Cara Menggunakan, Merawat, dan Membersihkan Kompor Induksi

kompor induksi_1

Cara menggunakan kompor induksi untuk memasak dengan benar, serta bagaimana cara membersihkan dan merawat kompor induksi agar tetap terjaga keawetannya.

Kompor induksi menerapkan teknologi dan skema kerja yang canggih yang tentu berbeda dari kompor konvensional. Perbedaan teknologi ini tentu berimplikasi pada perbedaan cara menggunakan kompor induksi ini. Pada kompor induksi, kita telah mengetahui adanya lempeng logam yang berfungsi sebagai medan magnet dan menjadi tempat meletakkan peralatan masak. Medan magnet hanya akan bereaksi menghantarkan panas jika didekatkan dengan peralatan masak berbahan besi atau stainless steel, sehingga tangan kita akan tetap aman meski menempel di atas kompor tersebut.

Dengan mengetahui prinsip kerja kompor induksi, tentu kita akan lebih mudah dalam mengetahui cara menggunakannya. Bagi Anda yang tengah meilirik kompor jenis ini, berikut ini beberapa poin panduan berkaitan dengan cara penggunaan dan cara merawat serta membersihkan kompor induksi.

Cara menggunakan kompor induksi

  • Siapkan peralatan masak yang tepat

Kompor induksi membutuhkan peralatan masak yang khusus agar bisa bereaksi dengan lempeng medan magnet yang ada di atas kompor ini. Karena kompor induksi hanya akan bereaksi dengan bahan logam seperti besi dan stainless steel, otomatis Anda harus mengupgrade peralatan masak dengan material dari bahan tersebut. Jika sulit menemukannya, Anda bisa mensiasatinya dengan mencari peralatan masak yang hanya bagian bawahnya saja yang terbuat dari besi / stainless steel, sementara bagian lainnya terbuat dari material biasa. Sehingga ketika bagian bawah peralatan masak tersebut mengenai medan magnet, maka energi panas akan segera tertransfer ke peralatan masak tersebut.

  • Tidak ingin membeli peralatan yang baru? Tes peralatan masak Anda yang lama

Beberapa jenis peralatan masak bisa bereaksi dengan kompor induksi, namun beberapa di antaranya tidak bisa. Maka, perlu dilakukan uji apakah alat masak Anda cocok dipakai pada kompor induksi. Caranya dengan menempelkan magnet pada bagian bawah peralatan masak. Jika magnet tersebut menempel dengan baik, maka peralatan masak tersebut bisa digunakan pada kompor induksi.

  • Nyalakan kompor induksi sesuai petunjuk

Kompor induksi memiliki beragam jenis dan desain, termasuk tatkala menyalakannya pun terkadang sistemnya berbeda. Ada kompor induksi yang dinyalakan dengan menekan tombol, tapi ada juga kompor induksi yang dinyalakan dengan cara memutar tombol. Maka, Anda perlu memperhatikan dengan benar jenis kompor induksi Anda.

  • Letakkan peralatan masak pada cooktop

Letakkan peralatan masak pada cooktop (lempeng yang ada pada kompor induksi) segera setelah kompor dinyalakan. Sebagai langkah pengujian awal, sebaiknya Anda mencoba memasak dengan berbagai macam cara, mulai dari menumis, menggoreng, dan merebus. Hal ini berguna untuk menentukan waktu yang dibutuhkan kompor induksi untuk melakukan berbagai proses memasak.

  • Ukur waktu memasak dengan benar

Kompor induksi cenderung lebih efisien dan optimal dalam menggunakan energi. Sehingga, proses memasak bisa berlangsung lebih cepat. Misalnya jika pada kompor biasa Anda memerlukan waktu 15 menit untuk memasak, maka dengan kompor induksi ini, makanan bisa matang hanya dalam waktu 10 – 12 menit. Dengan mengetahui hal ini, Anda bisa lebih bersiap mengangkat makanan dari tempatnya sebelum menjadi gosong.

kompor induksi_2

Desain Dapur dan Kompor Induksi yang Bersih

Cara membersihkan kompor induksi

Permukaan kompor induksi yang menjadi tempat memasak (cooktop) biasanya terbuat dari kaca atau keramik. Untuk itu, permukaan ini perlu dibersihkan secara rutin agar tetap awet dan mengkilap. Namun, cara membersihkannya pun harus berhati – hati, yakni dengan menggunakan pembersih khusus cooktop. Langkah – langkah membersihkannya antara lain:

  • Bersihkan permukaan cooktop pada kompor induksi dengan mengoleskan beberapa tetes cleaner khusus keramik. Gunakan kain untuk mengoleskannya dan usapkan berkali – kali hingga bersih.
  • Untuk cooktop berbahan kaca, gunakan cleaning pad khusus, kemudian semprotkan glass cleaner ke seluruh permukaan cooktop. Gunakan tisue atau kain kering untuk mengusap atau menghilangkan cleaner tersebut dari permukaan cooktop.
  • Untuk membersihkan noda atau kerak yang menempel pada permukaan kompor induksi, gunakan ceramic cleaner dan teteskan langsung pada nota. Gunakan lap khusus ceramic cooktop cleaning pad untuk menghapus noda tersebut dan ulangi beberapa kali sampai nodanya benar – benar menghilang.
  • Khusus untuk noda yang menumpuk cukup tebal dan cukup keras, gunakan scraper atau alat pengikis noda. Pastikan Anda menggunakannya dengan hati – hati agar tidak meninggalkan goresan pada permukaan cooktop. Selain itu, usahakan kompor berada dalam keadaan benar – benar dingin sebelum membersihkan noda, kerak, atau sisa residu bahan masak.

Setelah mengetahui cara menggunakan, merawat, dan membersihkan kompor induksi, semoga Anda tidak ragu lagi dalam menjadikan kompor ini peralatan masak alternatif yang hemat energi. Meski sempat tersiar isu bahwa kompor induksi akan memancarkan radiasi yang bisa berdampak buruk bagi bagi kesehatan, namun isu ini terbantahkan karena faktanya kompor induksi bekerja dengan menghantarkan panas dari medan magnet, dan bukan dari radiasi seperti halnya microwave.

Selamat mencoba 🙂

..

architectaria.com | Arsitek, Desain Interior, General Contractor

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

1 Comment

  1. kiki dali

    dimana bisa dapat beli Wajan Stainless still untuk dipakai pada kompor induksi di Denpasar. Bagaimana caranya memasak dengan wajan yang bentuk dasarnya bukan datar

Leave a Comment