Cara Agar Cat Dinding Di Rumah Tetap Awet Dalam Waktu Yang Lama

tips-mengecat-dinding-dalam-rumah-1

Tips desain interior rumah – Informasi mengenai cara agar cat dinding dirumah tetap awet sehingga Anda tidak perlu mengecat ulang setiap tahunnya.

Cat dinding yang warnanya cepat memudar tentu saja bukan merupakan hal yang menyenangkan karena ini berarti Anda harus mengecat ulang setiap kali warna cat dinding sudah tidak sedap dipandang mata. Sebenarnya ada beberapa cara agar warna cat dinding bisa bertahan lama tentu saja dengan perawatan secara berkala.

Untuk menghindari warna cat mudah memudar dan cat mengelupas, berikut ini ada beberapa cara yang dapat Anda terapkan untuk memperpanjang umur cat dinding dirumah Anda.

  1. Pembersihan permukaan dinding

Hal yang pertama kali harus dilakukan untuk membuat warna cat dinding tetap awet adalah dengan melakukan pembersihan di permikaan dinding  yang akan dilapisi ulang. Hal ini dapat Anda lakukan dengan menggunakan kain yang lembut yang diberi sedikit air dan sabun dengan formula yang aman. Jika ada noda atau coretan hitam yang menempel di permukaan dinding, Anda dapat menggunakan penghapus khusus yang mampu menghilangkan noda di dinding.

Mulailah langkah pembersihan dengan menyemprotkan air ke permukaan dinding menggunakan botol spray agar permukaan dinding tidak terlalu basah. Kemudian gosok secara lembut untuk menghilankan sisa kotoran. Ketika permukaan dinding sudah bersih dan kering, Anda dapat melapisi cat agar warna tetap tahan lama dan cat tidak mudah terkelupas.

  1. Memperbaiki area dinding yangterdapat kerusakan

Jika area dinding dirumah Anda terdapat beberapa kerusakan seperti goresan yang besar atau bahkan lubang yang cukup besar, hal yang harus Anda lakukan adalah dengan segera memperbaikinya. Jika kerusakan permukaan dinding masih bisa Anda perbaiki sendiri, segeralah memperbaikinya dengan menggunakan peralatan yang memadai. Jika sekiranya kerusakan tidak dapat di perbaiki sendiri, akan lebih baik meminta bantuan seorang tukang profesional untuk mengatasi masalah kerusakan pada dinding.

Kerusakan pada dinding dan cara memperbaikinya tentu saja tergantung pada tekstur dinding apakah permukaan dinding halus, licin, atau agak kasar.  Tekstur yang paling mudah adalah tekstur dinding yang halus yang dapat diperbaiki dengan pisau dempul dan sekaleng spackleatau campuran semen untuk mengisi dinding yang berlubang. Jangan lupa untuk menutupi benda-benda disekitar dinding agar benda-benda tersebut tidak terkena kotoran atau noda saat Anda melakukan perbaikan.

Jika sekiranya lubang pada dinding terlalu besar, jangan mencoba untuk memperbaiki sendiri karena tentunya hal ini akan memperparah kerusakan jika nantinya Anda salah dalam memperbaikinya.

  1. Men-serasikan cat dengan permukaan dinding

Ketika Anda ingin melapisi permukaan cat dengan cat yang baru, tentu saja Anda tidak bisa langsung mengaplikasikan cat baru tanpa melakukan persiapan terlebih dahulu. Lihatlah warna cat lama Anda kemudian pilih warna untuk melapisi permukaan dinding yang tentu saja serasi sehingga tampilannya tidak terlihat dilapisi ulang. Anda tidak harus memilih warna cat yang sama karena dengan mberikan gradasi cat pada permukaan dinding, bukankah hal itu akan lebih menarik?

Jika dirasa warna cat lama sudah sangat memudah, pilihlah warna cat yang memiliki kareakteristik tebal untuk menutupi warna cat lama yang sudah terlalu memudar. Untuk pelapisan yang lebih baik, pilihlah cat berbahan dasar air yang biasanya tahan lama. Ketika mengaplikasikan cat jenis ini, Anda harus benar-benar berhati-hati karena warnanya yang padat harus di diaplikasikan dengan pulasan yang konsisten dan searah sehingga hasil akhirnya akan nampak rapi.

Ulangilah pulasan jika dirasa warnanya tidak terlalu tebal. Sebagai saran, hindari pengecat dinding yang secara langsung terpapar sinar matahari dan angin yang tentunya akan membuat cat menguap secara cepat dan akhirnya menyebabkan warnanya menjadi tidak merata.

tips-mengecat-dinding-dalam-rumah-2

Desain Interior Ruang Kerja dengan Cat Dinding Berwarna Hijau

  1. Gunakan primer sebelum mengecat dinding

Jika Anda ingin mengecat area baru dirumah Anda, sebelum mengaplikasikan cat warna pada dinding akan lebih baik jika Anda mengoleskan primer terlebih dahulu. Primer berfungsi untuk mebuat lapisan cat dapat bertahan lama dan teidak mudah mengelupas. Selain itu fungsi primer adalah untuk membuat permukaan lebih lembut sehingga permukaan dinding tidak akan terdapat gelembung-gelembung dari semen. Gunakan primer yang mengadung minyak untuk membuat permukaan dinding sedikit mengkilat.

  1. Jangan mengecat diatas permukaan dinding yang basah

Warna cat tidak akan menempel sempurna jika permukaan dinding masih basah. Sehingga Anda harus menunggu sekitar beberapa hari terlebih dahulu setelah dinding dibersihkan. Pastikan bahwa Anda mengecat tidak pada saat musim hujan karena tentu saja dinding akan lama mengering.

Demikianlah beberapa cara agar cat dinding lebih awet dan tahan lama. Setelah semua dinding terwarnai dengan sempurna, pastikan Anda membersihkannya secara berkala sehingga tidak ada noda pada dinding yang akhirnya susah untuk dibersihkan.

Jangan khawatir dalam mengaplikasikan cat karena Anda bisa berkonsultasi dengan ahlinya sebelum menentukan warna pilihan. Apakah Anda ingin menerapkan beberapa metode diatas?

Selamat mencoba 🙂

..

architectaria.com | Arsitek, Desain Interior, General Contractor

Untuk Anda yang berada diwilayah JABODETABEK dan membutuhkan jasa arsitek, desain interior dan jasa kontraktor untuk membangun/merenovasi rumah, silahkan menghubungi kami melalui nomor: 081229400888, 087710400888, 021-83836281, atau 0251-9195383 (Bogor).

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

No Comments Yet.

Leave a Comment