Desain Interior Ruang Tamu Kreatif yang Akan Membuat Rumah Nampak Lebih Indah

desain-interior-ruang-tamu-bergaya-modern-1

Tips desain interior ruang tamu – Ide desain interior ruang tamu dengan mengedepankan kreatifitas agar tampilan rumah Anda nampak lebih indah dai ruang tamu di rumah-rumah biasanya.

Ketika Anda berencana untuk mendekor  interior ruang tamu, tentu banyak hal yang harus Anda perhatikan. Hal utama yang harus Anda perhatikan agar menghasilkan dekorasi yang menarik adalah dengan mengedepankan aspek kenyamanan. Selain kenyamanan, aspek keindahan juga harus diperhatikan agar tampilan ruang tamu sedap dipandang mata. Saat ini, Anda dapat menemukan ide kreatif  untuk dekorasi ruang tamu dari berbagai sumber seperti dari blog tentang renovasi rumah atau bahkan majalah desain rumah yang saat ini mudah sekalli ditemukan.

Perlu Anda ketahui bahwa interior ruang tamu terkadang bermain dengan warna yang tentunya dapat merepresentasikan kepribadian Anda. Apakah Anda masih bingung untuk mendekor ruang tamu agar nampak lebih menarik dan kreatif. Berikut ini ada beberapa ide yang mungkin dapat menginspirasi Anda.

  1. Tambahkan aksen menarik pada dinding

Jika Anda menyukai warna-warna yang berani yang akan membuat ruang tamu nampak hidup. Cobalah untuk membuat satu sisi dinding menjadi salah satu aksen yang dapat menjadi salah satu ekspresi kreatifitas Anda. Satu dinding tersebut bebas Anda hiasi dengan apa saja misalnya dengan beberapa warna berbeda.

Jika Anda tidak cukup berani untuk mengecat satu dinding dengan beberapa warna secara bersamaan, Anda dapat memilih untuk memasang wallpaper dengan motif tertentu seperti motif garis dengan beberapa warna atau wallpaper dengan motif bunga.

  1. Buatlah warna kontras dengan langit-langit rumah

Langit-langit rumah sering kali terabaikan dan biasanya dibiarkan begitu saja. Padahal jika Anda mau sedikit saja memberikan percikan warna yang akan secara visual menarik pandangan mata dan tentu saja membuat ruang tamu Anda terlihat lebih dinamis. Berilah warna kontras pada langit-langit dan dinding yang akan membuat suasana ruang tamu begitu unik.

Efek yang Anda ciptakan bisa saja yang bersifat lembut jika Anda memilih warna yang netral seperti putih. Lalu kemudian warna putih tersebut diberi aksen warna kontras pada bagian langit-langit seperti warna abu-abu atau warna yang lebih terang seperti biru atau ungu. Warna biru atau ungu sangat cocok untuk langit-langit yang letaknya rendah karena ini dapat membuat langit-langit nampak lebih tinggi dari yang sesunggunya.

  1. Berilah aksen warna pada lantai

Lantai di ruang tamu biasanya memiliki warna standar seperti puith atau cokelat terang dengan alasan agar ruang tamu nampak netral dan tidak terlalu berlebihan. Area lantai sesunggunya dapat dijadikan ide desain yang menarik yang akan melengkapi tampilan ruang tamu. Anda bisa menambahkan dua warna kontras pada lantai sekaligus yang warnanya akan memantul ketika terkena sinar lampu atau sinar matahari yang masuk ke ruang tamu.

Saat ini juga terdapat beberapa jenis lantai yang memiliki warna beraneka ragam misalnya lantai marmer berwarna kuning dengan corak akar. Lantai marmer akan terlihat indah karena tampilannya yang nampak alami sehingga ruang tamu Anda mampu mengusung konsep lain.

  1. Buatlah sejenis lukisan mural pada dinding ruang tamu

Jika Anda menyukai hiasan dinding yang tak hanya sekedar cat dinding warna biasa, Anda dapat memilih untuk membuat sejenis lukisan mural pada dinding ruang tamu. Lukisan mural tersebut dapat berupa lukisan berukuran kecil atau besar dengan menampilkan warna monokromatik ataupun dengan corak warna yang colorful.

Jika Anda tidak berani untuk mengecatnya sendiri, mintalah bantuan seorang artist mural profesional yang akan menyesuaikan lukisan mural dengan tema rumah Anda sehingga rumah Anda tetap nampak indah dan tidak terkesan seperti seni mural yang ada di pinggir jalan.

desain-interior-ruang-tamu-bergaya-modern-2

Desain Interior Ruang Tamu yang Indah dan Nyaman

  1. Tentukan titik fokus utama dekorasi pada ruang tamu

Pilihlah salah satu sudut ruangan di ruang tamu yang akan dijadikan sebagai titik fokus dekorasi. Misalnya, jika ruang tamu Anda dilengkapi dengan area hiburan seperti televisi dan play station, Anda dapat menjadikan area ini sebagai titik fokus dekorasi ruang tamu. Anda dapat memberi sentuhan warna berbeda pada dinding dengan memasang poster besar yang dapat memberikan kesan santai pada ruangan.

Atau jika tidak ada area hiburan di ruang tamu, Anda dapat memberikan dekorasi khusus disekitar jendela besar dengan memasang tirai yang dibeli secara khusus yang disesuaikan dengan tema rumah. Tirai berwarna emas akan membuat ruang tamu nampak elegan dan mewah.

  1. Pilihlah pencahayaan yang tepat

Pencahayaan pada ruang tamu mampu membuat suasana hati menjadi lebih baik jika pemilihannya tepat. Pemilihan pencahayaan yang sesuai dengan tema ruang tamu tentunya akan membuat ruang tamu lebih cerah dan bersinar. Pencahayaan buatan bisa datang dari lampu gantung kristal yang akan membuat ruang tamu terlihat mewah. Untuk memberikan efek dramatis pilihlah lampu gantung yang memiliki cahaya temaram agar percakapan di ruang tamu lebih intens.

Jika lampu gantung tidak cukup, Anda dapat memasang lampu dinding sebagai tambahannya yang biasanya diletakkan tepat di atas area tepat duduk. Untuk lebih menghemat energi, pasanglah jendela lebar diruang tamu sehingga pada siang hari Anda tidak perlu menghidupkan lampu.

Selamat mencoba 🙂

..

architectaria.com | Arsitek, Desain Interior, General Contractor

Untuk Anda yang berada diwilayah JABODETABEK dan membutuhkan jasa arsitek, desain interior dan jasa kontraktor untuk membangun/merenovasi rumah, silahkan menghubungi kami melalui nomor: 081229400888, 087710400888, 021-83836281, atau 0251-9195383 (Bogor).

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

No Comments Yet.

Leave a Comment