Beberapa Langkah Dalam Membangun Rumah Impian Anda – #2. Menghitung Analisa Harga Satuan

Tips untuk mengetahui cara menghitung analisa harga satuan pekerjaan bagi Anda yang ingin membangun rumah sendiri.

Sebelum anda membaca artkel kali ini, ada baiknya anda membaca dahulu artikel ini, dan artikel ini.

Pada artikel kali ini, kita memasuki bagian ke-2 dari 3 tahap perencanaan pembangunan rumah tinggal anda. Sebenarnya ada 4 tahapan dalam perencanaan pembangunan, yaitu: desain arsitektur bangunan, perhitungan volume pekerjaan, perhitungan Analisa Harga Satuan, perhitungan RAB. Itupun masih dalam frame konvensional, karena dalam frame advanced, keempat tahapan yg sudah saya sebutkan tadi masih dapat dikombinasikan dengan tahapan-tahapan yang lain seperti pembuatan bar chart/s-curve, penjadwalan dan pengendalian material dengan metode MRP, EOQ, POQ, LFL, dll.

Namun biasanya advanced planning ini hanya diberlakukan pada proyek-proyek konstruksi dengan jangka waktu yang lama, dengan pemakaian pekerja, material, dan cost of production yang besar. Tahapan advanced ini dimaksudkan untuk menjamin tiga tujuan utama dalam proyek konstruksi yaitu : biaya, mutu dan waktu dapat berjalan selaras, sehingga tujuan akhir dari proyek konstruksi tersebut dapat tercapai.

Pada artikel sebelumnya, saya telah menunjukkan bagaimana menghitung volume pekerjaan. Perhitungan volume pekerjaan adalah bagian paling esensial dalam tahap perencanaan proyek konstruksi (rumah tinggal, gedung, jalanan, jembatan, bendungan, pelabuhan, irigasi, dsb). Kenapa saya katakan esensial? karena pada bagian itulah ditentukan kelanjutan dari proses perencanaan tersebut. Ketika seorang insinyur atau lebih tepatnya project planner (saya tidak menyebut arsitek, karena arsitek biasanya hanya dominan pada tahap desain arsitektur) salah dalam melakukan perhitungan volume pada item-item pekerjaan, bisa dipastikan kelanjutan dari sebuah proyek menjadi SURAM.

Kenapa suram? karena hasil perhitungan volume pekerjaan bersama dengan analisa harga satuan yang akan dijadikan variabel dalam perhitngan RAB dan pembuatan bar chart atau s-curve. Disinilah letak pentingnya perhitungan volume pekerjaan, untuk menghitung analisa harga satuan, tingkat kerumitannya tidak terlalu besar.. dan sebenarnya bisa dilakukan oleh siapa saja, asalkan memiliki kemampuan matematika dasar yang baik. Tetapi untuk menghitung volume pekerjaan, tidak semua orang bisa melakukannya. Dibutuhkan analisa yang cermat dan tingkat ketelitian yang tinggi agar hasil perhitungan volume pekerjaan tersebut menghasilkan output yang valid.

So, jika output dari volume pekerjaan tersebut benar maka show will go on, and lets hope the project get nice and profit ending. Tapi kalau salah? maka perhitungan volume tersebut harus diulang sampai benar. Ok, saya pikir pada artikel ini kita tidak perlu lagi berlama-lama membahas soal volume pekerjaan. Anggap saja anda telah menegerti bagaimana menghitungnya. Pada gambar dibawah adalah sebuah gambar desain (tampak depan dan denah) sebuah rumah yang (anggap saja) telah kita ketahui volume item-item pekerjaan nya. Perencanaan kita lanjutkan pada proses perhitungan analisa harga satuan.

Gambar-1 : Desain Rumah (Tampak Depan)

Gambar-2 : Desain Rumah (Denah/Layout)

Proses perhitungan Analisa Harga Satuan dimulai dengan memasukkan item-item pekerjaan yang akan dikerjakan. Rekap dan urutkan item-item pekerjaan tersebut mulai dari pekerjaan paling awal (pembersihan lahan, galian, timbunan, dll) sampai dengan pekerjaan paling akhir (ex: pengecatan, finishing, dsb). Satu hal yang harus saya ingatkan, ketika akan menghitung ‘Analisa Harga Satuan’ anda terlebih dahulu harus memiliki daftar harga satuan upah pekerja, daftar harga bahan/material, dan daftar analisa/index BOW. Untuk daftar analisa dan index BOW anda bisa mencarinya ditoko buku terdekat, di penjual buku-buku bekas. Saya do’akan, semoga anda beruntung dan mendapatkannya.. Jika anda telah mendapatkannya, maka proses perhitungannya relatif mudah. Paling tidak, tingkat kesulitannya tidak serumit ketika anda menghitung volume pekerjaan. Contoh perhitungan analisa harga satuan untuk rumah minimalis modern type-90 adalah seperti yang anda lihat dibawah ini :

analisa harga satuan7

Sebenarnya sheet excel diatas adalah satu kesatuan. Hanya saja, tidak mungkin saya tampilkan dalam format tulisan, pilihan bijaknya adalah dengan : page preview+PrtScr+Paste di paint brush+Save as Jpeg, and then Posting :)

Buat anda yang sudah familiar dengan matematika sederhana dan memiliki kemampuan dalam menjalankan microsoft office excel, saya pikir anda sudah bisa menebak angka-angka dalam tabel-tabel diatas. See.. That’s so simple! Dan itulah Analisa Harga Satuan. Sangat mudah dihitung dan sangat sederhana.

Bagi anda yang masih bingung juga, saya akan berikan formula sederhana dalam menghitung analisa harga satuan tersebut.

AHS = Index BOW x Harg Satuan*

*) harga satuan pekerja berdasarkan UMR
*) harga satuan material berdasarkan ketetapan pemerintah daerah setempat

Hasil dari perhitungan Analisa Harga Satuan, selanjutnya dikalkulasikan dengan Volume Pekerjaan sehingga akan didapatkan RAB (Rencana Anggaran dan Biaya). Seharusnya anda sudah dapat membayangkan seperti apa bentuk dari Rencana Anggaran dan Biaya tersebut. Tapi saya yakin anda akan tetap antusias mengikuti artikel saya selanjutnya yang akan membahas tentang Rencana Anggaran dan Biaya.

Demikian artikel saya kali ini, semoga ilmu yang sedikit ini dapat menambah pemahaman anda tentang perencanaan bangunan. Keep your interest with this site n have a nice day..

Selamat mencoba :)

..

Architectaria – Arsitek dan Perencana

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

63 Comments

  1. Wahyu. P

    Wahhh..Akhirnya ketemu disini yang sya cari-cari. Kesel kadang klo udah masuk web tapi yg dimaksud gak nemu. Artikel nya membantu banget mas. Simpel, Dengan kata pengantar yang cerdas dilanjutkan dengan contoh yang to the point. Semoga sukses yah. Hatur nuhun architectaria..

  2. Hendri Hidayat

    Trims artikel nya pak. Sangat membantu dan mencerahkan :two thumbs up:
    Sukses yah dan jangan berhenti berkarya!

  3. @ Bp. Wahyu & Bp Hendri : Silahkan dibaca n semoga membantu yah :)

  4. Mitchel Roreng

    Ini lagi valuable article yang di gratisin.. Suka sih, tp apa gak takut ntar jasanya gak dipai mas? mudah2an rejekinya lancar deh :-)

  5. Toto Slamet

    Bagus sekali site ini, (bahasa Indonesia, sederhana dan bisa mencerahkan) semoga semakin banyak orang pandai dan pandai berbahasa Indonesia seperti ini, thanx banyak tulisan ini sangat membantu.

  6. Anggara

    Akhirnya…
    Terima kasih ya atas artikelnya…

    Sama-sama

  7. lila pristiwati

    saya mohon dapat diberikan gambaran untuk tanah berukuran324 m beserta desain rumah tampak luar,dankami inginkan ada 4 kamar ruang tamu ,dapur,gudang,garasi,musholla,temaruang keluarga.dan beda atap untuk kos-kosan 6 kamar,musholla,kamar mandi satu,terima kasih

  8. rudi

    pak makasih atas bownya, pak adangak yang pakai harga 2008

  9. Michael

    Perhitungan Rangka Atap dari Baja ringan + kayu

  10. bambang

    Kalau untuk menghitung progress bangunan bagaimana ya pak? Maksud saya,dalam satu hari tukang dapat memasang pasangan bata berapa m2,plesteran berapa m2,galian berapa m2. Jadi kita bisa memprediksi bangunan dengan luas 100 m2,dapat diselesaikan dalam waktu sekian bulan. Berapa tinggi ideal tower air,sehingga air dapat mengalir lancar/cukup kencang keluarnya.Terima kasih atas pehatiannya.

  11. Deasy

    Hi, Pak Aria…
    Senang sekali ada web. ini, menambah semangat dan ide.
    Saya rencana akan membangun rumah di lahan 10 x 25 dan rencananya saya tidak akan memaksimalkan luas lahan tapi disisakan untuk kolam renang dibelakang rumah. Gimana ya spy rumah ini kelihatan luas dan asri?? ( tidak bertingkat, konsep minimalis ) Sementara saya menginginkan 2 kmr tidur, 1 ruang tamu, 1 ruang keluarga, 1 dapur, 1 ruang makan menghadap ke kolam renang, 1 musholla, kamar mandi 1 di ruang tidur utama dan 1 di luar
    posisi tanah saya persis didepan jalan umum, tolong kirimkan rencana denahnya, atas perhatiannya saya ucapkan banyak terimakasih.
    Wassalam

  12. noverny

    Thank u so much pak atas artikelnya…
    Menambah pengetahuan saya dan menambah semangat saya dalam menyusun tugas…
    Pak kalau bisa minta bantuan??
    Bisa ngga saya minta materi tentang bagaimana cara kita menghitung hari kerja dalam suatu pekerjaan..
    Sampai sekarang saya masih tidak tahu, dan sebelumnya sempat tanya ke senior yang sudah kerja, tapi kata mereka itu hanya feeling saja..
    Menurut bapak bagaimana??
    Terima kasih…

  13. Coba baca artikel ini. Semoga membantu yah :)

  14. pep

    untuk analisa harga satuan pipa baja tolong ditampilkan

  15. jekman simanjutak

    artikelnya bagus bangat menambah pengetahuan dan wawasan saya.tapi pak aku mau nanya gimana cara termudah dalam menghitung RAB

    Jawab:

    Nggak ada cara termudah menghitung RAB pak.. caranya sama. Hitung volume pekerjaannya, kemudian hitung analisa harga satuan pekerjaannya, kemudian kalkulasikan anggaran biayanya. :)

    Semoga membantu.

  16. pak mo tanya donk…
    angka koefisien index BOW di dapat dari mana…
    n
    klo harga satuan itu yang ada di Dept. PU bukan…

  17. asep

    saya rasa saya membutuhkan banyak informasi tentang teknik arasitektur beserta sipil

  18. citra indah

    wah artikelnya sangat bagus sekali, dan berguna bagi kita yang sedang memimpikan rumah impian.

    salam
    citra indah

    Jawab:

    Thanks and semoga sukses yah dengan bisnis propertynya :)

  19. luki susanto

    alhamdulillah dgn membaca artikelnya saya akan lanjutin motif rumah bagian depan.ok thank you and succes.

  20. Aji

    Terima Kasih Pak Aria, atas artikelnya, mau tanya kalau hitungan untuk Pondasi, sloof, kolom dan baloknya gimana ya ?
    Terima Kasih ya Pak

  21. Terima kasih banyak Pak..

  22. mieLs

    Terima kasih Pak Aria, artikelnya sangat bermanfaat buat saya dan keluarga.

    Regards,
    mieLs

  23. jonk_banten

    Akhirnya nemu juga..
    Terima kasih buanyaak…
    Artikelnya bisa membantu sy ‘n klrga yg blm sanggup buat byr konsultan desain rumah tinggal…

  24. andet

    matur nuwon sanget bwt artikellnya….sangat membantu saya dalam tugas penilain property suwon nggeh,,,,,,,,,

  25. kolor

    matur suwun………….
    ad yg lain f,bwt referensi

  26. kolor

    matur suwun………………
    da yg laen g,bwt referensi

  27. zwarman

    nice info bro…dan gw hanya mo nambahin aja dari sisi owner/developer dan berdasarkan pengalaman di lapangan
    untuk upah borongan yang berlaku di lapangan ada dua versi
    1. upah borongan per plak, luas rumah dikali langsung harga borongan yang berlaku di lapangan
    misal rumah standar real estate tipe 36/90 maka upah borongan mandor per plaknya = 36 m2 x rp 250.000
    dan kalo diborongkan ke kontraktor bahan + upah biasanya 36 m2 x 1,75 jt
    dan asalnya 1,75 jt/m2 ini baru dari analisa harga satuan tapi biasanya bukan dari bow kalo di dunia developer
    2. upah borongan ketengan pekerjaan
    misal : pasangan bata upah borongan ketengannya rp 8000/m2

    kalo pakai koefisien2 bow wah..di dunia developer/owner sudah ditaruh di tong sampah bro..karena kalo dipakai maka kontraktor nya ketawa ngakak soalnya merasa pintar
    kalo di dunia developer ada istilah ” sebelum kontraktor nyolong kita colong duluan ”
    di lapangan rab hanya sebagai pedoman lebih banyak negoisasi
    thx

  28. muchammad sofi'i

    kalo ada peraturan standart dengan acuan BOW untuk perhitungan pembangunan rumah RSH (misal: 1m3 pasangan bata dengan camp 1pc:3kp:10ps brapa sih kebutuhan bata merah,semen,kapur,pasir?…)makasih banyak pak…

  29. fitr

    akhirnya ketemu juga terima kasih banyak..semoga di Indonesia ini semakin banyak orang-orang baik sot anda yg mau berbagi ilmunya

  30. Syari

    Pak,rumah saya ukurannya 10x8meter.Gmn cara menghitung volume nya ya pak?,trims ats jawabannya pak.

  31. mas, tolong dong RAB nya jangan pake format image, bisa ga pake excel. kirim ya yang type 90 ke email ku mathtrik@yahoo.com
    makasih

  32. Andhika

    wah… makasih bnyk mas.. info’y bermanfaat bgt buat orng2 yg br belajar ky saya.. :)
    buat Mitchel Roreng, yg nama’y rezeki udh ada yg ngatur, jd ga perlu takut jasa kita ga d pakai, klo kita bs saling berbagi ilmu insya Allah jalan rezeki’y bs lbh d permudah.. amien… sukses truz buat semua’y.. :)

  33. Totok

    Tq pak aria… Artikel anda sangat berarti. Smoga anda sukses bertubi2… Amin3x

  34. Totok

    Oh ya, Pak Aria, saya punya plan utk bangun rumah impian saya yg minimalis. Lebar 10 panjang 20 rumah ngadep utara karena depannya jalan kampung. Saya mau aplikasikan
    1. Home office sebelah kiri
    2. Master bedroom kamar mandi dalam
    3. 3 kamar / kalo bisa kamar mandi dalam.
    4. Ruang keluarga
    5. Ruang tamu
    6. Pantry + ruang makan
    7. Kamar mandi
    8. Parkir mobil.
    Sekali lagi, terima kasih banyak pak. Smoga anda dan keluarga slalu dalam sakinah. Amin3x

    tlg di balas di email saya.

  35. Ilham

    Mas, makasih artikelnya, sangat bermanfaat.

    Saya juga lagi belajar cara membangun rumah yang murah dan efisien.

  36. Aul

    Salam kenal Pak Aria…
    Senang sekali ada web. ini, menambah semangat dan ide.
    Saya rencana akan membangun rumah di lahan 10 x 8 dan rencananya saya akan memaksimalkan luas lahan. Gimana ya spy rumah ini kelihatan luas dan asri?? ( tidak bertingkat, konsep minimalis ) Sementara saya menginginkan 3 kmr tidur (Jika memungkinkan), 1 ruang tamu, 1 ruang keluarga, 1 dapur, 1 ruang makan, kamar mandi 1 di ruang tidur utama (Jika memungkinkan) dan 1 di luar. Tolong kirimkan rencana denahnya, atas perhatiannya saya ucapkan banyak terimakasih.
    Wassalam

  37. fauzi

    Selamat mlm.pak saya ada rencana mau bangun rumah tipe minimali.ukuran tanah sya 5×15 m yg akan saya bangun dngan konstruksi dari bata.rumah tersebut terdiri dari teras,ruang tamu,kamar tidur 2,ruang keluarga,dapur dan kamar mandi. saya mau minta tlg bentuk gambarnya dan juga berapa biaya yg dihabiskan untuk membangunnya.saya tunggu jawaban bapak di email sya.terima kasih bantuan bapak sebelumnya.fauzi di aceh

  38. fauzi

    Email fauzi hr_aya88@yahoo.com

  39. Lukisan Abstrak

    senang mengujungi blog ini,,, tambah2 pengetahuan saya seputar info rumah…
    salam kenal webmaster.

  40. gaza

    pak maaf boleh bertanya kalo borongan bangun rumah perhiyungan harganya bgaimana kalo bahan plus upah misal luas tanah yang mau di bsngun 8 m x 10 m berapa eun, terima kasih pak

  41. cHeeToZ

    Artikel yang sangat bagus dan membantu, Thanks.

  42. sato Ichi

    Jika ukuran tanahnya 6 X 25 m^ gimana sebaiknya membagi ruangan dan juga halaman belakang ya. atas bantuannya terima kasih. was

  43. Terima kasih untuk tipsnya, saya mau coba semoga juga.

  44. kosyani

    mas mauminta konsultasi nih
    kira kira berapa yah anggaran biaya untuk membangun rumah 2 lantai ukuran 8×10 .tapi pada lanta pertamanya rumah biasa dan lantai keduanya kosan ?

    ditunggu jawabannya :)

    • Dear Mas Kosyani,

      Saat ini biaya konstruksi bangunan berkisar 2,5 jt s/d 3 jt/m2.

      Kalo kami menetapkan biaya konstruksi sebesar 3 jt/m2 dengan kualitas material sangat baik (diatas rata-rata).

      Jika mas mau membangun rumah dengan ukuran 8 m x 10 m x 2 lantai = 160 m2.

      Total Biaya konstruksi = 160 m2 x 3.000.000 = 480.000.000

      Biaya konstruksi ini bisa saja lebih murah dengan kondisi sbb:
      - anda memiliki tukang/pemborong yang mau diupah harian.
      - anda punya kenalan supplier bahan material yang harganya sangat kompetitif.
      - kualitas material dan finishing diturunkan untuk menekan cost.
      - membangun rumah dengan konsep rumah tumbuh.

      Tapi anda juga harus berhati2 dalam memilih tukang/pemborong.. Pastikan mereka bekerja dengan acuan gambar teknis dari arsitek atau engineer perencana. Karena tanpa gambar acuan maka keinginan anda untuk berhemat malah berbalik menjadi lebih mahal akibat kesalahan pelaksanaan dilapangan. Masalah yang saya sebut ini pasti akan terjadi , hampir semua bangunan yg hanya mengandalkan denah (gratisan) tanpa gambar teknis pasti akan menemui masalah seperti ini.

      Pastikan juga anda memiliki time schedule, sehingga pekerja yang anda gunakan tidak seenaknya sendiri menunda-nunda pekerjaan, atau bekerja dengan prestasi yang sangat lambat. Maklum mereka diupah harian, makin lama pekerjaan selesai, makin banyak upah mereka.. Sehingga pembengkakan biaya harus anda tanggung akibat waktu pelaksanaan yang mundur.

      Kalau mas membutuhkan jasa desain & built, bisa menghubungi kami. Fee desain free+RAB, bebas konsultasi dan revisi sampai desainnya (layout, fasad) bener2 cocok menurut mas ;)

      Hubungi kami jika anda tertarik,

      Best regards,

      Aria

  45. prima

    terimakasih pak artikelnya membatu tugas kuliah saya,,

    bisa di maukin tahap – tahap dalam menentukan jadwal pembangunan g pak??
    seperti tahap persiapan,struktur dll,,serta kurva-s nya,,
    saya belum mengerti,,ada tugas di kampus,,
    harap bantuannya pak,,

    sebelumnya terimakasih

    • @Prima,

      Silahkan browse arsip kami, kalao ngga salah sudah ada artikel yang membahas tentang kurva-s dan scheduling serta tahapan2 pekerjaan pembangunan rumah/gedung.

      Regards,

      Aria

  46. Thanks, bagus amat tulisan nya ,karya yg bermanfaat buat anak bangsa ini , tuhan lah yg dapat membalaskannya. matur nuwun…

    • @Hasanuddin,

      Thanks untuk doanya.

      Regards,

      Aria

  47. darso

    Trims. infonya tentang RAB membangun rumah.

    Mas, saya mau tanya soal rumah saya yang masih standard ukurannya 7m x 15 m menghadap ke timur. krn saya belum punya duit banyak, saya berkeinginan merenovasi rumah dari belakang, krn bagian belakang masih kosong (tanpa bangunan) sekitar 3,5 x 7 meter. rencana saya bagian belangkang itu–di sisi kiri (kalau dilihat dari depan) akan saya bangun kamar utama (lantai 1) plus kamar mandi dalam dan kamar anak diatasnya (lantai 2), sementara rumah standardnya nggak saya bongkar dulu, nunggu punya dana. pertanyaan saya: Bagaimana cara menghitung biayanya? dan sebagai catatan lokasi rumah saya bekas tambak ikan, apakah juga berpengaruh pada pembiayaan rumah? trims

    • Dear Bpk/Ibu. Darso,

      Silahkan langsung menghubungi kami jika anda tertarik menggunakan jasa profesional kami.

      Menggunakan jasa arsitek sesungguhnya tidak mahal, dengan konsep dan desain yang matang akan dapat menghemat uang anda dan memaksimalkan investasi anda.

      Dengan bangunan yang terdesain dengan baik, anda dapat menghindari biaya tak terduga akibat miss planning dan meningkatkan nilainya untuk jangka panjang.

      Best regards,

      Architectaria.

  48. Rizky

    saya punya rencana ingin bangun rumah ukuran 8mX10m , tapi bingung rancangan pondasinya , saya ingin 3 ruang tidur,1 ruang makan,1 ruang tamu ,1 ruang tengah atau keluarga, maksud saya ukuran itu belum termasuk teras , kalau di tambah teras depan belakang kurang lebih panjangnya 14 meter. tidak perlu garasi mobil. terimakasih atas bantuanya prof.. salam sukses

    • Dear Bpk/Ibu. Rizky,

      Silahkan langsung menghubungi kami jika anda tertarik menggunakan jasa profesional kami.

      Menggunakan jasa arsitek sesungguhnya tidak mahal, dengan konsep dan desain yang matang akan dapat menghemat uang anda dan memaksimalkan investasi anda.

      Dengan bangunan yang terdesain dengan baik, anda dapat menghindari biaya tak terduga akibat miss planning dan meningkatkan nilainya untuk jangka panjang.

      Best regards,

      Architectaria.

  49. mau tanya ni pak, untuk menyelesaikaan pekerjaan pasang bata merah dengan luas bangunan 160m2, kalo di borongin tenaga cara hitungnya gimana ya pak.tolong sekalian rumusnya.trimakasih

    • @edwin,

      Kalau hanya pasang bata, mending diharian lepas aja pak.

      regards,

      Aria

  50. zeno

    pak saya ingin membangun rumah, dengan luas tanah 60 m (6 x 10. yang ingin saya tanyakan bagaimana membuat bangunan rumah saya tampak besar.

    • Dear Bpk/Ibu. Zeno,

      Silahkan langsung menghubungi kami jika anda tertarik menggunakan jasa profesional kami.

      Menggunakan jasa arsitek sesungguhnya tidak mahal, dengan konsep dan desain yang matang akan dapat menghemat uang anda dan memaksimalkan investasi anda.

      Dengan bangunan yang terdesain dengan baik, anda dapat menghindari biaya tak terduga akibat miss planning dan meningkatkan nilainya untuk jangka panjang.

      Best regards,

      Architectaria.

  51. Ian

    Dear Architectaria

    Perkenalkan nama saya Dwi (0838 9012 4718), saya bekerja di salah satu Perusahaan Consultant ME. Seandainya Bpk/Ibu membutuhkan Design ME saya dapat membantu.

    Salut nich ane ama artikel ente…..lam kenal gan

    Terima Kasih

  52. bay

    postingan yang bermanfaat, trims pak,,
    kalo boleh bertanya pak, ada ga pak rumus khusus untuk mendapatkan koefisiensi harga satuan pekerjaan/m2nya berdasarkan perhitungan dilapangan bukan dari SNI atau BOW,, Mohon pencerahan
    trim’s banyak

    • @Bay,

      ini pertanyaan lebih cocok untuk orang civil engineering :)

  53. bay

    postingan yang bermanfaat, trims pak,,
    kalo boleh bertanya pak, ada ga pak rumus khusus untuk mendapatkan koefisiensi harga satuan pekerjaan/m2nya berdasarkan perhitungan dilapangan bukan dari SNI atau BOW,, Mohon pencerahan dan infi
    trim’s banyak
    i.bhayu@gmail.com

  54. Anonymous

    untuk analisis harga satuan 7 gimana cara ambilnya ya pak kok g ada gambarnya maaf mas

Leave a Comment