Desain Arsitektur, Produksi Bangunan, Analisa Harga Satuan dan RAB (Rencana Anggaran dan Biaya) – Suatu Pendekatan Mendasar

Penjelasan mengenai biaya jasa desain rumah oleh arsitek, serta biaya pembangunan rumah.

Beberapa hari yang lalu ada beberapa pengunjung blog (Mbak/ibu, Mas/Bapak) yang menghubungi saya via email dan yahoo messenger dan menanyakan tentang biaya konsultasi, biaya desain bangunan arsitektur (rumah), biaya produksi untuk membuat bangunan dan RAB (Rencana Anggaran & Biaya). Untuk menerangkan ketiga hal tersebut tentunya tidak cukup hanya dengan kata-kata, karena ketiga hal tersebut bersifat teknis maka harus disertai dengan contoh penerapan nya.

Biaya (Fee) Desain Arsitektur

Biaya Desain Arsitektur adalah biaya yang harus dikeluarkan oleh konsumen dalam jumlah tertentu yang telah disepakati sebagai imbalan atas jasa yang dilakukan oleh arsitek atau perencana untuk membuat desain rumah atau bangunan arsitektur.

Penentuan besarnya biaya atau fee desain arsitek biasanya ditentukan oleh dua hal, yaitu :

Jika arsitek hanya membuat desain, maka besarnya fee desain = 5% sampai dengan 8% dari Total Biaya Produksi Bangunan (Negotiable, tergantung detail dan tingkat kesulitan bangunan).

Contoh : Konsumen menginginkan desain rumah dengan luas bangunan 120 m2, diketahui biaya produksi bangunan (akan dibahas setelah ini) adalah sebesar 3.000.000/m2 , maka besar nya fee arsitek sebesar : 5% x (120 x 3.000.000) atau : (5 x 120 x 3.000.000)/100 = 18.000.000

Jika arsitek membuat desain sekaligus melakukan supervisi (melakukan pengawasan) atas pelaksanaan dan produksi bangunan tersebut, maka besarnya fee pengawasan/supervisi adalah sebesar +/- 2,5% dari Biaya Produksi Bangunan, atau bisa juga ditentukan sejumlah harga tertentu, misalnya: IDR 500.000 setiap kali kunjungan ke lokasi proyek.

Biaya Produksi Bangunan

Biaya produksi bangunan adalah sejumlah dana yang dikeluarkan oleh konsumen untuk membeli dan membayar upah atas pekerja, pemborong/kontraktor, material, pajak (ppn) dan biaya-biaya lainnya.

Biaya produksi bangunan ini jika ditaksir besarnya berkisar antara : 3.000.000 sampai dengan 5.000.000 per meter persegi luas bangunan yang akan dibuat, tergantung dari jenis, detail, dan tingkat kerumitan bangunan yang akan dibuat (sederhana, sedang, dan mewah).

Contoh : Anda akan membangun rumah seluas 120 m2 , maka besarnya biaya yang harus anda keluarkan untuk merealisasikan bangunan tersebut (membayar upah kerja, material, dsb) adalah sebesar : 120 m2 x 3.000.000 = 360.000.000. Harga tersebut belum termasuk fee kontraktor/pemborong (sebesar 10% dari Biaya produksi) , dan pajak (ppn) sebesar 5%.

Untuk mereduksi besarnya biaya yang harus anda keluarkan, anda bisa saja mengeliminasi fee kontraktor dengan cara melaksanakan sendiri rancangan bangunan yang telah didesain.

Contoh perhitungan ini dibuat berdasarkan asumsi bahwa anda telah memiliki lahan/tanah yang siap untuk digunakan, dan jenis/detail bangunan kategori middle end .

Mungkin beberapa dari anda bertanya, bagaimana detail perhitungan atau estimasi dari biaya produksi bangunan itu?

Detail estimasi dari biaya produksi itu nantinya akan dijabarkan lebih lanjut dalam perhitungan Analisa Harga Satuan (upah pekerja, material, alat, kontraktor/pemborong, dsb).

Hasil dari perhitungan Analisa Harga Satuan tersebut nantinya merupakan komponen-komponen biaya yang direkap/dijumlahkan dalam Rencana Anggaran dan Biaya.

Sebelum anda memutuskan untuk membangun rumah impian Anda, saya sarankan anda berkonsultasi dahulu kepada arsitek yang Anda percaya, anda tidak perlu khawatir akan dikenakan biaya, karena dalam hal konsultasi biasanya tidak dikenakan biaya apapaun.

Dari tulisan diatas bisa disimpulkan, ternyata biaya yang harus dikeluarkan untuk membayar jasa arsitek sebenarnya tidak terlalu besar dibandingkan manfaat yang akan didapatkan, sehingga anda sebagai calon konsumen tidak perlu takut untuk berhubungan dengan para professional yang berkompeten untuk mendesain rumah impian anda.

Penjelasan/perencanaan secara lengkap tentang biaya desain arsitektur, contoh desain, denah/layout dan tampak bangunan, biaya produksi, analisa harga satuan, dan RAB (Rencana Anggaran dan Biaya) dapat anda lihat pada artikel yang akan saya posting berikutnya.

So, keep your interest with this site..

Artikel lain yang terkait adalah :
- Perhitungan Volume Pekerjaan
- Analisa Harga Satuan
- Rencana Anggaran dan Biaya (RAB)
- Membangun Dan Merenovasi Rumah Ala Desainer

..

Architectaria – Arsitek dan Perencana

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

115 Comments

  1. Darwis Hirmawan

    Wah.. terima kasih artikel nya pak, komplit banget. Asli berguna banget..Jadi mikir, 3 valuable articles (volume pekerjaan, ahs, rab) kayak gini kok di gratisin gitu aja yah?? wah2..salut buat architectaria!
    Sukses selalu yah :-)

    gak papa mas.. asal berguna saya ikut senang, silahkan dipergunakan dan semoga artikel nya bermanfaat

  2. Reinaldo Souissa

    Trims atas artikel nya yang berguna ini pak..

    Shalom,

    Rei-

    sama sama mas rei.. :-)

  3. Agung Wibawanto

    Trims artikelnya.

  4. Rini Jumarnis

    Sama kayak 3 orang diataskuw.. hatur nuhun yeuh :-)

  5. Mitchel Roreng

    lagi-lagi artikel bagus gratis! TOP

  6. popon

    tesis teknik analisa waktu pelaksanaan pada gedung bertingkat

  7. Martha

    Pak Aria ini bisa saja.. guyonan selingan+smiley nya itu loh bikin ketawa…Hahahahaha.. Artikel nya keren loh pak Aria ;)

    Guyon?..Emang bener begitu khan mbak? ;)

  8. Jay

    Keren banget..Kumplid yeuh..

  9. obuy_greenmood

    hmmm, thanks for ur info….=) stay cool with this site

  10. andri

    kpda yth
    saya sedang belajar mengerjakan proyek saya minta tolong untuk mencari tahu harga taiap pekerjaan di 2008 ini.karena saya takut nantinya akan over
    thanks

    Jawab: Harga tiap item pekerjaan dipengaruhi volume masing-masing item pekerjaan dan harga satuan. Mungkin nilainya fluktuatif, krn belakangan harga2 semakin beranjak naik.. Kalau cara perhitungannya bisa anda cari di artikel saya yang lain tentang tata cara perencanaan bangunan (analisa harga satuan, volume pekerjaan dan RAB), kalau tidak salah arsip bulan januari :)

  11. Wah thank’s buanget nich….., artikelnya sungguh sangat bermanfaat sekali, khususnya saya dan bagi mereka yang akan membangun/merenovasi rumah.

  12. Bolehkah saya menanyakan, berapa total RAB apabila membangun rumah yang 1/2 jadi model type 36? maksudnya rumah yang sudah berdiri tapi masih pasangan bata (belum ditembok & cat), serta belum di keramik dan eternit/atap langit2?
    Terimakasih atas jawabannya.

    Jawab: Biaya produksi bangunan +/- 2 s/d 2,25 jt/m2. Jadi dihitung aja, kira2 berapa luasan bangunan yg belum jadi n dikalikan dengan biaya produksinya. Tapi taksiran saya masih kasar, karena realitanya bisa saja berubah karena harus memperhatikan item2 yg lain tentunya.

  13. iqbal

    trimakasih para arsitek2 yg tlah mendedikasikan ilmux lewat blog ini….. manfaatx sgt buaaanyaaak bagi saya…salam arsitektur…

    Jawab: sama2 mas iqbal ;)

  14. Fadly

    Asslm,pertama salut buat architectaria…..
    Kedua,sy berencana untuk membuat rumah sederhana dengan fasilitas ruang tamu,r.keluarga dan 2 kamar tidur,kira-kira luas ideal rumahnya brapa?
    Wsslm

    Jawab: Bisa ditambahkan ruang makan + dapur, kamar mandi.. Dengan kebutuhan ruang seperti itu luasannya kira2 butuh sekitar 45 m2 pak.

  15. Irawan

    Sy berencana membuat lemari baju untuk kamar tidur sy,uk 60x200x220.untuk lmri gantung,baju lipat.bahan duco kali ya
    yg bagus? Terima kasih architectaria sdh mau membantu sy.
    Sukses selalu architectaria. wsslm

    Jawab: Sukses kembali buat pak Irawan

  16. Retno

    rumah saya di bagian garasi &area service miring karena tetangga membangun rumah dengan menggunakan paku bumi, hingga temboknya retak &hampir patah. Apa yang harus saya lakukan? berapa perkiraan biaya untuk renov? trimakasih

  17. joko lalito p

    thanks…buat infonya….salam sukses…and pengen banyak belajar dari kiat anda dalam u bisnis,sir…

  18. wiwin

    terima kasih, artikel2 nya sangat mencerahkan dan bermanfaat.
    oyah pak, saya mau konsultasi dikit nh, sy ada proyek kolam renang, kira2 harga satuan per m kubik dipasaran brp ya? dng kualitas standar bs ga ditekan unt kolam dewasa dibawah 1jt/mk dan kolam anak 500rb/mkubik?
    ada canel ga pak yang bs saya hubungi jika ada yng berani kasih harga segitu? ukuran kolam dewasa 30x20m, dan kolam anak 20x20m . atau ada yng bisa bantu, hubungi sy via imel ya.. mksh

    Jawab:

    Coba ibu cari di indonetwork.co.id..Biasanya ada kontraktor spesialis kolam renang disana. :)

  19. sir.barry

    Ini dia yg saya cari, buat panduan saya mengerjakan tugas estimasi biaya diperkulihan saya!
    karena mata kuliah itu bloom diajarkan tp saya mencoba mencari duluan sebelum diajarkan dan rumornya akan ada tugasnya!
    Btw thank’s bngt dah banyak bantu banyak orang! jd lebih tau duluan deh…! sekali lg maksih!
    mohon izin liat”!

  20. sir.barry

    oh iya satu lg, kalo ada penjelasan lebih detail boleh tuh!
    misalnya urutan pekerjaan dan bahan”nya kalo bisa seh sekalian harga sekarang/terbaru yg diterbitkan oleh pemerintah!
    Maklum anak kuliah semester 3 !
    maksih lg yah, om!

  21. yogi catras p.

    wah bagus TOP BGT mas
    maju terus arsitek bangunan

  22. Johnson Butar Butar

    Saya sangat berterimakasih dengan forum ini.
    Saya seorang engineering menager yang sedang mau mengerjakan pembangunan hotel berbintang lima.
    Pertanyaan saya, langkah apakah yang kita lakukan untuk menilai kemampuan consultant untuk architecture, Interior, maupun exterior, untuk kita dapat membuat keputusan yang baik, dan lebih mendekati?
    Bagaimana sebenarnya batasan dari ketiga disiplin ilmu tersebut diatas, karena kadang-kadang saya merasa banyak yang tidak jelas batasan dari scope ketiga jenis disiplin ilmu tersebut. Sehingga didalam menentukan batasan kontraktor maupun konsultant menjadi abu-abu?

  23. Dumaab:

    Beberapa bulan lalu teman saya arsitek membuatkan design rumah (renovasi) lengkap dengan RAB nya sebesar 1.3 milyar. Design rumah setelah direnovasi seluas 350 meter. Karena sesuatu hal saya tidak bisa membangun rumah yang saya tinggali saat ini. Teman saya menagih fee design sebesar 5% dari RAB tersebut. Memang design tersebut sudah 2 kali direvisi. Apakah perhitungan tagihan fee ini benar ? Bukankah perhitungan fee design ada ketentuannya sebesar Rp. 20.000/meter s/d 30.000/meter. Mohon penjelasannya. Terima kasih

    Jawab:

    Teman bapak sudah betul, fee desain itu bervariasi bentuk dan jumlahnya. Maksudnya ada yg menggunakan sistem persen dan ada juga yang menentukan fee desain perluasan bangunan. Walaupun bapak belum sempat menyelsaikan atau mengerjakan proyek rumah tersebut, tapi desainnya sudah dibuatkan oleh teman bapak.. dan sudah menjadi hak teman bapak untuk mendapatkan fee nya. Untuk besarnya fee desain itu bervariasi dan tergantung dari output (kelengkapan gambar) desainnya, kalau yg sistem persenan biasanya 3% s/d 8% dari RAB.. jika berdasarkan luasan juga bervariasi antar 30.000/m2 ~ 60.000/m2 malah ada yg sampai 100.000/m2. Untuk interior malah lebih mahal lagi.. 2x s/d 3x dari fee desain arsitektur.

    Demikian dari saya, semoga membantu..

  24. ika

    saya ingin belajar menghitung rencana anggaran biaya suatu bangunan bertingkat 4. saya sudah punya gambarnya tapi saya belum bisa menghitung anggran biayanya. mohon bantuannya.

    Jawab:

    Saya sudah pernah menulis tentang perhitungan volume pekerjaan, perhitungan analisa harga satuan, dan perhitungan RAB. Coba aja dicheck bu/mba ika.

    Semoga membantu.. ;)

  25. yuli pepito

    thanks banget informasinya ,jelas ,padat,meyakinkan kan dan simple untuk di mengerti,karna aku bulan depan mau bangun rumah dan semua di borong oleh arsitek di mana permeter 2 adalah 2.500.000 dan dari harga itu di mana belum termasuk dari instalasi listrik, air dan imb .yah lumayan mahal juga ,apalagi semua bahan bangunan mahal gt .

    Jawab:

    Selamat membangunyah.. dan semoga rumah barunya memberi manffat lebih untuk keluarga bapak/ibu. ;)

  26. duta negara

    pagi pa, pa say minta tolong untuk data terbaru standar RAB jakarta periode januari 2009 sudah ada data-nya di meja bapak, terima kasih atas waktunya…

  27. skala

    artilel yg bagus, dan mendidik masyarakat unt lebih menghargai jasa profesi arsitek

  28. skala

    sekalian aku numpang ikut subscribe artikel lainnya ya
    trims

  29. dhika

    maaf, apa mas/pak/mbak/ibu.
    saya mahasiswi teknik sipil sekarang saya sedang mengerjakan skripsi, tapi saya mengalami kesulitan.! saya saat ini mengerjakan RAB tapi dalam mengerjakan analisa harga satuan mengalami kesulitan.! karena sni yang saya gunakan tidak mencakup semua pekerjaan yang dibutuhkan.! apa mas/pak/mbak/ibu dapat membantu saya? saya kebingungan dalam pekerjaan penangkal petir, instalasi air, instalasi kebakaran!

  30. archilosophy

    Cm kasi masukan nih…
    fee-nya apa ga tlalu tinggi tuh per m2-nya..
    u/ pemborong aj skrg fee-nya bkisar 5-8% ( maklum,para konsumen tmsk org awam skrg ga bs dibodohi,mrk rata2 mua tau hrg material dan bahan bgnan skg fluktuatif dan cenderung inflasi,tinggi lagi!
    jd mrkpun udh lbh “peka” akan cost pengeluarannya),
    apalagi kalo fee arsitek = 3 – 5 % dr total RAB??
    apa ya bs “maen” di tengah persaingan global desain yang super ketat ini?
    apa konsumen ga “shock” tuh?
    mau bangun rmh aj udh mahal,ditambah kena fee sana-sini
    ( kontraktor + arsitek =15%,blm tmsk ppn? )
    ……
    bolehlah kita idealis,tp jgn smp berkesan “memoroti” org awam,apalagi org kaya..

    thx

  31. Baru2 ini saya bayar konsultan untuk project property saya (saya bayar konsultan krn tidak memungkinkan 1 orang sbg property developer sekaligus sbg consultant)sebesar 8%.

    Untuk masalah fee pemborong, kalau sistem yg digunakan adalah cost and fee.. normal kok kalau pemborong mendapat 10% (apalagi mereka juga bayar pajak). Belanja material juga sepenuhnya diurusi oleh owner. Sementara kalo sistemnya adalah borongan, maka fee pemborong sudah termasuk dalam biaya produksi per m^2 (berdasrkan artikel diatas +/- 2,5 jt/m2).

    Masalah fee arsitek dan urusan persaingan global?? kalau ada arsitek/desainer yang nggak bisa ikut dalam persaingan global n udah nggak bisa menahan “lapar” yah silahkan ganti profesi dan beri tepuk tangan yg meriah pada yg masih bisa ikut bersaing. Lagian salah siapa pakai PERANG2AN TARIF?.. Dari awal semua sudah salah kan?? Utamakan service, bukan menurunkan harga. Kalau fee udah mentok n rendah banget yg rugi siapa?

    Buat saya pribadi, menjadi desainer adalah cita2 kecil, sekaligus ingin mencari kepuasan. Bukan sebagai lumbung untuk mencari uang apalagi menggerogoti client.. Main business saya BUKAN dari jasa “menjual kacang” yg dibungkus dengan kertas dengan judul desain arsitektur/interior/civil engineering and planning.

    Trims untuk comment dan masukannya, semoga berguna buat teman2 desainer yg lainnya..

  32. ruby ds

    kpd. Yth.

    saya dapat tawaran membangun kolam renang ukuran 6X12 m kedalaman tiap 4 m’( 1m, 1,5m, 2m) tapi saya belum pernah menghitung rab dan gambarnya mohon bantuannya. Terimakasih

  33. salma

    wah terima kasih artikelnya….sangat berguna
    o iya saya mau tanya. Saya ingin membangun kos-kosan kira2 butuh biaya berapa ya? sama ngga dengan bangun rumah?

  34. Jasa Putra

    Kepada Yth,
    Redaksi Archtitectaria.com

    Saya mau tanya, berapa bahan yang harus digunakan untuk membuat rumah toko dengan panjang 18 M lebar 4 M, 3 Lantai

    Tolong ya mas……..

    Terima Kasih

    Jawab:

    Mungkin maksudnya itu biaya untuk membangun ruko-nya.
    Perkiraan biayanya sebesar: (18 m x 4 m) x 3 x 3 jt = 648.000.000 ~ 650 jt.

    Besarnya biaya itu adalah untuk upah kerja dan material.

  35. dedymnh

    info yang berguna….trims….sukses terus….

  36. wira

    Yth. Redaksi Architectaria.
    saya mau tanya :
    1. untuk pembangunan rumah negara apakah diperbolehkan pada
    Rekapitulasi Rencana Anggaran Biaya, Konsultan Memasukkan biaya
    Keuntungan Pemborong sebesar 10%..? sedangkan biaya untuk PPn 10%
    sudah dimasukkan juga. sehingga biaya tambahan keuntungan dan PPn
    menjadi 20% diluar dari pada biaya pelaksanaan pekerjaan nya.
    2. Apakah ada undang – undang/ketentuan yang mengesahkan penambahan
    biaya keuntungan 10% + PPn 10% tersebut?
    3. mohon penjelasannya. tq.

    Jawab:

    1. Didalam Rekapitulasi RAB, tidak ada dituliskan: Fee kontraktor sebesar 10%. Perhitungan fee atau keuntungan kontraktor ini dimasukkan (di mark-up) dalam analisa harga satuan (upah, material, dan alat).

    Yang dituliskan dalam rekapitulasi RAB adalah sbb:

    - Harga total pekerjaan (sudah termasuk keuntungan)….. (A)
    - PPn : 10% x A ……………………………………………… (B)
    - Jumlah Total : A + B

    2. Sudah jelas tidak ada istilah: penambahan biaya keuntungan 10% + PPn 10% diluar biaya pelaksanaan pekerjaan, berarti juga tidak ada undang-undang yang seperti itu.. Dan kami pun tidak pernah menyebutkan istilah (atau mengakumulasikan): penambahan biaya keuntungan 10% + PPn 10% diluar biaya pelaksanaan pekerjaan.

    Sekedar catatan, fee kontraktor sebesar 10% dari biaya produksi biasanya digunakan kalau metode pembayaran yg dipilih oleh user dan kontraktor adalah metode cost and fee. Tapi kalau metode yang digunakan adalah metode borongan, maka tidak ada istilah fee 10%.

    Demikian dari saya, semoga menjawab pertanyaan anda..

    Regards,

    Architectaria

  37. fan

    aku mau download anlisa SNI gratis dmana za???

  38. winariyanto

    mas tlg bantuin aku dong … aku lagi disuruh bos buat nyariin analisa pekerjaan untuk pengecatan tower bts, tapi aku blum dapetin juga di internet ,punya info ngak mas thank banyak before.

  39. andre

    Kepada YTH Bung architect,

    Saya ingin memiliki empat kios yang masing-masing ukurannya 3MX4M,plus masing-masing ada kamar mandi mungilnya dengan satu toilet bowl plus satu keran.Boleh minta tolong untuk membuatkan estimasi biaya pembangunannya (material plus tukang).Trims

  40. m.lukman

    kalo rumah ukuran 9x15m kira-kira membutuhkan biaya berapa..?

  41. Makasih infonya, Pak…
    ijin bookmark…

  42. rera

    bagaimana dengan penggunaan atap yang menggunakan konstruksi dan stryuktur baja jika dibandingkan dengan kayu?
    apakah kurang dan lebihnya, dan bagaimana efisiensinya?
    kemudian kekuatannya?
    saya ingin membangun rumah tetapi masih tidak tau apa yang harus digunakan…
    terimakasih atas sarannya…

  43. karang

    begini kalo kita memaksakan untuk fee sebesar 5% dari RAB ini terlalu mahal untuk masyarakat pada umumnya, sehingga jasa arsitek menjadi kurang laku, atau untuk sebagian kalangan terlalu.

    sebagai arsitek tentunya kita butuh pekerjaan, bagaimana kalo fee dari pekerjaan tersebut di kurangi..???

  44. Komarudin

    Alhamdulillah sangat berguna khususnya bagi yng awam dlam penyusunan perencanaan.

  45. Amalia hanum marissa

    Penilaianku atas artikel di atas yaitu ga bs kita meng-asumsi hrga perhitungan rmh tiap /m2,itu hny range kasaran, utk lbih tau real secara pasti kita harus hitung per item, utk proyek2 swasta murni sy sarankan agar para arsitek2 agar mnghitung RAP (rencana anggaran pelaksanaan) bukan RAB,apalagi AHS yg di pake milik PU,itu estimasi jaman belanda masi di pake smp skrg,bisa2 over.coba para civil,arsitek,ME, cri gebrakan analisis tersendiri..

    Jawab:

    Realitasnya harga bangunan per m2 itu hanya harga TAKSIRAN AWAL saja.. ketika urusan dengan client memasuki tahap lebih serius, setiap desain memang harus dibuatkan RAB nya.. dan ketika project dimulai juga harus dibuatkan RAP atau real cost nya..

    Gebrakan analisis sendiri? Pak, kita ini hanya mau bikin rumah, bukan lomba bikin prosessor komputer? bikin rumah (secara teknis) sudah ada panduan bakunya, ahs, bow, yg terbaru adalah sni dari dinas PU.. kenapa musti ada gebrakan analisa sendiri?? Hal yg lebih penting adalah bagaimana anda bekerja dan mendapatkan client, kemudian memuaskan client, bukannya harus bikin gebrakan2 baru.. Pikiran anda terlalu ribet pak. :) )

    Regards,

    AMA

  46. archica lagoi

    Tetap pada jalur kaidah kaidah arsitektur….!!!
    Salam…

  47. GARIS

    berdasarkan pengalaman fee tergantung situasi dan kondisi

  48. kdewiharjanto

    Mohon bantuan pendapat,
    saya merencanakan membangun rumah. Jasa arsitek sudah disepakati 5 % dari biaya produksi (Rp. 2 juta/m2). Sudah dibayar separuh.
    Yang saya ingin tanyakan, berapa lama arsitek membuat RAB dari mulai desain rumah disetujui?
    Saya agak heran, karena aristek saya ini kesannya lama sekali. Untuk desai, 3 kali revisi, setiap revisi kadang memakan waktu sebulan lebih bisa 2 bulan. Untuk detil bangunan dan RAB sudah lebih 2 bulan belum selesai. Apakah ini wajar?

    terimakasih sebelumnya
    -dw-

    Jawab:

    Untuk proses revisi biasanya kami berikan kesempatan client melakukan revisi maximum sebanyak 4x.. FYI, proses revisi ini dilakukan pada tahap pra rencana, jadi gambar yang direvisi masih berupa gambar sketsa awal.. Ketika gambar sketsa (pra-rencana) sudah fix disetujui oleh client, baru kami masuk ke pembuatan gambar CAD dan 3d image.

    Lamanya waktu pembuatan desain biasanya 1 s/d 1,5 bulan untuk paket perencanaan lengkap, karena ada +/- 50 item gambar yang harus dibuat..

    Jika paket yang diorder oleh client hanya: desain denah, tampak, potongan (melintang, memanjang), pondasi, sloof, kolom, balok, dan gambar 3D image, maka lamanya waktu adalah sekitar 10 s/d 14 hari.

    Untuk pembuatan RAB sekitar 2 minggu, biasanya dibuat setelah seluruh paket gambar selesai dibuat.

    Demikian jawaban dari kami, semoga bisa menjadi referensi yang baik buat bapak..

    Regards,

    Architectaria

  49. win

    Mohon sharingnya,

    Saya ingin membangun rumah model ruko di Jakarta apakah masih memungkin bagi saya dgn kualitas standar saya mendapatkan biaya produksi sebesar 1,5 jt – 1,7 jt /m.

    terimakasih sebelumnya

    Jawab:

    Biaya produksi bangunan saat ini sekitar 2,5 ~ 3 jt/m2. Harga 1,5 ~ 1,75 jt/m2 itu relevan untuk tahun 2007 dan awal 2008.. Untuk ruko mungkin bisa ditekan pada angka 2,25 ~ 2,5 jt/m2 tergantung susunan ruang dan detail bangunannya.

    Regards,

    Aria

  50. Adyansyah

    Pak saya ingin membangun ruko 12 x 4 yang tidak bertingkat tp atapnya di cor beton dan mungkin ingin di tingkatkan kira2 berapa biayanya?

    Jawab:

    Kalau luas ruko yang ingin dibangun 12 m x 4 m, 1 lantai.. service fee desain arsitektur nya sebesar: 6% x RAB (Biaya Pembangunan)

    Luas Ruko: 12 m x 4 m = 48 m2
    Biaya Pembangunan : 3 jt/m2 –> 48 m2 x 3 jt = 144.000.000

    Service fee desain arsitektur: 6% x Biaya pembangunan : 6% x 144.000.000
    Service fee desain arsitektur: 8.640.000,-

    Untuk lebih jelasnya silhakan hubungi kami di no: 021-90468563

    Regards,

    Aria

  51. anwar kusyadi

    Saya seorang Drafter,kalau ada yang butuh gambar 2D silahkan hub. email saya or hp 087821142476.terutama gbr rumah, rab juga.atas perhatiannya diucapkan terima kasih.

  52. bong

    saya ingin tahu harga jasa desain per meter pak. karena saya mendapat tawaran desain per meter rp.40.000,-apa wajar atau terlalu mahal?desain meliputi gambar potongan,gambar imb,gambar tampak samping,gambar denah,rab.terimakasih

  53. saya ngitung RAB harga satuan tiap pekerjaan,untuk menghitung rumah tinggal .mohon di bantu untuk bikin RAB nya.di mana untuk mendapatkan aplikasi RAB untuk cara hitung cepat tiap harga satuan pekerjaan dan bahan

  54. Duh, ribetnya dan terutama, diperlukan uang yang banyak, ya? (garuk-garuk kepala nggak gatel):D
    Saya punya rumah T-36 dg luas tanah 180an yang pengen saya buat tingkat dengan tambahan 1 ruang tidur + kamar mandi di atas yang cukup luas min 3×4 m dan untuk jemur ditambah gudang + perpustakaan. Halaman belakang dibiarkan cukup luas dengan ada pohon-pohon dan gazebo. (bentuk tanah ngantong dengan depan 7m dan belakang 12m). Apakah perlu menambah ruang di lantai bawah mengingat dapur /ruang makan nyambung dg ruang tamu? Kira-kira berapa biaya pembangunannya? Kalau nggak pakai jasa arsitek (maaf, tabungan budget kami sangat mepet)kira-kira tukang bisa menterjemahkan kemauan kami, nggak ya? Terimakasih atas jawabannya, pak :)

  55. Zeyn

    Terima kasih sebelumnya, saya sangat membutuhkan analisa Harga Pekerjaan Pengecatan Tower dengan ketinggian 70m – 90 m. Sudi kiranya bapak membantu saya..sekali lagi terima kasih atas responnya…

  56. Teguh

    Untuk Ibu Vesti, bisa konsultasi dgn saya akan saya bantu dgn tenaga tukang saya bila berkenan.

    Teguh
    hp.081280408889

  57. sariyo

    saya mau tanya?. standar keutungan borongan banguan itu berapa persen yang benar menurut standar SNI. terima kasih atas jawabanya saya tunggu.

  58. putra

    hallo,, gue minta bantuanx yach… please,,, gue mw bangun rumah type 70 tapi kamar tidur 4, sekalian dengan perincian barang n harga yach… gue golongan sos. menengah ke bwh, jadi tolong yach….. tapi yg iterior n modern, Thanx

  59. saya sangat butuh informasi/bimbingan Bpk, saya mempunyai tanah luas 600 m2,rencana saya mau bangun rumah luas 10mx8m (3 km.tidur, 2 km/wc, r.tamu, r.klrga, dapur). saya hitung-hitung dana yg saya punya hanya cukup untuk bangun pondasi dan upah , dgn tidak menjual sebagian tanah, langkah-langkah apa yg harus saya lakukan untuk memulainya dan untuk ke tahap pembangunan berikutnya ? Terimakasih atas ketulusan jawabannya pak..

  60. jamaludin

    Mohon konfirmasi judul buku lengkap RAB Analisa Dan Harga satuan apakah ada di gramedia, mohon balasannya di tunggu. terima kasih jamaludin.

  61. khaidir

    salam kenal,,, saya dapat job merencanakan hotel, 50 kamar beserta ruang-ruang penujangnya, mohon saya dibantu berapa kira-kira harga satuan per m2 – nya. (tentunya sudah termasuk jaringan pendukung bangunan). ini dapat menjadi informasi awal buat owner guna mempersiapan dana pembangunan.

  62. Khaidir

    Salam kenal,,
    perusahaan yang saya pimpin insya Allah dalam waktu dekat akan melakukan kerja sama dengan pihak lain tentang perencanaan hotel bintang 4,,,
    fasilitas utama kamar sebanyak 50 unit. saya mohon bantuannya kira-kira berapa harga satuan per m2 bangunannya. (tentunya sudah termasuk fasilitas penujang dll. Masukan dari bapak kiranya dapat membantu saya untuk memberikan informasi awal kepada owner dalam rangka mempersiapkan dana pembangunan,,
    terima kasih sebelumnya,,,,

  63. astrid

    Dear P’Arc. Aria,
    sy sdng bingung.krn awam dlm hal bangunan, sy punya rumah RSS ada rencana sisa tanah blkang rumah akan sy bangun, karena rumah sebelah n belakang sy sudah di bangun/ di benteng semua jadi air hujan masuk semua ke halaman belakang rumah sya, jadi sy hrs membangun sisa tanah di balakang rumah untuk nantinya bisa di gunakan untuk r.makan + dapur, luasnya kira2 7×1.5m, kira2 berapa perkiraan biaya untuk itu ya pak, tks u infonya

  64. aan to the taliank

    gimna kalau kayak aq….
    di sekolah aq juru gmbar pling ok…
    tapi sayank aq paling down d RAB….!!!!

  65. XXX 18 +

    I LIKE THIS

  66. Toni

    Sy ada rencana membuat kantor pusat dengan desain Minimalis tp lebih banyak menggunakan material kaca,harga desain dan biaya bangunannya per m2 brp ?

  67. win

    Just sharing, kalau mau bangun ruko utk tahun 2010 dengan harga per M2 sebesar Rp. 1,600,000 masih memungkinkan.

  68. ADI

    minta harga satuan m2 untuk rancang bangunan gudang ranngka baja tiang wf-150 atap asbes

  69. sukma

    Bagi anda sekalian yang mempunyai masalah goib dan sebagainya kami solusinya dan siap membantu anda menyelesaikannya sampai tuntas.
    Kami melayani :
    -Pelet Pengasihan
    -Santet
    -Pesugihan Hitam
    -Pesugihan Putih
    -Jual Beli Tanah dan Rumah
    -Gendam Prana
    -Pelarisan
    -Mustika Keberuntungan
    -Tarik Pusaka alam goib dsb
    -Nikah Goib
    -Ruwatan Spiritual
    -Jual Musuh
    -Trawang Kehidupan
    -Trawang Marsix dan Undian Dunia
    -Dll
    Pengerjaan kami transparan tanpa unsur penipuan.
    100% asli dan nyata bisa dirasakan.
    Bila anda sekalian berminat bisa hubungi :
    08569810334 (Bapak Sukma) sms / telp akan kami layani dg syarat tolong
    cantumkan nama lgkp dan alamat yg lgkp.
    nb : hanya untuk yg serius saja

  70. Tri Buddie

    architectaria :
    Sering banget dibahas masalah RAB atau harga borong + material, kalo boleh th harga upah borong tenaga saja tanpa material kira2 berapa ya?
    Kadang2 ngga percaya dgn material yg dipakai oleh pihak pemborong, mohon jawabannya. Terima kasih.

    Jawab:

    Upah borongan berkisar antara 450 rb/m2 untuk bangunan 1 lantai dan > 500 rb/m2 untuk bangunan 2 lantai

  71. edypurwoto

    Saya mau buat dak dengan ukuran 6,5×5 meter dengan tebal cor 10 cm kira berapa ya habis bahan serta biaya uangnya mohon dihitungkan ukuran cor besi 10mm dan 8 mm terima kasih

  72. Budi

    Terima kasih untuk Architectaria atas artikel ini..
    thx banget infonya yah..

    kalau ada buku tentang cara belajar estimasi biaya dan manajemen proyek, tolong beri tahu judulnya ya..

    sekali lagi saya ucapkan terima kasih..^^V

  73. Erlangga

    HM…….Kok Anggarannya Mengalahkan Jasa Konsultan Ma Pengawas Di proyek Pemerintahan Ya……Apa gak Salah Itu…..????/

    Jawab:

    Salah dimananya pak? Kita nulis besaran imbalan jasa (fee) itu ada acuannya. Range imbalan jasa (fee) itu kan tergantung besar kecilnya proyek dan kategori bangunannya pak.. Coba buka buku pedoman kerja yang dikeluarkan IAI, lihat lampiran 2.A dan 2.B tentang Tabel perhitungan imbalan jasa.

    Kalau untuk rumah tinggal dengan luasan kecil dan biaya konstruksi dibawah 2 M (seperti contoh diatas yg hanya 200 jt) besaran feenya antara 7 sd 8%.

    Kalau diatas 2 M = 6,48 %, > 4 M = 5,60 %, > 20 M = 4,92%, > 40 M = 4,38%, > 100 M = 3,18 %, > 200 M = 2,03 %, > 300 M = 1,54 %, > 500 M = 1,50 %.
    Jadi kalu bapak bandingkan dengan proyek pemerintah yang nilainya puluhan atau bahkan ratusan M, yah jelas prosentase fee nya kecil. Tolong kalau bapak membandingkan apple to apple biar fair.

    Anyway, thanks for comment..

    Regards,

    Architectaria

  74. Deri

    wah,,, hebat,,

  75. Pebrianto

    Wadu… Padahal say sudah berharap banget rekonstruksi rumah grandparents saya. Tapi saya jadi putus asa setelah melihat ini. Sedikit skali uang yang saya punya dibanding biaya yg tersebutkan diatas. Paling-paling budget saya 40 jt. Gmana ya???

  76. bbpool kolam renang

    BBPOOL KOLAM RENANG melayani pembuatan kolam renang,water boom,kolam ombak,kolam arus,kami juga menyediakan berbagai peralatan buat kolam renang dan water boom. Call 0285 8195475 hp. 087733418515.081390010340,08562879531

  77. oklex

    Ada yg teramat menyusahkan dengan perhitungan negara kita ,yaitu harga yg tidak stabil ,terutama besi,semen naik turun kaya ayunan .Berbeda dg negara tetangga misal brunei kita menghitung detik ini dan kita bertahan dg harga itu mgkn msh bisa bertahan 1th kedepan dg harga sama

  78. resa

    salam…
    saya Resa, saya hendak membuat sebuah laporan Skripsi dari segi PPN
    Saya mengambil PPN atas KMS, saya mohon bantuan untuk perncanaan pembangunan rumah/ gedung dengan luas 200 m2. saya membutuhkan rincian biaya danbahan2 yang akan dibutuhkan untuk membangun rumah/ gedung diatas tanah seluas 200 m2.
    Mohon bantuannya..

    Terimakasih sebelumnya

  79. pujianto pratama

    assalamualaikum …………..saya ucapkan terima kasih but yang punya artikel ini..teima kasih //

  80. Mamenin

    Mantab jayaa…

  81. helmymiolo

    maaf, sy memberikan sedikit masukan tentang fee arsitek/honorarium arsitek. Klo setahu saya dalam bukunya mukomoko biaya bangunan umumnya di bagi 3 yaitu:
    a. 5000 s.d 1.000.000
    b. 1.000.000 s.d 25.0000.000
    c. 25.000.000 dan seterusnya
    kemudian anggaran biaya itu dilihat dalam grafik. utk rumah tinggal harga Rp diatas 25.000.000 persentasinya sebesar 3%. 3% itu termasuk didalamnya pekerjaan detail sbb:
    1. Pra Rencana……………………….. 15%
    2. Rencana Pelaksanaan/Lengkap…………. 33%
    3. Detail dan Perhitungan……………… 15%
    4. Bestek……………………………. 5%
    5. Perhitungan Anggaran BIaya………….. 5%
    6. Pemborong/Lelang…………………… 2%
    7. Melakukan Direksi………………….. 25%
    Jumlah keseluruhan : 100%.
    jadi utk rumah tinggal luas 120 m2 adalah:
    120 x 3.000.000 x 3% = Rp 10.800.000 utk pekerjaan detail di atas.
    utk honorarium arsitek jika ia mengerjakan Detail & Perhitungan, Bestek/Gambar Rencana, Perhitungan Anggaran Biaya, maka jumlah biaya yang diterima oleh arsitek tadi sebesar = Rp 10.800.000 x (15+5+5)%
    = Rp 2.700.000.
    Jadi bukan total keseluruhan 10.800.000 yang di terima.
    sy hanya sekedar berbagi pengetahuan aja. trima kasih. skali lg maaf.

  82. rooney

    kalau type 100 2 lantai 1 borongan upah berapa boss?

    • @Dear Rooney,

      Upah borongan untuk bangunan 2 lantai berkisar +/- IDR 600.000 per m2.

      Regards,

      Aria

  83. Hendra Agus Susilo

    Pak Helmy Miolo,

    Buku mukomuko yang bapak baca itu terbitan kapan? kok aneh ada biaya pembangunan dengan range begitu rendahnya?
    a. 5000 s.d 1.000.000
    b. 1.000.000 s.d 25.0000.000
    c. 25.000.000 dan seterusnya

    Kalo mengacu ke perhitungan bapak, berarti per m2 nya arsitek cuma mendapat fee sebesar +/- 20.000 ya? wah apa iya ada yang mau pak?

    Untuk perhitungan fee skrg ini acuannya ke buku yg ditetapkan IAI.

    Kalau dilihat dri tabel IAI malah lebih mahal loh pak, untuk rumah tinggal itu masuk kategori 3.

    Kemudian jika luas bangunan 120 m2 dan biaya konstruski saat ini berkisar 2,5 jt sd 3 jt/m2 –> 120 x 2.500.000 = 300.000.000

    Dari Lampiran 2.A Tabel Perhitungan Imbalan Jasa yang dikeluarkan IAI malah menetapkan besarnya fee untuk bangunan kategori 3, dengan biaya konstruski antar 200 Juta s/d 2 Milyard sebesar 8 % –> 8% x 300.000.000 = 24.000.000

    Itu 8% dari BIAYA TOTAL KONSTRUKSI BANGUNAN nya. Sudah ada kurva/grafik hubungan antara besarnya fee dengan biaya total bangunannya di buku panduan yang dikeluarkan oleh IAI. Lihat lampiran 2.A dan 2.B

    Dengan fee sebesar 8% ini arsitek memberi output gambar desain yg lengkap. Ngga dibagi2 lagi seperti yang bapak rincikan diatas.

    Hormat saya,

    Hendra Agus Susilo

  84. beberapa bulan yg lalu merenovasi rumah, perhitungan pemborong permeter 1jt, yg saya mau tanyakan klo sudah diborong apa masih dihitung permeternya, trims…

    • Dear Pak Arie,

      Upah borongan memang biasanya dihitung per m2 pak. Jadi harganya sudah tetap, berdasarkan luasan bangunan. Tinggal dikalikan saja berapa biaya borongan per m2 dengan luas bangunan yang akan dikerjakan. Pencairannya biasa pertermin atau berdasar prosentase pekerjaan dilapangan.
      Kelemahan sistem borongan ini, pemborong bekerja mengejar waktu, secepatnya harus selesai agar bisa menegerjakan borongan di proyek yg lain. Akibatnya kualitas pekerjaan kadang sedikit terabaikan.

      Bedanya dengan upah harian yaitu: upah dibayar setiap hari sampai dengan pekerjaan diselesaikan.
      Kelemahan upah dengan sistem harian ini, terkadang tukang suka sengaja lambat dalam menyelsaikan pekerjaan, sehingga owner atau user pasti tekor di biaya upahnya.

      Regards,

      Aria

  85. erik

    pak aach.aria.,.
    maaf pak sebelumnya. kalau yg ditentukan IAI itu untuk jasa arsitek rumah per unit, bagaimana dengan jasa arsitek untuk developer? apakah ada perbedaan fee? jika developer memakai jasa arsitek free lance? mohon bantuan informasinya pak?? terimakasih sebelumnya.,.,

    • Dear Mas Erik,

      Untuk developer apalagi developer besar setau saya biasanya mengambil tenaga arsitek dan civil engineer sebagai karyawan inhouse, atau karyawan tetap.

      Kalaupun ada pengembang yg masih baru atau skala kecil dan menggunakan jasa freelancer, besarnya fee itu disesuaikan saja oleh kedua belah pihak.

      Regards,

      Aria

  86. wahana

    makash banget bapak tuk artikelnya,ni bisa bt bekal kedepan.

  87. wulan

    slamat pagi,siang,malam.
    Ijinkan saya btanya,saya diminta bos t4 saya bekerja mencari seorg arsitek u/ membuat desain bangunan kantor.luas tanahny 1hektar tp td smua lahan tanah tsbt dibangun.yg saya tanyakan bagaimana phitungan jasa arsitek u/ membuat gambar desain bangunan kantor tsb?trimakasih.

    • Dear Bpk/Ibu. Wulan,

      Silahkan langsung menghubungi kami jika anda tertarik menggunakan jasa profesional kami.

      Menggunakan jasa arsitek sesungguhnya tidak mahal, dengan konsep dan desain yang matang akan dapat menghemat uang anda dan memaksimalkan investasi anda.

      Dengan bangunan yang terdesain dengan baik, anda dapat menghindari biaya tak terduga akibat miss planning dan meningkatkan nilainya untuk jangka panjang.

      Regards,

      Architectaria.

  88. Riko

    Wah ok banget nih atas perhitungannya,

    Tp saya juga ingin menanyakan bagaimana apabila kita misalkan dapat pekerjaan borongan dari kontraktor/ developer atau misalkan kita akan borongkan pekerjaan saya rumah kita yg akan kita bangun. pekerjaannya saja tanpa material, misalkan bangunan rumah 8 x 6 m = 48 m2, bagaimana cara perhitungan borongan untuk pekerjaanya saja? Trm ksh

    • @Mas Riko,

      Biaya borongan tenaga ini berbeda kalo kerjasamanya antara End user – Pemborong dan Developer – Pemborong.

      Kalau kerjasama antara End User – Pemborong, maka biaya borongan tenaga adalah sekitar 500.000/m2 untuk bangunan 1 lantai dan 600.000 s/d 650.000/m2 untuk bangunan 2 lantai.

      Kalau kerjasamanya antara Developer – Pemborong, maka biaya borongan tenaga bisa berkisar antara 300.000 s/d 400.000/m2. Karena udah jadi rahasia umum kalau developer itu sangat menekan cost, dan anda bisa perhatikan kulitas dari bangunan yg dibuat developer kebanyakan seperti apa ;) Bahkan banyak dari sub-kontraktor dan pemborong mereka yg dibayar dengan sistem turn key.. Project selesai dulu baru dibayar (itupun dengan sistem standing instruction dari pencairan dana KPR bank). Hihih.. nasibnya pemborong :D

      Kalau kami ketemu developer (yg tak punya cukup capital) seperti ini, langsung kami tolak.. Kalo sistem paymentnya turn key, mending kami yang jadi developernya pak :D *justkidding*

      Regards,

      Aria

  89. Graha

    butuh arsitek untuk mendesain? bangunan apa saja, “free design”, untuk paket Design & Built. jadi anda tidak perlu repot2 mencari kontraktor untuk pelaksanaan & bebas biaya desain.
    design lengkap (arsitektur, interior, & landscape)

    konsultasi arsitektur gratis.
    hub : 0815 104 57267

    • @Graha,

      Good luck buat bisnisnya mas ;)

      Regards,

      Aria

  90. Iswadi

    Akhirnya Alhamdulillah saya ketemu web dengan artike yang sangat bermanfaat, jadi saya bisa banyak belajar apalagi saya lagi mulai belajar property, Thanks mas. Mas tahu nggak berapa upah standar borong di Bandung?

    • @Iswadi,

      Kalau standar pastinya saya kurang tau mas, mungkin masih kurang lebih dengan jakarta. 400.000/m2 untuk bangunan 1 lantai dan 550.000 s/d 600.000/m2 untuk bangunan 2 lantai.

      Regards,

      Aria

  91. budi

    maf! sya mau tanya bsa ga sya gabung d perusahaan bp? sya tukang dlm bangunan

    • @Budi,

      Thanks untuk ketertarikan nada, tapi maaf saaat ini tenaga tukang kami masih mencukupi. Mungkin lain waktu bisa kita pertimbangkan.

      Regards,

      Aria

  92. nasir

    berpa harga jasa borongan /m bangunan gudang? disini yg akan saya borongkan jasa membuat temboknya. ukuran 10×18. tinggi tembok 4m. trimakasih atas jawabanya

    • @Nasir,

      Mungkin bapak bisa langsung berhubungan dengan tukang jika akan membangun tembok. Jika butuh desain bapak bisa berkonsultasi dengan kami.

      regards,

      Aria

  93. nasir

    salam pak aria……..
    saya ada tanah ukuran 15×50 saya ada rencana buat rumah dengan model joglo kombinasi moderen…saya ada dana 250jt.
    konsep yg sy inginkan halaman depan luas rindag posisi rumah tdk terlalu ketengan ada rumah jalannya, 1kmr tdr utama ukuran 6×7 dengan fentilasi /jendela yg banyak, 3kmr tdr+ kmr mandi didlm. 1kmr tdr tamu, kmr tdr pembantu, dpur luas. gazebo. carport.
    klo bapak berkenan tolong gambarkan sketsa rumahnya…trimakasih

    • Dear Bpk/Ibu. Nasir,

      Silahkan langsung menghubungi kami jika anda tertarik menggunakan jasa profesional kami.

      Menggunakan jasa arsitek sesungguhnya tidak mahal, dengan konsep dan desain yang matang akan dapat menghemat uang anda dan memaksimalkan investasi anda.

      Dengan bangunan yang terdesain dengan baik, anda dapat menghindari biaya tak terduga akibat miss planning dan meningkatkan nilainya untuk jangka panjang.

      Best regards,

      Architectaria.

  94. peu

    Mr. Aria,

    Saya berencana membuat konsep design gedung dgn vol. 690.570 m2, dengan wkt 5 bulan,bisa dibantu pekerjaan ini dan berapa biaya per m2 :
    1.Membuat Perencanaan Konsep Design dan Master Plan.
    2.Membuat Perencanaan Preliminary Design, sebagai dasar untuk
    Perencanaan dan Pengembangan Detail.
    3.Membuat Perencanaan Detailed Engineering Design (DED) Arsitektural,
    Sipil, Struktur, Mekanikal dan Elektrikal, sebagai dasar
    Pelaksanaan Fisik Bangunan.

    best regrad,
    peu

    *untuk penawaran by email thq

    • @Peu,

      Sudah saya follow up. Silahkan reply email saya untuk selanjutnya dibuatkan quotation resminya.

      regards,

      Aria

  95. berbagi informasi…

  96. musa

    jasa design & pengerjaan interior rumah apartemen kantor etc. termurah

    call 085648157749 – 031. 71547952

    pin bb 25f12e79
    email. lizzainteriordesign@ymail.com

  97. st4bilo

    mantab……….. nice inpoh…

    • @stabilo,

      Thanks, sukses buat stabilo juga.

      regards,

      Aria

  98. kurnadi

    wah terima kasih banget ni pak artikelnya menambah ilmu kususnya harga desain

  99. Edwin SP

    Arsitek dimana bisa sy hub? Soalnya sy di sda, waru.Trims

  100. Jasa kolam renang profesional lainya klik dikategori: Gambar Kolam Renang, Kolam Renang, Perawatan Kolam Renang Alami, Perawatan Kolam Renang kimia, Jasa Perawatan Kolam Renang

  101. Punik

    wah berguna sekali artikel-artikelnya :) , makasih Mas :)

Leave a Comment