Casa Ijburg – Salah Satu Masterpiece Arsitek Belanda, Marc Prosman

desain arsitektur casa ijburg - exterior view 1

Review mengenai desain arsitektur Casa Ijburg karya Marc Prosman yang merupakan bangunan rumah dua lantai berlokasi di distrik Ijburg, Belanda.

Tentang Casa Ijburg

Casa Ijburg dibangun sekitar tahun 2011 oleh seorang arsitek kenamaan dari Amsterdam bernama Marc Prosman. Menilik bentuk bangunan Casa Ijburg ini, mungkin bagi masyarakat awam akan terlihat aneh dan tak biasa, terlebih untuk ukuran rumah tinggal. Rumah ini dibangun di atas pulau buatan yang merupakan hal yang lumrah di Belanda. Mayoritas dataran yang berada di bawah permukaan air laut membuat masyarakat Belanda harus pintar – pintar dalam mengembangkan luas negaranya. Salah satunya dengan dibuatnya distrik Ijburg dimana rumah ini dbangun.

Tampilan depan bangunan Casa Ijburg

Kembali pada bentuk permukaan rumah yang tak biasa ini, dengan bentuknya yang kotak dan cenderung sederhana. Bagian muka gedung yang didominasi penggunaan kaca ini menambah kesan modern yang dipadu-padankan dengan kesan tradisional dan natural melalui pemilihan kayu utuh sebagai frame atau rangka bangunan. Elemen lain yang menjadikan bangunan ini istimewa adalah keberadaan bentuk – bentuk geometris pada serambi dan balkonnya.

desain arsitektur casa ijburg - exterior view 2

Desain Eksterior Casa Ijburg

Selain sebagai salah satu unsur artistik pada rumah tersebut, keberadaan balkon dan serambi juga merupkan permintaan klien yang bertujuan untuk menghadirkan nuansa sejuk dari hembusan angin sepoi – sepoi yang bisa kita nikmati melalui serambi dan balkon tersebut. Terlebih, kondisi alam sekitar memang cenderung berangin dan sangat mendukung untuk menciptakan suasana santai dan tenang di rumah tersebut.

Bagian dalam Casa Ijburg

Rumah ini dibangun dalam 2 lantai, dimana pada lantai bawah terdapat dapur dan ruang tamu sedangkan lantai atasnya dibangun 3 kamar tidur. Ketika Anda akan masuk ke dalam ruangan, seketika Anda akan disambut dengan pintu masuk dengan tonggak – tonggak dari beton. Kemudian ketika Anda menapaki bagian dalam rumah, Anda akan menemukan dapur yang berada di bagian kiri dan ruang tamu di bagian kanan. Penempatan ruang tamu di sebelah kanan sangatlah sesuai. Karena, begitu menghadap ke jendela, kita langsung akan dipaparkan pemandangan laut yang memukau dan membuat pikiran tenang dan damai, sehingga para tamu yang berkunjung pun akan terkesan pula olehnya.

desain arsitektur casa ijburg - interior view 2

Desain Interior Casa Ijburg – Dapur yang Menyatu Dengan Living Area & Ruang Baca

Sementara itu, pada bagian dapur Anda akan menjumpai teknik pencahayaan yang luar biasa. Dapur banyak mengeksplorasi cahaya natural yang membuat tampilan dapur terkesan nyaman. Tak lupa, di lantai ini sang arsitek juga menyisipkan sebuah rak buku di salah satu sisi dindingnya.

Seperti yang kita tahu bahwa di lantai bawah telah didominasi oleh dapur serta ruang tamu, pada lantai atasnya kita akan menjumpai 3 buah kamar tidur. Dari ketiga kamar tidur tersebut terdapat satu kamar tidur utama yang merupakan ruangan paling luas. Kamar tidur tersebut dilengkapi kamar mandi dalam. Di kamar tersebut juga dibangun sebuah balkon yang memungkinkan penghuni kamar bisa menikmati angin semilir serta pemandangan pantai dari kamar.

desain arsitektur casa ijburg - interior view 1

Desain Interior Casa Ijburg Dengan Banyak Bukaan yang Memberi Kesan ‘Transparan’

Secara umum, bagian dalam dari Casa ijburg ini sangat menonjolkan sisi transparansi yang memungkinkan ruangan dalam rumah dapat terlihat dari luar, begitu juga sebaliknya. Meskipun terlihat terlalu ‘terbuka’, hal ini tak lantas mempengaruhi sisi privasi pemiliknya dalam melakukan aktifitas di dalam rumah. Untuk mengantisipasi agar kegiatan si pemilik rumah beserta keluarganya tak mudah diamati dari luar, maka pada beberapa ruangan yang memang privat dibuat semacam penutup atau penghalang (cladding) yang terbuat dari kayu. Salah satunya yang bisa kita temui di bagian atas bangunan.

Penghalang tersebut dipasang tepat untuk menutupi area kamar tidur yang memang berlokasi di lantai atas. Sehingga, sang pemilik beserta keluarganya bisa lebih nyaman untuk tinggal di Casa ijburg tanpa khawatir bahwa kegiatannya akan diamati dari luar.

Singkatnya, Casa Ijburg benar – benar sebuah karya desain arsitektur yang sederhana namun menyajikan sesuatu yang luar biasa. Sang arsitek begitu cerdas dalam menjawab keinginan klien akan kebebasan namun tanpa melanggar sisi privasi dari klien itu sendiri. Keinginan itu diolah dalam sebuah karya desain arsitektur Casa Ijburg ini. Karena berada di sebuah pulau buatan dengan pemandangan laut yang menakjubkan, Casa Ijbur sangat cocok menjadi tempat tinggal bagi mereka yang ingin mencari ketenangan dan menghindari hiruk pikuk perkotaan.

Sekilas tentang Marc Prosman, Aksitek kenamaan dari Belanda

Marc Prosman merupakan arsitek handal dari Amsterdam, Belanda. Sejak tahun 1994, ia telah mendirikan firma sendiri untuk mengakomodasi para klien yang ingin memakai jasanya. Lokasi firmanya terletak di ibu kota Belanda, Amsterdam. Disini, ia dan sejumlah arsitektur lain bekerja dalam tim yang solid untuk menyelesaikan proyek – proyek perancangan dan pembangunan rumah ataupun villa di Belanda. Secara umum, karya – karya yang dihasilkan Marc Prosman berfokus pada perumahan, yang meliputi rumah pribadi hingga perumahan rakyat. Selain itu, ia juga menyediakan jasa perawatan rumah.

Anda tertarik untuk memiliki rumah seperti ini?

..

Architectaria – Arsitek dan Perencana

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

No Comments Yet.

Leave a Comment