http://www.andhynaur4@yahoo.com makacihhhhhhh.

    • Dear Bpk/Ibu. Andik Setiawan,

      Silahkan langsung menghubungi kami jika anda tertarik menggunakan jasa profesional kami.

      Menggunakan jasa arsitek sesungguhnya tidak mahal, dengan konsep dan desain yang matang akan dapat menghemat uang anda dan memaksimalkan investasi anda.

      Dengan bangunan yang terdesain dengan baik, anda dapat menghindari biaya tak terduga akibat miss planning dan meningkatkan nilainya untuk jangka panjang.

      Best regards,

      Architectaria.

  8. nono basuki

    pak saya mintak tolong solusinya : saya sdng membangun toko tp rukonya di atas rumanya di bwh. kendala saya tinggi lantai toko dengan jalan 1,5m jarak toko dgn jln 3m lebar toko 10m yang saya bingung bgmn membuat jln naik k toko/model tangga seperti ap dengan bidang seperti itu dan dari lebar 10m tersebut rencana ada parkir sepedah. tnks. mohon bantuan solusinya…

    • Dear Bpk/Ibu. Nono Basuki,

      Silahkan langsung menghubungi kami jika anda tertarik menggunakan jasa profesional kami.

      Menggunakan jasa arsitek sesungguhnya tidak mahal, dengan konsep dan desain yang matang akan dapat menghemat uang anda dan memaksimalkan investasi anda.

      Dengan bangunan yang terdesain dengan baik, anda dapat menghindari biaya tak terduga akibat miss planning dan meningkatkan nilainya untuk jangka panjang.

      Best regards,

      Architectaria.

  9. Ivana

    Dear bpk and team,
    Saya mau minta saran untuk desain toko aksesoris saya. Kalau boleh jgn yg warna dindingnya pink. Soalnya udah banyak yg sperti itu. Minta sarannya donk.
    Thank u

    • @Ivana,

      Coba warna lime green atau lime yellow atau kalau mau warna netral putih yg dikombinasikan dengan warna2 yang sudah saya sebutkan sebelumnya :)

      regards,

      Aria

  10. Ivana

    Dear bpk and team,
    Maaf saya memasukan email yg lama. Ini email baru saya.
    Saya minta saran untuk desain interiornya. Soalnya tokonya sdh ada tpi standar aja.
    Thanx before.

  11. Fie Hasanah

    Dear bpk & team, sy mau minta tolong seandainya sy mau buat rumah 2 lantai dgn 7 kamar, pd lantai 1 ada 3 kamar,1 kamar mandi, 2 WC, 1 ruang makan & dapur, 1 ruang tamu, 1 ruang keluarga, pd lantai 2 ada 4 kamar,tempat jemuran, 1 WC. Ukuran tanah 9 X 12 M,tapi sy juga punya usaha sebuah ponsel. Bagaimana denahnya yg oke ya..?? Trims

    • @Fie Hasanah,

      Silahkan langsung menghubungi kami jika anda tertarik menggunakan jasa profesional kami.

      Menggunakan jasa arsitek sesungguhnya tidak mahal, dengan konsep dan desain yang matang akan dapat menghemat uang anda dan memaksimalkan investasi anda.

      Dengan bangunan yang terdesain dengan baik, anda dapat menghindari biaya tak terduga akibat miss planning dan meningkatkan nilainya untuk jangka panjang.

      Best regards,

      Architectaria.

  12. Fie Hasanah

    Maksud ukuran tanah nya 12 x 9 M…hehe

  13. yuli

    Dear Bapak/Team
    Pak saya mau minta bantuannya nich..saya punya ruko ukuran depan 7 meter 2 lt.saya berencana mau menjadikan lt 2 untuk guest house ( naik dari halaman ruko dengan luas halaman ruko 7×9 )sedangkan di lt 1 ada usaha bengkel motor. bagaimana ya desain depan ruko nya agar tampak menarik kalau di lihat dari depan…mohon bantuannya ya Pak?sebelum dan sesudahnya saya ucapkan banyak terima kasih

  14. Tri Haryanto

    Dear Bapak,

    Terima kasih artikelnya, bagus sekali. Saya berencana untuk renovasi rumah dari 1 lantai menjadi 2 lantai. Mohon infonya untuk penulangannya apakah perlu diperkuat, dari beberapa artikel ada istilah suntik kolom/pondasi, bagaimana caranya ya?
    Oya mohon sharing juga untuk ukuran besi yang dipakai di denah/gambar yang bapak tampilan diatas,akan banyak membantu saya.

    Sebelumnya saya ucapkan terima kasih

  15. Salam.Property pak.
    Saya ada lahan 7×20 m. Rencana sy ingin bangun Rumah sekaligus tempat usaha. Konsep dr sy pribadi : untuk bangunannya hanya bisa 7×15 karena ada rowlin 5m. Nah konsep sy pertama ; lantai 1 sy bagi 2 bagian, 3 m untuk privacy dan 4 m nya untk tempat usaha. Di.sebelah kiri sy manfaatkan sbg garasi dan ruang tamu dan tangga akses menuju lantai 2. Di lantai 2 sy maksimalkan sebagai tempat tinggal bersama keluarga.
    Sy mhon saran dr bapak. Bgmna penataan yg baik sehingga kami sekeluarga nyaman dan b daisa tetap berwirausaha di rumah sendiri. Krn konsep sy yg lantai 1 sangat sederhana karena hanya menggunakan konsep bangunan seperti ruko.

    Jawaban bapak sangt membantu. Jika ada contoh gambar yg bs kami jdikan referensi pak sangat bersyukur sekali.
    Dan kira2 RAB nya berapa ?

    • @Balda,

      Silahkan langsung menghubungi kami jika anda tertarik menggunakan jasa profesional kami.

      Menggunakan jasa arsitek sesungguhnya tidak mahal, dengan konsep dan desain yang matang akan dapat menghemat uang anda dan memaksimalkan investasi anda.

      Dengan bangunan yang terdesain dengan baik, anda dapat menghindari biaya tak terduga akibat miss planning dan meningkatkan nilainya untuk jangka panjang.

      Best regards,

      Architectaria.

  16. indra

    Yth.p.aria.. sy ingin gambar lengkap + rab untuk ruko yg sudah jadi spt yg bapak perlihatkan ini. Berapa sy harus bayar untuk copyan gambar +rab desain ruko ini pak ? Mohon balasan secepatnya.tks

    • @Indra,

      Langsung kontak by email aja pak untuk Lebih jelasnya.

      thanks,

      Admin

    • @Indra,

      Silahkan langsung menghubungi kami jika anda tertarik menggunakan jasa profesional kami.

      Menggunakan jasa arsitek sesungguhnya tidak mahal, dengan konsep dan desain yang matang akan dapat menghemat uang anda dan memaksimalkan investasi anda.

      Dengan bangunan yang terdesain dengan baik, anda dapat menghindari biaya tak terduga akibat miss planning dan meningkatkan nilainya untuk jangka panjang.

      Best regards,

      Architectaria.

  17. yusup

    waaa…maksih nih infonya buat bangun ruko….moga selalu sukses….

  18. Djoko sungkono

    Dear

    Apakah biaya bisa dihemat setengahnya dari Rp750 juta dengan menggunakan Hebel atau dinding kayu untuk lantai 2 berapa kira-kira harga cetak birunya

    Salam
    Djoko s

    • dear pak Djoko,

      FYI, hebel tidak mengehmat biaya konstruksi jika volume pekerjaan sedikit. Jika volume pekerjaan sedikit mungkin bisa berhemat dengan menggunakan bata press (batako).

      untuk harga desain bisa kontak langsung by email pak.

      regards,

      Architectaria

  19. bramanto

    saya bekerja sebagai designer butik di mall….
    saya perlu alamat website yang membahas tentang penataan ruang di butik pak aria..

    maturnuwun

  20. Mira

    mantab2 desainnya…

  21. bpk kikik

    maaf sebelumnya, saya baru beli tanah ukuran 7x18m. rencananya aku buat ruko 2 lantai. lantai ke 1 berupa ruang usaha dan lantai ke 2 dibuat rumah keluarga dan rumah kost. bisa minta tolong didesain denah ruko usaha + kost kosan

  22. M. risda

    thanks broe. dari ank aceh

Leave a Comment