Desain Kamar Tidur

Desain Kamar Tidur

Tips dalam menata, mendekorasi atau mendesain interior kamar tidur dirumah Anda.

Kamar tidur merupakan ruangan yang paling didesain dibandingkan dengan ruangan-ruangan lainnya. Banyak orang percaya bahwa kamar tidur harus penuh dengan ketenangan dan nyaman. Warna-warna yang terlalu terang tidak direkomendasikan sebab warna-warna yang terlalu terang tidak memberikan kesan yang menenangkan. Warna-warna yang paling cocok untuk kamar tidur lebih cenderung ke warna-warna yang lebih netral dan hangat.

Langkah pertama untuk mendekorasi kamar tidur, pilih warna kamar yang diinginkan. Jangan lupa untuk memilih warna yang lebih menenangkan. Setelah memutuskan warnanya, Anda harus siap untuk memilih furnitur yang cocok dengan keinginan dan sesuai dengan temanya. Untuk mendekorasi dinding kamar tidur, Anda bisa memilih foto atau lukisan yang ukuran besar untuk menghasilkan suasana yang unik. Selain memamerkan foto atau lukisan, Anda juga bisa mendekorasi kamar dinding dengan menggunakan wallpaper yang bermotif untuk menambahkan kesan mewah.

Setelah memutuskan warna dan dekorasi dinding kamar tidur, yang anda harus perhatikan adalah lantai. Secara umum jangan memilih bahan seperti jubinm granit atau marmer. Itu karena anda tidak ingin bangun dari tidur dengan kaki menyentuh lantai yang dingin sekali. Bahan yang sering digunakan zaman sekarang adalah kayu atau karpet. Karpet memberikan kesan lebih hangat dan lembut. Karpet juga bisa menjadikan suasana dalam kamar tidur merasa lebih nyaman. Lantai berbahan kayu kini menjadi semakin popular untuk menjadi bahan untuk kamar tidur. Selain daripada lebih gampang dirawat, lantai kayu juga lebih murah dan mempunyai lebih pilihan warna.

Memilih warna gorden dan cocok dengan warna seprai bisa menambahkan kesan yang nyaman pada kamar tidur Anda. Gorden yang berwarna gelap sering digunakan untuk menghindari cahaya matahari ke dalam kamar tidur. Anda bisa menambahkan lapisan tambahan yang berwarna lebih terang untuk menutupi gorden yang berwarna gelap dan tetap bisa menghindari cahaya matahari.

Kasur merupakan furniture yang paling penting dalam kamar tidur. Memilih kasur bukan hanya menuruti desain kasur, fungsi dan kenyamanan kasur yang cocok juga sangat penting untuk menciptakan suasana dan kesehatan yang bagus untuk Anda. Konsultasi dengan pakar atau doktor untuk menentukan kasur yang paling cocok untuk Anda.

Jika kamar tidur Anda berukuran kecil, Anda bisa menambahkan cermin di dinding atau di pintu lemari untuk menambahkan kesan lebih luas. Anda juga bisa memilih lemari baju yang menggunakan pintu dorong untuk mengatasi masalah kekurangan ruangan.

Lampu hias juga merupakan satu faktor yang penting dalam desain kamar tidur. Cahaya lampu yang berwarna kuning bisa menambahkan kesan mewah dan kehangatan pada ruang kamar tidur, malah cahaya lampu yang putih lebih cocok untuk digunakan di kamar tidur yang berkonsep minimalis. Adapun cahaya warna yang berwarna-warni lembut bisa menambahkan kesan futuristik ke kamar tidur. Menggunakan lampu sorot kecil untuk menyoroti ke furnitur seperti pintu lemari atau foto untuk menambahkan kesan mewah.

Jangan lupa bahwa Anda menghabiskan sebagian besar hidup Anda di dalam kamar tidur, dan kamar tidur juga merupakan satu ruangan yang paling pribadi untuk Anda. Menyesuaikan desain interior kamar tidur Anda dengan keinginan Anda dan memastikan kamar tidur Anda menenangkan dan nyaman.

Selamat mencoba :)

..

Architectaria – Arsitek dan Perencana

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

22 Comments

  1. adelino Goncalves

    saya sangat tertaik dengan situs ini, saya mohon kepada teman teman yang bisa membantu saya;

    boleh enggak bisa memberikan copy analisa harga bangunan dalam format excel yang lengakap. kalau bisa dengan ulasannya yang lengkap

    trima kasih

  2. Riki

    Desain kamar ternyata pny sisi filosofis juga yah? selamat berkarya aja yah.

  3. Rury

    Pak, saya mau tanya nih, biasanya lantai kamar sering menggunakan lantai kayu, gimana klo menggunakan keramik yang model kayu pak…, apakah bagus juga nantinya..?

    terima kasih banyak…

    Jawab: Pakai parquet atau vinyl yang bermotif kayu OK kok pak Rury

  4. Ikhsan Mustafa

    web ini memberikan saya sebuah pengetahuan tentang sebuah desain kamar tidur yang elegant dan minimalis yang bernuansa glamour,.

    Please,.buat teman2 arsitek,.minta bantuannya dong,.aq punya kamar apartemen yang luasnya 7x 3,.itu bagusnya di apain yach,.terus kalo bisa rekomendasikan,.kpd siapa saya harus meminta jasa desain kmr tdr,,.yang byarannya murah dan bagusss,.thanks.

  5. mina

    Namaku Mina
    aku mau nanya dong , aku sedang cari wallpaper untuk kamar. Belinya dimana ya.

    thanks

  6. soewarto. rekso

    6 bulan lagi saya pensiun. saya ingin membuat rumah kecil di kampung dengan satu kamar tidur saja bagian belakang rumah ada teras terbuka menghadap pinggir kali, yg depan menghadapke sawah, dan kolam, yah kira2 spt kamar villa. yg gak susah ngurusnya apa anda bisa gambarkan, dan berapa sih biayanya. trims

    Jawab:

    Silahkan kirim email pak, alamatnya bisa dilihat dihalaman contact

  7. raden irfan

    pak desain kamar tidur menggunakan lantai kayu, sebaiknya lem yg digunakan u/ melekatkan kayu pakai lem Fox khusus kayu atau fox bening seperti lem aibon

  8. rif

    salam kenal mas…
    itu gambar/photo ya mas…
    itu kumpulan /kliping/hasil desain mas aria sendiri ya?
    tq mas…

  9. widhi

    salam kenal……..

    mas mau tanya nih gini sakan mo merenovasi kamar tidur
    untuk kamar pengantin tp masalahnya ruangan saya berukuran 5,1 x 2,4m2
    pintu ada dipojok sisi panjang yang saya tanyakan

  10. widhi

    yang saya tanyakan…
    bagai mana megatur posisi masing bed 160 x 200,lemari dan meja komputer

  11. irma mirawati

    saya ingin mengubah posisi tempat tidur yg ukuran 160×200, lemari pakaian ukurannya 5×3 m, dan tempat tv.. ukuran ruangan kamar tidur saya : pnjang 5 m, lebar 3 m…

  12. Jemmy Wins

    design kamar minimalis konstruksi kayu dunk..ukuran 4×4

  13. bagus desain-desainnya….

  14. dana

    bagus banget situs ini utk d baca,manfaaty besar.dr pd situs2 g berguna d era ini!

  15. Ratna Dewi

    Bagus banget, sangat membantu menata rumah baru

  16. yan

    salam knl… designnya keren2…

  17. yayuk

    Yth…saya ingin menata kamar tidur saya ukuran 4×5 m, dengan posisi menghadap kebarat, jendela disebelah timur. Isi kamar: tempat tidur 1 ukuran no 2, meja rias 1 dan almari baju kecil 1, bagaimana saya menatanya dan cat dinding warna apa yang cocok ( saya ingin kehijauan ), rencana lantai granit hijau atau mungkin cocok warna lain ? mohon bantuannya dan terima kasih.

  18. Georgiana Steffan

    This is likely to appear to be a really hit-or-miss post, but I am simply trying to get the word out! If you’ve got a minute, take a look at this fabulous site. Click if interested. We’ve a number of deals and discounts here, and it saved some people a couple of bucks. Once more, this is not trash. I own the site, and as a merchant I recieve savings from companies. My group is simply being generous, and offering the coupons and deals which i get from the vendors to you. Go browse the internet site.

  19. teguh

    wahh..tnyt spti itu ya desain kamar tidur jdi harus ssuai dgn knyamanan kita ..waw

  20. linda

    Mas,
    Salam kenal, saya linda…. saya kagum dan banyak terinspirasi dengan design & artikel nya… sangat bagus sekali… dan itu membuat banyak pengetahuan…
    Mas, mohon masukannya utk ruang tidur saya, boleh kan ?
    ruang tidur saya menggunakan konsep alami(natural). lantai gunakan bahan kayu warna coklat(parquet) sedangkan background dari tempat tidur mengunakan bahan kayu juga dengan warna mahogani.
    Plafon(pakai multiplek warna kayu kamper)…. saya bingun utk warna dinding…. sebaiknya menggunakan warna apa ya, Mas….
    agar kamar tidur tidak terkesan ramai sekali…& gelap.
    thanks ya, atas waktunya.
    salam,
    linda

    • @Linda,

      Warna putih atau light ivory bu Linda. Kalau memang ingin terkesan terang, perhatikan juga pencahayaan didalam kmar ibu. Apakah intensitas cahayanya sudah cukup?

      regards,

      Aria

  21. yovita

    halo,
    saya yovita dr Bandung
    saya berencana membangun kamar ukuran 4×4 dengan kamar mandi di dalam. posisi kamar di luar ruaang utama (seperti paviliun)menghadap ke utara sehingga nanti akan ada pintu ke luar rumah namun juga ada pintu yang menghubungkan kamar dengan rumah. furnitur yg saya miliki: bed ukuran 180×200, 1 lemari ukuran 2 meter (4 pintu), 1 meja kerja kayu klasik yang berfungsi sebagai meja komputer. baiknya seperti apa ya design interiornya?
    thx a lot…

Leave a Comment