Cara Menanam dan Merawat Tanaman Merambat

Bagaimana cara yang tepat dalam menanam dan merawat tanaman merambat serta menentukan lokasi yang sesuai untuk menumbuhkan tanaman jenis ini.

Mendapati sebuah rumah yang tampak hijau oleh tanaman tentu menjadi pemandangan yang menyejukkan, terutama bagi Anda yang termasuk tipe pencinta tanaman. Terlebih bila lokasi rumah Anda berada di perkotaan dimana tumbuhan yang lebat sangat jarang dijumpai. Hal ini lah yang mendasari banyak rumah-rumah di perkotaan mulai mengaplikasikan peghijauan di sekeliling rumah mereka. Entah itu berupa pembuatan taman mini di sekitar rumah, taman indoor, taman gantung, hingga taman vertikal. Hal tersebut merupakan cara cerdas dalam mengakali kekurangan lahan untuk menanam tanaman.

Menentukan jenis tanaman yang akan di tanam di sekeliling rumah kita pun juga menjadai salah satu hal yang perlu pertimbangan. Ada beragam jenis tanaman yang bisa kita pilih, mulai dari tanaman pagar, tanaman buah, tanamn hias, serta jenis-jenis tanaman lain. Salah jenis tanaman yang kini banyak dilirik yakni tanaman merambat atau menjalar. Jenis tanaman ini dianggap bisa dapat menjadi peneduh karena kecepatan tumbuhnya yang bisa membuat tanaman ini tumbuh sangat lebat dan menutupi area sekitar. Namun, tatkala menanam tumbuhan perambat ini, penting diperhatikan lokasinya.

Selain itu, ketika memutuskan untuk memelihara tanaman merambat atau menjalar di rumah, maka Anda harus rajin-rajin dalam merawat serta memangkasnya. Bila tidak, maka tanaman rambatan yang tak terawat justru akan membuat rumah Anda tampak lusuh dan berantakan. Sampah dedaunan kering dari tanaman rambat ini bisa sangat menumpuk dan mengotori halaman rumah Anda. Untuk itu, berikut ini cara menanam serta merawat tanaman merambat yang benar.

Cara Menanam Tanaman Merambat/Menjalar:

1. Tentukan lokasi penanaman

Tanaman merambat merupakan tanaman yang butuh perhatian ekstra. Lokasi penanaman pun tak bisa sembarangan karena kita harus memperhatikan estetika tanaman itu sendiri. Halaman belakang rumah merupakan lokasi yang paling tepat untuk menanam tanaman merambat. Mengapa? Hal tersebut sangat rasional karena bila tanaman ini ditanam di bagian depan rumah dan bila tak rutin merawatnya, tentu tanaman ini akan mengganggu tampilan rumah Anda. Setelah itu, siapkan media tanam untuk tanaman rambat ini.

2. Letakkan media tanam di area strategis

Ketika Anda telah menanam tanaman perambat ini di media tanam yang telah Anda sediakan, maka langkah selanjutnya yakni menempatkan media-media tanam tersebut di sudut-sudut strategis halaman rumah Anda. Anda bisa menempatkannya di samping kolam, di dekat ayunan, atau di dekat taman bermain anak. Bila Anda memilih lokasi penempatan tanaman rambat ini dekat dengan kolam, entah itu kolam renang atau kolam air, maka atur jaraknya agar tak terlalu berdekatan. Hal ini untuk menjaga agar daun-daun kering yang berguguran tidak akan jatuh ke kolam tersebut dan mengotori airnya.

3. Pastikan bahwa tanaman perambat ini mendapat cukup sinar matahari

Meskipun tanaman perambat ini bukanlah tipe tanaman yang terlalu menyukai sinar matahari, namun hal ini bukan berarti Anda harus menanamnya di area teduh. Tanaman merambat tetap membutuhkan sinar matahari langsung, hanya saja intensitasnya tak terlalu besar. Misalnya, kita bisa menempatkan tanaman rambat ini di balik tembok yang besar, namun masih terpapar sinar matahari langsung. Atau, Anda boleh menanam tanaman ini di bawah pohon yang tak terlalu rindang. Anda bisa juga menanamnya di dekat pagar, tapi pastikan bahwa area tersebut tidak ditumbuhi rerumputan karena rumput yang lebat akan mengalahkan pertumbuhan tanaman perambat ini.

4. Pasang media perambat

Karena tanaman merambat atau menjalar ini nantinya akan tumbuh sangat lebat dan panjang, maka kita perlu menyiapkan media sebagai tempat merambat. Media merambat itu bisa berupa pagar atau tiang-tiang yang disusun berjajar. Atau, Anda bisa juga membangun sebuah tembok kecil dan tak terlalu tinggi khusus sebagai media merambat. Perhatikan bahwa letak media perambat ini haruslah strategis dengan memperhatikan lokasi taman.

Anda bisa juga membuat semacam punjung atau anjang-anjang di sudut halaman rumah Anda dimana Anda khusus meletakkan koleksi tanaman Anda. Menanam tanaman rambatan di tempat tersebut akan membuat lokasi tampak teduh meski tak ditutupi atap sepenuhnya.

Desain Eksterior Rumah yang Artistik Dengan Tambahan Tanaman Merambat atau Menjalar

Cara Merawat Tanaman Merambat/Menjalar:

1. Sirami dengan air secara rutin

Menyirami tanaman rambat dengan air secara rutin akan mampu menjaga kesegaran serta kelembaban di area sekitar tanaman merambat, sehingga tumbuhan ini dapat tumbuh dengan baik.

2. Pangkas sesekali

Jika tanaman rambat Anda telah tumbuh terlalu lebat hingga menutupi keseluruhan bagian media perambatnya, maka Anda perlu segera melakukan pemangkasan. Tanaman perambat biasanya akan tumbuh sangat cepat di area yang lembab dan basah dimana intensitas air melimpah. Untuk itu, selalu perhatikan pertumbuhan tanaman merambat ini dan jangan sampai pertumbuhannya menutupi seleuruh bagian halaman Anda dan mengalahkan keberadaan tanaman-tanaman lain.

3. Hindarkan tanaman merambat ini dari hewan peliharaan, anak-anak, serta gangguan lain

Ketika tumbuhan merambat ini baru selesai di tanam, maka tentu saja akarnya belum terlalu kuat. Akar yang masih lemah ini akan mudah tercabut apabila tanaman dirusak. Untuk itu, hindarkan tanaman rambat ini dari kemungkinan dirusak oleh hewan peliharaan atau buah hati Anda.

Selamat mencoba 🙂

..

Architectaria – Arsitek dan Perencana

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

1 Comment

  1. Pupuk apa ya yg cocok untuk tanaman merambat
    Yg dipupuk akar yg di tanah saja apa juga akaryg di dinding perlu di beri pupuk

Leave a Comment