Desain Interior Butik dengan Metal Screens Karya Arsitek London, Flower Michelin Limited

ON Motcomb Boutique_1

Review desain interior butik ternama ‘ON Motcomb’ di London dengan metal screen karya arsitek Flower Michelin Limited.

Butik merupakan tempat yang memiliki daya tarik tersendiri layaknya magnet bagi kaum hawa. Ya, para wanita kerap diidentikaan sebagai pecinta fashion dan suka menghabiskan waktu berlama – lama dan berbelanja di butik. Maka untuk mengakomodasi hal ini, pastinya desain butik yang menyangkut interior maupun eksterior perlu diperhatikan secara detail dan dibuat semenarik mungkin untuk memikat pengunjung.

Pengunjung suatu butik biasanya tak hanya bertujuan memasuki bangunan, membeli barang, kemudian pergi. Mayoritas, pengunjung yang datang ke suatu butik bersedia untuk menyisakan waktu lebih lama untuk melihat – lihat koleksi yang ada di butik tersebut sebelum memutuskan apakah akan membelinya atau tidak. Untuk itu, dibutuhkan sebuah suasana yang nyaman dan menyenangkan untuk menunjang aktifitas ini.

ON Motcomb Boutique_1a

Desain Interior Butik ‘ON Motcomb Boutique’ – View 2

Hal inilah yang coba diwujudkan oleh studio arsitek Flower Michelin Limited. Mereka baru saja menyelesaikan sebuah proyek desain interior sebuah butik atau retail pakaian yang berada di sebelah barat London. Mengingat banyak orang semakin menggemari keberadaan butik ini, kali ini kita akan mengulas sebuah desain interior butik yang cukup ternama, ON Motcomb. Lokasinya tak jauh dari pusat fashion dunia dan juga tak jauh dari kantor di mana Flower Michelin Limited berada, yakni di London. Pada proyek kali ini, kita bisa melihat bagaimana beberapa koleksi yang dijual di butik ini ditampilkan pada sebuah metal screens yang dipesan secara khusus.

Deskripsi umum proyek desain interior butik ‘ON Motcomb’

Arsitek : Flower Michelin Limited
Desainer Interior : Ammar Basheir
Klien : Auxerre: ‘ON Motcomb’
Kontraktor utama : Oracle Interiors
Desainer Lighting : Cannon-Brookes Lighting Design
Fotografer : Matt Clayton.

ON Motcomb Boutique_8

Desain Eksterior Butik ‘ON Motcomb Boutique’

Sejatinya, desain interior karya Flower Michelin ini didedikasikan untuk butik On Motcomb yang berada pada bangunan grade II dan lokasinya berada di tengah – tengah anatar the Belgravia Conservation Area dan the Grosvenor Estate. Desain interior sengaja disembunyikan dari tampilan depan butik yang dihiasi ornamen – ornamen emas pada jendela.

ON Motcomb Boutique_3

Desain Interior Butik ‘ON Motcomb Boutique’ – View 3

Hal tersebut demi menjaga karakter asli dari bangunan ini yang merupakan destinasi shopping cukup prestisius di kota London. Sebab, brand ON Motcomb ini merupakan butik pertama yang ada di London yang menampilkan koleksi gaun – gaun malam eksklusif yang sebagian sudah banyak ditampilan di event International Catwalks, baik yang ada di London, Milan, Paris, ataupun New York. Mayoritas gaun yang ditampilkan merupakan karya desainer top dunia. Tak heran, banyak pengunjung yang berbelanja ke sini untuk memburu koleksi gaun malam perancang busana top.

Bagian dalam bangunan butik On Motcomb

Sang arsitek mengungkapkan bahwa sekali kita memasuki bangunan butik ini, seketika kita akan melihat barisan gaun malam yang ditampilkan secara bertahap. Gaun – gaun ini tidak ditampilkan secara langsung, melainkan hanya sekilas melalui screen yang ditampilkan pada bangunan ini.

ON Motcomb Boutique_4

Desain Interior Butik ‘ON Motcomb Boutique’ – View 4

Screen atau layar yang ada di sini tentunya berbeda dengan layar biasa. Layar atau screen ini berfungsi layaknya tirai yang menampilkan koleksi yang ada di butik. Screen ini dipesan khusus dan tidak diproduksi secara masal dengan berbahan metal dan digerakkan dengan sinar laser.

ON Motcomb Boutique_5

Desain Interior Butik ‘ON Motcomb Boutique’ – View 5

Area Ground floor

Pada ground floor, sebuah fitur menyerupai pembatas dibangun di dalam butik ini yang dibuat dari metal strips yang sekilas nampak menjadikannya seperti tirai. Di sini, gaun – gaun malam yang menjadi koleksi butik digantung pada selusur besi berbentuk segi empat yang dipusatkan pada langit – langit. Selain itu, terdapat beberapa manekin yang berjajar yang turut memamerkan koleksi gaun malam yang dimiliki butik ini.

ON Motcomb Boutique_2

Desain Interior Butik ‘ON Motcomb Boutique’ – View 6

Selain berfungsi sebagai fitur yang mendisplay koleksi yang ada di butik On Motcomb ini, screen juga berfungsi sebagai cover pada dinding yang secara parsial menampilkan ornamen – ornamen pada wallpaper yang menampilkan karakter dari butik ini serta bangunan secara keseluruhan.

ON Motcomb Boutique_6

Desain Interior Butik ‘ON Motcomb Boutique’ – View 7

Area Basement

Di dalam ruangan, terdapat sebuah tangga yang berada di balik section dari sebuah kaca antik. Tangga ini menghantarkan pengunjung ke sebuah ruangan di basement. Di basement, terdapat beberapa ruangan penting misalnya dua dressing room yang cukup luas dan didesain dengan sangat elegan dan pencahayaan yang optimal, area tunggu untuk tamu, dapur kecil, ruang berdandan, WC, dan area penyimpanan.

ON Motcomb Boutique_basement_1

Desain Interior Butik ‘ON Motcomb Boutique’ – Basement view 1

Pada bagian dressing room, kita akan menemukan sebuah cermin yang cukup tinggi yang diletakkan tepat di seberang dinding. Cahaya yang ada di ruangan ini dipancarkan secara sempurna sehingga menyajikan tampilan yang apik yang terlihat dari cermin.

ON Motcomb Boutique_basement_2

Desain Interior Butik ‘ON Motcomb Boutique’ – Dressing Room View 1

ON Motcomb Boutique_basement_3

Desain Interior Butik ‘ON Motcomb Boutique’ – Dressing Room View 2

Dalam hal lighting, ruangan ini sengaja didesain dengan mengakomodasi banyak unsur pencahayaan di sepanjang koridor butik. Pengerjaan lighting ini tidak dilakukan secara mandiri oleh Flower Michelin Limited, melainkan atas kerja sama dengan spesialis di bidang desain lighting, yakni Stephen Cannon-Brookes. Dengan pencahayaan yang sangat apik, keberadaan AC yang ada di langit – langit menjadi nampak tersamarkan dari pandangan.

(Image Source: www.dezeen.com)

..

Architectaria – Arsitek dan Perencana

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

No Comments Yet.

Leave a Comment