Berkreasi dengan Aksesoris Kamar Mandi nan Unik dan Cantik

desain interior kamar mandi dan aksesoris_1

Tips dalam memilih dan mengkreasikan aksesoris unik dan cantik untuk tampilan kamar mandi yang tak biasa.

Bagi sebagian orang, mandi atau berendam pada bath up di kamar mandi merupakan kegiatan yang menyajikan keasyikan tersendiri. Mereka bersedia menghabiskan waktunya berlama – lama di sini. Agar tak mudah bosan, kamar mandi perlu didesain dengan interior yang menarik, serta dilengkapi aksesoris kamar mandi yang unik dan menarik guna menyemarakkan tampilan kamar mandi, sehingga menjadi berbeda dan tak biasa.

Beberapa jenis aksesoris di bawah ini bisa Anda jadikan aksesoris kamar mandi pilihan. Beberapa dari aksesoris ini tak hanya berfungsi sebagai pemercantik tampilan, tapi juga memiliki peran fungsional.

1. Rak / kotak penyimpanan

Rak atau kotak penyimpanan di kamar mandi bisa menjadi elemen fungsional sekaligus dekoratif, tergantung bentuk dan desain kotak tersebut. Anda bisa membuat kotak penyimpanan sendiri atau customized box, sesuai dengan figur yang Anda sukai. Pilih warna – warna yang terang, atau aplikasikan motif bunga atau motif animal print pada kotak tersebut. Kemudian, Anda bisa mengisi kotak ini dengan peralatan yang diperlukan untuk menunjang kegiatan mandi atau berendam, misalnya spons mandi, botol sabun, botol sampho, peralatan spa, handuk kering, dsb.

2. Cermin

Beberapa orang senang menempatkan cermin di kamar mandi. Cermin biasanya hadir tak jauh dari wastafel yang difungsikan untuk cuci tangan, gosok gigi, atau cuci muka. Dalam memilih cermin, Anda bisa memilih cermin yang memiliki bentuk – bentuk tak biasa, atau memilih cermin kamar mandi unik berdasarkan framenya, entah itu frame berupa ukiran kayu, ukiran dari logam, atau frame mozaik yang dibuat dengan menyusun pecahan – pecahan kaca menjadi seni yang bernilai tinggi.

3. Shower curtain

Shower curtain atau tirai kamar mandi biasa dijumpai pada kamar mandi yang tak bersekat. Tirai kamar mandi biasanya memisahkan antara area untuk mandi dengan area untuk aktifitas berendam atau spa di bathup. Shower curtain hadir seperangkat dengan shower rods dan shower curtain hook/pengait tirainya. Anda bisa bereksperimen pada shower curtain dengan memilih material kain pada tirai yang halus, dengan dilengkapi renda – renda, dan memiliki warna dan motif tertentu.

Shower curtain, shower rods, dan shower curtain hook biasanya hadir dalam satu perangkat. Namun jika Anda membelinya secara terpisah, pastikan ketiganya memiliki aspek – aspek yang selaras, sehingga akan tercipta kesatuan aksesoris yang menunjang kamar mandi. Agar shower curtain bisa bertahan lama, Anda bisa memasang shower liner.

4. Tempat lilin

Bagi kalian yang menyukai wangi dari lilin aromatherapi, sediakan tempat lilin khusus agar lilin bisa menyala dengan baik dan sisa lilin tidak akan meluber hingga mengotori ubin pada kamar mandi. Anda perlu menyediakan tempat lilin khusus, misalnya tempat lilin bentuk keranjang yang dihiasi dekorasi bunga – bunga, tempat lilin berbentuk setengah lingkaran, tempat lilin dari kaca, atau tempat lilin yang memiliki bentuk yang tak biasa.

Tempat lilin ini mampu berperan sebagai aksesoris kamar mandi yang cantik. Lengkapi dengan lilin aromatherapy warna – warni dengan wangi favorit, niscaya aktifitas di kamar mandi menjadi lebih menyenangkan.

5. Toilet paper holder

Di beberapa sudut kamar mandi, kita biasa meletakkan toilet paper holder untuk meletakkan tisu toilet yang bertujuan agar tisue lebih mudah diambil. Toilet paper holder biasanya hanya cenderung plang besi kecil yang dicantelkan di dinding secara horizontal. Jika ingin nuansa yang berbeda, Anda bisa menggunakan toilet paper holder yang memiliki bentuk unik, misal bentuk tulang atau bentuk tanduk rusa.

6. Gambar – gambar tempelan dinding / wall decal

Wall decal atau gambar – gambar tempelan di dinding bisa menjadi alternatif aksesoris kamar mandi. Meskipun menempel gambar di dinding kamar mandi merupakan hal yang kurang lazin, namun bukan berarti Anda tak bisa menerapkannya pada kamar mandi Anda. Figur kartun, barbie, hewan, atau bunga merupakan beberapa wall decal yang paling kerap diaplikasikan pada kamar mandi.

Biasanya, wall decal semacam itu diterapkan untuk kamar mandi anak. Anda bisa memilih wall decal dengan gambar yang lebih mature. Misal wall decal bermotif yang ditempelkan di tepian dinding dan bisa berperan sebagai border. Hal ini tentu akan menciptakan aksen khas bagi kamar mandi Anda.

desain interior kamar mandi dan aksesoris_2

Desain Interior dan Aksesoris Kamar Mandi

7. Lighting

Lighting bisa saja berperan sebagai aksesoris, tentunya lighting yang dimaksud adalah lighting yang memang berfungsi sebagai aksen, bukan lighting yang menjadi sumber pencahayaan utama pada kamar mandi. Wall sconce, lentera, dan lampu pendant adalah beberapa jenis lighting untuk aksesoris kamar mandi. Pastikan agar kabel dan sistem kelistrikannya terlindungi dengan baik, sehingga tidak akan menimbulkan konsleting.

8. Aksesoris personal lainnya

Di samping memilih aksesoris – aksesoris kamar mandi di atas, Anda bisa memadukannya dengan aksesoris yang bersifat personal. Misal, jika Anda penyuka figur kartun, Anda bisa memasukkan action figure dan meletakkannya di atas kotak penyimpanan atau di samping bath up.

Selamat mencoba 🙂

..

architectaria.com | Arsitek, Desain Interior, General Contractor

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

No Comments Yet.

Leave a Comment