Cara Medekorasi Kamar Anak Remaja

Mendekorasi kamar remaja: mengecatnya, memilih tema dan membuatnya menjadi indah!

Mari kita mulai, ketika anda para remaja memasuki usia sekitar 15 tahun, warna cat berwarna baby yellow dan white pine furniture tentu sudah tidak keren lagi bukan? Seorang remaja akan membutuhkan lebih banyak daya tarik dalam kamarnya. Berikut ini ada beberapa idea untuk merubah tampilan kamar remaja tanpa harus mengeluarkan banyak uang dalam mendekorasinya.

Cat

Menggunakan cat adalah salah satu metode yang murah meriah untuk mendapatkan tampilan yang baru. Jangan terpaku hanya menggunakan warna putih, cobalah gunakan kombinasi beberapa warna cat yang agak kontras atau gelap. Buatlah daftar beberapa warna dark yang anda suka kemudian gunakan. Selain dinding, anda bahkan dapat mengecat ceiling (plafond) jika anda memang menyukainya. Perhatikan tentang perbedaan antara warna dinding, lantai dan plafondnya untuk menciptakan kesan sebuah ruang.

Biasanya toko atau distributor cat puny aide tentang skema warna atau tips bagaimana melakukan pengecatan yang baik dan rapi. Gunakan kuas, rag rolling (kuas roll), sponge painting atau stensil untuk menciptakan berbagai variasi tekstur dalam kamar. Khusus untuk stensil, anda bahkan dapat menggambarkan various activity pada ruangan dengan menggunakan stensil. Bagi para remaja putra, cobalah sport stensil dibagian atas dari dinding. Sementara bagi remaja putrid bisa memilih stensil kuda sembrani, bunga atau kupu-kupu. Beranilah dalam berkreasi dan wujudkan semua ide yang anda inginkan, karena kamar itu adalah kamar anda bukan?

Ide yang lain adalah anda dapat mengecat sebagian dinding kamar anda (misalnya satu sisi dari dinding) dengan warna hitam layaknya blackboard. Kemudian pada blackboard tersebut bisa anda lukis dengan menggunakan cat putih dan kuas tipis, atau menggunakan kapur warna. Lukislah apa saja yang anda sukai, realis atau abstrak atau lukisan yang menggambarkan city skyline dalam ruangan anda. Jika teman anda datang, anda bisa meminta bantuannya untuk ‘melakukan sesuatu’ pada blackboard anda, notes dan tanda tangan dari para teman menjadikan sisi blackboard tersebut layaknya hall of fame.

Rak Penyimpanan

Setiap remaja pastinya memiliki banyak barang, mainan atau gadget. Kebanyakan dari mereka cenderung untuk semrawut, tidak rapi dan berantakan. Banyak dari barang atau mainan mereka berceceran diatas lantai karena tidak ada cukup space dalam lemari untuk menyimpan semua peralatan atau mainan mereka. Barang dan mainan yang berantakan didalam kamar tentunya adalah masalah, dan rak penyimpanan adalah jawaban dari masalah tersebut. Anda dapat membuat rak penyimpanan dari apa saja, Dari batu bata+mortar, kayu, rotan, kaca, plastic atau metal. Jika ingin berhemat, anda bisa menggunakan crates telur atau minuman bekas yang ada di supermarket, kemudian mengecat ulang sesuai dengan warna keinginan anda.

Fabric

Pergilah ketoko penjual barang-barang bekas, pilih beberapa scarf bekas yang anda suka warna dan motifnya, beli, bawa pulang dan rekatkan beberapa scarf tersebut pada bagian sudut plafond anda. Anda juga bisa menggantung beberapa kain tua didinding ruangan. Bayangkan dinding yang berwarna kontras dikombinasikan dengan rusty scarf, beritahu saya bagaimana kesannya!

Ide yang lain terutama bagi remaja pria, anda bisa membeli scarf dari tim olahraga kesayangan anda, kemudian mintalah tanda tangan dari pemain kesukaan anda. Selanjutnya gantung foto anggota tim, scarf + tanda tangan dari bintangnya dikamar anda.

Bantal

Tak bia disangkal Pillow dan cushion adalah item dekoratif namun juga fungsional. Anda butuh untuk duduk nyaman sambil lesehan dilantai saat bermain Playstation atau melakukan beberapa hal yang seru bersama teman-teman. Cobalah untuk membuat impresi yang menarik bagi tamu dan teman anda. Gunakan material bekas! Anda tentu punya banyak baju, dan kemeja bermotif yang sudah tidak terpakai, kekecilan atau karena ada sobekan kecil padanya. Ukur sarung bantal dan cushion anda, sesuaikan pada pakaian bekas pakai tadi. Jahit kemudian jadikan pakaian bekas pakai tersebut sebagai pillow dan cushion cover yang unik dan menarik.

Tema

Dalam mendekorasi kamar pastinya tidak bisa dilepaskan dari sebuah tema. Pilih tema kamar yang paling anda sukai, kemudian kunjungi toko yang menyediakan pernik dan aksesoris interior. Untuk tema ruangan bisa anda pilih seperti aerospace, sailor, sport, natural, pantai tropis, hutan, suasana pedesaan, retro, dsb. Misalnya anda memilih tema suasana pedesaan, anda dapat membeli anyaman tikar kecil dan merekatkan didinding menggunakan thumb tack. Carilah lampu dengan ornament dari bamboo, selain sebagai sumber cahaya, ornament bambunya juga bisa mengeluarkan bunyi seperti alat musik angklung yang akan memperkuat kesan desa yang anda inginkan. Untuk anda yang ingin tema pantai tropis, gunakan kain pantai dari bali dan beberapa kulit kerang yang direkatkan disekitar farme jendela. Untuk berhail dengan tema-tema tersebut, gunakan fantasi dan imajinasi anda secara liar.

Gorden

Dalam sebuah ruangan, gorden menambahkan banyak hal. Gorden adalah aksesosris dalam ruangan yang sangat dominan terlihat. Gorden akan menyelaraskan ide, teman dan skema warna dalam sebuah ruangan. Anda bisa membeli gorden dari toko interior, masih berupa kain atau rajutan yang belum jadi atau yang sudah jadi. Jika anda mau berhemat, anda bisa membeli gorden ditoko yang menyediakan barang bekas atau pilih material yang harganya murah namun warna dan coraknya tetap impresif. Sesuaikan ukuran lembaran gorden anda dengan ukuran pintu dan jendela dikamar anda.

Mural (Lukisan Dinding)

Jika anda dan atau teman anda adalah seorang yang sangat mencintai seni, cobalah buat mural dari berbagai kombinasi bahan, dan warna. Pernahkah anda bayangkan mural dari rempah-rempah berukuran kecil. Saya pernah liat mural yang dibuat dari pebbles, cengkeh atau biji kacang hijau. Untuk membuat perbedaan bentuk atau warna, sesuaikan gradasi butiran dan warna biji-bijian tersebut. Para remaja putri biasanya sangat berbakat dalam muembuat mural. Beberapa dari mereka sangat pandai membuat mural pada case laptop atau hardcase BB. Biasanya case tersebut mereka perindah dengan biji mutiara imitasi berwarna-warni. Sekarang teknik itu bisa diterapkan dalam ruangan, aksesoris atau furnishing. Coba buat mural dari permata imitasi pada bagian sudut lemari rias atau credensa, jika dilakukan dengan penuh imajinasi maka furnishing tersebut akan tampil dengan sesuatu yang baru. Untuk memperkaya hasilnya, kombinasikan mural dengan teknik pewarnaan.

Pintu Dekoratif

Pintu sangatlah mudah untuk dibuat menjadi lebih menarik. Dari sekedar kayu solid yang kaku menjadi pintu yang cantik penuh aksesoris dan hiasan. Cobalah gantungkan manik-manik mulai dari bagian atas farame pintu. Daun pintunya juga bisa anda percantik, hentikan menggantung pakaian bekas pakai dan kotor pada daun pintu anda, pakaian kotor dan bekas pakai harusnya diletakkan dikeranjang. Tempelkan frame foto berukuran kecil. Tidak harus memajang foto, bisa saja, lukisan dari keramik atau kaligrafi atau dummy bianatang yang sedang merayap seperti spider atau iguana.

Poster

Jangan meremehkan kekuatan dan manfaat dari poster. Susunlah poster dalam pola yang berbeda. Cobalah penempatan poster dengan pola kotak-kotak atau random. Jika dinding anda kurang luas untuk menampung beberapa poster, coba gantung poster pada langit-langit. OIA untuk menggantung sesuatu pada langit-langit, anda dapat mengantung poster, kepingan CD atau jugta cover cd. Hasilnya akan terasa dramatis pada malam hari jika anda menghidupkan lampu tidur. Untuk memberi kesan ceria, anda bisa menggantung poster dari bintang sepakbola, penyanyi idola atau young celebs dari majalah mingguan yang anda beli.

Wallpaper

Bosan dengan wallpaper lama anda dan tidak ada motif wallpaper yang sesuai dengan selera anda? Buat sendiri motif wallpaper kesukaan anda dari gambar kartun kesukaan, iklan dimajalah, gambar superhero, flora dan binatang atau gambar apapun yang anda suka. Rekatkan gambar-gambar yang ada suka pada gulungan kertas karton secara memanjang, kemudian kertas karton yang telah dipenuhi aneka gambar tersebut ditempel pada dinding menggunakan thumb tack atau paku kecil. Lakukan cara yang sama sampai seluruh ruangan ditutupi oleh customize wallpaper buatan anda sendiri.

Bingkai

Bingkai dapat membuat kesan final pada kamar maupun pada hiasan-hiasan didalam kamar. Banyak hal bisa dilakukan dengan bingkai, foto, stensil, lukisan, wallpaper, mural, semuanya dapat dibingkai bukan? Bahkan antara plafond dan dinding kita biasa menggunakan list plafond sbagai bingkainya. Dan bingkai tersebut dapat kita temukan dengan aneka warna, material dan ukiran tertentu.

Bahan Bacaan

Berikan teman atau saudara sesuatu untuk dibaca ketika mereka mengunjungi kamar anda. Kutiplah kalimat yang bagus, indah atau kalimat-kalimat motivasi dari buku atau majalah kemudian tuliskan dalam selembar kartun. Hiasi kartun tersebut dengan aneka warna dan pernak-pernik lalu tempelkan kedinding. Seperti masa kanak-kanak dulu, saat kita menuliskan beberapa kalimat indah dan menempelkan didinding kelas. Tapi sekarang anda membuatnya dengan lebih elegant. OIA ketika saya SMA dulu, biasanya saya menulis rumus-rumus matematika, fisika dan kimia diatas karton, menggunakan spidol berwarna warni agar terlihat menarik dan menempelkannya diantara poster bintang sepakbola dan logo klub sepakbola kesayangan saya.

Kliping Gambar (Collages)

Collages yang saya maksud bukanlah lembaga pendidikan tempat anda melanjutkan sekolah setelah tamat SMA. Collages yang dimaksud adalah koleksi beberapa gambar yang dikombinasikan jadi satu karya seni. Pekerjaan membuat collage ini adalah project yang sangat baik untuk bagian belakang pintu anda. Rekatkan sebuah kertas kartun berukuran besar pada bagian belakang pintu, kemudian kumpulkan sebanyak mungkin gambar dan tulisan dari majalah. Gunakan segala yang anda suka dan rekatkan potongan-potongan gambar dan quotes tersebut pada kertas kartun. Anda bisa menempelkan banyak hal dengan satu thema sperti sport, love, nature, sastra, dsb. Collage juga bisa dibuat dari berbagai gambar dan quotes tanpa thema tertentu.

Sekarang anda telah mengetahui beberapa hal untuk mendekorasi, memperindah ruangan kamar anda. Sekarang, silahkan bekerja sebaik-baiknya. Selamat berkreasi dan have fun :)

..

Architectaria – Arsitek dan Perencana

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

7 Comments

  1. dwi arviyani

    Saat ini saya baru lulus sma dan mau mendekorasi sendiri kamar tidur saya. Terima kasih tips nya, saya akan coba mempraktekkan tips dekorasi yang murah meriah ini. kalau ada kesulitan, nanti saya beri informasi dan minta bantuan untuk mengatasinya.

    salam,

    dwi

  2. Nolan

    Makasih tipsnya. Perbanyak lagi tips interiornya ya architectaria.com

  3. Esa

    dimana saya bisa membeli wallpaper? apakah dimall atau ditoko khusus bahan bangunan?

    saya suka tulisan tentang tips desain interior rumah.. thx

  4. Tulus

    Gambar kamar tidur anaknya bagus banget. Terasa fresh dan cocok banget buat remaja.

  5. isma

    kalo kamar tidur nya kecil,, biar klihatan luas,,
    gimana tuh dekorasi yg cocok ???
    kamar nya ukuran 3×4 gtu,,, :(
    i’m confused :’(
    mohon sarannya,,,

    tQ :)

    Jawab:

    sebenanrnya banyak sekali artikel yang membahas tips dekorasi kamar atau ruang yang sempit mbak isma :)

    intinya: gunakan warna cat netral atau light, jangan warna bright. coba warna putih atay light blue. warna2 netral atau light akan memberi kesan luas dan lapang.
    Gunakan furniture multifungsi dan kompak. Jangan masukkan banyak furniture dalam kamar anda, karena akan membuat kamar anda makin sempit :)

    Rgrds,

    Architectaria

  6. Fajri

    Aq maw tanya donk..
    Kamar Aq berukuran 3X1,5 gtu,, trus kamarqterletak didepan,,
    dikamarq ada jendela 3 berukuran lumanyan panjang dan pintu kamar tepat ada di tengah,,
    btw gimana yach cara dekorasinya,, padahal lamarq ada banyak barang,, ada tempat tidur, meja jafi yf lmyan besar, kipas angin berdiri berukuran besar, meja belajar, Aquarium yang cukup besar,, kira ” gmana ya cara menatanya biar keliatan luas ?
    terus aq juga mau ngecat kamar,, kira ” yang cocok buat kamarku warnanya apa ya? ungu bagus tidak?
    Umurku 20 thun,, aq skarang kuliah.
    Tolong beri solusi :)

  7. I believe what you typed made a great deal of sense. But, what about this?
    suppose you added a little content? I ain’t suggesting your content is
    not solid., but what if you added a post title that
    makes people desire more? I mean Cara Medekorasi Kamar Remaja | PT.
    Architectaria Media Cipta is a little boring. You ought
    to look at Yahoo’s front page and note how they create news titles to get viewers to open the links.
    You might add a video or a related pic or two to grab people interested about
    everything’ve written. In my opinion, it would bring your posts a little livelier.

    Feel free to surf to my homepage; quartz vs granite

Leave a Comment