Desain Interior Untuk Apartemen Anda

Bolehkah saya bertanya pada anda? Apa tujuan anda membeli apartemen? Untuk anda huni sendiri atau untuk investasi? Disewakan pada mereka yang membutuhkan dan menghasilkan passive income? Apapun tujuannya, apartemen layaknya rumah biasa harusnya nyaman untuk dihuni, memberi rasa aman dan nyaman bagi penghuninya.

Untuk hunian vertical ada beberapa jenis yaitu; flat, rumah susun, apartemen, dsb. Flat dan rumah susun (RUSUN) biasanya lebih sederhana, sementara apartemen dan condo dalam bentuk yang lebih mewah. Seperti halnya rusun dan flat, banyak apartemen yang dijual tanpa isi dan perabot. Anda harus mengisi perabot standar seperti aneka furniture, barang-barang elektronik (tv, kulkas, mesin cuci dan pendingin ruangan) sendiri. Sementara beberapa apartemen yang sangat mewah dan fully furnished, anda hanya tinggal masuk dan menikmati fasilitasnya.

Untuk memilih jenis apartemen mana yang paling cocok, anda hanya tinggal pergi ke pameran properti, kumpulkan berbagai brosur dari pengembang apartemen atau superblock, selanjutnya tinggal sesuaikan dengan budget atau kemampuan finansial anda. Apartemen yang terdiri hanya 1 atau 2 tower biasanya lebih terjangkau dibanding superblock dengan segala fasilitas yang super komplit dan kemewahan lainnya.

Superblock pasti menyediakan berbagai fasilitas yang lengkap seperti; shopping centre, fitness centre, pool, klinik, apotik, sport centre, studio film/cinema, dsb. Superblock memang lebih mahal, tapi sebanding dengan fasilitas dan segala kemewahannya. Biasanya superblock juga berada pada lokasi yang sangat strategis, cocok buat anda yang sibuk.

Ketika anda membeli apartemen, apalagi apartemen yang masih standar dan belum terisi, biasanya pihak pengembang menyediakan jasa desain interior untuk menata dan mempercantik interior apartemen anda. Jika pengembang apartemen tidak menyediakannya, anda bisa menghubungi penyedia jasa desain interior dan furniture.

Mereka akan datang ketempat anda, berdiskusi dan mengumpulkan ide dan masukan anda, mereka juga menambahkan ide baru yang pas buat anda. Sampaikan apa yang menurut anda perlu diketahui pihak penyedia jasa desain, termasuk budget yang anda anggarkan untuk proyek tersebut. Jika berlanjut, penyedia jasa desain interior akan mengukur dimensi ruangan untuk menyesuaikan dengan furniture yg akan dibuat.

Setiap desain biasanya unik, disesuaikan dengan kebutuhan tiap client. Budget juga mempengaruhi seberapa besar interior apartemen akan didekorasi, seberapa banyak furniture yang akan dibuat. Tapi pastikan beberapa furniture standar mereka buat untuk anda, wall unit untuk TV dan penyimpanan kepingan DVD, display frame+box penyimpanan barang, tempat tidur, lemari dan wardrobe sebaiknya tersedia.

Usahakan anda menggunakan furniture yang multifungsi. Seperti tempat tidur dan container box, atau lemari dan rak buku. Menggunakan furniture yang multifungsi berarti anda memanfaatkan space dengan optimal, tidak ada yang terbuang. Sehingga ruangan anda akan lebih kompak dan tertata.

..

Architectaria – Arsitek dan Perencana

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

1 Comment

  1. Evan

    Tips ini akan saya pakai untuk desain interior apartemen studio saya. Soalnya selama ini isi apartemen saya berasa sempit juga..

    trims untuk idenya,

    Evan

Leave a Comment