Beberapa Langkah dalam Membangun Rumah Impian Anda- #3. Menghitung Rencana Anggaran dan Biaya (RAB)

Menyambung (dan menyelesaikan) 3 artikel saya sebelumnya, yang saya buat pada bulan desember tahun 2007 tentang Biaya Desain Arsitektur dan Biaya Produksi Bangunan, Beberapa Langkah dalam Membangun Rumah Impian Anda- #1. Menghitung Volume Pekerjaan, dan Beberapa Langkah dalam Membangun Rumah Impian Anda- #2. Menghitung Analisa Harga Satuan, maka pada artikel kali ini kita akan menyelesaikan Langkah-langkah dalam membangun rumah tersebut dengan artikel Menghitung Rencana Anggaran dan Biaya (RAB) bangunan.

Pada dasarnya ‘Rencana Anggaran dan Biaya’ adalah sangat simple, kenapa saya katakan demikian? karena RAB hanyalah hasil perkalian antara Volume Pekerjaan (dari sekian banyak item pekerjaan) dengan Analisa Harga Satuan pekerjaan tersebut. Oleh karenanya, pada artikel ke-2 saya sudah katakan, sebenarnya anda telah mampu menghitung Rencana Anggaran dan Biaya (RAB) itu sendiri. Karena variabel penyusunnya (volume pekerjaan dan analisa harga satuan) telah saya berikan. Berikut adalah perhitungan Rencana Anggaran dan Biaya (RAB), dimana pada kolom banyaknya volume pekerjaan harus anda isikan dengan hasil perhitungan volume pekerjaan pada banguan yang sedang/akan anda bangun. Sementara pada kolom analisa harga satuan anda juga harus mengisikan dengan hasil perhitungan analisa harga satuan (upah pekerja dan material) dari bangunan yang sedang/akan anda bangun.

Hasil dari perhitungan Rencana Anggaran dan Biaya (RAB) pada tabel diatas, selanjutnya direkap dalam sebuah tabel rekapitulasi. Hal ini dilakukan sebenarnya hanya untuk menyederhanakan lajur kolom/menyederhanakan tampilan perhitungan RAB yang sangat banyak. Selain itu, most of all board/pihak manajemen/dewan direksi/pemilik modal lebih suka dengan tampilan yang sederhana. Hahaha..

*) Catatan: Semua angka-angka yang ada didalam tabel diatas hanya angka permisalan

Sekali lagi saya akan katakan, kunci dari perencanan Rencana Anggaran dan Biaya (RAB) ini adalah pada perhitungan volume pekerjaan. Untuk analisa harga satuan saya pikir tidak terlalu susah, karena hanya mengkalkulasikan harga satuan (upah kerja dan material) dengan index BOW. Ketika anda telah mampu menghitung/menganalisa volume dari komponen-komponen sebuah bangunan (pondasi, sloof, kolom, balok, plat, rangka kuda-kuda, atap, dll) maka anda telah mampu menyusun RAB proyek tersebut.

Semoga artikel ini bermanfaat, dan selamat berakhir pekan buat Anda :)

..

Architectaria – Arsitek dan Perencana

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

80 Comments

  1. a9un9p

    ap jasa kontraktor slalu 10%? stahu saya dr kepres 80 tahun 2003 jasa kontraktor bs 6% loh… (kl ga salah ya…) :))

    Ah..pak Agung ini kayak nggak tau aja..itu khan menurut kepress. Di negeri ini, Aturan khan dibuat untuk dilanggar. Buktinya Aspek Hukum Konstruksi sudah mengatakan jgn memark-up pekerjaan terlalu banyak? kenyataannya?? Hahahaha.. Kidding!

    Saya kurang tau pastinya, yg pasti dari sekian proyek yg saya ikuti, selalu saya dapati dan selalu diminta untuk memasukkan angka 10% sebagai nilai komisi kontraktor

  2. Fahmi

    Mau tanya, kalo daftar hrga material dan upah mustinya cari dimana yah pak?

    Thanks

    Jawab: Biasanya di dinas perindustrian & perdagangan kabupaten atau kotamadya pak

  3. taufan

    wah, pak aria, trims banyak.. artikel yg sgt berguna nih.

    kbtulan saya lagi mau cari2 informasi kalau mau bangun rumah, kan perlu juga sedikit byk tahu informasi ky gini.

    lg nabung sih hehehe… moga2 rejeki lancar.. amiin..

    btw saya kirim email pak..

    and skali lagi smoga sukses, siapa tahu nt bisa minta tolong bpk buat ‘bikinin’ rumah hehehe

    trims alot

  4. Tandank

    Pak Aria makasih atas ilmunya. Saya mau tanya jika ingin menggunakan jasa arsitek, apa saja kita dapat? selain desain rumah apakah kita dapat RABnya? Berapakah biaya untuk jasa arsitek?

    Thanks

    Output biasanya masing2 arsitek beda2 pak..
    Kalau saya, biasanya gambar2 arsitektur+gambar2 struktur (gambar kerja).
    RAB minta dibuatkan pada saat pelaksanaan, baiknya dibuat sama yg melaksanakan saja..
    Tarif, relatif yah ;)

  5. taufan

    pak Aria, saya cari link file excel utk contoh RAB di seri “beberapa langkah membangun rumah…” ini kok ga ktemu2 ya? kurang jelas krn terlalu kecil gambarnya

    atau cuma di komputer saya saja ya

    thx pak atas ilmunya

    Maaf, memang file excell nya gak saya lampirkan, Krn sangat repot untuk penulisan tabel. Kalau harus di upload, tau sendiri deh koneksi telkom sppedy. Speed untuk uploadnya lelet banget..

  6. yasrul

    mau tanya berapa persentase upah dari harga bangunannya Pak ?, misalnya saya mau bangun rumah dengan dana 100 jt, kira2 upahnya berapa dan dana yang bisa dibelikan untuk bahan bangunan berapa ? ( apakah mungkin untuk bahan bangunan 70 jt dan untuk upah 30 jt). terima kasih bantuannya Pak.

    Coba baca artikel tentang analisa harga satuan, klo ga salah ada perhitungan harga satuan upah dan harga satuan bahan/material dari tiap2 item pekerjaan.

  7. alfa

    akhirnya ketemu juga info yang saya cari2 selama ini.
    kalo daftar harga bahan & upah kan di deperindag, trus kalo satuan upah & bahan (BOW) bisa didapat dimana ya pak? apakah ada situs/link yang memuat daftar itu? trims

    Kalau buku tentang index BOW coba deh cari di toko buku yg menjual buku2 keluaran lama. Karena buku ini emang buku lama seperti halnya nomogram beton bertulang. Atau bisa dicari di departemen pekerjaan umum, atau dinas yg terkait.. Bisa juga melalui mahasiswa atau praktisi Teknik Sipil.

  8. guse

    pak, mohon informasinya berapa biaya tenaga borongan untuk pekerjaan lantai II per m2.

  9. ayu

    Dengan dana yang minim ( hanya tersedia 30 juta ) , cukupkah untuk membangun rumah seluas 80 m2 , tidak usah mewah cukup sederhana dan bisa dihuni ! Mohon saran dan masukannya apakah bisa atau tidak, kalaupun rumah msh kondisi 1/2 jadi, itu kira – kira bagian mana yang paling penting didahulukan ( skala prioritas dalam membangun rumah ) yang tidak bisa ditunda kira – kira itu apa? Cukupkah kalau dana yang tersedia cuma 30juta ? ! Trim’s

  10. Wahyu

    pak Aria,
    saya mau tanya apa bapak ada contoh perhitungan pondasi dengan tiang pancang beton pracetak? kalo ada boleh bantu saya?
    thx & rgds

  11. Priyadi

    Mohon kiranya bapak aria meng-email cara penghitungan besi (u/ sloof, pondasi, ring balok dll). rencananya saya mau bangun rumah (strukturnya dulu) tapi saya pengen tahu ilmunya dulu biar disesuaikan dengan budget-nya. sebelumnya saya haturkan banyak terima kasih.

  12. agus priady

    pak tolong kiranya bapak menampilkan perhitungan Beton ya(kalo boleh ada flow chartnya)

  13. zefri

    klu bangun ditanah 8×12 dengan 3 kamar cukup sederhana anggarannya berapa ya pak?
    klu bisa saya butuh desainya dan anggarannya trimakasih

  14. Mareta

    wah….
    nie berguna banget buat saya…..
    kebetulan saya nak smk jur. gambar, jadi saya butuh ilmu untuk buat RAB…..

    tolong donk rumus ngitung volumenya dijelasin sekalian….. biay lebih afdol….. ^_^

  15. Rio

    Udah ada kali cara ngitung volume sama analisa harga satuan.. Makanya baca donk.. jangan males.

  16. jujuk haryono

    gimana ya pak cara ngatasin penempatan kuda2 yang aman,sbb titik kolomnya mbeleset/lari 30cm/tidak pas pada titik tumpunya.mau dibonkar gak mungkin nih…..

  17. rian

    bagus nie artikelnya, memberi informasi yg baik n rinci kpd masyarakat. saya tambahkan sedikit yach p aria. mau share pengetahuan aja krn saya bekerja dibidang ini. utk menghitung harga satuan lebih baik mengunakan standar sni krn lebih update dgn keadaan sekarang dari pada bow. perlu diperhatikan bahwa standarisasi ini dibuat dgn keadaan kerja dan hasil tertentu. maksudnya adakala harga satuan real lebih besar dari yg ada di sni. contohnya renovasi pasti lebih mahal dari sni krn keadaan kerjanya terikat/terbatas (sni lebih cocok utk menghitung bangunan rumah baru). ada juga spesifikasi/tuntutan hasil dari pemilik yg diatas standar (tingkat kerapian n keakuratannya). contohnya hasil plester aci dinding ditest dgn senter dalam keadaan gelap jika tidak bagus akan terlihat gelombang (seberapa banyak gelombang yg ada jadi patokan kwalitas tenaga kerja). semoga bermanfaat

    Jawab:

    Terima kasih untuk tambahan dan share ilmunya, semoga makin menambah wawasan kita semua yah mas Rian ;)

  18. asry

    Mohon Bantuannya saya membeli rumah type 45 (2 kamar tidur) luas tanah 171 seharga 285 juta model minimalis atap semua beton plus biaya surat menyurat hingga hak milik, menurut pengembang biaya surat menyurat 9 % harga jual jadi kira2 26 jt, tanah tersebut tanah adat dan akan di pecah jadi hak milik.
    Pertanyaan saya apa biaya surat menyurat apa wajar ?.
    Pertanyaan ke dua karena dengan type 45 saya minta pengembang di design menjadi type 66 dengan menjadi 3 kamar dari type 45 ke type 66 ber arti saya harus menanggung biaya 21 meter menurut kontraktor saya harus menambah 80 juta, Pertanyaan saya apa wajar biaya penambahan perluasan tersebut dan saya pernah mencari referensi biaya Produksi 1 m Rp 2,5 juta dengan demikian saya kan harus menambah Rp. 52.500.00 ( 21 m x Rp 2.500.000) apa benar perhitungan saya mohon dengan sangat di jawab karena awal November pekerjaan sudah mulai dikerjakan.
    Salam
    Asry

    Jawab:

    Saya pribadi tidak terlalu mengerti seluk beluk bisnis properti bu Asri, saya bukan pengembang ;) Tapi sepengetahuan saya memang dibutuhkan sejumlah dana untuk pengurusan surat2 kepemilikan rumah (shm, imb). Besarnya kalau tidak salah berkisar 10-20% dari NJOP tanah dan bangunan. Memang banyak orang yang bingung, karena pengembang perumahan biasanya meminta biaya tersebut belakangan.

    Kemudian mengenai penambahan luasan rumah ibu dari type 45 ke type 66, betul sekali ada penambahan luasan sebesar 21 meter persegi (m2). Sementara biaya produksi/biaya pembangunan adalah sebesar 2,5 jt/m2, angka ini adalah angka taksiran pada saat harga2 belum beranjak naik akibat kenaikan bbm beberapa bulan lalu. Kalau saat skrg mungkin nilainya lebih tinggi.. apalagi rumah ibu adalah rumah minimalis yang butuh finishing dan tenaga tukang terampil untuk pengerjaannya, secara tidak langsung ada penambahan nilai akibat tenaga kerja/tukang ahli. Kalau dari analisa saya nilai 80 jt tersebut akibat harga material yang tidak sama seperti beberapa bulan kemarin+kebutuhan tenaga terlatih+penyesuaian schedule dari rencana rumah type 45 menjadi rumah type 66. Tapi coba saja ibu Asri tanyakan lagi kepada pihak pengembangnya, mengenai rincian biaya penambahan tersebut.

    Salam

  19. Afik

    Yg terhormat pak Aria, saya mau menyambung rumah diblakang saya luas 6×11 tp dana sy cuma 20jt. Ingin buat 1kt,1km,dapur trimakasih

  20. Reza

    Wew, yang komentar atas gw aneh neh.. masak mintanya pake deadline :D. Yang comment disini banyak yang blom dijawab ini..

    Wa numpang baca2 aja ya pak Aria. Tulisanya keren keren. CooL ;p~

  21. Arch_fanti

    pak aria,,saya minta tolong bantuan bapak. saya minta denah beserta RABnya kira- kira rumah tipe 180..
    tolong ya pak,,
    saya minta tolong dengan bapak karena saya sudah mentok, dan saya harus mengejar deadline tugas yang diserahkan akhir bulan ini.

    saya tunggu besok y pak…

    terima kasih sebelum dan sesudahnya….

  22. ansari

    saya ari di makassar
    kebetulan saya mau membangun rumah type 40,,, mohon desain denahnya n RABnya pak aria,,, dengan 2 kamar tidur.
    minta tolong banget pak krim ke email saya : kacimut@yahoo.com……, trima kasih banyak sebelumnya

  23. mirna

    Nama saya Mirna,
    mohon bantuan, bahwa saya punya rumah dengan tipe 21/90, dengan keadaan rumah yg mash asli (perlu banyak renovasi). rencana saya ingin membangun rumah tsb menjadi rumah sederhana dengan budget yang minim. keinginan dapat 2 kamar tidur, dapur, kamar mandi, tempat cuci, tmpt mobil parkir, dan sedikit taman di dalam. bagaimana cara RAB nya ? karena belum tau kira2 biaya nya seberapa banyak. mohon bantuannya.

    Terima Kasih,
    Mirna

  24. doli julianda

    Trimakasih pak artikel nya, sangat berguna buat saya untuk merencanakan rumah. semoga anda dan keluarga semakin dimurahkan rizki nya.

  25. Amiiin :)

    Alhamdulillah, ada yang doain, trims yah untuk doanya :)

  26. elinehesty

    pak aris saya mo tanya ….. saya mempunyei uang 40 juta, saya ingin bangun rumah mungil sederhana mohon bantuannya pak aris mengirim gambar rumah model seprti apa yg kira2 sesuei dgn dana saya sebelmnya saya ucapin banyak2 trimaksih

  27. supeno

    saya ingin tanya berapa biaya bangunan rumah sederhana dan mungil dengan luas tanah 60 m panjang 12 m dan lebarnya 5 m saya mohon tolong bantunnya untuk mengambarkan dan dengan RABnya, saya ucapkan terima kasih

  28. Bronges

    wah bagis nih….!!!
    Dah lama saya cari info macam ini.
    Lagi pingin belajar bikin RAB nih.
    tapi gw gkda dasar tehnik sama sekali :D

  29. ida

    Dengan hormat

    Saya ingin membangun rumah luas 60m (uang ada20 jt) apakah bisa membangun setengah jadi misal tidak diubin dulu bgmn? thanks atas jawabannya

    hormat

    ida

  30. irfan

    saya minta tolong kirimin rencana rumah tinggal tipe 100.
    lengkap. maksudnya beserta dengan RABnya dan sejenisnya.
    sebelumnya terima kasih.
    wss

    Jawab:

    Desain rumah dan RAB bisa kami berikan gratis jika pelaksanaan pekerjaan diserahkan pada kami.
    Jika berminat bisa menghubungi kami di: info[at]architectaria.com.

  31. Djalar Andhu Prihatin

    Pa tlng ksh contoh untuk dapat analisa harga…sy seorang arsitek tp sy banyak di interior. Sy ingin sekali untuk ke kontraktor, tp msh blm yakin karena belum bisa cara dapetin analisa harga satuan. Yksn….Semoga sukses…..

  32. tika

    saya mau tanya saya punya tanah kaplingan panjg 17 lebar 10,saya ingin bangun rumah kontrakan 2bh brapa kira2 biayanya ya dan yg terpenting sketsany dong kalau bisa..thk

  33. Amellia

    Saya ingin menawarkan pemasangan rangka atap galvalum. Untuk keterangan lebih lanjut email cvprimatama@yahoo.com. Terima kasih atas perhatiannya

  34. elman

    klo mau bergabung pada CV kami silahkan hubungi CV MOHILI di Nias sumatera utara ?????

  35. barracuda

    terimakasih banyak infonya…

  36. mau tanya apakah usaha dibidang konstruksi saat ini masih enak ? …setau saya banyak biaya taktis yang keluar, kalau masih ada taktis berapa biayanya saat ini ?

    Jawab:

    Orang tua dulu suka bilang: Kalau rejeki, Insya Allah ngga akan ketuker mas ;)

    Regards,

    Architectaria

  37. ans

    Wah artikelnya OKs Banget. Trimakasih…
    Trus apakah Ms Project mampu menghitung analisanya
    misal :
    menghitung harga satuan sampe rekapitulasi RAB-nya ? jadi dari awal sampe akhir hanya menggunakan Ms projek

  38. Hanny

    Mau ikut bertanya yaa..

    Kebetulan saya berencana membangun rumah dalam waktu dekat ini..
    Saya sudah memiliki sebidang tanah berukuran 19 x 15,4 m2 (294m2)

    Dana yang saya miliki saat ini adalah sekitar 150 juta
    Rencananya sih saya kepingin memiliki 3 kamar tidur (1 utama + 2 untuk anak2) ditambah lagi 1 kamar pembantu dan gudang..

    Mohon bantuannya, dengan anggaran tersebut, design rumah model apa yg bisa kami bangun..

    Terima kasih,

    - Hanny / Jati Asih Bekasi -

  39. ARCHICA LAGOI

    ARSITEKTUR DAN ARTITEKSTUR… SALAM 3D SMAX AND ANIMASI..!!!!

  40. monica

    Apa mungkin membangun rumah dengan budget Rp. 1.000.000/m2? Trims.

  41. ratih arizona

    sy mau merenov rmh kpr,,sy ambl 2 rmh,,total luas tnh 220 m2 renc mau dijdkan satu dengan 3 kmr tdr (1kmr utama+2kmr anak) ditmbah 1 kmr pembantu,,sy minta disain interior plus RAB nya,,,mhn dibls y….

  42. andreas

    trims. semua info di web ini sangat bermanfaat, also very interesting…mohon kalo ada artikel lagi disertakan membahas tentang rumah mewah/lux, bila ada contoh gambarnya bisa disertakan…paling tidak menambah minat audience ttg desain rumah..bisa dikata website ini jadi ajang edutaintment. semoga website architecaria tambah keren n sukses selalu. salam dari New Zealand

    Jawab:

    Thanks so much yah mas Andreas untuk comment dan sarannya.. Kami akan terus berusaha untuk membuat artikel yang bermanfaat bagi banyak orang.

    Untuk desain rumah mewahnya, pasti akan kami buat posting nya.. Sabar menunggu yah mas ;)

    Regards,

    Architectaria

  43. Abdullah Mahir, SH

    Saya rencana Mau membangun rumah Type 40 Standar diatas lahan 84 M2 mohon dikirimkan perhitungan R.A.B atas Rencana Pembanunan rumah saya tersebut.

    Terima kasih banyak

  44. Yusran

    saya mau renov rumah penambahan lantai menjadi lantai 2 tapi hanya bagian depan rumah saja ditambah satu kamar tidur dan 1 kamar mandi ada balkon diatas. kira2 berapa biaya nya..mhn minta rab dan design.ukuran kamar tdr 4 x 4.

    Yusran Tangerang

  45. arif diyanto

    pak mau tanya
    kok di rab yang di atas gak ada item pekerjaan struktur
    misalnya slof, kolom sama ring balek ya pak?

    apa itu memang gak pakai ataukah kelupaan,
    harap menjadi koreksi

    TRIMAKASIH.,.,

    Jawab:

    Untuk pekerjaan struktur ada dalam Item Pekerjaan Lain-lain. Artikel ini kan hanya contoh saja pak.
    Idealnya sih semua item pekerjaan dilist dan ada breakdown nya.

    Regards,

    Architectaria

  46. Abdullah Mahir,SH

    Tolong di beri Info Perhitungan R.A.B. Rumah type 40 Bulan 6 Tahun 2010
    dengan model minimalis

  47. Hartono

    Salam kenal

    Pak Arya saya sangat seneng sekali telah membaca beberapa artikel anda, memang ilmu kalo bisa dibagi-bagikan untuk yg membutuhkan, dsini saya mohon pencerahanya untuk bisa menghitung harga satuan pekerjaan all item atau mohon di emailkan i file excel yg berisi analisa pekerjaan satuan pekerjaan, lengkap dengan link harga matrial dan upah tenaga kerja yg menghasilkan link rekapitulasi, terus terang saya ingin usaha jadi pemborong kecil2an tp gak mempunyai dasar perhitungan yg pasti.
    mohon bantuanya,,, untuk di email ke har_t2010@yahoo.co.id
    terima kasih

  48. sigit

    salam kenal

    Pak Arya saya ada rencana bangun rumah namun budget yg tersedia baru 80 jt. Tanah saya 14×12 m dengan letak hook..
    kira2 dengan budget segitu apakah bisa dibangun rumah ya ? saya minta tolong mohon desain dan rabnya pak yang sesuai ke snopdy84@yahoo.com trims…

  49. Bisnisman

    Basic sy civil, tp ilmu yg sy tempuh kurang bermanfaat krn sy bekerja di electrical. Yg berminat dgn contoh ecxel RAB bs email saya.

  50. Bisnisman

    antoniotimor@yahoo.co.id

  51. Jasa Arsitek

    Bagi yg membutuhkan jasa arsitek utk pembuatan RAB dan desain rumah dpt lgsung e-mail ke : ver7i_beat@yahoo.com
    Best Regards.

  52. m'punk

    nah disini artikel yang bagus dan bermanfaat untuk semua yang mau bangun rumah,artikelnya bagus2, dan bagusnya pak Arya mau bagi2 ilmunya. Sukses terus pak Arya.
    Buat rekan2 yang membutuhkan contoh RAB excel(juga Analisa BOW), mungkin saya bisa bantu, silahkan email saya di auragraha92@gmail.com
    Terima Kasih.sukses selalu

  53. Mr.Amal

    bagi yang ingin bangun atau renovasi kami kontraktor pengalaman,murah,berkualitas hub.081905980788

  54. Nugraha

    Selamat sore. Artikel yg cukup membantu, saya pingin tanya tentang masalah PPN dan PPH, pihak mana yg menguruskan sampai tuntas, dari pihak kontraktor atau owner rumah? Dan PPN itu apakah selalu di terapkan di setiap kali kita membangun rumah? soalnya setahu saya ada beberapa owner+kontaktor yg merenovasi/membangun rumah tanpa ijin/lapor pajak. mohon pencerahannya, sekian dan terimakasih…

  55. dedi

    mau tanya pak ,saya punya tanah ukuran 20×18 berapa kira-kira yang cocok bangunan rumah yang akan dibuat,tks

  56. ikodona

    Pak..mohon bantuan informasinya….kira2 berapa biaya yg dibutuhkan utk membangun rmh sederhana ukuran kira2 100 m2,,, berhubung keterbatasan dan, setengah jadi aja (tanpa plester dinding/lantai/loteng)….
    trims… kami tggu jawabannya…

  57. Fauna

    Thx artikelnya sangat menarik & membantu, saya mau tanya, kalau punya dana 100 jt, bisa ndak buat rumah siap pakai type 45. Thx

    Jawab:

    Insya Allah bisa (diluar dari biaya beli tanahnya)

    Architectaria

  58. Hepy Cahyo

    Saya ada rencana untuk meninggikan lantai rumah sekitar 50 cm dan menambah tinggi dinding rumah 1 m. apakah harus membongkar pondasi total atau hanya menimbun lantai? Luas rumah 120 m2 di bintaro sektor 3
    Berapa perkiraan biaya total untuk melakukan penimbunan dan pembuatan lantai keramik baru, biaya bongkar pasang atap, instalasi listrik dan penambahan tinggi dinding?
    Saya Tunggu jawabannya…..
    Terima kasih.

  59. Hadi

    Saya mencari jasa pembuatan RAB untuk rumah ukuran 8X11. luas tanah 8,5X15 meter. sekaligus bikin gambar tekniknya. bagi yg bisa, silahkan SMS ke 081336552677

    • Dear Bpk. Hadi,

      Silahkan langsung menghubungi kami jika bapak tertarik menggunakan jasa profesional kami.

      Menggunakan jasa arsitek sesungguhnya tidak mahal, dengan konsep dan desain yang matang akan dapat menghemat uang anda dan memaksimalkan investasi anda.

      Sebuah bangunan yang terdesain dengan baik dapat mengurangi biaya tak terduga akibat miss planning dan meningkatkan nilainya untuk jangka panjang.

      Regards,

      Architectaria.

  60. Marloyati Rohi

    mohon bantuan pak, saya mau menambah ruang tamu dan teras uk 2×4,20 da teras 2×3 m juga ada tempat utk sepeda motor/garasi uk 3×3, perkiraan biaya berapa ya pak, terimakasih.

    • Dear Bpk/Ibu Marloyati Rohi,

      Silahkan langsung menghubungi kami jika anda tertarik menggunakan jasa profesional kami.

      Menggunakan jasa arsitek sesungguhnya tidak mahal, dengan konsep dan desain yang matang akan dapat menghemat uang anda dan memaksimalkan investasi anda.

      Dengan bangunan yang terdesain dengan baik, anda dapat menghindari biaya tak terduga akibat miss planning dan meningkatkan nilainya untuk jangka panjang.

      Regards,

      Architectaria

  61. cbmcare

    Maaf kalo untuk pembangunan rumah tiga lantai apakah format rab tetap sama dengan contoh diatas .
    terimakasih

    salam http://www.cbmcare.com centra madu & herbal

    • Dear cbmcare,

      Kalo format sih sama, tinggal penambahan item pekerjaannya saja..

      Regards,

      Aria

  62. Image Bali Arsitek

    Informasi yang disajikan Architectaria sangat menarik, dan tentunya pasti akan sangat bermanfaat buat masyarakat luas, salam dari Agusm Bali

    • @Image Bali Arsitek,

      Thanks for appreciate..

      Best regards,

      Aria

  63. baju muslim

    aq mo bikin rumah nih pak bisa nggak kalo pembayaran jasa arsitek dicicil… makasi

    • @Baju Muslim,

      Wah retailer baju muslim pasti banyak rejekinya nih ;)
      *kidding*

      Menggunakan jasa arsitek sebetulnya lebih menguntungkan anda. Dengan desain yang baik, maka proses pembangunan rumah anda akan lebih maksimal.

      Regards,

      Aria

  64. dicky

    salam kenal pak
    pak dapatkah saya minta contoh rab untuk rumah 3 lantai
    dengan standar harga 2012
    tolong ya pak di kirim ke email saya
    terima kasih bantuanya
    salam
    DICKY

    • @Dicky,

      Untuk RAB rumah 3 lantai sepertinya sama saja dengan rumah 1 atau 2 lantai. Hanya paling berbeda pada item pekerjaan (yang mungkin lebih banyak).

      regards,

      Aria

  65. insan

    Assalamu’alaikum
    salam kenal pak,

    Alhamdulillah akhirnya dapet juga website yg baik dan berkualitas, sy rencananya ingin membangun rmh di luas lahan 200 m2, dgn bangunan 2 lantai type 132, 72 dibawah 60 diatas, adapun rinciannya:
    1. 1 kamar tidur utama+ 1 kamar mandi di dalam
    2. 3 kamar tidur
    3. ruangan keluarga
    4. ruangan tamu
    5. dapur
    6.teras belakang dan depan
    7. 1 wc dan kamar mandi
    8. garasi mobil dan car port

    bisa minta tolong dibuatkan pak utk desain yg menarik baik tampak dalam dan depannya , khususnya rumah bernuansa “moslem family” dan “sedikit” minimalis, terus klo ingin kerjasama dengan bapak meliputi pembuatan desain, penyusunan RAB dan hingga tahap pembangunan berapa kira2 estimasi biaya harus yg dikeluarkan? bisa dikirim via email sy pak..mhn dibals ya pak sy tunggu..terima kasih atas bantuannya

    salam,

    Insan

    • @Insan,

      Sudah kami kirimkan info by email yah.

      regards,

      Aria

  66. wah makasih sekali , ijin menyimak ya pak, tp perhitungannya harus disesuaikan dengan tahun sekarang ya..
    ada yg terbaru ga ya

    Maaf sebelumnya

    salam kenal

    • @RTCBali,

      Iya, harga satuannya sudah banyak yang berubah..

      regards,

      Aria

  67. Wonderful site you have here but I was curious if you knew of any community forums that cover the same topics talked about here?
    I’d really like to be a part of online community where I can get suggestions from other knowledgeable people that share the same interest. If you have any recommendations, please let me know. Thank you!

  68. rochmad

    pak sy punya tanah Uk.11×6 m2,rencana mo bikin rumah sederhana 2 lantai,baiknya gimana pak?

    • @Rohmad,

      Silahkan langsung menghubungi kami jika anda tertarik menggunakan jasa profesional kami.

      Menggunakan jasa arsitek sesungguhnya tidak mahal, dengan konsep dan desain yang matang akan dapat menghemat uang anda dan memaksimalkan investasi anda.

      Dengan bangunan yang terdesain dengan baik, anda dapat menghindari biaya tak terduga akibat miss planning dan meningkatkan nilainya untuk jangka panjang.

      Best regards,

      Architectaria.

  69. indra

    Bapak/Ibu yang terhormat saya berencana membangun rumah dengan ukuran 11X15M+3X3M garasi (semuanya luasnya175M). Komposisinya: Kamar tidur 4. Kamar Mandi 3 (dua dikamar tidur, satu kamar mandi umum). Ruang Tamu.Ruang Belajar.Ruang keluarga. RuangMakan. Mushalla.Gudang.Garasi dan teras. Minimalis. minimal berapa dana yang harus saya persiapkan ya… Terima Kasih Infonya Bapak/Ibu.

  70. agus koko

    Mohon informasinya,saya mau membangun rumah kos2an,uk. 8mx20m berapa biaya yang bisa saya siapkan untuk mengerjakan rumah kos ? kamar 10 dan kamr mandi dalam, kamarmandi luar 4, terimakasih atas informasinya. Lokasi di surabaya…

Leave a Comment