Desain Interior Ruang Tamu Bergaya Country

desain interior ruang tamu bergaya country_1

Elemen-elemen dasar dalam desain interior ruang tamu bergaya country dan cara menerapkannya dirumah Anda.

Mendekorasi interior ruang tamu dengan gaya yang berbeda akan membawa keunikan tersendiri, terutama jika Anda sudah lama tak mengupdate desain interiornya. Jika kebanyakan tren dekorasi interior yang sekarang banyak berkembang adalah minimalis dan kontemporer, cobalah memberanikan diri dengan mengaplikasikan ide desain interior lain, seperti desain interior country berikut ini misalnya.

Tak peduli seberapa besar dimensi ruangan Anda, apakah luas atau tidak, tak ada salahnya menerapkan dekorasi ruang tamu bergaya country ini. Tema desain country mampu menyajikan kesan hangat nan familiar, menjadikan siapa saja yang berada di sini, entah itu pemilik rumah maupun tamu yang bekunjung, akan merasa nyaman dan betah berada di sini. Namun, terkadang kita bingung dalam mengadaptasi gaya country, mengigat banyak sekali jenis gaya country misalnya French country, American country, dan British country.

Meski begitu, setidaknya dari semua jenis country style yang ada sebagian besar memiliki komponen / elemen dasar yang sama. Maka sebelum menentukan desain country style yang ada dan menerapkannya pada ruang tamu Anda, kenali beberapa poin di bawah ini.

1. Adanya area gathering

Salah satu elemen yang paling umum dihadirkan dalam desain interior bergaya country adalah adanya titik atau area gathering (berkumpul) pada suatu ruangan. Biasanya di suatu area tersebut, ada suatu titik yang menjadi fokal dan area ini akan membentuk lingkaran atau setengah lingkaran, sehingga setiap orang bisa berkumpul dan mengobrol di sana. Adapun yang biasanya menjadi titik fokal pada area gathering ini adalah televisi atau perapian.

Kemudian di sekeliling titik fokal ini akan ditempatkan area duduk yang nyaman, seperti sofa yang disusun melingkar / setengah lingkaran. Area ini merupakan area yang paling nyaman dalam ruangan tersebut. Di samping / di depan sofa akan diletakkan meja kopi kecil sebagai tempat untuk menaruh makanan ringan dan minuman.

2. Beri sentuhan yang menyajikan nuansa hangat dalam ruangan

Mengingat desain country ini kebanyakan berasal dari negara – negara Eropa, otomatis desain country ini akan mengikuti kondisi geografis di sana. Negara – negara Eropa identik dengan kesan dingin, tak heran jika pada desain country ini nuansa hangat coba ditampilkan. Hal ini demi menciptakan kondisi ruangan yang pas untuk berkumpul di kala suhu udara tengah dingin.

Warna – warna yang hangat yang bisa dihadirkan misalnya kuning, cokelat, dan oranye. Kalau Anda ingin warna yang lebih lembut, Anda bisa mencoba warna – warna pastel. Namun, Anda mesti berhati – hati dalam menerapkan warna – warna pastel ini, sebab akan membuat tampilan ruang tamu Anda akan condong ke gaya klasik ala Eropa.

Agar ruangan nampak lebih hidup, cobalah untuk menciptakan kesan ‘kontras’ dengan memadukan warna – warna nan hangat tadi dengan warna biru sebagai aksennya. Warna biru ini digunakan untuk mempertegas warna yang dominan di ruang tamu ini, sehingga bisa tercipta nuansa hangat yang lebih nyata.

3. Hadirkan nuansa lembut di ruangan

Ruang tamu bergaya Country style menjadikan kenyamanan sebagai proritas. Maka, buat agar ruang tamu senyaman mungkin dengan menghadirkan sesuatu yang bisa menghadirkan kesan nyaman itu sendiri, misal bantal sofa atau throw blanket dan letakkan di masing – masing sofa. Agar sofa Anda lebih nyaman, Anda bisa menutupi bagian punggung atau lengan sofa dengan bahan – bahan yang halus seperti handmade afghans, chenille throws atau lap quilt. Selain memberi kesan nyaman, bahan – bahan tersebut juga menguatkan kesan country itu sendiri.

desain interior ruang tamu bergaya country_2

Desain Interior Ruang Tamu Bergaya Country – view 2

4. Tambahkan detail – detail yang identik dengan pedesaan

Agar kesan country lebih tampak nyata, Anda bisa menambahkan detail – detail yang lekat dengan pedesaan, misal dengan menyajikan furnitur antik atau furnitur baru yang dibuat agar terkesan ‘jadul’, misalnya sofa baru yang dicat dengan teknik tertentu agar menghasilkan kesan antik. Selain itu, Anda bisa menghadirkan perabotan rumah tangga yang tradisional dan sudah jarang ditemui di pasaran, seperti peralatan makan / minum dari tanah liat seperti kendi.

Jadikan peralatan tersebut bagian dari dekorasi interior Anda dengan menempatkan di sudut ruangan. Atau, Anda bisa memilih cermin dengan frame yang terbuat dari besi dan ukiran yang lama. Cermin jenis ini sudah jarang ditemui di masa modern ini. Terakhir, tambahkan hiasan dinding yang semakin menguatkan nuansa hangat dan nyaman ala country style, misalnya lukisan bertema alam pegunungan / sawah, atau bisa juga foto Anda bersama keluarga besar Anda.

5. Sajikan makanan tradisional sebagai pelengkapnya

Jika Anda sudah berkomitmen untuk mendekorasi ruang tamu dengan gaya country, akan lebih terasa pas jika Anda menyajikan makanan tradisional berupa cemilan atau jajan pasar, khususnya untuk menjamu tamu yang berkunjung. Hal ini agar mereka bisa merasakan nuansa tradisonal ala country style. Khusus untuk makanan atau cemilan yang kering, simpan dalam toples – toples kaca dengan ukiran khas country.

Terakhir, hidangkan minuman pelengkap dalam gelas – gelas kaca / blek yang unik dan berbentuk tradisional, yakni yang diameternya cukup lebar dan relatif sama dari ujung atas hingga bagian dasar gelas.

Selamat mencoba 🙂

..

architectaria.com | Arsitek, Desain Interior, General Contractor

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

No Comments Yet.

Leave a Comment