Desain Dapur Berukuran Mungil

Mendesain dapur berukuran mungil atau kecil memberi tantangan tersendiri, bukan hanya dapur itu harus indah atau fungsional, tapi juga efisiens. Dalam desain dapur yang berukuran mungil/kecil, kitchen space dan counter space sangat terbatas. Dengan perencanaan yang baik dan ide desain yang kreatif, anda akan mampu merubah dapur anda yang berukuran kecil sama efisiennya dengan dapur yang berukuran lebih besar.

Salah satu cara yang paling praktis yang bisa anda lakukan dalam mengubah dapur anda adalah menambahkan island. Island pada dapur berfungsi sebagai area kerja anda, selain itu anda juga bisa membuat laci atau rak untuk menyimpan berbagai macam perkakas yang dibutuhkan untuk memasak atau mengolah makanan/buah-buahan. Selain menambahkan island, anda juga bisa menambah cabinet atau drawer disekitar island untuk memaksimalkan bagian tengah dapur anda.

Berikut ini berbagai ide lain yang bisa anda terapkan dalam mendesain ulang dapur kecil anda:

  • Bersihkan atau singkirkan semua barang yang tidak perlu dari rak, cabinet atau counter top didapur anda.
  • Jika barang-barang sudah disingkirkan, jaga agar tempat-tempat seperti cabinet dan rak dapur anda tetap bersih.
  • Beli dan gunakan kitchen appliances yang berukuran kecil
  • Gunakan dinding untuk organized storage barang-barang anda. Jika anda menambahkan island didapur, gunakan bagian bawah mejanya sebagai cabinet.
  • Gunakan cabinet mulai dari plafond sampai mendekati counter top. Semakin luas cabinet, semakin banyak barang yang bisa anda tampung.
  • Buat laci atau rak dibagian dalam cabinet agar semua ukuran perkakas dapat ditampung. Memanfaatkan space seefektif mungkin adalah ide dari dapur yang mungil.
  • Gunakan punggung pintu untuk rak penyimpanan bumbu.
  • Gunakan cutting board atau papan untuk memotong yang ukurannya sesuai dengan sink, anda bisa memanfatkan bagian atas sink untuk merajang aneka sayuran tanpa harus menggunakan space lainnya.
  • Untuk surface top table anda bisa menggunakan cat glossy sehingga hasil finishingnya mengkilat, efeknya akan memberi ilusi dapur akan terasa lebih lega.

Demikian tips kali ini tentang mendesain dapur berukuran kecil atau dapur mungil.. Selamat berkreasi.

..

Architectaria – Arsitek dan Perencana

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

LinkedInTumblrStumbleUponRedditAIMDiggDeliciousFlipboardShare

1 Comment

  1. Shafiq

    Wah tips tentang dapur mungil yang inspiratif dan mencerahkan..

Leave a Comment