Desain dan Dekorasi Interior Kamar Tidur Anak

desain-dan-dekorasi-interior-kamar-tidur-anak-1

Tips desain interior kamar tidur anak – Beberapa tips dan informasi mengenai dekorasi interior kamar anak yang menarik sehingga ruangan nampak lebih indah dilihat.

Banyak pemilik rumah yang tertarik untuk membuat interior kamar tidur anak yang lebih nyaman dan aman tanpa harus merogoh kocek yang dalam. Tentunya hal tersebut tidak mustahil untuk diwujudkan karena ada banyak cara untuk membuat interior kamar anak menjadi  lebih indah dipandang mata.

Berikut ini ada beberapa tips tentang dekorasi interior yang akan mewujudkan impian Anda untuk membuat dekorasi interior kamar tidur anak menjadi lebih menarik dan sedap dipandang mata.

  1. Memilih gaya dekorasi dan menetapkan budget

Berbagai pilihan gaya dekorasi tentu saja akan membuat Anda bingung. Langkah awal yang harus Anda lakukan adalah dengan menentukan budget atau anggaran dana karena dengan begini tentunya pemilihan gaya dekorasi kamar anak akan menyesuaikan dengan dana yang Anda miliki. Karena anak-anak akan tumbuh besar, Anda harus memperhatikan dekorasi utama kamar. Pilihlah dekorasi yang fleksibel dan tidak lekang oleh waktu.

Selain itu, pikirkan bagaimana kamar tersebut akan digunakan oleh anak Anda. Pilihlah furnitur seperti tempat tidur, almari, dan juga meja belajar yang awet sehingga Anda tidak perlu menggantinya dalam waktu dekat. Ketika Anda harus memilih warna dan tema kamar anak, pilihlah warna lembut yang Anda sukai. Setelah Anak Anda tumbuh semakin besar, libatkanlah mereka dalam pemilihan gaya dekorasi sehingga mereka lebih nyaman berada dalam kamar dengan ide desain mereka sendiri.

Buatlah dekorasi se-kreatif dan se-menyenangkan mungkin agar kamar tidak terasa membosankan.

  1. Membeli furnitur bekas bukanlah ide yang buruk untuk menghemat budget.

Jika budget Anda tidak terlalu besar dan Anda harus mengganti beberapa furnitur yang sudah tidak layak pakai, membeli furnitur bekas bukanlah sesuatu yang buruk. Anda dapat mencari di pasar barang-barang bekas dan dengan sedikit sentuhan, tentunya furnitur bekas tersebut dapat disulap layaknya furnitur baru.

Cukup dengan men-amplas dan mengecat ulant, tentunya furnitur bekas yang Anda beli bukanlah pilihan yang terlalu buruk. Apalagi jika dekorasi kamar anak Anda bertema klasik, furnitur bekas dengan sentuhan tampilan yang terlihat antik menjadi pilihan yang tepat.

desain-dan-dekorasi-interior-kamar-tidur-anak-2

Desain Interior dan Furniture Untuk Kamar Tidur Anak

  1. Memilih tema dekorasi kamar anak

Memilih sebuah tema dekorasi kamar anak dapat dilakukan sedini mungkin. Anda dapat memilih tema dengan karakter tertentu seperti karakter kartun atau pemandangan alam. Misalnya saja Anda memilih tema alam, Anda dapat menggambar awan dengan pemilihan warna yang menarik seperti warna biru langit dan warna putih. Anda dapat menggambar motif awan dilangit-langit yang akan membuat ruangan lebih hidup. Tema hutan liar juga menjadi favorit para orang tua yang memiliki anak balita.

Dengan tema hutan Anda dapat menggambar pohon pada dinding kamar dengan beberapa binatang dan tentunya hal ini sangat baik untuk mengembangkan imajinasi Anak.  Agar dekorasi kamar tidak spesifik pada gender tertentu, pilihlah warna yang netral dan bisa diterapkan pada kamar anak laki-laki dan anak perempuan. Misalnya warna merah, putih, dan biru yang sangat cocok untuk kamar Anak karena akan memberikan efek yang berbeda-beda. Warna putih dan biru misalnya, dapat memberikan efek menenangkan dan mencerahkan.

Anda juga dapat menambahkan aksen warna kontras yang akan membuat tampilan lebih unik misalnya saja sedikit warna kuning atau hijau pada furnitur atau bagian sisi pojokan dinding. Jika Anda menyukai perpaduan warna pada satu ruangan, dinding mural mungkin menjadi solusi terbaik.

Dinding mural biasanya terdapat tulisan visual yang tidak berbentuk namun unik yang memiliki lebih dari 2 warna. Dekorasi seperti ini cocok untuk kamar remaja yang senang berekspresi melalui seni.

  1. Jangan takut untuk menunjukkan sisi kreatif Anda

Kamar anak merupakan ruangan yang tepat untuk menuangkan kreatifitas Anda. Anda tidak perlu takut untuk menerapkan dekorasi unik dan berbeda pada kamar Anak. Misalnya saja dengan memilih motif wallpaper untuk dinding kamar. Anda dapat memilih motif yang Anda suka contohnya motif bunga atau motif garis yang akan memberikan dimensi lain pada kamar Anak.

Walaupun Anda bebas berkreasi namun prinsip dasar pemilihan warna yang netral harus tetap Anda patuhi. Agar mainan anak tidak tercecer, Anda bisa membeli kotak besar yang dapat disembunyikan dibawah tempat tidur. Jika mainan tidak terlalu banyak, Anda dapat membeli meja belajar yang memiliki banyak laci. Semua akan terasa lebih mudah jika anak Anda sudah mulai dewasa. Tempat penyimpanan dapat Anda pasang pada dinding yang berbentuk kotak menyerupai rak buku.

Demikianlah beberapa tips dekorasi kamar anak yang dapat menjadi suatu inspirasi bagi Anda yang berniat untuk mendekor ulang kamar anak. Hal yang terpenting adalah kreatifitas dan keberanian untuk mewujudkan dekorasi yang menarik. Anda dapat juga berkonsultasi dengan interior desainer untuk hasil yang maksimal.

Tidak usah takut pada biaya yang dikeluarkan karena tentunya dekorasi berkelas membutuhkan biaya.

Selamat mencoba 🙂

..

architectaria.com | Arsitek, Desain Interior, General Contractor

Untuk Anda yang berada diwilayah JABODETABEK dan membutuhkan jasa arsitek, desain interior dan jasa kontraktor untuk membangun/merenovasi rumah, silahkan menghubungi kami melalui nomor: 081229400888, 087710400888, 021-83836281, atau 0251-9195383 (Bogor).

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

No Comments Yet.

Leave a Comment