Binh Thanh House Karya Vo Trong Nghia Architects, Sanuki + Nishizawa Architects

Binh Thanh House 5

Review mengenai sebuah proyek arsitektur rumah dengan konsep natural dan modern untuk dua keluarga di Vietnam.

Deskripsi Proyek

Perusahaan Arsitektur yang menangani : Vo Trong Nghia Architects, Sanuki + Nishizawa architects
Arsitek utama : Vo Trong Nghia, Shunri Nishizawa, Daisuke Sanuki
Status : Selesai dibangun pada Juni, 2013
Program : Rumah pribadi untuk 2 keluarga
Lokasi : Binh Thanh, Ho Chi Minh City, Vietnam
Luas : 516 m2
sekeliling : 140 m2

Sebuah studio arsitektur asal Vietnam, Vo Trong Nghia Architects baru saja menyelesaikan sebuah proyek arsitektur berupa bangunan rumah di Ho Chi Minh City dimana setengah dari bangunan rumah tersebut tampat berada di belakang blok concrete, sementara sebagiannya tampak menonjol keluar (seperti yang terlihat di gambar). Dalam menyelesaikan proyek ini, Tim dari Vo Trong Nghia Architects tidak sendirian. Mereka dibantu dua orang arsitek berbakat yaitu Sanuki + Nishizawa. Bangunan rumah yang mereka bangun itu sendiri diberi nama Binh Thanh House, yakni sebuah bangunan 6 lantai yang dihuni 3 generasi yang berasal dari 1 keluarga, yakni sebuah pasangan kakek – nenek yang berusia 60an, anak mereka dan istrinya, serta seorang cucu.

Binh Thanh House 2

Binh Thanh House – Interior View 1

Rumah ini sendiri memiliki karakter bilateral, dimana salah satu sisinya menghadap ke area kota yang ramai dengan kondisi udara yang kurang baik karena menghadap langsung ke jalan raya, sedangkan area satunya menghadap ke kanal dan sangat dekat dengan kebun binatang Saigon dengan berbagai macam tumbuh – tumbuhan di sekelilingnya. Di bagian depan rumah tampak sebuah plafon dari beton yang telah dibentuk sedemikian rupa. Selain itu, terdapat juga tangga spiral serta taman mungil di masing – masing lantai. Agar tidak terasa sumpek dan panas, di setiap lantai – lantai penghubungnya terpasang AC sekaligus ventilasi udara yang menyuplai sirkulasi udara di area tersebut.

Binh Thanh House 7

Binh Thanh House – Interior View 2

Salah seorang arsitek yang menangani proyek ini menuturkan bahwa rumah ini dibangun dengan konsep yang mampu mengakomodasi perbedaan keinginan serta gaya hidup pemilik – pemiliknya. Selain itu, desain dari rumah ini juga menyesuaikan kondisi lingkungan yang hangat dan iklim yang tropis. Sehingga, bisa dibilang secara keseluruhan rumah ini dibagi menjadi 2 bagian, dimana area yang menjorok ke dalam memiliki konsep yang modern, sementara area yang menjorok keluar merupakan area yang menyatu dengan alam, sehingga nyaman dan cocok digunakan untuk menikmati sinar matahari, udara segar, serta hembusan angin sepoi – sepoi khas negara tropis.

Binh Thanh House 3

Binh Thanh House – Interior View 3

Lantai sengaja dibuat beombak – ombak, yakni satu bagian menjorok ke dalam sementara bagian lain menjorok keluar. Lantai kedua dan keempat dari bangunan rumah tersebut didesain sebagai pelindung permukaan rumah yang menjorok terbuka. Kedua lantai tersebut didesain menyerupai kolong – kolong sehingga mampu membawa cahaya alami masuk melalui lubang – lubang ventilasi udara, hingga ke ruang keluarga, ruang tamu, dan seluruh ruangan yang ada pada lantai tersebut.

Binh Thanh House 4

Binh Thanh House – Eksterior View 4

Permukaan dinding beton yang berlubang – lubang dan tampak seperti kolong tersebut mampu membentuk pattern tersendiri bagi bangunan rumah secara keseluruhan. Desain seperti itu juga mampu menyaring cahaya matahari agar intensitas yang masuk ke dalam ruangan tidak terlalu besar. Desain dinding yang berupa kolong – kolong inilah yang memungkinkan cahaya matahari bisa mencapai ruang makan, kamar tidur, dapur, hingga ruang gym milik keluarga.

Dinding itu sendiri merupakan beton pre-cast dengan lebar 60 cm dan panjang 40 cm. Material beton sengaja dipilih bukan hanya untuk mengantisipasi angin kencang ataupun hujan deras, tapi juga sebagai langkah untuk menjaga privasi serta meningkatkan level keamanan, sehingga tidak mudah dimasuki orang asing atau binatang liar.

Binh Thanh House 6

Binh Thanh House – Interior View 1

Salah seorang arsitek menanggapi hal ini sebagai fenomena arsitektur yang banyak terjadi di Vietnam. Blok yang dibentuk unik memang tengah menjadi populer shading atau cladding di Vietnam karena bentuk seperti ini mampu berfungsi sebagai ventilasi udara alami. Namun pada proyek kali ini, mungkin agak sedikit berbeda dari rumah – rumah biasa yang ditemui di Ho Chi Minh City, karena memang telah ada modifikasi serta tambahan – tambahan pada beberapa bagian rumah yang disesuaikan dengan cara hidup serta kearifan lokal masyarakat Vietnam. Rumah ini mengadaptasi lingkungan ekologis yang disesuaikan dengan gaya hidup modern di area yang tropis. Dengan demikian, rumah ini mampu menggabungkan antara konsep modern dan natural, sehingga keduanya bisa sejalan beriringan, dan bukanya kontra satu sama lain.

Binh Thanh House 8

Binh Thanh House – Interior View 2

Lantai – lantai atasnya dibuat berliku – liku, serta terdapat balkon di kedua sisi rumah. Di bagian bawah sendiri terdapat area yang menjorok ke dalam sehingga nampak seperti ground floor. Area ini difungsikan sebagai area parkir, seperti yang sering kita temui di mall – mall di Indonesia, dimana parkir berada di lantai bawah tanah.

Sekilas Tentang Vo Trong Nghia Architects

Selain menangani proyek Binh Thanh House, sebelumnya Vo Trong Nghia Architects telah banyak menangani proyek – proyek serupa, diantaranya pembangunan sebuah rumah spiral dengan material batu alam dengan atap yang terbuat dari rerumputan, serta sebuah taman vertikal di permukaan depan. Sehingga, boleh dibilang reputasi dari perusahaan arsitektur yang berlokasi di Ho Chi Minh City dan Hanoi ini sudah tidak perlu diragukan lagi.

..

Architectaria – Arsitek dan Perencana

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

LinkedInTumblrStumbleUponRedditAIMDiggDeliciousFlipboardShare

No Comments Yet.

Leave a Comment