Berbagai Macam Desain dan Model Trim (Profil) Kayu

trim kayu dirumah modern

Beberapa jenis tipe desain Trim atau profil dari material kayu yang meliputi tipe desain ala Jepang, Victoran, hingga Modern, beserta sejarah dan perkembangannya.

Kemarin kita telah banyak membahas mengenai Trim eksterior ini, khususnya dari sisi fungsionalitasnya. Namun, tentu kita memahami bahwa Trim ini tidak hanya berperan sebagai struktur rumah yang fungsional, tapi juga dekoratif. Trim dapat menambah kesan indah dan menarik pada rumah, terutama pada tampilan depan rumah tersebut. Maka dari itu, dengan mengaplikasikan Trim dengan model dan material yang tepat untuk rumah Anda, diharapkan Trim ini tak hanya mampu mencegah rumah dari cipratan serta genangan air hujan, tapi juga mampu memberikan nilai artistik bagi rumah Anda.

Salah satu material yang dari dulu hingga sekarang sering digunakan sebagai Trim adalah material kayu. Material ini cukup populer dijadikan bahan Trim, meskipun kepopulerannya agak menurun seiring dengan ditemukannya material – material alternatif buatan pabrik.

Meski sudah jarang digunakan, toh Trim dari kayu ini tetap bisa kita jumpai, khususnya di rumah – rumah yang banyak menggunakan material kayu. Trim kayu ini meskipun terlihat tradisional dan konservatif, tapi memiliki ciri khas nilai artistik yang tidak mudah kita jumpai di Trim jenis lain. Maka dari itu, Trim kayu ini kerap hadir dalam berbagai varian atau model, mulai dari model Jepang, model Victorian, hingga modern. Penasaran seperti apa bentuk – bentuk Trim kayu tersebut? Di bawah ini penjelasan lebih lengkapnya.

desain arsitektur rumah tradisional jepang

Trim Kayu pada Rumah Tradisional Jepang

1. Sejarah

Sejarah atau awal mula penggunaan Trim berbahan kayu ini diadaptasi dari gaya arsitektur Jepang yang banyak dijumpai di abad ke 18 hingga 19. Kala itu, Trim kayu yang banyak dikenal adalah struktur bangunan dari kayu yang ada di serambi bubungan atap, khususnya yang kerap kita temui di kerajaan, kelenteng, dan tempat ibadah atau tempat suci lainnya. Struktur itulah yang kemudian diadaptasi dan dibawa ke Eropa. Kala itu, di Eropa masih berada pada jaman Victoria dan pada abad ke 19 tengah booming desain eksterior berupa Trim kayu yang diukir dengan ornamen – ornamen. Rumah – rumah milik masyarakat menengah hingga kaum bangsawan banyak yang mengaplikasikan Trim kayu ini sebagai bagian dari eksterior mereka.

Bisa dibilang, Era Victorian turut serta mempopulerkan penggunaan Trim kayu ini. Dengan adanya ukiran – ukiran pada tepian atap, Trim kayu ini banyak diaplikasikan di rumah – rumah bergaya Victorian. Barulah memasuki pertengahan abad ke 20, material sintetis buatan pabrik mulai diperkenalkan dan perlahan – lahan menggantikan posisi kayu sebagai bahan untuk Trim ini.

desain arsitektur rumah bergaya victorian

Trim Kayu pada Rumah Bergaya Victorian

2. Karakteristik dan Aplikasi dari Trim kayu dengan desain ala Victorian

Karakteristik dari Trim kayu pada era ini adalah ornamen atau ukiran berbentuk bunga atau spiral yang diaplikasikan pada trim kayu ini. Memang, nuansa feminis sangat kental di sini. Penggunaan Trim kayu ini juga begitu populer dan sangat disenangi, terutama bentuknya yang unik dan karena nilai historisnya. Maka dari itu, meski material kayu sudah mulai banyak digantikan dengan material sintetik lain, tetap saja Trim kayu ini masih sering digunakan, terutama untuk rumah – rumah bertema Victorian. Bahkan untuk rumah – rumah modern, Trim kayu model Victorian ini juga masih sering diadaptasi untuk menciptakan kesan elegan dan klasik. Kemudian, Trim kayu ini akan dilapisi dengan cat pelapis putih atau transparan untuk mempertajam tampilan serat – serat kayunya.

3. Trim kayu untuk rumah – rumah berkonsep Kolonial

Tak hanya rumah berkonsep Victorian atau modern yang banyak mengaplikasikan Trim kayu ini. Rumah – rumah dengan konsep Kolonial juga kerap mengadopsi penggunaan Trim kayu ini. Namun kayu yang dipilih bukan kayu sembarangan, melainkan kayu yang sudah dipress dengan tekanan tinggi untuk mengurangi kadar air dan kelembabannya, sehingga lebih awet dan tahan cuaca. Corak berupa serat – serat kayu yang ada pada Trim ini mampu berkomplemen dengan baik dengan karateristik rumah – rumah model kolonial.

rumah kayu modern

Trim Kayu pada Rumah Minimalis dan Modern

4. Trim kayu di masa kini

Di masa modern ini, penggunaan material kayu sudah berkurang popularitasnya, yang disebabkan oleh penemuan bahan – bahan sintetis buatan industri yang memilki ketahanan yang maksimal dengan harga yang relatif lebih terjangkau. Namun, masih banyak beberapa arsitek yang bertahan untuk menggunakan Trim kayu ini di rumah – rumah dengan konsep modern, khususnya pada rumah berkonsep minimalis dan simpel. Trim kayu dengan warna putih polos lebih disukai karena Trim ini sanggup menyajikan tampilan yang kohesif pada keseluruhan rumah.

Terlebih untuk rumah berkonsep modern yang banyak mengeksploitasi penggunaan warna – warna palet dan netral, maka Trim kayu ini akan lebih bisa menyatu ketimbang trim berbahan material sintetik. Agar terlihat lebih menarik dan tidak monoton, Trim kayu ini bisa diberi sedikit ukiran atau diberi sedikit motif hitam dan putih.

..

Architectaria – Arsitek dan Perencana

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

No Comments Yet.

Leave a Comment