Cara Mudah dan Murah Agar Hunian Tampil Mewah

desain interior yang mewah_1

Cara sederhana mengubah hunian menjadi terkesan mewah dengan cara mudah dan murah yang berfokus pada interiornya.

Hunian yang mewah biasanya akan seketika terlihat dari bagian eksteriornya. Jika dari luar sebuah hunian nampak luas, tinggi, dengan pilar – pilar yang berjajar, ukiran seni di beberapa sudutnya, serta pemilihan material berkelas dan berteknologi tinggi, tentu orang – orang akan lebih mudah mengenali bahwa hunian tersebut tergolong mewah dan berkelas.

Untuk mewujudkan hal tersebut, tentu dibutuhkan biaya yang tidak sedikit. Hal ini memunculkan pertanyaan di antara kita, adakah cara untuk membuat hunian tampil mewah dengan cara mudah dan biaya murah? Melalui edisi artikel kali ini, kita akan membahas cara sederhana mengubah hunian menjadi terkesan mewah dengan fokus pada interior.

Kesan mewah bisa dimulai dari hal sederhana: Gorden

Gorden, tirai, horden, atau hordeng yang dalam bahasa Inggris disebut “Drapery“, atau “Curtain“ merupakan fitur yang biasa melengkapi jendela. Gorden memiliki fungsi menjaga privasi penghuni rumah agar segala aktifitas dalam rumah tidak terpantau dari luar. Gorden juga bisa memberikan nilai estetis tersendiri jika dipilih dengan komposisi yang tepat, dengan memperhatikan tema ruangan tentunya. Namun siapa sangka jika Gorden punya andil dalam menentukan apakah sebuah hunian bisa terlihat mewah atau tidak. Gorden atau Drapery biasanya terbuat dari bebebera lapis material, hingga menjadikannya tebal dan menjuntai hingga ke lantai.

Gorden ini biasanya tersusun atas dua hingga tiga lapis, di mana bagian luarnya dibuat dari material yang halus dan licin, misalnya sutra. Gorden sutra menawarkan nuansa elegan sekaligus romantis. Pilih gorden dengan warna – warna yang menonjolkan kesan mewah. Perpaduan antara warna emas dan ungu tua, atau silver dengan merah marun bisa Anda jadikan opsi. Tambahkan manik – manik, jumbai, atau kuciran di bagian bawah gorden untuk membuatnya lebih “wah“.

desain interior yang mewah_2

Desain Interior Ruang Tidur dengan Gorden dan Aksesoris

Menghadirkan kesan mewah lewat cermin

Fitur sederhana lain yang bisa menghadirkan nuansa mewah dengan cara mudah dan murah yakni dengan mengaplikasikan cermin datar dengan beragam ukuran, bentuk, dan ukiran pada framenya. Letakkan di atas meja yang diletakkan menepi di sudut atau di sisi dinding. Di atas cermin, tempatkan jam dinding, lukisan, atau foto keluarga. Pastikan agar keberadaan cermin mampu menangkap sinar matahari, sehingga terefleksikan dengan sempurna oleh cermin.

Cat dinding dengan pola stripes (garis – garis)

Pola stripes atau garis – garis bisa juga menjadi salah satu upaya mewujudkan interior nan mewah. Caranya cukup mudah, yakni cat keseluruhan dinding dengan cat dasar. Warna cat dasar haruslah warna yang paling terang di antara warna lain yang akan dihadirkan. Setelah itu, aplikasikan perekat pada dinding dengan diameter sekitar 5 – 7 cm secara vertikal. Antara perekat satu dengan perekat lainnya, beri jarak dengan ukuran yang sama dengan diameter perekat. Perekat ini nantinya akan menutupi / melindungi cat dasar selama cat kedua diaplikasikan pada dinding.

Untuk cat kedua, pilih cat yang memiliki warna yang komplemen dengan warna cat dasar. Setelah kering, lepaskan perekat , dan akan tercipta pola garis – garis antara cat dasar dan cat warna kedua.

Pasang wallpaper pada dinding dengan Rak buku built-in  

Jika kebanyakan orang mengira bahwa mengaplikasikan wallpaper ke seluruh dinding dalam ruangan adalah cara mendapatkan tampilan hunian yang mewah, hal ini keliru. Wall paper yang hadir dengan tekstur dan pola tertentu dan ditampilan serentak di tiap sudut ruangan kadang bisa membuat ruangan nampak menjemukan. Sebaliknya, cukup aplikasikan wallpaper pada salah satu dinding, kemudian lengkapi dengan rak buku built-in. Cara ini mampu menghadirkan kesan depth di sebuah ruangan sekaligus memberikan nuansa estetis. Cara ini juga bisa mengurangi biaya pembelian dan pemasangan wall paper karena wall paper hanya diaplikasikan pada satu sisi saja.

Kesan mewah bisa hadir dari penempatan aksesoris berupa botol kaca warna – warni dengan beragam bentuk

Botol – botol kaca yang warna – warni namun sedikit gelap bisa dijadikan aksesoris favorit untuk menciptakan kesan agar tampilan ruangan menjadi lebih mewah. Tempatkan botol – botol kaca warna – warni dengan beragam ukuran serta bentuk di satu sudut ruangan. Anda bisa menaruhnya di lemari pajangan. Atau, boleh juga Anda menyusun botol – botol tersebut dan meletakkanya sebagai back drop pada mini bar yang ada di rumah Anda.

Pilih permadani yang tebal, dengan warna mencolok, dan ukiran dari benang emas.

Lantai rumah Anda tersusun atas ubin biasa? Tak perlu minder, Anda bisa menutupinya dengan permadani berkualitas baik agar hunian bisa terkesan mewah. Permadani dari Turki dikenal sebagai permadani terbaik, bisa Anda jadikan referensi dalam memilih permadani. Pilih permadani yang tebal, halus, bermotif (misal motif Turki atau timur tengah), dan memiliki warna yang senada dengan warna dinding.

Bisa juga Anda memilih permadani dengan warna yang senada dengan warna gorden. Akan lebih baik jika permadani tersebut memiliki motif yang disulam dari benang berwarna emas. Permadani ini mesti diletakkan di tempat – tempat strategis, misalnya di tengah – tengah ruangan, atau di bawah sofa dan meja di ruang tamu yang berfungsi sebagai alasnya.

Selamat mencoba 🙂

..

architectaria.com | Arsitek, Desain Interior, General Contractor

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

No Comments Yet.

Leave a Comment