Beberapa Langkah Dalam Membangun Rumah Impian Anda – #1. Menghitung Volume Pekerjaan

Tips untuk mengetahui cara menghitung volume pekerjaan bagi Anda yang ingin membangun rumah sendiri.

Kurang lebih seminggu yang lalu, saya telah membuat artikel tentang biaya desain bangunan arsitektur dan biaya produksi bangunan. Diakhir artikel saya menjanjikan pada beberapa orang pembaca blog ini untuk membuat perencanaan rumah tinggal secara lengkap, mulai dari gambar bangunan, perhitungan volume pekerjaan, perhitungan analisa harga satuan dan perhitungan RAB (Rencana Anggaran dan Biaya).

Setelah seminggu lamanya, akhirnya proses perencanaan itu akhirnya dapat saya tampilkan. Namun karena panjangnya proses perencanaan itu, maka dengan berat hati harus saya pisahkan tahapan-tahapannya. Pada posting kali ini, saya akan menampilkan gambar desain (tampak depan dan denah) sebuah rumah beserta cara perhitungan volume setiap item-item pekerjaan nya.

Gambar-1 : Desain Rumah (Tampak Depan)

Gambar-2 : Desain Rumah (Denah/Layout)

Ketika anda telah memiliki sebuah desain rumah (output dari sebuah desain : denah/layout, tampak bangunan, gaambar perspekstif, gambar kerja, detail, potongan, dll), maka langkah pertama yang harus anda lakukan adalah menghitung Volume Pekerjaan. Perhitungan Volume Pekerjaan dilakukan atas semua item-item pekerjaan mulai dari pembersihan lahan, pekerjaan galian, timbunan, pekerjaan tembok dan pekerjaan beton, pekerjaan kayu, pekerjaan atap, pekerjaan langit-langit/plafond, pekerjaan lantai, pengecatan, pekerjaan kaca, engsel dan kuci, pekerjaan sanitasi, pekerjaan instalasi, dan pekerjan-pekerjaan yang lain. Contoh dari perhitungan Volume Pekerjaan adalah sebagai berikut :

Hasil dari perhitungan Volume Pekerjaan dari seluruh item-item pekerjaan diatas akan menjadi variabel dalam perhitungan analisa harga satuan. Hasil perhitungan Analisa Harga Satuan pekerjaan selanjutnya dikumpulkan dalam rekapitulasi RAB (Rencana Anggaran dan Biaya) bangunan yang akan saya tampilkan pada posting artikel berikutnya.

Selamat mencoba :)

..

Architectaria – Arsitek dan Perencana

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

78 Comments

  1. pertamaxxx..
    (sebelum komentar, mau berkeluh kesah, blog kau lagi error. sebel!)

    rumahku tipe 45 yang diperluas jadi 54 alias gak ada taman lagi.hehehe..rencananya mau ditingkat ajah (meski tau kapan realisasinya). maklum rumah perumnas *geli sendiri*

    bisa gak gambar di artikel ini diaplikasikan buat tipe 54?

  2. Pertama kali baca tulisan mbak *kaget* sekalian *geleng-geleng* apa iya blog saya eror…Hiks!

    Klo sket gambar ini mau diaplikasikan bisa banget mbak diana.. Klo mbak pny rencana untuk membuat rumah 2 lantai itu lebih bagus..Istilahnya rumah tumbuh gituh :). Mungkin nanti yg dirubah pd layout lantai 1, mbak tinggal menghilangkan 1 kamar. Jd dilantai 1 cm ada 2 kamar + kamar mandi + pantri+ ruang tamu.. Nanti dilantai 2 bisa ditambahkan 1 kamar lagi + ruang jemuran, dsb.. Oc :)

  3. persis yang aku bayangkan! :)

    kalau di lantai 2 jadi 2-3 kamar plus kamar mandi plus ruang jemur….bisa gak? Maxa ya? soalnya rencana mau bikin kamar kost buat tambah penghasilan..hehehe….

    aku udah sempet bikin cakar ayam (apa sih istilah arsitekturnya?) di bagian belakang rumah waktu aku beli 6 tahun lalu. mungkin kalo aku mau tambah lantai, cakar ayamnya kudu nambah di tengah dan depan x ye?

    (kepanjangan gak seh?)
    (soal blogmu, iya tadi sempet agak blur gak bisa dilihat. sekarang udah oke kok)

  4. ARRGGGHHH ngitung gini ni dulu ga lulus kuliahnya aku.

  5. @ Aik : La…la…la…la… Hahahaha. Mau ditambahin tutorial perencanaan bar chart, s-curve n penjadwalan+pengendalian material gak? ekekekeke.. Peace ^.^

  6. @ Mbak diana : untuk lantai 2, mungkin untuk kenyamanan maximal hanya bisa 2 kamar + ruang tamu + kamar mandi + tempat menjemur.. kKarna harus dipikirkan juga ruang tangga untuk menghubungkan antara lanta 1 dan lantai 2.. Jd untuk kenyamanan sebaiknya jgn dipksakan untuk membuat 3 kamar tidur :)

    Cakar ayam : Ini lebih masuk ke bidang teknik sipil daripada arsitektur.. Tp kebetulan mbak sedang bertanya pada orang yg juga insinyur teknik sipil…hehehe *narsis*..Pondasi cakar ayam itu Jenis pondasi dengan memanfaatkan tekanan tanah pasif untuk meningkatkan daya dukung tanah dalam mendukung bangunan diatasnya. Pondasi cakar ayam biasa digunakan pada daerah dimana kondisi tanahnya kurang baik mendukung beban (kondisi tanah kritis, akibat dari muka air tanah yang terlalu tinggi atau mendekati permukaan tanah pada elevasi 0.00 )
    Contoh pondasi cakar ayam itu adalah pondasi stadion senayan yg dibangun didaerah yg dulunya daerah payau/rawa2..trus jalan tol sediatmo (kebetulan pondasi cakar ayam ditemukan Prof, R. Sediatmo). Kalo untuk menambah pondasi berarti musti bongkar rumah donk…hahaha, tp kalo di daerah yg tanahnya bagus seperti kebanyakan daerah di pulau jawa, mungkin tidak perlu menambah volume pondasi..krn bangunan 2 lantai juga tidak terlalu berat untuk disokong oleh pondasi dangkal tipe menerus seperti yg sekarang ada dibawah rumah mbak diana ..Semoga membantu :)

  7. oooohhhhhhh..gituh..soalnya takut ajah kalo gak pake cakar ayam tiba2 rubuh..hihihihihi….

    trus, masalah rangka atap/kuda2/plafond…itu kan kayu ya? seperti yang sayah bilang kalau di daerahku itu rayapnya ganas2…kayunya mesti dioven dong ya? kalo ganti baja ringan bisa kan? mahalan mana?

    -romanpicisan-

  8. Klo rangka atap pengganti kayu namanya truss .Bahannya baja ringan, Setelah ini Jangan dibalik balik yah :)

    Kayaknya sekarang emank lebih bagus baja ringan.. Dan pilihan baja ringan itu lebih smart n dri tinjauan ekonomi jg gak rugi. Anggap aja baja ringan itu lebih mahal dikit, tapi kan lebih tahan lama. Kalo kuatnya harus diteliti, kuat desak, tekan, tarik itu kan hubungannya ama sifat fisis n mekanis bahan..Masing2 punya kelebihan n kekurangan. Tp pilihan pd baja ringan itu saya anggap smart.

  9. heee..soalnya lagi liat2 buku desain di Giant, kok ada masalah baja ringan? wah, kayaknya oke juga tuh! anti rayap!heheheh…

    trus masalah sanitasi, brubung rumah perumnas, jadi septic tank masih gabung ama tetangga belakang (serem ya?). kalo mo dipisah, gimana ya?

    -romanpicisan-

  10. @ Mbak diana : Baja ringan ada masalah? Sebenarnya semua material bangunan punya masalah. Kayu rentan sama rayap, kurang kuat thd gaya geser, Beton kurang kuat thd gaya tekan arah melintang, baja kurang kuat thd gaya tarik aksial, dsb. Khusus untuk baja, masalh yg paling umum adalah: baja termasuk dalam material yg thermoplastis. Artinya sifat fisis dan sifat mekanis baja sangat dipengaruhi oleh temperatur. Jika temperatur/suhu terlalu tinggi maka secara fisis baja akan berubah bentuk, akibat dari perubahan bentuk penampang baja, akan mempengaruhi sifat mekanisnya, yaitu kekuatan baja dalam menahan gaya-gaya luar sampai pada batas terjadinya deformasi.
    Kalo soal septic tank saya pikir tidak perlu untuk bikin baru..Krn saat perumahan dibuat, seharusnya perencana sudah menghitung kapasitas volume tampungan dari septic tank. Artinya klo 1 septic tank dibuat untuk melayani 2 rumah berarti septic tank itu mampu mengakomodasi flow in dan flow out “sampah” dari 2 rumah yg dimaksud. Semoga membantu :)

  11. iya, tapi tetangga belakang bawelnya 1/2 mati soal “bom nuklir” itu. warga dia lebih banyak, sementara warga rumahku cuman 2 orang (plus umar jadi 3) tapi kenapa bayar kalo ada pemberishan kudu 50-50??kan gak adil. makanya kepikiran bikin sendiri.

    doain deh rejeki lancar, biar cepet2 renov rumah. musim ujan musim bocor neh…

    -romanpicisan-

  12. Ahahahahah.. kalo udah urusan sum-sum an setoran, saya bingung mbak. Tp kalo emank lahan nya masih ada n ada anggran khusus buat septic tank nya, saya pikir ide bagus juga klo mau bikin septic tank sendiri. :)

  13. Mitchel Roreng

    Pertama kali saya ucapkan salam dari Kaltim.

    Salut banget.. Kok berani sih “rahasia dapur” nya dikeluarin gitu aja? Setahu saya sih ngitung beginian mahal yah? Soalnya adik saya Sarjana Teknik Sipil juga. Tapi kok masnya ngasih gitu aja? EngGak semua orang bisa menghargai yng gratis loh. Kadang saking teganya, malah minta semua serba gratis. Dari gambar s/d biayanya.. (jd mikir, apa memang orang indonesia tidak bisa menghargai niat baik sesamanya). Kadang aneh sendiri, kalo semua gratis..tiss lantas arsitek seperti mas ini mau makan apa? ha ha ha..

    Mudah-mudahan saja pengunjung architectaria lebih berperasaan dan enggak setega itu yah.

    Huhuhuhu..iya nih pak michel, udah sempet sih ngalamin yg kayak gitu.. ada yg minta contoh gambar+harga nya (minta gratis maksudnya ;p~).. lah saya mau makan apa? klo dipikir juga aneh yah, mereka minta gretongan, emanknya mereka gak pny budget? Lah klo mereka minta semua free, lantas saya harus beralih profesi jd apa yah? saya gak bisa ikut google adsense kayak “orang-orang sukses” diluar sana. Saya juga gak bisa memberi mimpi (baca membodohi orang) : CEPAT KAYA DALAM 5 MENIT.. Pusing juga yah? apa bapak michel pny ide buat saya? hahahahaha..

  14. Wibi Sulaksono

    Haha..pak mitchel ini bisa saja :-D

  15. Rini Jumarnis

    Valuable article detected! Hatur nuhun kang..

  16. ardi

    dear mas architectaria,
    saya dan istri baru membeli rumah dari orang tua. dgn luas tanah 9x10m (90m2). dan luas bangunan 6x7m (42m2)
    saya ingin merenovasi rmh tsb, tapi rasanya seperti membangun rumah baru.
    saya ingin ruangan mempunyai ruangan sbb :
    ruang tamu, ruang keluarga (kalau tdk memungkinkan digabung saja dgn ruang tamu), kamar tidur utama dgn kamar mandi di dlm, kamar tidur, kamar mandi, ruang praktek dokter, dapur, ruang makan (kalau tdk memungkinkan digabung dengan dapur saja), kamar pembantu+kamar mandinya. ruang cuci + jemur di lt 2 dgn tangga besi melingkar. juga sedikit taman di halaman depan & belakang. apakah keinginan saya tsb memungkinkan di lahan tsb.
    mohon bantuannya & kalau bisa dlm bentuk gambar denahnya ya mas..
    terima kasih sebelumnya.

    Jawab: Semuanya mungkin saja untuk diakomodasi pak Ardi.. Mengingat kebutuhan anda akan space dirumah, saya sarankan anda menghubungi arsitek yg anda percayai.. pergunakan jasanya.

  17. Chintya

    dear mas architectaria,
    mas saya mahasiswi teknik sipil sedang membuat RAB untuk mata kuliah manajemen konstruksi, apa mas punya buku BOW, kalau bisa bisa dikirimkan ke email sya, maaf sebelumnya

    trims

    Jawab: Buku BOW diperpustakaan kampus mbak Chintya pasti ada deh..Kalau dikirim lewat email gak bisa dong ;)

  18. Karamah

    Mau tanya neh,
    Gimana caranya untuk mengukur luas atap bangunan 5 x 5 mtr,
    berapa jumlah kuda2nya, atapnya bentuk limas dan pelana

    Jawab: Menghitung luas atap bangunan? sebenarnya ribet kalau gak ada gambarnya.. jadinya model tebak2an. Itu kan sudah ada ukurannya 5 m x 5m = 25 m2
    Untuk kuda-kuda dibuat aja perjarak 2,5 m, jadi peletakannya masing2 diujung dan ditengah..berarti ada 3 buah (ini untuk jenis atap pelana).
    Kalo untuk model atap limasan.. karena ukurannya persegi 5m x 5m dipakai 1 kuda-kuda ditengah (arah melintang atau memanjang) kemudian dr bubungan ditambahkan kaki kuda-kuda ukuran 6/12 masing-masing ke ujung/sudut tembok (4 buah).

    Untuk kebutuhan kayu nya..baca aja artikelnya.. Semoga membantu.

  19. saryudi

    permisi Mas, saya mau numpang nanya nih.
    Mas punya panduan untuk tata ruang rumah sakit ga?
    soalnya sekarang saya sedang ad tugas u/ perencanaan rumah sakit.
    thanks B4

  20. DANDUN PRAKOSA

    pak, mohon info gambar detail rangka plafond seperti tangga yg ada tempat lampu di dalamnya, atau cahaya dari dalam

  21. Yang model drop ceiling atau raise ceiling ? Biasanya pakai frame aluminium hollow biar mudah instalasi or kostumisasinya pak, ditambah gypsum board, kalsiboard atau multiplex n recessed light.

  22. gita

    Hallo Bapak,
    Saya rencana mau bangun rumah dengan 4 kamar tidur, bisa gak ke 4 kamar tidur tsb viewnya ke satu arah (danau) walau lokasinya tanahnya tidak dipinggir danau, luas tanah 2500m2 tapi sebagian mau buat kebun . Thanks Bapak atas informasinya.

  23. Kalu bu Gita minta jawaban saya, maka saya akan jawab Bisa. Tapi prosesnya gak bisa dibahas disini.. Silahkan mengirimkan email, alamat email bisa dilihat dihalaman contact.

  24. sir.barry

    Ternyata udah lengkap yah,om!
    maaf td saya bloom membaca semua artikelnya!
    saya coba baca artikelnya semuanya!
    sebelumnya saya minta izin untuk melihat sebagai pedoman saya dalam belajar!
    terima kasih lg deh!

  25. Faris

    Mas saya mempunyai sebidang tahan ukuran 26 x 10.7.
    Saya ingin membuat pondasi dulu dengan estimate kamar 5 buah kamar. Satu kamar inti 3 kamar untuk anak2 dan satu kamar pembantu.

    Mohon masukan sket gambar dan biaya pondasi ?

  26. Rika

    Salam kenal Pak Aria…saya dan suami punya rencana mau renovasi rumah yang kami tempati sekarang ini secara total..luas tanahnya 222 meter persegi mengahadap ke barat…model bangunan yang ingin kami buat adalah seperti rumah2 belanda yang memiliki atap yang tinggi sehingga aliran udara bagus dan tidak panas tapi tingkat 2..untuk konsep rumah impian kami ini adalah “healthy home” dimana terdapat banyak ruang terbuka hijau didepan, didalam dan dibelakang rumah…menurut bapak apa yang harus kami persiapkan untuk proses2 pembuatan rumahh impian ini..karna kami belum mempunyai gambar contoh..thx rika

  27. Rika

    oh ya untuk informasi..rumah yang sekarang kami tempati adalah bangunan lama sekitar tahun 70an..dengan konstruksi bangunan yang sudah mulai jelek..mulai dari dinding yang mengelupas, atap bocor sana sini dan lain sebagainya..termasuk lebih rendah dari jalan depan rumah..rencananya mau diurug sekitar 2 mtr..gmn menurut bapak…

  28. endang

    Salam kenal pak Aria,
    Saya membuat dua lubang septic tank mepet dengan konstruksi sepatu. Salah satu lubang berfungsi sebagai resapan. apakah resapan itu akan mempengaruhi kekuatan sepatu? Apakah resapan itu bisa membuat tanah di sekitar sepatu menjadi lembek dan memungkinkan tanah di bawah sepatu bisa ambles ?
    trims

    Jawab:
    Mungkin yang dimaksud kontruksi sepatu itu pondasi jenis pelat kaki (foot plate) yah?

    Sebenarnya resapan air itu bukan mengurangi kekuatan pondasinya, tapi mengurangi kerapatan atau gradasi butiran tanah disekitar pondasi.. Jika kerapatan butiran tanah itu berkurang, maka kemampuan tanah menerima beban bangunan yang berasal (disalurkan) dari pondasi juga akan berkurang.. Akibat jangka panjangnya seperti yang ibu/mbak Endang katakan, tanah disekitar pondasi akan turun/amblas, sehingga struktur bangunan diatasnya sedikit banyak menjadi tidak aman.

    Demikian dari saya, semoga membantu..

  29. wahyu

    Pak / Mbak…..
    tolong dong bagaimana cara menghitung bahan truss yang saya butuhkan untuk membangun rumah berapa jumlah baja batangannya untuk kuda2 dan rengnya…kebetulan saya sedang membangun rumah jadi biar lebih murah gitu tank’s

  30. nurhidayat

    ilmu kayak gini gimana mas cara nyari duitnya?hehehe…gue doain banyak rezekinya n bertambah ilmunya…amin…

  31. bang sat

    Mahal amir bos..
    Duit dari mana tuw?
    Arsitek kek gini nih yg bikin harga rumah jadi makin payah..

  32. Bang Sat 2 (Anti Bang Sat )

    Buat atas gw bang sat 1 yg TUOOLOL!

    Mahal dari mana bos.. ini cuma cara ngitung volume kalee.. mangkanya tolol jangan dipelihara boss. Klo kere ngga usa pake arsitek boss.. gampang kan! Lagian arsitek2 juga mungkin ngga ngarepin bangunin rumah orang kere kek loe.. Mangnya loe baca nih tulisan disuruh bayar bos?! Comment loe malu-maluin aja! Copo loe..

  33. anisa

    Idih abang abang yang diatas napa pada berantem? wah parah..!

    Pak Aria ada nggak cara mudah atau simple untuk menghitung volume pekerjaan? rarieut iyeuh klo liat cara ngitung volume pekerjaan berdasarkan tulisan diatas mah.. ^_^

    Gambar desain rumahnya ok tuh buat bahan pertimbangan. mayan bisa ditiru-tiru dikid.. hihih

    Wassalam..

  34. @bang sat: Mahal? Mahal apaan yah? Ini artikel tentang cara menghitung volume pekerjaan, sama sekali nggak ada hubungannya sama soal MAHAL loh yah? makanya anda baca dulu artikelnya, trus dimengerti baru nulis comment. Lagian mahal atau murahnya harga rumah tergantung kualitas material n finishingnya. Jasa arsitek hanya 1,5 s/d 5% dari RAB, klo itu anda katakan mahal berarti anda yang keterlaluan. Kalo ngga mau pakai jasa arsitek juga ngga papa, lagian saya yakin banget mostly architect juga mikir2 deh klo dapet client seperti anda.. no offence yah :)

    @bang sat 2 : Sabar ajah.. emang menjengkelkan membaca comment dari orang-orang yang otaknya disimpen dalam dompet.. Saya mengerti bangaimana perasaan anda n thanks for your empathy :)

    @anisa : Nggak ada cara simple menghitung volume pekerjaan, caranya yah seperti yang ada diatas itu. Untuk gambar desain rumahnya, silahkan saja dimanfaatkan n semoga berguna yah :)

  35. ronny

    pak saya mau tanya bangun rumah type so budgetnya berapa???
    tlg bls yach thanks

  36. ronny

    bangunan type 50 budgetnya berapa yach pak??? thanks

  37. rini

    ikutan nanya ya
    sy sbnernya lulusan ars jg, cuman lama ga dipakejd lupa.
    mo nanya septictank, lo ga salah lubangnya dua ya? trus lapisannya apa aja selain ijuk n krikil ? thanks ya

  38. wiwin

    Pak saya ingin belajar membangun bangunan rumah untuk meletakkan mesin, saya mintatolong langkah2 pembuatannya ya..mulai dari pembersihan sampai finishing menggunakan pondasi footplat ukuran 5m x 6m. Terimakasih

  39. alex

    Ada juga yach orang kasih comment gak tau masalahnya?
    Buat @bang sat1, baca dulu dong artikelnya baru dikomentari,
    kalu baca aja gak bayar tapi kalu mau minta desain khusus untuk anda (komplit gambar desain rumah, analisa, dan RAB) ya mungkin aja.

    Soalnya jadi arsitek itu kan pakai sekolah, gak ujuk2 dapat ilmu gitu aja, sudah sepantasnya apabila kita mamakai jasa seseorang dengan keahlian orang tsb, kita memberikan imbalan.

    Seorang Dokter memberikan jasa mengobati orang sakit kita harus bayar,
    sama aja dengan arsitek, jasanya mendesain (merencanakan bentuk dan kekuatan konstruksi yang cocok) dan menghitung Rencana Anggaran Biaya, itu bukan sesuatu yang mudah.
    Semoga kita semua bisa belajar menghargai hasil karya orang lain.

    Jawab:

    Hihih.. wah ada yang complain nih :) Pasti mas Alex juga arsitek atau calon arsitek nih ;p~

    Sabar mas Alex, Insya Allah pasti ada kok Rejekinya.. Walau kadang musti alih profesi, kayak saya skrg lagi cari suasana baru n jalanin perusahaan property. Tetap semangat n selalu tersenyum yah :)

  40. tonio_vijay

    Thanks a lot pak
    artikel2 nya bagus banget, bahkan untuk orang awam spt saya
    artikel Bapak bisa dipahami, dan membantu saya yang sedang mencari.

  41. April_Nias

    enak ya belajar mengenai bangunan. oh ia saya juga mahasiswa teknik bangunan lo sekarang da semester IV. tapi kenapa tidak ditampilkan tampak keseluruhan dari bangunan diatas, beserta perhitungan RAB nya. kalau boleh tolong dong di kirim melalui mail saya. makasih ya sebelumnya

  42. sigit prasodjo

    Salam kenal

    Saya berencana membangun rumah (panggung) tipe 90 di atas pasir urug yang cukup tebal (bekas galian) kira-kira pondasinya macam apa karena pasir kalau di gali kan longsor lagi.kasih saran dong.
    trims

  43. syifa

    Sangat Bermanfaat..
    Terima Kasih…

  44. imran

    dari perhitunga volume bangunan yang belum saya mengerti yaitu cara perhitungan volume besi beton untuk balok, kolom dan plat lantai….tolong dong dd jelaskan bagaimana cara perhitungan volume untuk biaya besi beton…thankz sebelumnya

  45. An Sigit Wahyu N

    Salam Kenal! Saya sama temen saya ingin sekali membuat suatu usaha di Bidang perencanaan juga jasa pemborong. Kami masih belum punya pengalaman sama sekali, kami saat ini kerja di Consultan dan Kontraktor juga makanya kami sangat tertarik. Kami ingin memperoleh harga-harga untuk penentuan RAB. Bisakah membantu, dan apabila tidak gratis bagaimana prosesnya dan cara menperolehnya,oh ya sekup usha kami yang kecil saja,mungkin yang kurang dari 400jutaan.. Terima kasih

    Jawab:

    Untuk daftar harga biasanya didapatkan dari Dinas Tenaga Kerja (daftar harga upah) dan Dinas Perindustrian & Perdagangan (daftar harga material)

    Demikian dari kami, semoga membantu.

    Regards,

    Architectaria

  46. budi m

    salam kenal

    thanks atas informasi nya, berguna banget nih.. kebetulan saya mau jadi kontraktor,, moga banyak rezekinya…mas,

  47. budi m

    mau tanya mas, kalo membuat rangka atap lebih murah mana yah?? antara menggunakan kayu dan menggunakan baja ringan..

    Jawab:

    Untuk starting-nya, dengan luasan yang sama, menggunakan kayu jelas lebih murah.. Tapi perlu diperhatikan juga manfaat jangka panjangnya.. baja ringan jelas lebih tahan dari serangan rayap, sehingga maintenance cost-nya lebih rendah. Overall baja ringan layak untuk dipertimbangkan.

    Regards,

    Architectaria

  48. nia

    trimakasih mas artikel nya karena lg mau bangun rumah jadi tau sedikit tentang itung2 an nya meskipun bingung. moga2 banyak rezeki nya dah bagi ilmu gratis ke kita yang butuh…

  49. Amir Cheky

    Kalo rumahnya skarang type 36/72, mau dijadikan lantai dua kira2 berapa sich anggaran yang harus disiapkan, thanks

  50. ANIS

    Saya akan membangun rumah type minimalis luas bangunan 30 m2 (5×6)m luas tanah 50 m2 , bagaimana RABnya ? thanks

  51. Muslich

    Saya minta tolong dibuatin denah rumah sederhana dengan ukuran 9m x 12m sekalian bestek dan RAB nya …dgn 4 kmar tidur dn 1 kamar mandi dipojok kanan belakang..

  52. Denny'om'Saputra

    Smga kaya harta dan kaya amal kebaikannya jg y pak.

  53. Iziemute

    Bang Aria tolong bikinin artikel tentang Perencanaan Tower BTS dung plus sekalian ama RABnya…..lg pusing neh…..

  54. Dear Bapak Aria dan architectaria.com Team

    Terus terang Blog bapak ini sanggat membantu saya, karena sebentar lagi kami ada rencana mengembangkan usaha ke pembangunan,

    namun untuk picture penjelasan Volume Pekerjaan dan Analisa Harga Satuan Kecil sekali, saya agak kesulitan membacanya.
    bisa di perbesar picture nya ? atau di kirimkan ke email saya soft copynya pak? karena saya membutuhkan sekali untuk rencana pekerjaan nanti

    email saya : hermantanggar@gmail.com

    maju blog terus architectaria.com mencerdaskan masyarakat Indonesia…..hehehehe :D

    sebelumnya saya ucapkan banyak terima kasih
    Herman tan

  55. Mansukron

    Dear,

    Mau tanya rincian biaya untuk renovasi total Atap rumah type 36/72 berapa ya…
    Soalnya dananya terbatas nich…
    Terimakasih atas jawabannya.
    Salam/Mansukron

  56. eldo

    Dear Bapak Aria dan architectaria.com Team

    Saya ingin tahu mengenai atap, apakah rangka baja ringan cukup kuat untuk menahan beban genteng keramik glazur? soalnya ada yg bilang atap rangka baja ringan agak membal ketika dipasang oleh tukang (pasang genteng) lagipula genteng glasur aga berat.

    sebelumnya saya ucapkan banyak terimakasih.

  57. Siti Sofiyah

    Assalamualaikum Pak, saya pengelola toko material. Sangat senang bisa ngakses web ini. Sebagai pemula dalam bisnis material ini saya merasa kesulitan kalau ada konsumen yang menanyakan anggaran untuk renovasi, atau membangun rumah. Mudah-mudahan kedepannya saya bisa belajar dari artike-artikel yang Pak Aria posting.
    Terima kasih banyak dan salam kenal…

  58. arief

    mas..akukan maen di property nih (tekhnik sipil ama arsitek maenan sehari2 deh)..tp aku lg belajar buat 3D (tampak depan ataupun ruangan)…kira2 program selain 3D max yg paling gampang apalagi ya ?

  59. naisha

    Dear om arsitek,
    Aku naisha kelas 2 lagi dapet tugas cari disain eco friendly home.
    Makasih yach tugas ku di sekolah bisa selesai karena aku googling dpt deh web ini,
    makasuh ya om.
    Salam
    Naisha

  60. Tony

    Selamat siang Pak..
    Saya mempunyai sebidang tanah ukuran luas 4,5 m X 18 m, saya rencana akan mambangunnya untuk tempat tinggal 2 lantai, tapi saya kesulitan dengan model yang akan kami buat, bisa kah tolong dibantu utk gambar nya?
    Rencana lantai 1 (bawah saya akan ada garasi dan kamar utama 1 bh, dapur ruang makan,toilet.
    Boleh tolong bantu saya saran utk buatkan sket nya?
    Terima kasih atas saran dan bantuannya.

  61. Titio

    Biyuhh.. kbanyakan komen sampe tuan rumahnya kelimpungan.. ^^

  62. kosyani

    kira kira berapa biaya yang dibutuhkan untuk membuat pondasi rumah ukuran 8×10 ?

    saya mohon jawabanya secepatnya yah pa ………. :)

    • Dear Bpk. Kosyani,

      Untuk mengetahui biaya pekerjaan pondasi kita harus tau volume total pondasinya. Untuk mendapatkan volume pondasi kan kita butuh denah rumah dan denah pondasinya pak ;)

      Dari denah itu kita bisa hitung berapa dimensi dan panjang total pondasi (dalam kasus ini, pondasi pasangan batu kali type menerus).

      Regards,

      Aria

  63. yoseph

    Salam kenal Pak,

    mau tanya, bagaimana perhitungan rincian harga untuk bangunan yang akan direnovasi kontraktor? Saya sebagai owner ingin tahu berapa batasan harga yang masuk akal per item kerja agar dalam proses negosiasi harga, saya punya ancar2. Sebelumnya sifat pekerjaan proyek ini lumpsum dan saya tahu ukuran dimensi (m2 dan m3) rumah yang saya renov ini. Thanx pak

    Yoseph

    • @Yoseph,

      Paling simple bapak coba invite 2 atau 3 kontraktor, kemudian adakah lelang terbuka yang fair. Berikan batasan tentang spesifikasi material, minta mereka mengajukan penawaran. Lalu selanjutnya bandingkan mana harga terbaik.

      regards,

      Aria

  64. andini

    salam kenal pak..
    saya berencana membangun rumah dengan luas bangunan 100m2 di sebuah lokasi dengan harga tanah 600rb/m2. kira kira mana yg lebih efisien pak, apakah saya harus membeli tanah yg luas dengan bangunan 1 lantai atau tanah sempit dengan bangunan 2 lantai. Mohon saran dr bapak. terimakasih

    salam

    andini

    • @Andini,

      Paling ideal; tanahnya luas, rumahnya juga luas..

      regards,

      Aria

  65. andini

    salam kenal

    saya berencana membangun rumah dgn luas bangunan 100m2 di sebuah lokasi dgn hrga tanah 600rb/m2. kira kira mana yg lebih efisien pak, membeli tanah yg luas dengan bangunan 1 lantai atau tanah yg sempit dengan bangunan 2 lantai. Mohon sarannya terimakasih

    salam

    andini

    • Dear Bpk/Ibu. Andini,

      Silahkan langsung menghubungi kami jika anda tertarik menggunakan jasa profesional kami.

      Menggunakan jasa arsitek sesungguhnya tidak mahal, dengan konsep dan desain yang matang akan dapat menghemat uang anda dan memaksimalkan investasi anda.

      Dengan bangunan yang terdesain dengan baik, anda dapat menghindari biaya tak terduga akibat miss planning dan meningkatkan nilainya untuk jangka panjang.

      Best regards,

      Architectaria.

  66. si kancil

    slm kenal.
    parmisi,,, numpang nanya mas bro,ada gk rumus khusus buat bikin cakar ayam yang ideal, sesuai dengan tinggi dan luas bangunan yang akan dibangun?
    saya orang awam tentang ini mas bro, mohon bantuannya. thanks b4

    • @Si Kancil,

      Kalau anda wam, lebih bijak jika anda menyerahkan urusan ini pada yang memang mengerti atau terbiasa melakukannya.

      regards,

      Aria

  67. lilian

    sy mau bangun rumah minimalis type 36, di tanah 900 m, bisa tidak?
    mohon denahnya,terima kasih

    • @Lilian,

      Jika anda butuh denah rumah type 36, silahkan cari arsip kami tenatang desain rumah mungil type 36.

      regards,

      Aria

  68. terimakasih infonya.
    dan mohon bimbingannya saya lg belajar menghitung rab untuk madrasah dengan ukuran plus teras 9 x 7 m 2 lantai.

  69. tootoo santoso

    asslmkm mas bro..ngomong2 soal,,desain dan itungan RAB..jadi tertarik juga buat nimbrung..salam kenal mas aria…kebetulan saya main di bidang bangunan,,sudah 10 tahun..dan kebetulan,bangunya tuh rumah2 mulu :d saya kepingin bangun taman,di atas dak dengan 1 tiang struktur,,,alias di atas rumah hunian..apa ada solusi mas…hehehehe oya mas,saya kan biasa bangun rumah,,tapi saya hitung2 kalow buat rumah mini malis gaya apa aja..gak begitu mahal,,,yg menurut mahalnya itu dari mana ya mas..terima ksh mas..wssllmkm..

  70. supriyono

    Selamat…
    Saya Pk Supri dari Mataram NTB Saya ingin mengikuti pelatihan merakit baja ringan ,apakan Bapak bisa membatu mendapatkan info yang bisa dihubungi..?? Trimakasih sebelumnya.

    Salam
    Sup

    • @Supriyono,

      Maaf saya tidak bisa membantu untuk masalah yang dimaskud :)

  71. Edi

    Terimaksih atas informasinya. sangat berguna bagi para pemula yang ingin belajar.

Leave a Comment