Desain Eksterior dan Lanskap Bergaya Tudor

landscape-bergaya-tudor_1

Melengkapi eksterior dan lanskap rumah dengan fitur – fitur dan elemen taman bergaya English Tudor khas abad pertengahan plus sedikit nuansa Gotik.

Bingung menentukan gaya eksterior dan lanskap seperti apa yang cocok untuk rumah Anda? Gaya desain Tudor bisa dijadikan alternatif pilihan. Gaya Tudor atau biasa disebut English Tudor ini sangat populer di Inggris pada abad pertengahan. Bisa dibilang beberapa elemen pada Tudor style ini mengadaptasi gaya desain Gotik yang sempat booming sebelumnya.

Salah satu fitur yang menonjol pada desain eksterior bergaya Tudor adalah pada penggunaan white stucco yang diberi sedikit sentuhan aksen kayu atau timber. Di samping itu, batu bata juga kerap dijadikan sebagai aksen pada eksteriornya. Tak hanya itu, beberapa fitur lain yang melekat pada eksterior dan taman atau lanskap Tudor adalah atap yang tinggi dan meruncing, kubah pada pintu depan, dan jendela yang tersusun dengan rapi dan tematik. Beberapa hal lain yang tak kalah penting dan bisa dihadirkan untuk mendukung gaya desain English Tudor ini yakni:

1. Tumbuhan perambat atau semak belukar

Tumbuhan perambat atau semak belukar menjadi sangat identik dengan eksterior khas Tudor. Semak belukar ini biasa ditempatkan di sekitar, di samping, atau di depan pintu. Keberadaan semak – semak ini sekaligus sebagai aksen yang melengkapi gable (nok atap berbentuk segitiga). Semak – semak ini juga disusun berjajar, mengelilingi rumah, dan membentuk sebuah frame yang melengkapi tampilan rumah, terutama bagian pintu depannya.

Dalam memilih semak – semak yang akan ditanam di sini, pilih jenis tumbuhan yang evergreen, yakni tumbuhan yang selalu hijau di segala musim, misalnya Emerald Green Arborvitae dan Thuja occidentalis “Smaragd”. Dengan demikian, tumbuhan tersebut bisa tetap indah mengelilingi rumah.

2. Pohon peneduh yang tinggi dan besar di bagian samping rumah

Pohon – pohon yang besar juga menjadi salah satu bagian eksterior dan lanskap Tudor ini. Pilih dari jenis pohon peneduh, yakni pohon yang cukup besar dan tinggi, misalnya pohon beringin. Tanam pohon – pohon tersebut di samping rumah, sisi kiri dan kanan. Jangan tempatkan di depan rumah, sebab bisa menghalangi tampilan fasad dari depan. Akan lebih baik jika pohon tersebut ditanam didekat jalan setapak yang ada di sekitar rumah, sehingga jika kita melewati jalan setapak itu, kita tak perlu takut terpapar sinar matahari langsung.

Anda juga bisa menambahkan pohon yang ukurannya sangat tinggi hingga melebihi tingga rumah, misal pohon pinus atau pohon cemara. Tanam pohon – pohon tersebut di halaman belakang rumah. Pohon – pohon tersebut sekaligus sebagai backdrop dari bangunan yang semakin memperkuat tampilan atap yang tinggi dan meruncing.

3. Tanaman yang tak terlalu tinggi di depan rumah

Keberadaan tumbuhan di halaman depan cukup signifikan sebagai elemen dekoratif penunjang. Anda bisa memilih tumbuhan yang memiliki bunga dengan warna yang cerah dan beragam. Tanaman tersebut juga mesti dari jenis evergreen, sehingga daunnya akan terus tumbuh dan berwarna hijau tanpa terpengaruh musim. Tanaman yang bisa Anda pilih adalah Norway Spruce atau Picea abies. Terakhir, tambahkan aksen berupa batu bata di sekeliling tanaman untuk menghindarkan tanaman dari gangguan binatang sekaligus menjadi elemen dekoratif penunjang.

landscape-bergaya-tudor_2

Desain Eksterior dan Taman (Lanskap) Bergaya Tudor

4. Ingin sesuatu yang tak biasa? Hadirkan topiary

Topiary merupakan salah satu seni memangkas pohon atau tanaman tertentu hingga menyerupai bentuk – bentuk atau objek yang unik. Topiary dengan bentuk ornamental bisa Anda tempatkan pada ujung jalan setapak. Topiary yang Anda pilih ini tak harus memiliki bentuk – bentuk yang rumit. Bentuk – bentuk sederhana seperti kotak, piramid, segi lima, atau bentuk bintang sudah cukup dapat memberi kekhasan tersendiri pada taman bergaya Tudor Anda.

5. Tempatkan material batuan pada dinding bagian bawah

Pada bagian bawah dinding luar, ada baiknya Anda memberikan aksen batuan, entah itu batu bata atau batu gamping. Batuan ini cukup dilekatkan sebagai aksen, tidak perlu menjadi konstruksi utama dari dinding tersebut. Batuan ini sangat kental akan nuansa Inggris, sehingga bisa turut melengkapi konsep Tudor pada eksterior Anda.

6. Penggunaan kayu pada setengah bagian fasad

Kayu atau timber juga kerap menjadi bagian dari gaya desain Tudor. Maka dari itu, menghadirkan kayu dalam eksterior Tudor Anda tentu menjadi hal wajib. Meski begitu, Anda tak perlu membuat konstruksi dinding luar dari kayu. Cukup gunakan kayu ini sebagai cladding saja dan menutupi setengah bagian dari fasad. Jenis kayu yang Anda pilih sebaiknya kayu yang memiliki warna gelap atau dengan sedikit kemerahan. Jika tidak bisa mendapatkan warna kayu sesuai yang diinginkan, Anda bisa mengecat kayu yang ada dengan warna gelap.

7. Penggunaan tralis atau kisi – kisi pada jendela

Jika kaca jendela Anda msih terlihat polos – polos saja, mungkin Anda bisa sedikit memberikan sentuhan ornamental melalui Tralis atau kisi – kisi. Tralis yang ditempatkan. Sehingga, jendela ini mampu terlihat menarik dari luar dan melengkapi fitur pada desain Tudor ini.

Selamat mencoba 🙂

..

architectaria.com | Arsitek, Desain Interior, General Contractor

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

2 Comments

  1. Attractive element of content. I simply stumbled upon your blog and in accession capital to
    say that I acquire in fact loved account your
    blog posts. Any way I’ll be subscribing in your feeds
    and even I success you access consistently quickly.

  2. Perkenal kan kami dari PT. MEKARJATI JAYA LESTARI, ( Insurance Brokerage ) Bersertipikat Keagenan No. 0611.000.8782, Telah di back up Oleh beberapa perusahaan Asuransi BUMN dan Asuransi SWASTA NASIONAL, serta Bank Garansi yang kami tawarkan tanpa Agunan ( Non Collateral )

    1. Jenis Jaminan Garansi Bank & Asuransi ( Surety Bond yang kami

    tawarkan antara lain :

    *. Jaminan Penawaran ( Bid Bond )

    *. Jaminan Pelaksanaan ( Performance Bond )

    *. Jaminan Uang Muka ( Advance Payment Bond )

    *. Jaminan Pemeliharaan ( Mantnance Bond )

    *. Etc

    II : Bank Pendukung antara lain :

    BANK BRI, BCA, BNI, PERMATA, EXIM, PERMATA, MUTIARA, SINARMAS, MANDIRI,

    BJB, BENGKULU, SUMSEL, KALTIM, BTN, DKI, BII, DINAD, DLL

    III. Asuransi Pendukung antara lain :

    ASKRINDO, BUMIDA, JASINDO, ASEI, JASA RAHARJA PUTRA, JAMKRINDO,

    BOSOWA PERISKOP, SINARMAS, RAYA, BERDIKARI , MEGA PRATAMA ,

    PANPACIFIC, ASOKA, ARTHA AMAN PRATAMA, REKAPITAL, dan asuransi terdaftar

    di defqiu keuangan RI.

    IV. Kita Juga Melayani Untuk Projec Batu Bara

    *. Jaminan Pengadaan Batu Bara

    *. Jaminan Pengangkutan Batu Bara dll

    V . LINES OF INSURANCE

    *. Marine Cargo Insurance

    *. Marine Hull Insurance

    *. Personal Accident Insurance

    *. Engineering Insurance ( CAR, EAR, MB )

    *. All Risk Insurance dll

    Hormat Kami

    PT. MEKARJATI JAYA LESTARI

    Consultan , Penerbit Jaminan Garansi Bank & Jaminan Surety Bond Tender Projec Non Collatral

    Adhe Efendy Hidayat

    HP .0853. 1122. 8502

    Alamat kantor :

    Jl. Haji Ten Raya No. 8 .jakarta timur 13210

    Tel : 021 – 2983 3066 Fax 021 – 2983 3067

    E-mail : ademjl03@gmail.com / pt.mekarjati@yahoo.com

Leave a Comment