Dekorasi Pesta Halloween yang Unik nan Seram

hallowen decoration4

Menata dan mendesain ruangan di rumah dengan dekorasi ala Halloween untuk pesta ulang tahun atau perayaan tertentu.

Pesta Halloween baru saja disambut meriah di berbagai negara di Eropa dan Amerika beberapa waktu yang lalu. Perayaan tahunan yang diadakan setiap tanggal 31 Oktober ini sering dibarengi dengan pesta dan dekorasi rumah yang berkaitan dengan Halloween. Hallooween sendiri sering dikaitkan dengan hal – hal yang menyeramkan.

Dekorasi ala Halloween kerap diidentikan dengan labu yang dipahat menyerupai bentuk wajah manusia, lilin, kandelar, pencahayaan yang temaram, dekorasi hitam – hitam, dan benda – benda lain yang bisa memberikan kesan menyeramkan. Meski identik dengan kesan seram, namun tak ada salahnya memberikan sentuhan yang tetap stylish dan menarik dilihat. Yang dibutuhkan hanyalah kreatifitas dalam menggabungkan berbagai elemen dan mengolah barang – barang yang sudah ada.

Meski tradisi ini tidak dirayakan di Indonesia, tak ada salahnya kita mengintip dekorasi unik ala Halloween di negara – negara barat. Dekorasi unik ini bisa kita adaptasi untuk tema pesta atau perayaan ulang tahun, sehingga pesta akan terasa berbeda dengan konsep dan tema pesta ulang tahun yang sudah ada.

Berikut ini langkah – langkah mendekorasi ruangan dengan gaya unik ala Halloween yang tak hanya seram, tapi juga stylish.

hallowen decoration6

Dekorasi Halloween – view 2

1. Gunakan barang – barang yang sudah ada

Untuk mendapatkan kesan seram, biasanya dekorasi rumah dibuat dengan konsep jaman dulu / tradisional. Namun, hal ini bukan berarti Anda harus menghadirkan barang – barang bernuansa tradisional ke rumah Anda. Anda masih bisa menggunakan benda atau furnitur yang ada di rumah Anda sebagai salah satu dekorasi Halloween. Misalnya, gunakan vas bunga yang terbuat dari kaca. Anda bisa menggunakan benda ini untuk menaruh labu yang telah diukir dengan bentuk wajah yang menyeramkan. Lengkapi kesan menyeramkan dengan menempatkan lilin – lilin kecil di sekitar vas tersebut dan biarkan pencahayaan di rumah Anda padam / temaram.

2. Tempatkan setoples permen di atas meja

Biasanya dalam perayaan Halloween terdapat sekumpulan anak yang akan mengenakan kostum menyeramkan dan mendatangi setiap rumah untuk meminta permen maupun coklat. Maka, sediakan setoples permen di atas meja. Permen – permen ini bisa Anda konsumsi sendiri bersama keluarga atau dibagikan kepada rekan / tamu yang datang. Untuk lebih memberikan nuansa khas Halloween, pilih permen yang terbuat dari jagung. Permen jagung ini jarang ditemui di Indonesia, namun Anda bisa membuatnya sendiri dengan melihat resep dan cara pembuatannya di internet.

hallowen decoration3

Dekorasi Halloween – view 3

3. Berikan fokus pada meja

Berikan fokus pada beberapa elemen yang ada di rumah seperti meja tamu, kitchen island, meja makan, dengan dekorasi menyeramkan. Anda bisa menambahkan botoh – botol gelap yang berwarna – warni, jerami, lilin – lilin kecil, figur penyihir, dan boneka – boneka hantu di atas meja – meja tersebut. Botol ini terlihat menyeramkan karena nampak seperti botol ‘racun’ dan ramuan, seperti yang biasa kita temui di film – film horor. Namun, keberadaan botol – botol ini tak hanya menambah kesan menyeramkan, tapi juga stylish karena terlihat berkilauan saat dipadukan dengan lilin yang kecil di sampingnya.

hallowen decoration2

Dekorasi Halloween – view 4

4. Gantungkan foto – foto yang menyeramkan

Untuk menambah kesan dramatis, gantungkan foto – foto atau gambar yang bernuansa seram pada dinding. Tempatkan banyak gambar – gambar hantu. penyihir, atau mahluk – mahluk seram yang identik dengan Halloween pada ruangan. Anda bisa juga menempatkannya dengan cara menggantungnya di langit – langit, dan hal ini tentu akan lebih seram.

Tetapi bila Anda memiliki anak kecil di rumah, pastikan bahwa hantu yang ditampilkan adalah hantu kartun yang masih memilki unsur funny / lucu meskipun sejatinya bentuknya tetaplah seram. Dengan demikian, anak Anda tidak akan merasa takut.

hallowen decoration5

Dekorasi Halloween – view 5

5. Gunakan furnitur atau barang yang terlihat usang

Pilih furnitur, karpet, wallpaper, dan semua aspek dalam ruangan yang disesuaikan dengan konsep Halloween. Misalnya, pilih sofa dan karpet yang terlihat usang, tradisional, dan tua. Benda – benda yang terlihat usang ini mampu menciptakan kesan seram pada perayaan Halloween. Terakhir, pilih wallpaper dengan gambar tengkorak, botol – botol racun, maupun penyihir.

GH-Halloween_195.tif

Dekorasi Halloween – view 6

6. Buat ruangan tampak berserakan

Agar suasana lebih menyeramkan, Anda bisa membuat ruangan nampak berserakan atau berantakan dengan membuat semua furnitur dan barang – barang diletakkan tidak pada tempatnya / tidak beraturan. Letakkan meja dan kursi tidak beraturan. Bila perlu, tambahkan dedauanan kering atau jerami di lantai agar nuansa seramnya makin terasa.

7. Kenakan kostum yang sesuai dengan tema Halloween

Bila seluruh aspek dalam ruangan Anda telah memenuhi unsur – unsur ala Halloween, kini saatnya Anda dan tamu – tamu Anda yang berkreasi untuk mengenakan kostum ala Halloween. Biasanya, orang – orang akan mengenakan kostum vampir, penyihir, zombie, atau manusia serigala. Tetapi bila Anda ingin sesuatu yang berbeda, Anda bisa juga mengenakan kostum hantu – hantu lokal ala Indonesia semisal Pocong, Kuntil anak, Genderuwo, dll. Selamat merasakan nuansa seram ala Halloween di pesta Anda!

Selamat mencoba 🙂

..

Architectaria – Arsitek dan Perencana

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

No Comments Yet.

Leave a Comment