Berkenalan Dengan Apartemen Type Studio

Apartemen type studio adalah jenis hunian dengan ukuran yang compact dan dari segi harga sangat terjangkau untuk beberapa kalangan. Apartemen type studio adalah jenis hunian yang sangat cocok buat pelajar, mahasiswa atau karyawan yang belum berkeluarga. Apartemen type studio terdiri atas satu kamar, sangat terjangkau dibanding apartemen type premium dengan beberapa kamar. Masyarakat membeli apartemen biasanya berdekatan dengan tempat mereka melakukan aktifitas, bekerja atau sekolah/kuliah.

Selain ukurannya yang compact, apartemen type studio sebenarnya menawarkan berbagai keuntungan bagi penghuninya. Jika anda termasuk orang yang merasa kesulitan jika harus tinggal dan merawat hunian (apartemen atau rumah) yang berukuran luas, sebaiknya anda memilih apartemen type studio ini. Jangan kahawatir masalah fasilitas atau desainnya, banyak pengembang sekarang yang menyediakan unit-unit apartemen type studio dengan desain yang tidak kalah menarik.

Arti

Apartemen type studio umumnya adalah tempat tinggal untuk satu orang, meskipun ketika menyewa atau membelinya anda bisa tinggal didalam apartemen studio tersebut bersama dengan teman, keluarga atau pasangan hidup anda. Apartemen type studio pada awalnya diperuntukkan bagi pelajar atau mahasiswa yang sedang sekolah atau kuliah. Selain itu apartemen type studio juga sangat popular karena banyak ditinggali oleh seniman, artist, karyawan, atau professional muda yang belum berkeluarga.

Beberapa apartemen type studio menyediakan unit-unit ruangan dengan harga yang murah dan rate sewa yang rendah untuk mendapatkan pembeli/penyewa. Sementara beberapa apartemen lainnya yang berukuran lebih besar membidik penyewa atau pembeli dengan kelas yang lebih tinggi. Apartemen type premium biasanya berada pada kawasan elit dengan fasilitas super lengkap dan tentunya harganya jauh lebih mahal daripada apartemen type studio.

Jenis

Apartemen type studio dibeberapa tempat dan negara juga dikenal sebagai rusun, flat, flat studio, bachelor’s flat, bachelor’s studio, efficiency studio atau efficiency apartment. Apartemen type studio pastinya banyak terdapat dikawasan perkotaan, dimana harga sewa properti sangat tinggi dan kawasan hunian sudah sangat padat dan lahan yang terbatas. Jika kita lihat perusahaan properti yang mengembangkan unit-unit apartemen, ada pengembang yang khusus membangun apartemen type studio/flat/rusun saja, tetapi ada juga pengembang yang membangun apartemen type studio bersama dengan unit-unit apartemen lainnya yang lebih premium. Loft apartemen adalah jenis apartemen yang ukurannya lebih besar dari apartemen type studio, selain itu jumlah kamar dan fungsi ruangannya lebih banyak daripada apartemen type studio.

Biasanya pihak perusahaan properti yang mengembangkan kawasan hunian vertical membangun beberapa tower dalam satu kawasan terpadu, biasanya disebut superblock. Ada tower khusus untuk value apartment dan premium apartment, pihak pengembang pastinya menyasar seluruh segmen pembeli untuk mendapat profit lebih besar. Setiap superblock atau kawasan dengan beberapa tower pasti dilengkapi dengan berbagai fasilitas public yang bisa dipakai bersama. Berbagai fasilitas public tersebut diantaranya; klinik, rumah sakit, fitness centre, swmming pool, pasar/kawasan perbelanjaan, pusat pendidikan, pusat jajanan, dsb.

Ukuran

Sebagian besar apartemen type studio biasanya memiliki luasan antara 18 sampai dengan 21 m2, tapi luasan 21 m2 adalah yang paling umum kita jumpai. Luasan sebesar 21 m2 ini sudah termasuk ruangan utama (main room), dapur+ruang makan dan kamar mandi (jika disertakan). Untuk mendukung segala aktivitas kegiatan didalam ruangan tersebut, sebaiknya anda yang tinggal didalam apartemen type studio memaksimalkan ruangan seefisien mungkin. Gunakan furniture kompak dan multifungsi untuk menghemat penggunaan space didalam ruangan apartemen type studio milik anda.

Jika anda ingin membagi main room menjadi beberapa fungsi, misalnya; antara ruang tidur dan living room, dapur+ruang makan, anda bisa menggunakan furniture sebagai partisi pemisah ruangan. Kejelian dalam memilih, mendesain bentuk furniture dan mengatur tata letak furniture akan menjadi kunci sukses desain interior apartemen type studio. Kenyamanan apartemen anda sepenuhnya tergantung pada anda, bagaimana anda berkreasi dan mengatur tata letak barang-barang yang ada didalamnya.

Fitur

Apartemen type studio umumnya terdiri atas 1 buah ruang utama (main room) yang multifungsi, sebagai kamar tidur (bedroom), ruang keluarga, dan ruang makan. Jika anda sebagai mahasiswa atau pekerja, maka space ruangan tersebut harus anda bagi lagi dan fungsikan sebagai ruang kerja atau ruang belajar. Banyak apartemen type studio yang sudah dilengkapi dengan dapur dan kitchen set yang kompak. Anda bisa meletakkan glass table yang berfungsi sebagai coffee table dan dining table berdekatan dengan area dapur kompak tersebut. Dibeberapa apartemen yang lain yang sudah tersentuh oleh desainer interior, biasanya dapur dan kitchen set kompak itu disembunyikan dibelakang closed style door.

Desain layout tiap-tiap apartemen type studio mungkin saja berbeda satu dengan yang lainnya, ada yang 1 kamar utama dan dimanfaatkan sebagai ruang tidur, ruang tamu, dan dapur+ruang makan. Adapula apartemen type studio yang desain layoutnya berbentuk L-shape, dimana ruang tidur dipisahkan dengan ruang tamu, dapur dan ruang makannya. Bentuk layout L-shape ini tentunya memberikan privasi yang lebih baik dibanding 1 main room dengan berbagai fungsi ruangan didalamnya.

Beberapa apartemen type studio juga memilki kamar mandi disetiap main room, walaupun ukurannya mungil dan hanya terdiri dari closet duduk dan shower tanam didinding. Tapi beberapa apartemen type studio lainnya yang harganya lebih ekonomis menerapkan efisiensi jumlah kamar mandi, hanya memberi kamar mandi diluar main room dan harus berbagi dengan penghuni apartemen yang lainnya. Prisnipnya sama dengan bangunan kost-kostan dimana 1 kamar mandi untuk melayani 2 atau 3 main room penghuninya. Selain kamar mandi yang melayani beberapa apartemen type studio, biasanya juga terdapat ruang ganti, mesin cuci dan ruang kebugaran yang bisa dipakai secara bersama oleh bebrapa penghuni.

Manfaat

Karena ukurannya yang kompak, apartemen type studio biasanya disewakan atau dijual dengan harga yang lebih murah dibandingkan apartemen type lain yang berukuran lebih besar. Apartemen type studio juga lebih murah harganya jika dibandingkan dengan landed house, bahkan landed house dengan type yang paling kecil sekalipun. Karena harganya yang murah, apartemen type studio sangat cocok buat mahasiswa. Buat anda para mahasiswa, silahkan bandingkan antara harga sewa kost dan harga sewa apartemen type studio. Perhatikan faktor lokasinya, pilih hunian kost atau apartemen type studio yang memudahkan akses ketempat kuliah anda.

Untuk anda yang sudah bekerja, anda juga bisa memanfaatkan apartemen type studio ini, anda bisa menyewanya untuk beberapa tahun sambil menabung dan membeli apartemen yg berukuran lebih besar atau membeli rumah yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan anda. Seperti yang diuraikan diawal artikel, tinggal di apartemen type studio juga memberi beberapa keuntungan.. Buat anda yang sibuk bekerja, anda tidak perlu terlalu repot mengurusi dan menata ruangan yang terlalu besar seperti apartemen type studio ini kan?

Demikian artikel saya kali ini yang membahas tentang apartemen type studio, dibeberapa artikel berikut saya akan membahas tentang ide-ide dan cara memaksimalkan ruang apartemen studio yang terbatas agar tampak lebih homey dan nyaman untuk ditinggali. Selamat berakhir pekan..

..

Architectaria – Arsitek dan Perencana

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

5 Comments

  1. ramdan

    Dapet juga info tentang apartemen tipe studio.. mau tanya kisaran harga apartemen tipe studio dengan luas 21 m2 sekarang berapa yah pak? Soalnya saya lihat spanduk/poster dijalan yang biasa saya lalui ketika berangkat dan pulang kerja, harganya sekitar 200 jutaan tapi masih pakai **

    Takutnya masih ada biaya-biaya lain lagi, jadi harga totalnya diatas 200 juta.

    Kalo harga diatas 200 juta lebih mending cari rumah type 36 dikawasan bekasi atau depok, daripada apartemen tipe studio.

    Thanks infonya pak..

  2. Dod

    Selamat Sore..

    Mau Tanya, saya punya apartement type studio spt ukuran diatas dan rencana untuk disewakan kpd mahasiswi/karyawati, kira2 biaya interior yang cocok berapa budgetnya?

    terima kasih,
    Dod

    • @Dod,

      Biaya dekorasi apartemen tergantung apa yang akan anda buat dan tempatkan pada apartemen tersebut.

      regards,

      Aria

  3. Herisusanto

    Slamat pagi pak,

    Saya mau tanya, untuk area pancoran yg menyediakan Apartemen type studio di mana yach?

    Suwun,
    Heri

    • @Heri susanto,

      Mungkin lebih baik jika anda bertanya langsung pada property agent :)

      regards,

      Aria

Leave a Comment