Dekorasi Dan Desain Interior Untuk Menciptakan Ruang Keluarga Yang Nyaman

Ruang keluarga merupakan living area dimana terjadi banyak sekali kegiatan didalamnya. Bagi kebanyakan keluarga, ruang keluarga merupakan pusat kegiatan didalam rumah mereka. Banyak hal dilakukan diruang keluarga, berkumpul dan bercengkrama merupakan sedikit hal menyenangkan yang bisa kita lakukan diruang keluarga. Pada beberapa desain rumah, ruang keluarga dibuat menyatu dengan pantri dan ruang makan sehingga kegiatan masak atau makan bersama anggota keluarga juga dilakukan tidak jauh dari ruang keluarga.

Secara psikologis, fungsi ruang keluarga yang paling utama adalah untuk mempererat ikatan batin diantara anggota keluarga yang tinggal didalam rumah tersebut, diruang keluarga inilah setiap anggota keluarga dapat berinteraksi satu sama lain. Diruang keluarga para anggota keluarga saling berkumpul, bercengkrama, berdiskusi, dan menonton TV bersama. Segala hal menyenangkan tersebut jika dilakukan secara intens atau terus menerus akan memberikan manfaat berupa kerukunan dan terbentuknya ikatan batin yang kuat diantara anggota keluarga.

Karena fungsi dari ruang keluarga yang sangat penting bagi proses interaksi para anggota keluarga dalam sebuah rumah, penting sekali untuk merencanakan dan mendesain ruang keluarga agar menjadi area yang nyaman dan menyenangkan. Saat mendesain dan menata ruang keluarga, kenyamanan menjadi syarat utamanya. Bagaimana dan apa saja yang diperlukan untuk mendapatkan ruang keluarga yang nyaman dan menyenangkan? Berikut ini adalah panduan dalam menata dan mendesain interior ruang keluarga dirumah Anda:

Menciptakan Ruang Keluarga Yang Luas dan Lapang
Ruang keluarga dengan space yang luas dan lapang adalah hal yang harus dipenuhi untuk mendapatkan rasa nyaman ketika Anda berada didalamnya. Luas dan lapang pada ruang keluarga ini bisa berupa ilusi atau perasaan saja, tidak selalu bahwa secara fisik ruangan tersebut harus besar dan luas. Efek luas dan lapang pada ruangan ini bisa didapatkan dengan berbagai cara, misalnya: pemilihan jenis furniture yang simpel dan kompak, penerapan sistem open-plan atau denah terbuka dimana desainnya meminimalisir penggunaan dinding-dinding pemisah yang masif, pemilihan warna interior yang tepat dengan menggunakan warna-warna terang, penggunaan cermin, dan teknik pencahayaan pada ruangan yang baik.

Gambar Interior Ruang Keluarga Yang Simple dan Lapang

Menentukan Tema Desain dan Dekorasi Ruang Keluarga
Merencanakan interior dan dekorasi ruang keluarga dirumah biasanya diawali dengan menetukan tema desain interior dan suasana ruangan yang diinginkan terlebih dahulu. Sesuaikan tema ruang keluarga dengan fungsinya, misalnya jika ruang keluarga ini nantinya juga berfungsi sebagai ruang bermain anak, pilihlah tema yang ringan, playful, cerah dan cenderung bergaya modern atau kontemporer. Jika ruang keluarga sekaligus berfungsi sebagai ruang makan, atur spase pemakaian ruang, furniture pengisi ruang keluarga dan ruang makan, serta skema warna ruangan yang memberikan efek menyenangkan baik ketika Anda makan maupun berkumpul sambil menonton TV.

Memilih dan Menata Furniture Ruang Keluarga
Furniture adalah salah satu dari beberapa faktor penting yang menentukan apakah ruang keluarga Anda nyaman atau tidak ketika Anda berada disana. Pemilihan dan penataan furniture yang tepat tentu saja akan memberikan efek yang baik pada ruang keluarga Anda. Untuk memberikan perasaan nyaman dan menyenangkan dalam ruang keluarga, sebaiknya pilih jenis furniture yang mempunyai fungsi ganda, secara ergonomik furniture tersebut nyaman digunakan, tidak terlalu banyak ornamen (kecuali memang untuk ditempatkan di ruangan yang luas dan bertema klasik), dan perhatikan warna surface atau finishingnya.

Furniture yang berfungsi ganda atau furniture multifungsi sangat berguna dalam ruang keluarga, apalagi jika furniture akan ditempatkan di sebuah ruangan yang ukurannya tidak terlalu besar. Misalnya menempatkan sebuah benda berbentuk box yang berukuran proporsional diruang keluarga dapat difungsikan juga menjadi meja sofa atau coffee table. Furniture ini tidak hanya berfungsi sebagai meja sofa atau cofee table namun juga bisa dijadikan sebagai storage untuk tempat menyimpan bantal-bantal kursi atau pillow, atau untuk menyimpan taplak-taplak atau barang-barang lain yang hanya dipakai sewaktu-waktu.

Gambar Rak Pajangan Untuk Menyimpan Aksesoris Sekaligus Berfungsi Sebagai Partisi Ruangan

Saat ini banyak sekali jenis desain furniture built-in furnishing yang dijual dipasaran atau home furnishings store. Pada posisi atau area tertentu, furnitur tersebut dapat dijadikan sebagai pembatas ruang, partisi atau fungsi lain selain sebagai furnitur pelengkap interior saja. Dengan menggunakan furniture built-in yang multifungsi , ruang keluarga yang minim perabot akan terasa menjadi lebih nyaman dan para penghuninya lebih bebas bergerak.

Jangan memaksakan kehendak untuk meletakkan furnitur yang tidak sesuai, baik ukuran, bentuk maupun finishingnya. Misalnya, meletakkan furnitur bergaya klasik dengan dimesni yang besar dan banyak ornament pada bagiannya pada ruang keluarga yang tidak begitu besar, hal tersebut akan membuat ruang keluarga Anda terasa semakin sempit dan sesak.

Dekorasi dan Aksesoris Ruang Keluarga
Ruangan tanpa dekorasi bak sayur tanpa garam. Hambar! Begitupun dengan ruang keluarga dirumah Anda, ruang tersebut untuk didekorasi. Dekorasi meliputi keindahan elemen ruangan dan penambahan aksesoris pada ruangan. Tujuan lain dari proses mendekorasi ruangan adalah mendapatkan suasana ruang yang nyaman, hangat, dan berkesan intim.

Pada bidang dinding diruang keluarga Anda, misalnya, dinding yang polos boleh saja Anda dekorasi sedemikian rupa dengan lukisan atau pajangan dinding, diberi tekstur atau dilapis dengan wallpapaer atau batu alam. Saat ini sudah banyak dijual berbagai jenis wallcovering dan wall stickers, manfaatkan wall sticker atau wall covering tersebut untuk mempercantik dinding ruangan Anda. Anda bisa mencoba untuk mengaplikasikan beberapa sekaligus, karena wall stickers dan wallcovering ini bisa dilepas dan kemudian ditempel lagi tanpa banyak menimbulkan kerusakan dan kesulitan. Jika dinding akan diolah atau didekorasi, perhatikan proporsi dan lokasi dinding yang akan diolah tersebut.

Gambar Ruang Keluarga Yang Menyatu Dengan Pantry

Gambar Ruang Keluarga Yang Menyatu Dengan Ruang Makan

Aksesori ruangan juga bisa menjadi pelengkap yang dapat menunjang keindahan dan suasana yang nyaman diruang keluarga Anda. Tanpa aksesoris, ruangan akan tampak kosong dan kurang estetis. Namun untuk memilih dan menempatkan aksesoris didalam ruang keluarga Anda perlu disesuaikan dengan tema ruangan secara keseluruhan. Jangan takut mencoba untuk menempatkan aksesoris. Agar keberadaan aksesoris tidak mengganggu, perhitungkan dimensi dan jumlah aksesoris pajangan tersebut. Proporsi yang tepat, menjadikan ruangan lebih indah dan estetis.

Pencahayaan Untuk Ruang Keluarga
Unsur lain yang dapat memperindah ruang keluarga Anda adalah cahaya. Berbagai macam suasana dapat diciptakan dengan tata cahaya yang tepat, terutama pada malam hari. Pada malam hari, kesan dramatis dan intim yang muncul akibat tata cahaya sangat kuat. Pada siang hari, tampilan ruang terkesan flat karena cahaya alami yang ada terbagi merata didalam ruangan.

 

Gambar Pencahayaan Untuk Memperindah Tampilan Ruang Keluarga

Menata cahaya pada ruang keluarga tidak harus berbiaya mahal dan dengan pengaturan yang rumit. Jika ingin cahaya yang terang merata, pasang lampu downlight dibeberapa titik. Sebaiknya gunakan lampu yang memiliki dimmer agar dapat diatur tingkat terang-gelapnya. Tambahkan lampu spotlight pada titik-titik tertentu yang menyorot objek yang ingin di-blow up agar keindahannya makin menonjol.

Sistem Audi-Video Untuk Ruang Keluarga
Peralatan audio-video merupakan salah satu fasilitas pelengkap yang dapat menunjang suasana nyaman ketika Anda dan anggota keluarga lainnya sedang berada di ruang keluarga. Untuk menempatkan sistem audio-video, pikirkan dari awal penataan interior ruang keluarga Anda. Hal ini menyangkut keberadaan jaringan kabel listrik dan instalasi audio-videonya. Sebaiknya perangkat video-audio player ditempatkan di salah satu area dinding yang melebar. Hal ini dimaksudkan agar film yang diputar nantinya bisa dinikmati bersama tanpa halangan.

Sirkulasi Udara (Penghawaan) Untuk Ruang Keluarga
Perhatikan sirkulasi udara didalam ruangan Anda, hal ini penting dilakukan karena ruang keluarga merupakan tempat melakukan berbagai macam aktivitas yang melibatkan seluruh anggota keluarga Anda. Banyak waktu yang dihabiskan didalam ruangan ini, dengan kualitas udara yang sehat diharapkan dapat juga meningkatkan taraf kesehatan anggota keluarga Anda.

Selamat menata dan mendesain interior ruang keluarga Anda..

..

Architectaria – Arsitek dan Perencana

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

4 Comments

  1. irwan

    Saya suka dengan desain ruang keluarga yang tearkhir pak.. Langit2nya dilapisi kayu solid dan ada lampu aksennya.. Kesannya hangat dan homey sekali. Padu padan furniturenya juga sangat cocok pak..

    • @Irwan,

      OK, silahkan disesuaikan dengan selera dekorasi bapak yah :)

      regards,

      Aria

  2. lucky Mulyawan

    selamat siang mas,saya ada renc untuk merenovasi total rumah saya di bekasi,dengan LT 120M, ukuran 8 x 15 mtr,saya berminat dengan design facade 2 lantai dan interior di web ini,kemana saya bisa menghubungi dan bagaimana pola kerjasamanya..terima kasih

Leave a Comment