Desain dan Dekorasi Interior Ruang Bermain Anak

Masa anak-anak adalah masa untuk belajar dan bermain. Dunia anak-anak adalah dunia yang ceria dan gembira. bukan dunia sibuk dan stress penuh tekanan seperti bekerja atau berusaha untuk mencari uang. Bermain merupakan suatu kegiatan yang dilakukan anak-anak untuk memperoleh kesenangan, tanpa mempertimbangkan hasil akhir. Beberapa ahli psikologi mengatakan bahwa permainan sangat besar pengaruhnya terhadap perkembangan jiwa anak. Perkembangan kepribadian dan pemikiran anak terjadi saat mereka bermain.

Dengan bermain anak-anak membiasakan diri untuk menggunakan mengembangkan otot-otot tubuh, menstimulasi indra dan organ-organ tubuh, mengeksplorasi dunia sekitarnya, menemukan seperti apa lingkungan yang ia tinggali, dan menemukan seperti apa diri mereka sendiri. Dengan bermain, anak-anak menemukan dan mempelajari hal-hal atau keahlian baru dan belajar (learn) kapan harus menggunakan keahlian tersebut, serta memuaskan apa yang menjadi kebutuhannya (need). Lewat bermain, fisik anak akan terlatih, kemampuan kognitif dan kemampuan berinteraksi dengan orang lain.

Menurut Hughes (1999), bermain merupakan kegiatan anak yang dirasakan menyenangkan dan dapat dinikmati (pleasurable and enjoyable). Hanya dengan melakukan kegiatan yang sederhana seperti: berlari-lari keliling taman, melompat ringan, jika kegiatan tersebut dirasa menyenangkan oleh anak, maka kegiatan itupun sudah dapat disebut bermain. Pentingnya ruang bermain bagi anak-anak diungkapkan Pearce (1980), ruang bermain anak merupakan tempat dimana anak-anak tumbuh dan mengembangkan intelegensinya. Tempat dimana mereka membuat kontak dan proses dengan lingkungan, serta membantu sistem sensor dan proses otak secara keseluruhan. Dari tempat bermain pula, anak belajar sportivitas, disiplin dan mengembangkan kepribadiannya.

Seiring dengan pertumbuhan dan perkembangan anak, maka banyak sekali orang tua yang ingin menciptakan ruang bermain tersendiri untuk anak dirumahnya agar anak tidak merasa bosan. Seorang anak memerlukan area khusus untuk bermain. Bukan soal ukuran atau luas ruangannya, yang penting organisasi dan pengaturan didalam ruang tersebut. Sebagai orang tua, Anda juga perlu memikirkan untuk menyediakan sebuah area atau ruang bermain khusus bagi anak usia di bawah 6 tahun.

Dengan adanya area khusus untuk bermain ini, anak dapat berkreasi lebih leluasa. Idealnya area ini tidak terlalu jauh dari aktivitas orangtua. Sehingga, kegiatan bermain itu mudah diawasi atau didengar orangtua. Mendengar bagaimana anak bermain sebenarnya membantu orangtua lebih memahami tingkat keterampilan berbicara dan gerak si anak. Kalau pun dalam situasi tertentu, diperlukan intervensi orangtua, Anda dapat dengan mudah dan cepat bergabung bersama mereka diruangan tersebut.

Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam mendesain dan mendekorasi ruang bermain untuk anak diantaranya adalah :

Lantai

Untuk area tempat bermain anak dapat dipergunakan penutup lantai dari bahan yang lentur dan lembut seperti karpet tebal, karpet dari bahan plastic yang empuk dengan berbagai motif binatang maupun berbagai jenis angka dan huruf, yang sekaligus membantu anak untuk belajar. Agar lantai tidak terlalu dingin, gunakan karpet plastik atau busa. Hindari memakai karpet bulu karena karpet ini menyimpan debu di rongga-rongganya. Karpet bulu juga menyerap air sehingga membuat ruang lembab. Karpet

Dinding

Terkadang orang tua khawatir pada dinding rumah pada area ruang bermain anak untuk membuat dinding tetap bersih. Minimal tidak tampak coretan dan gambar di sana. Namun, karena anak-anak selalu memiliki keinginan membuat coretan maka langkah yang paling bijak adalah menyediakan sarana untuk itu atau membuat dinding ruang bermain yang mudah untuk dibersihkan. Misalnya, menyediakan papan tulis attau melindungi bagian yang mudah kotor dengan cat minyak yang mudah dibersihkan. Anda juga bisa melapisi dinding dengan papan atau wallpaper yang memang disediakan anak untuk bereksplorasi dengan coretannya.

Furniture

Kebanyakan anak-anak suka bereksplorasi dengan bermain dan memindah-mindahkan barang. Termasuk furniture seperti meja, kursi maupun mainan dalam bentuk yang besar. Untuk itu sediakan meja dan kursi yang ringan sehingga anak lebih mudah mengangkat dan apabila anak tertimpa meja atau kursi tidak terjadi hal yang fatal. Meja dan kursi dapat terbuat dari plastik ataupun kayu yang ringan, untuk alasan keamanan hindari penggunaan material yang berbahan logam atau kaca yang rentan pecah. Untuk dapat menarik minat anak bermain sediakan rak mainan untuk menata mainan dengan fasilitas untuk mengambil semacam tangga kecil serta aneka warna penutup jendela (gordin) yang bergambar motif-motif yang disukai oleh anak.

Gambar Desain Furniture dan Kombinasi Warna Untuk Interior Ruang Bermain Anak

Jangan lupa sediakan juga tempat untuk menempel atau memajang hasil kreasi anak anda. Perhatikan bentuk desain furniture diruangan bermain, usahakan membuat sudut-sudut furniture yang tidak tajam, sehingga jika anak terbentur ketika berlari tidak membahayakan keselamatannya.

Warna

Ketika bermain, anak biasanya berupaya untuk mengekspresikan diri. Ketika itu pula anak belajar dan berinteraksi dengan lingkungannya. Sewaktu bermain itulah, jiwa anak dan tingkat kreativitasnya dapat tumbuh dan berkembang. Warna menjadi salah satu faktor yang turut memengaruhi perkembangan jiwa dan kreativitas anak. Karena itu poleskan warna-warna cerah di dinding ruang bermain mereka. Hindari penggunaan warna-warna yang gelap dan suram.

Temperatur/Suhu

Untuk menciptakan kenyamanan, salah satu yang harus Anda perhatikan adalah suhu atau temperatur udara didalam ruangan bermain anak tersebut. Tahu saja, kalau anak Anda sudah bermain, gerakannya sangat lincah sehingga membuat anak cepat berkeringat. Kalau memungkinkan, pasanglah pendingin ruangan (AC) di ruang bermain, dengan suhu sekitar 20 derajat hingga 28 derajat celcius. Suhu itu cukup nyaman bagi si kecil untuk terus beraktifitas dan nyaman juga saat mereka tidur.

..

Architectaria – Arsitek dan Perencana

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

2 Comments

  1. Sulayman

    Keamanan, adalah salah satu dari beberapa hal penting dalam mendesain interior ruang bermain untuk anak-anak.

    salam hormat,

    Sulayman

    • @Sulayman,

      Thanks for comment yah pak.

      regards,

      Aria

Leave a Comment