Cara Efektif Membersihkan Karat Pada Furnitur Berbahan Besi atau Logam

meja sofa berbahan kayu d an besi

Metode sederhana yang ampuh untuk membersihkan karat pada permukaan furnitur berbahan logam serta mencegah timbulnya karat untuk datang kembali di masa mendatang.

Furnitur berbahan logam merupakan salah satu furnitur yang disukai, terutama untuk penggunaan luar ruangan. Furnitur jenis ini memang memiliki keunggulan dibandingkan dengan furnitur lain, terutama dari segi keukuatan serta ketahannya. Tak seperti furnitur plastik yang cenderung ringkih, atau furnitur kayu yang mudah lapuk dimakan rayap, furnitur berbahan logam (biasanya besi) ini cenderung lebih tahan serta awet. Hal inilah yang menjadikan furnitur jenis ini cocok untuk kondisi luar ruangan.

Tetapi, dengan menggunakan furnitur jenis ini pada luar ruangan, bukan berarti lantas tanpa masalah. Furnitur jenis ini pun memiliki kekurangan, yakni mudah berkarat terutama dikarenakan kondisi lingkungan yang lembab dan basah. Hal ini merupakan hal alami yang sulit dipungkiri bahwa kontak antara logam dengan air tentu akan menghasilkan karat. Salah satu cara mencegahnya adalah dengan mengecat seluruh permukaan furnitur berbahan logam ini dengan cat besi atau pelindung khusus anti karat. Namun, bila furnitur yang ada di rumah kita sudah terlanjur berkarat, apa yang perlu kita perbuat?

Sebagian orang mungkin memilih untuk mengatasinya dengan mengecat ulang. Namun, sebenanrnya hal ini kurang tepat karena toh karat masih akan menempel pada furnitur. Pengecetan ulang tanpa membersihkan karat hanya akan menyamarkan tampilan karatnya saja, namun sebenarnya karat tersebut masih ada dan mungkin akan betambah banyak di kemudian hari. Maka dari itu, Anda perlu cara yang lebih tepat untuk membersihkannya, yakni dengan mengelupas karat atau menyemprotkan/mengoleskan cairan khusus yang dapat melunakkan karat dan mengubahnya menjadi bahan lain yang tidak berbahaya. Setelah karat terkelupas dengan sempurna, baru kita bisa mengecat permukaan furnitur kembali.

Cara seperti ini tentu lebih ampuh dan tepat sasaran ketimbang langsung mengecat ulang tanpa pembersihan karat terlebih dahulu. Untuk memberikan Anda panduan mengenai metode penghilangan/pengelupasan karat dengan benar, berikut ini penjelasannya lebih lanjut.

meja makan berbahan kayu d an besi

Meja dan Kursi Makan Berbahan Dasar Besi/Logam

Barang dan bahan yang mesti disiapkan:
- sabun pencuci piring
- air
- 3 baskom/wadah
- kain lap
- cairan pengelupas karat (degreaser)
- Rust converter
- Paintbrush (cat semprot)
- 2 buah sikat kawat, satu ukuran besar dan satu berukuran kecil
- cat primer pencegah timbulnya karat

A. Langkah – langkah membersihkan karat dengan cairan pengelupas (Rust Converter)

1. Buat larutan air sabun dengan mencampurkan sabun cuci piring dengan air hangat. Bersihkan permukaan furnitur yang berkarat dengan cairan ini. Agar karat bisa terkelupas lebih efektif, gunakan sikat khusus untuk mencucinya.

2. Lapisi permukaan furnitur tersebut dengan degreaser. Kemudian, keringkan secara alami di bawah sinar matahari. Cairan degreaser ini ampuh untuk melindungi bagian – bagian pada besi atau logam yang tidak berkarat. Sehingga, ketika furnitur disemprot dengan rust converter/ cairan pengelupas karat, bagian ini tidak akan ikut larut.

3. Siapkan rust converter yang akan digunakan untuk merontokkan karat. Taruh bahan ini pada wadah atau baskom yang sudah disiapkan, dan dengan menggunakan paintbrush, semprotkan rust converter ini pada permukaan yang berkarat. Biarkan beberapa saat hingga cairan ini mengering, yakni sekitar 20 menit atau sesuai dengan petunjuk pada labelnya.

4. Semprotkan kembali rust converter untuk kedua kalinya. Terapkan cara dan langkah yang sama dalam penyemprotan seperti halnya langkah pertama. Kali ini, biarkan cairan tersebut mengering dengan mendiamkannya selama 24 jam. Maka, karat – karat pada furnitur berbahan logam akan mengelupas dan membetuk butiran – butiran hitam yang di masa mendatang akan berfungsi sebagai pencegah timbulnya karat pada furnitur tersebut.

B. Langkah – langkah membersihkan karat secara manual dengan tangan

1. Sikat permukaan furnitur logam yang berkarat dengan sikat kawat. Agar karat bisa rontok dengan sempurna, tekan kuat – kuat sikat tersebut selama membersihkannya. Tetapi, pastikan bahwa tekanan yang Anda terapkan pada sikat kawat ini tak menimbulkan goresan – goresan yang akan berbekas pada furnitur.

2. Setelah karat banyak yang terkelupas, ganti dengan sikat dengan bulu yang jarang untuk membersihkan sisa – sisa karat tersebut.

3. Jangan lupa, sesekekali celupkan sikat tersebut ke dalam wadah yang berisi air agar sisa – sisa karat yang menempel tidak menumpuk pada sikat. Setelah itu, Anda bisa melanjutkan menyikat permukaan furnitur yang berkarat tersebut dan lakukan secara berulang – ulang untuk memastikan bahwa tak ada lagi karat yang menempel pada furnitur. Kegiatan ini mungkin membutuhkan waktu yang cukup lama, tergantung tingkat ketebalan karat yang menempel pafa furnitur tersebut.

4. Terakhir, lapisi permukaan furnitur dengan cat primer anti karat. meskipun dalam proses pembersihan ini masih terdapat sisa – sisa karat yang sulit dibersihkan, namun paling tidak cat ini sangat berguna untuk menghalau munculnya karat di kemudian hari. Anda bisa menggunakan cat aerosol atau cat primer yang disemprotkan pada permukaan furnitur menggunakan paintbrush.

Selamat mencoba :)

..

Architectaria – Arsitek dan Perencana

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

No Comments Yet.

Leave a Comment