Beragam Tipe dan Jenis Ubin yang Paling Sering Kita Jumpai

lantai marmer (marble tile flooring)

Informasi menarik seputar ubin yang penting untuk diketahui, terutama bagi Anda yang berencana membangun atau merenovasi rumah.

Saat Anda ingin membangun sebuah ruangan atau merenovasi ruangan yang sudah ada, tentu banyak hal yang perlu diperhatikan dalam proses pembangunan tersebut. Kita perlu membuat desain ruangan yang tepat, memilih cat dinding yang sesuai, hingga memilih ubin untuk lantai yang nantinya akan diterapkan pada ruangan tersebut. Poin yang terakhir ini merupakan poin yang cukup vital. Meskipun terlihat remeh, ubin sangat berperan besar dalam menentukan tujuan penggunaan ruangan tersebut. Di pasaran sendiri terdapat berbagai macam tipe variasi ubin yang beragam. Tipe-tipe ubin tersebut dibedakan berdasakan penggunaanya, apakah ubin nantinya akan ditempatkan pada ruang tamu, kamar tidur, kamar mandi, atau luar ruangan. Pemilihan ubin yang tepat akan membuat konsep ruangan yang telah didesain sejak awal menjadi lebih pas.

Seperti yang kita tahu ubin ada beragam tipe atau jenisnya. Jenis-jenis ubin yang kita tahu yakni ubuin yang berbahan keramik, batuan alam, atau porselain. Bagi Anda yang akan membangun atau merenovasi rumah dan membutuhkan ubin yang banyak, Anda perlu mengetahui beragam jenis ubin tersebut. Tujuannya, agar Anda tak salah membeli ubin dan mengaplikasikannya pada ruangan yang tidak tepat. Masing-masing ubin memiliki karakteristik yang berbeda dan tentunya sangat perlu bagi kita untuk mengetahuinya. Sehingga, kita tak perlu salah dalam membeli ubin yang kita inginkan.

Di bawah ini, terdapat beberapa jenis dan tipe ubin yang sering kita temui beserta penjelasa mengenai karakternya secara singkat. Sehingga hal ini dapat membantu Anda memilih ubin yang tepat. Apa sajakah itu? Berikut penjelasannya:

lantai keramik (ceramic tile flooring)

Lantai Dengan Ubin Dari Keramik (Ceramic Tile Flooring)

1. Ubin Keramik

Bagi masyarakat biasa, tentu sudah tak asing lagi dengan ubin yang satu ini. Ubin keramik ini merupakan ubin yang paling sering digunakan di rumah-rumah dan harganya pun relatif terjangkau. Ubin ini sering dimanfaatkan untuk pemasangan pada lantai dan dinding rumah, terutama untuk dinding pada dapur atau pada bagian luar rumah. Namun Anda tentu ingin tahu, mengapa ubin keramik merupakan ubin yang paling populer? Jawabannya, ubin ini memiliki permukaan yang cukup kuat. Selai itu, ubin ini sangat mudah dibersihkan, sehingga cocok untuk penggunaan ruangan dalam rumah. Ubin ini juga relatif awet dan tahan lama, asalkan diperlakukan dengan tepat.

lantai porselain (porcelain tile flooring)

Lantai Dengan Ubin Dari Porselain (Porcelain Tile Flooring)

2. Ubin Porselain

Selain keramik, ubin porselain juga sering kita jumpai penggunaannya pada rumah-rumah. Ubin tipe ini memang memiliki keunggulan yang lebih dibandingkan ubin keramik biasa. Pada ubin porselain, permukaannnya biasanya cenderung lebih kasar dan keras. Keunggulan lainnya dari ubin porselain ini yakni permukaannya cukup kedap air/tidak dapat ditembus air. Bahkan, beberapa ubin porselain dapat tahan di udara yang sangat dingin tanpa membeku/menimbulkan lapisan es. Untuk itu, ubin jenis ini sangat cocok ditempatkan di mana saja, baik untuk penggunaan di dalam maupnu di luar ruangan. Tak jarang, ubin ini juga difungsikan pada kamar mandi. Keunggulan lain, ubin porselain biasanya diproduksi dalam ukuran yang besar-besar. Sehingga, untuk rumah dengan ukuran yang luas, maka lebih tepat untuk menggunakan ubin porselain ini diandingkan ubin keramik.

lantai marmer2 (marble tile flooring)

Lantai Dengan Ubin Dari Marmer (Marble Tile Flooring)

3. Ubin yang terbuat dari batuan alam

Ubin yang terbuat dari batu-batu alam ada beragam sekali jenisnya. Mulai dari ubin yang terbuat dari batu granit, marmer, hingga batu gamping. Dari jenis-jenis tersebut, tentu marmer merupakan salah satu jenis ubin yang sering kita dengar. Harga marmer yang selangit dengan coraknya yang unik menjadikan marmer ini ubin favorit, terutama pada rumah-rumah kaum atas. Sedangkan ubin yang terbuat dari batu granit dan gamping mungkin tak sepopuler ubin marmer. Hanya pada rumah orang-orang tertentu saja ubin ini digunakan.

Secara umum, kelebihan dari ubin yang terbuat dari batuan alam ini adalah coraknya yang khas dan alami. Terlebih, ubin ini juga relatif kuat. Tetapi meskipun unik, ubin ini agak sulit dalam perawatannya. Beberapa jenis ubin ini memerlukan pelapisan atau perlindungan dengan bahan khusus agar tampilannya menjadi lebih halus dan corak uniknya semakin terlihat. Sehingga, jika Anda memilih ubin ini, Anda harus siap-siap sedikit repot dalam merawat dan membersihkannya.

lantai mosaic (mosaic tile flooring)

Lantai Dengan Ubin Dari Mosaic (Mosaic Tile Flooring)

4. Ubin mosaik

Ubin mosaik ini merupakan salah satu ubin yang banyak diincar, terutama karena pola-pola indah pada permukaannya. Ubin mosaik biasanya dibuat kombinasi antar beberapa keramik yang disatukan. Terkadang, ubin ini juga mengeksplorasi penggunaan bahan-bahan lain, seperti kaca atau batuan alam lain. Bahkan, kadang beberapa bahan-bahan tak biasa seperti stainless steel atau kulit kerang juga digabungkan untuk membuat sebuah ubin mosaik. Uuin mosaik ini memang tergolong istimewa dan biasanya dibuat bukan untuk pengguaan pada lantai, tetapi pada dinding rumah sebagai salah satu elemen dekoratif pada ruangan.

Selamat mencoba :)

..

Architectaria – Arsitek dan Perencana

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

0 Comments

Leave a Comment