Dekorasi Ruang Keluarga dan Ruang Tamu Ukuran Kecil

Small Size Living RoomMerancang kembali atau merenovasi (mengubah bentuk) satu ruang keluarga dan ruang tamu yang berukuran kecil merupakan sebuah tantangan. Apakah anda tinggal di apartement atau landed house, mendekorasi ruang keluarga dan ruang tamu yang berukuran kecil membutuhkan perencanaan yang matang, kreativitas, dan imajinasi yang bagus. Apakah susah? tidak juga, jika Anda mempertimbangkan usulan-usulan saya ini, anda akan lihat ada berbagai pilihan untuk menghias sebuah ruang keluarga dan ruang tamu yang berukuran kecil.

Pilih dan gunakan jenis dekorasi yang anda sukai, tentunya yang juga dapat membantu membuat ruang Anda nampak lebih besar. Anda juga harus hati-hati untuk mendesain ruangan penyimpanan (storage) agar lebih besar, sehingga memudahkan anda menaruh atau menyimpan barang-barang Anda.

Sesuaikan Dengan Ukuran

Untuk penempatan furnitur di dalam ruangan haruslah yang lebih kecil dari ruangan, agar ruangan tidak terlihat sempit atau sumpek. Maksimalkan ruangan dengan sofa panjang 2 tempat duduk dibandingkan sofa besar untuk tempat duduk tamu agar dapat duduk dengan menyenangkan. Ide yang sangat bagus apabila anda mendekorasi ruangan dengan gaya kesenangan anda dan menggabungkannya dengan barang-barang koleksi anda di ruangan tersebut, boleh juga dikombinasi dengan sofa kecil lagi dan tambahkan cermin besar atau yang berdekorasi sehingga membuat ruangan menjadi lebih besar dan luas.

Small Size Living Room 2

Perlu di ingat, bila anda sedang mendekorasi ruang keluarga dan ruang tamu yang berukuran kecil harus berpikir juga di mana anda akan menempatkan aksesoris dan furnitur. anda mungkin mempertimbangkan prinsip-prinsip dari Feng Shui bila mengatur aksesoris dan mebel di dalam ruang keluarga atau ruang tamu anda. Pastikan mebel anda tidak dekat pintu agar tidak menghalangi daun pintu ketika dibuka dan ditutup.

Jika anda memusatkan pendekatan dari segi desain, anda harus merencanakan sejak awal bagaimana cara memaksimalkan ruang keluarga dan ruang tamu. Anda bisa coba menggunakan cara/gaya dekorasi modern, karena ini akan membuat ruangan nampak lebih luas. Memutuskan gaya desain yang benar-benar menjadi keinginan Anda pastinya akan menghabiskan sebagian besar waktu Anda.

Gunakan Teknik Pewarnaan

Warna adalah salah satu faktor yang mempengaruhi desain interior ruang keluarga dan ruang tamu anda. Jika anda percaya bahwa anda harus mengecat ruangan kecil anda dengan warna putih, ini merupakan hal yang baik untuk anda. Anda dapat menentukan warna yang bisa membuat ruang berkesan nampak lebih besar dengan menghias warna-warna yang mencerminkan intensitas yang sama, atau menggunakan sebuah tema.

Small Size Living Room 3

Untuk dekorasi warna ruangan harus dengan warna terang seperti kuning terang atau oranye, warna yang senada, jika anda ingin kelihatan lebih lembut bisa juga memakai warna hijau terang. Pengecatan tembok dengan warna gelap atau tua akan membuat dinding kelihatan sempit dan seolah-olah bergerak mendekati anda.

Untuk membuat ruangan kelihatan lebih luas haruslah mengecat tembok dengan warna light (terang), abu-abu atau abu kebiruan. Jika warna abu-abu dirasakan membosankan, sebenarnya bisa mencari tone warna yang lebih segar seperti warna hijau atau biru untuk mendapatkan suasana yang anda inginkan.

Dengan metode-metode di atas, ruang tamu kecil dapat didekorasi secara sederhana. Gunakan kreativitas Anda dan Anda akan menciptakan ruang tamu kecil/mungil yang berkesan besar dan luas.

..

Architectaria – Arsitek dan Perencana

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

19 Comments

  1. dini

    Nice info.. saya akan menggunakan artikel pak aria sebagai panduan dalam mendekorasi ruangan-ruangan dirumah saya.

    Thanks n GBU..

  2. dian

    bisa bantu saya…emergency..need a comment please..
    standar ekonomi sy rendah.sy pegawai negeri biasa> baru saja memilki rumah dgn sistem KPR. ukuran 7OM2. tipe 21. kamar 1. bantu sy mendesain dan merombak rumah dengan biaya seminimal mgkin. kami berharap rumah cantik dan menawan bukan hanya milik orang2 kaya saja.. sbg info anak saya 1 kami berharap dua anak saja.terimakasih..
    saat ini luas tanah 70. P.10m L 7m. luas bangunan 30m dgn kamar 1,kamar mandi1 dan ruang tamu. dapur belum ada.ke arah depan sdg sy bangun rencana u kamar dan ruang keluarga tp baru 30% peelaksanaan nya.sedangkan belakang blm sy bangun msh berusaha mencari solusi agar terlihat luas, mhon bantuannya segera ya pak.. sy tunggu terimakasih> (dian Perumanahn mutiara bogor ray blok h3 no 30. bogor)

  3. ronald

    bantuan yang penuh inspirasi bagi kami kaum awam dalam hal dekor dan tata ruang rumah. tnx mas aria.

  4. Anton

    saya minta tolong, untuk dibuatkan layout/denah untuk lantai atas dengan ukuran 9×6 dengan kebutuhan 2 kamar tidur, 1 kmr mandi dan r.keluarga ( luas tanah 90m )

  5. sonniwicaksono

    Designnya cukup menarik, saya akan coba dengan merubah ruang tamu saya dengan warna yang lebih terang plus cermin besar.
    Namun sekarang yang saya masih bingung, untuk plafon mana yang lebih baik, dengan gipsum atau triplek, rumah saya yg sekarang plafonnya triplek, saya akan ganti dengan gipsum, mohon sarannya mana yang lebih baik,total luas ruangan saya yang terdiri dari 3 kmr tidur dan ruang tamu, sekitar 100 m2.
    Terima kasih atas bantuannya.

  6. tomie

    ia

  7. tomie

    saya lagi bingung rumh saya tipe36,saya mau rumah saya itu dari halaman luar sampai dalam biar keliatan modren dan nyaman gimana ya bagus nya…

  8. asmawati yahya

    x de ke dekorasi untuk umah kg ke…???contoh umah kayu..

  9. This design is wicked! You certainly know how to keep a reader amused. Between your wit and your videos, I was almost moved to start my own blog (well, almost…HaHa!) Excellent job. I really enjoyed what you had to say, and more than that, how you presented it. Too cool!

  10. Tios yang sangat bermanfaat , ika butuh kursi atau sketsel dari rotan bisa berkunjung ke: http://www.istanarotanjogja.blogspot.com, terimakasih

  11. ucok batubara

    saya tidak mempunyai uang sama sekali tolong saya di buatkan rumah ukuran 8 15 m2 dengan perabotannya dan desain inteerior yang membuat saya nyaman

    • Dear Bpk/Ibu. Ucok Batubara,

      Silahkan langsung menghubungi kami jika anda tertarik menggunakan jasa profesional kami.

      Menggunakan jasa arsitek sesungguhnya tidak mahal, dengan konsep dan desain yang matang akan dapat menghemat uang anda dan memaksimalkan investasi anda.

      Dengan bangunan yang terdesain dengan baik, anda dapat menghindari biaya tak terduga akibat miss planning dan meningkatkan nilainya untuk jangka panjang.

      Best regards,

      Architectaria.

  12. eros

    dekorasi ruang tamunya unik.. Itu gambar yg pertama yg didinding lukisan 3 pieces ya pak? Soalnya saya pernah liat lukisan yang seperti dibagi jadi 2 atau 3 bagian trus dipajang didinding berdampingan.. unik sekali dekorasi ruang keluarga dan ruang tamunya..

    • @Eros,

      Iya betul sekali mas.. itu lukisan abstrak 3 pieces.. Banyak kok yang menjual lukisan 2 pieces, dan 3 pieces seperti itu.

      Regards,

      Aria

  13. Design nya mantap pak… kecil tapi simple… Nice..

    • @tokominiature.com,

      Thanks.. Goodluck buat miniaturnya yah.

      regards,

      Aria

  14. Enno astuti

    sore pak aria,

    mohon bantuannya, saat ini saya dan suami sedang merencanakan membangun rumah diatas lahan +- 200 m2, rencana nya kami ingin sekali membuat rumah yg terdiri dari 3 kamar tidur , 2 kamar mandi,ruang tamu dan ruang keluarga yang juga difungsikan sbg ruang tv serta dapur. sedikit lahan bagian belakang kami akan sisakan untuk taman mini, dan bagian depan juga kami sediakan space untuk halaman depan.

    untuk bagian dalam, dari ruang tamu yang mneuju ruang keluarga / ruang tv, kami ingin posisi ruang keluarga lebih rendah drpd ruang tamu, misalnya di buat agak menurun dg 1 atau 2 anak tangga.

    menurut bapak aria, kira2 bentuk atau design serta gambaran nya seperti apa ya pak. mohon bantuannya..
    terima kasih.

    • Dear Bpk/Ibu. Enno Astuti,

      Silahkan langsung menghubungi kami jika anda tertarik menggunakan jasa profesional kami.

      Menggunakan jasa arsitek sesungguhnya tidak mahal, dengan konsep dan desain yang matang akan dapat menghemat uang anda dan memaksimalkan investasi anda.

      Dengan bangunan yang terdesain dengan baik, anda dapat menghindari biaya tak terduga akibat miss planning dan meningkatkan nilainya untuk jangka panjang.

      Best regards,

      Architectaria.

  15. Herman

    Saya punya tanah dg ukran 5×12.gmn cra menata rmah dan sketsax kamar 2 z

Leave a Comment