Desain Renovasi Dan Pengembangan Rumah Type 36

Saat tiba waktunya bagi anda untuk membeli sebuah rumah tinggal bagi anda dan keluarga, terkadang ada beberapa kendala atau ketidak-sesuaian yang akan terjadi. Beberapa kendala atau ketidak-sesuaian yang umumnya terjadi adalah berkaitan dengan harga dan lokasi rumah. Maksud hati ingin membeli rumah dilokasi yang dekat dengan tempat kerja yang biasanya berada didalam kota, namun harganya diluar jangkauan finansial anda dan keluarga. Kalaupun ada rumah yang harganya sesuai dengan kemampuan beli anda, lokasinya sudah berada jauh diluar kota tempat anda biasa bekerja atau beraktifitas.

Masalah lainnya adalah berkaitan dengan ukuran rumah yang akan dibeli. Kenaikan harga rumah dan tanah setiap tahunnya rata-rata sebesar 25%. Dengan kenaikan sebesar itu sulit rasanya terkejar oleh masyarakat menegah-bawah yang penghasilannya pas-pasan, dimana sebagian besar dari penghasilan bulanan (gaji dan penghasilan tambahan lainnya) tergerus untuk biaya hidup dan biaya pendidikan anak. Dana yang dideposit untuk membeli rumah biasanya juga tidak terlalu besar, akibatnya ketika sudah waktunya untuk memilki rumah maka pilihan rumah yang bisa dibeli adalah rumah-rumah dengan type kecil dengan jumlah kamar hanya 2 sampai dengan 3 kamar.

Jika harga dari sebuah rumah dan tanah sudah sebegitu tingginya, dibutuhkan sebuah rencana yang matang untuk meningkatkan kapasitas huni dari rumah anda. Anda mungkin bisa membandingkan selisih harga antara rumah type 36 atau type 45 yang umumnya terdiri atas 2 kamar tidur dengan rumah type 120 atau 150 dengan 4 kamar tidur, cukup jauhkah selisih harganya? Jika selisih harganya cukup jauh, sementara kebutuhan ruangan kamar anda adalah 4 kamar tidur, anda mungkin bisa mempertimbangkan membeli rumah type 36 atau type 45 dengan 2 kamar tidur kemudian anda merenovasi dan mengembangkannya menjadi rumah dengan 4 kamar tidur.

Pada artikel kali ini saya mencoba untuk membahas tentang renovasi dan pengembangan rumah type 36, dengan jumlah kamar tidur sebanyak 2 buah dan 1 kamar mandi. Saya asumsikan bahwa saat ini anda telah memiliki rumah type 36 dan sedang merencanakan untuk merenovasi dan mengembangkannya, karena jumlah keluarga anda makin banyak sehingga rumah anda sekarang harus ditambah jumlah kamarnya. Pada kesempatan kali ini ini saya mencoba memberikan solusi apabila anda akan menambah ruang pada rumah type 36 tanpa terlalu banyak membongkar bangunan dan ruang-ruang yang sudah ada. Dengan tidak melakukan banyak perubahan, diharapkan proses pengembangan rumah type 36 milik anda tidak menghabiskan terlalu banyak biaya.

Rumah type 36 yang terdiri atas 2 kamar tidur + 1 kamar mandi adalah type rumah yang mungkin relatif kecil untuk sebuah keluarga dengan 4 orang atau lebih penghuni. Saat anda membelinya mungkin rumah tersebut cukup buat anda, karena family member hanya berdua, hanya anda dan istri. Tetapi dengan berjalannya waktu keluarga anda semakin bertambah, anda akan memiliki beberapa orang anak. Saat anak-anak anda berkembang dan tumbuh menjadi semakin dewasa, maka kebutuhan ruang dan jumlah kamar makin bertambah. Rumah dengan 2 kamar tidur sudah tidak cukup lagi, anda harus mengembangkannya menjadi 4 atau mungkin 5 kamar tidur.

Sebagai contoh kasus adalah denah rumah type 36 seperti gambar diatas. Denah rumah type 36 seperti gambar tersebut saya ambilkan dari posting artikel architectaria.com beberapa tahun yang lalu yang berjudul: Desain Rumah Mungil Type 36. Rumah type 36 yang dijual oleh pengembang (developer) biasanya dibangun diatas kavling tanah yang berukuran 6 m x 12 m atau 6 m x 15 m. Ukuran kavling dan rumah yang dibangun memang tidak terlalu luas, malah bisa dikatakan cenderung sempit. Tetapi dengan sedikit kreatifitas kita, maka solusi penambahan ruangan pada rumah type 36 bisa tetap didapatkan.

Layout rumah type 36 biasanya terdiri 2 kamar tidur, Ruang Tamu-Ruang Keluarga-Ruang Makan biasanya dibuat menyatu, 1 kamar mandi yang letaknya berada diantara 2 kamar tidur, dan dapur. Jika rumah type 36 dibangun diatas kavling tanah berukuran 6 m x 12 m, biasanya masih terdapat sisa tanah dibagian belakang rumah yang biasanya dimanfaatkan untuk taman kecil atau bisa juga untuk menjemur pakaian. Dari sisa tanah yang ada dibelakang rumah, sebenarnya luasnya sudah tidak mencukupi jika anda ingin menambahkan kamar di area tersebut. Paling maksimal adalah area kosong dibelakang rumah tersebut anda gabungkan dengan kamar tidur menjadi master bedroom, kemudian anda tambahkan kamar mandi dalam dan walk in closet atau wardrobe.

Denah Pengembangan Rumah Type 36/72

Karena luas lahan dibelakang rumah anda tidak mungkin untuk membuat 1 kamar lagi, maka solusi yang paling masuk akal adalah mengembangkan rumah keatas dan menambahkan kamar dan ruang lainnya dilantai 2. Tapi ada beberapa hal yang harus anda perhatikan, saat akan menambah jumlah lantai atau meningkat rumah keatas anda harus menyiapkan space dilantai 1 untuk ruang tangga. Konstruksi kuda-kuda untuk penutup atap juga harus dibongkar dan disesuaikan dengan layout rumah yang baru, Penyesuaian jumlah kolom struktur dan penambahan pondasi foot plate pada titik-titik tertentu untuk mendukung berat bangunan yang baru.

Titik-titik penempatan pondasi setempat

Berikut ini adalah beberapa hal yang sebaiknya anda perhatikan saat akan mengembangkan rumah type 36 dengan menambah jumlah lantainya:

  • Usahakan denah awal tidak banyak berubah untuk menghemat biaya akibat pekerjaan renovasi rumah baru anda. Pada bagian dinding belakang diarea dapur (lama) sebagian dinding dibuka untuk menyatukan dengan taman dibelakang rumah yang akan dijadikan dapur baru. Area dapur yang lama selanjutnya dimanfaatkan sebagai ruang tangga yang menghubungkan lantai 1 dan lantai 2. Rear garden atau taman belakang dijadikan area dapur (baru) dan courtyard pada bagian tengah, diantara dapur dan master bedroom.
  • Pada titik-titik tertentu diberi pondasi tambahan sebagai struktur pendukung Lantai 2. Agar aman, pondasi tambahan bisa disebar dipojok dan tengah bangunan. Tapi jika ingin lebih berhemat letakkan pondasi dibagian tengah bangunan dimana massa bangunan terkonsentrasi.
  • Buat denah lantai 2 sebangun dengan lantai 1 sehingga struktur bisa linier menerus dari atas ke bawah. Hal ini akan membuat metode kerja lebih mudah sehingga biaya konstruksi bisa lebih hemat. Letakkan kamar mandi pada posisi yang sama, agar sistem perpipaannya lebih mudah dan sederhana.
  • Buat lubang terbuka (voide) yang menyatukan lantai 1 dan lantai 2 agar sirkulasi udara didalam rumah lebih lancar dan tidak pengap. Dalam renovasi pengembangan rumah type 36 ini, voide diletakkan dibagian tengah dan dibagian belakang rumah.
  • Rencanakan kuda-kuda dan atap sesuai dengan denah lantai 2.

Demikianlah artikel kali ini yang membahas tentang renovasi dan pengembangan rumah type 36 pada lahan (kavling tanah) berukuran 6 m x 12 m. Semoga artikel kali ini bermanfaat buat anda, terutama bagi anda yang merencanakan untuk mengembangkan rumah dengan type dan ukuran kavling yang sama.

Artikel lain yang sesuai:
- Desain Renovasi Dan Pengembangan Rumah Type 21
- Desain Renovasi Dan Pengembangan Rumah Type 45

..

Architectaria – Arsitek dan Perencana

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

30 Comments

  1. dewanty

    Terima kasih posting gambar desain rumahnya.

    Gambar renovasi rumah type 36 ini sangat berguna buat saya, karena dalam waktu dekat saya akan merenovasi rumah type 36 saya menjadi 2 lantai.

    Salam,

    Dewanty

    • @Dewanty,

      Senang sekali jika posting artikel kami bisa bermanfaat bagi banyak orang.

      Regards,

      Aria

  2. Aksa

    Terima kasih untuk gambar renovasi rumah type 36 2 lantai nya.

  3. yustian

    Dear mas Aria;

    Salam kenal. sy baru aja ambil KPR (berupa tanah kav)utk rumah type 40 dg luas tanah L:9 x P: 11 m, luas bangunan 6,50(samping kanan) x 18 m(belakang, samping kiri & depan). Spesifikasi bangunan rumah tsb adalah 2 kamar tidur, 1 kamar mandi,1 ruang tamu & 1 ruang keluarga.Bisakah sy minta tlg mas aria utk di buatkan sketsa penataan ruangan berdasarkan spesifikasi tsb??sy ingin menyiasati space utk ruang keluarga kelihatan luas & tidak tampak langsung dari ruang tamu..menurut mas aria bagaimana??ada sisa tanah kosong di belakang dg ukuran P:3,00 m x L:1,50 m & di samping kiri dg ukuran L: 1,50 x P: 3,50 m. Jika saya ingin menambah dapur,baiknya di taruh dmn & ukurannya brp???Mohon bantuannya.thx a lot b4.

    Regards;
    Yustian

    • Dear Bpk/Ibu. Yustian,

      Silahkan langsung menghubungi kami jika anda tertarik menggunakan jasa profesional kami.

      Menggunakan jasa arsitek sesungguhnya tidak mahal, dengan konsep dan desain yang matang akan dapat menghemat uang anda dan memaksimalkan investasi anda.

      Dengan bangunan yang terdesain dengan baik, anda dapat menghindari biaya tak terduga akibat miss planning dan meningkatkan nilainya untuk jangka panjang.

      Best regards,

      Architectaria.

  4. yustian

    yustian said:

    Dear mas Aria;
    Koreksi dr comment saya yg 1:

    Salam kenal. sy baru aja ambil KPR (berupa tanah kav)utk rumah type 40 dg luas tanah L:9 x P: 11 m, luas bangunan 6,50(samping kanan) x 18 m(belakang, samping kiri & depan). Spesifikasi bangunan rumah tsb adalah 2 kamar tidur, 1 kamar mandi,1 ruang tamu & 1 ruang keluarga.Bisakah sy minta tlg mas aria utk di buatkan sketsa penataan ruangan berdasarkan spesifikasi tsb??sy ingin menyiasati space utk ruang keluarga kelihatan luas & tidak tampak langsung dari ruang tamu..menurut mas aria bagaimana??ada sisa tanah kosong di belakang dg ukuran P:9,00 m x L:1,50 m & di samping kiri dg ukuran L: 3,00 x P: 6,50 m. Jika saya ingin menambah dapur,baiknya di taruh dmn & ukurannya brp???Mohon bantuannya.thx a lot b4.

    Regards;
    Yustian

  5. zhee

    gambar desain untuk renovasi dan pengembangan rumah type 36 dan type 45 pasti diperlukan sekali.

    karena rumah mungil type 36 dan type 45 adalah rumah yang paling banyak dibeli masayarakt kita pak.

    • @Zhe,

      Semoga artikel2 kami bermanfaat bagi banyak orang..

      Regards,

      Aria

  6. Suroto

    Pak kami ingin menambah kamar pada rumah type 36 milik kami. Denah standarnya seperti rumah type 36 pada umumnya yg dijual oleh developer. Tetapi kami ingin menambah hanya 1 kamar saja, tidak ditingkat keatas (2 lantai) seperti gambar ditulisan ini.

    Mohon saran dan bantuan untuk penambahan kamar rumah type 36 milik kami pak.. Matur nuwun.

    Suroto & Kelg

    • Dear Bpk/Ibu. Suroto,

      Silahkan langsung menghubungi kami jika anda tertarik menggunakan jasa profesional kami.

      Menggunakan jasa arsitek sesungguhnya tidak mahal, dengan konsep dan desain yang matang akan dapat menghemat uang anda dan memaksimalkan investasi anda.

      Dengan bangunan yang terdesain dengan baik, anda dapat menghindari biaya tak terduga akibat miss planning dan meningkatkan nilainya untuk jangka panjang.

      Best regards,

      Architectaria.

  7. Fichree

    Wah… Terima Kasih banyak atas postingan dan gambar2nya
    Architectaria, telah memberikan gambaran yang mendekati impian saya
    kebetulan sya juga ada tanah akan dibangun rumah, hnya beda sedikit dari yang ini. Tanah yang sya miliki Lebar 6m, dan Panjang 16m.
    Semoga Architectaria dapat memberikan postingan dan gambar yang sesuai dengan tanah saya. Setidaknya, dengan yang sudah diinspirasikan oleh Architectaria ini, jika diterapkan pada tanah saya, saya memiliki cukup banyak ruang untuk menambah halaman luar (taman).

    Terima Kasih banyak Architectaria.

    fata fahmi

  8. rini

    matur suwun mas buat desain rumah dan pengembangan rumah tipe 36 nya yaa..

  9. Denny Tuuk

    Salam kenal Pak Aria

    Saya sebelumnya telah menulis komentar pada artikel sebelunya.
    Saya mempunyai rumah tipe 36m2 dimana design tata ruangnya sama persis dengan gambar yang bapak Aria gambarkan diatas. Yang berbeda pada luas tanahnya, dimana luas tanah yang aku miliki adalah 10x12m (120m2).

    Saya rencana akan pengembangan rumah dengan tidak mengganngu bangunan pertama yang telah ada.
    Pengembangan yang akan saya bangun adalah pada sisa lahan kosong ada pada bagian belakang. Rencana akan dibuat lantai 2 dengan luas 4×6 meter pada lantai 2 tersebut.

    Pada sudut bagian belakang rencana akan dibangun KM/Toilet (1x2m2)
    Dari 2 kamar yg telah ada, akan diubah diaman KM/Toilet akan di buat di dalam kamar bagian tengah. jadi posisi pintu pasti berubah. tapi intinya tidak akan mengubah banyak pada bangunan yang telah ada.

    Aku sedikit ragu dengan kuda-kuda/dasar pondasi rumah yg telah ada.
    Jadi pengembangan lantai 2 dibagian belakang rencananya dengan membuat pondasi yang baru.
    Mohon pencerahannya pak Aria. Jika harus menghubungi saya harus hub di mana?

    Terima kasih banyak atas bantuannya.
    Denny Tuuk/081356006736

    • @Denny Tuuk,

      Sudah kami follow up by email yah pak Danny. Kami menunggu kabar dari anda.

      regards,

      Aria

  10. anas

    mau tanya gmn caranya menambah rumah type 36 dgn ukuran tanah 12x22m.dgn pemambahan 7,5x7m.

    • Dear Bpk/Ibu. Anas,

      Silahkan langsung menghubungi kami jika anda tertarik menggunakan jasa profesional kami.

      Menggunakan jasa arsitek sesungguhnya tidak mahal, dengan konsep dan desain yang matang akan dapat menghemat uang anda dan memaksimalkan investasi anda.

      Dengan bangunan yang terdesain dengan baik, anda dapat menghindari biaya tak terduga akibat miss planning dan meningkatkan nilainya untuk jangka panjang.

      Best regards,

      Architectaria.

  11. gugun

    Ass.Wr.Wb

    Salam kenal Pa aria,.. kami akan memiliki rumah type 36/90,..anak kami 3, minta saran bagaimana baiknya rancangan rumah untuk 3 anak yg menginjak remaja,.. rencana kami 5 tahun kedepan mau di naikan (lantai 2),.. sambil menunggu 5 tahun apakah rehab lantai bawah harus kontruksi u persiapan lantai 2,….
    terima kasih sebelumnya..
    wass
    gugun/ bogor

    • @Gugun,

      Betul sekali pak, jika bapak berencana untuk menambah jumlah lantai maka persiapkan pondasi rumah agar mampu mendukung berat bangunan 2 lantai.

      regards,

      Aria

  12. Ichwan Prayitno

    Terima kasih atas sharingnya, sangat bermanfaat bagi saya sebagai inspirasi untuk mengembangkan rumah saya

  13. Lini Bakia

    Siang Mas,
    Saya baru ambil KPR type 36 ukuran tanah 8 x 22 meter kira” pengembangannya gimana yah , posisi sekarang samping kanan 2 kamar uk. 3×3 dan 3×3.25 sedangkan depannya ruang tamu ukuran 2.75 x 5.75 meter, saya mau menambahkan dapur, 2 kamar mandi ( di dalam kamar dan di luar ) dan kamar pembantu, jadi sebelah kiri masih free 2.25 meter, Terima Kasih infonya..

    • @Lini,

      Silahkan langsung menghubungi kami jika anda tertarik menggunakan jasa profesional kami.

      Menggunakan jasa arsitek sesungguhnya tidak mahal, dengan konsep dan desain yang matang akan dapat menghemat uang anda dan memaksimalkan investasi anda.

      Dengan bangunan yang terdesain dengan baik, anda dapat menghindari biaya tak terduga akibat miss planning dan meningkatkan nilainya untuk jangka panjang.

      Best regards,

      Architectaria.

    • @Lini

      Silahkan langsung menghubungi kami jika anda tertarik menggunakan jasa profesional kami.

      Menggunakan jasa arsitek sesungguhnya tidak mahal, dengan konsep dan desain yang matang akan dapat menghemat uang anda dan memaksimalkan investasi anda.

      Dengan bangunan yang terdesain dengan baik, anda dapat menghindari biaya tak terduga akibat miss planning dan meningkatkan nilainya untuk jangka panjang.

      Best regards,

      Architectaria.

  14. dooney

    siang mas, Saat ini sy menempati rumah type 36/105 dgn ukuran tanah 7×15 meter..2 kamar tidur 1 kamar mandi dan saya sudah buat ruang dapur di belakang dgn ukuran 3×2,5 meter…di belakang masih ada tanah kosong sekitar 2,5×7 meter maksud saya ingin menambah ruang makan dan memindah dapur ke belakang sekaligus menambah 1 kamar tidur dan ruang keluarga di lantai 2 ….mohon pencerahannya mas gimana baiknya pengembangan ke depannya,terima kasih.

    • @Dooney,

      Silahkan langsung menghubungi kami jika anda tertarik menggunakan jasa profesional kami.

      Menggunakan jasa arsitek sesungguhnya tidak mahal, dengan konsep dan desain yang matang akan dapat menghemat uang anda dan memaksimalkan investasi anda.

      Dengan bangunan yang terdesain dengan baik, anda dapat menghindari biaya tak terduga akibat miss planning dan meningkatkan nilainya untuk jangka panjang.

      Best regards,

      Architectaria.

  15. Rizal

    Mas Terima Kasih banyak atas info infonya…

    Bagi saya, tulisan mas ini bener bener merepresentasikan semuanya. terlebih karna saya baru menikah, jadi cita-cita untuk punya rumah idaman itu pasti ada.
    Kebetulan saya rencana ambil rumah tipe 36 di daerah ciledug dan kelak jika ada rezeki mau di renovasi. Dan jika direnovasi maunya dikerjain sama arsitek profesional. seperti PT erchitectaria ini.
    Karena masih dalam bentuk Tanah Kavling, Pihak developer nya bilang jika klient berencana untuk bikin tingkat, maka sebaiknya menambah biaya untuk pondasi. katanya tulang besi nya diganti yang 13 mm kalau saya tidak salah. karna dari developer hanya 10 mm saja. dan itu ada sekitar 6-9 titik. Nah pertanyaanya
    1. kira2 apakah saya harus mengikuti saran tersebut. per titik nya mereka minta 850 ribu.
    2. Kira2 denah pengembangan yang mas aria buat itu perkiraan RAB nya habis berapa ya? apakah lebih dari 150 juta?
    Mohon infonya ya mas. Mau nelfon ke kantor mas malu, soalnya belum mau direnov. tolong diinfokan ke email saya. terima kasih banyak mas.

  16. Dody

    Dear
    Mas Aria

    sy sekarang dlm tahap membeli rumah 36/80,free design,saya ingin sisa tanah belakang ukuran 6×3 ini nanti saya buat 2 lantai dengan menambah kamar dan ruang santai.
    tolong saya dibantu untuk denahnya,
    cabang mas aria di sby apa ad?
    berapa biaya per m2nya,

    br

    Dody

  17. dyah dh

    Minta contoh denah rumah type 36 dg LT P=10m L=6m berikut dengan pengembangannya. Trims.

  18. Achmad Triadi

    saya puny rumah type 36 dengan sisa tanah kesamping 3 meter dan kebelakang 3 meter. saya ingin membangun dapur+wc+1 kamar tidur lagi. bagaimana desain denah yang tepat. terimakasih atas bantuannya

Leave a Comment