Beberapa Kesalahan Umum Pindah Rumah dan Tips Untuk Mencegahnya

jasa-pindah-rumah-1

Beberapa informasi mengenai kesalahan umum yang sering dilakukan ketika berpindah rumah dan beberapa tips untuk mencegah kesalahan ketika berpindah rumah.

Sebelumnya, kita pernah membahas tentang tips tentang berpindah rumah dengan lebih mudah. Tanpa kita sadari masih saja terdapat kesalahan-kesalahan umum yang terkadang kita anggap remeh yang  pada akhirnya menjadi kendala tersendiri. Seperti diketahui bahwa aktifitas pindah rumah terkadang membuat kita merasa bingung apalagi jika kita kurang persiapan.

Kurangnya persiapan tentu akan menimbulkan masalah dan pada akhirnya pikiran kita menjadi stres dan aktifitas pindah rumah akhirnya dilakukan sekenanya. Agar persiapan untuk berpindah rumah, kita perlu belajar dari pengalaman orang lain dengan melihat beberapa kesalahan umum terkait dengan pindah rumah dan bagaimana cara mengatasinya. Berikut kami sajikan ulasan singkatnya.

  1. Terlalu meremehkan segala persiapan yang dibutuhkan

Beberapa orang meremehkan segala persiapan yang dibutuhkan untuk berpindah rumah seperti persiapan memilih kotak packing yang mereka butuhkan dan lamanya waktu mengepak semua barang yang akan ikut serta dipindahkan ke rumah yang akan  ditempati. Perlu diingat, persiapan yang matang lebih dibutuhkan daripada menganggap remeh karena Anda merasa bisa melakukannya dalam waktu yang sangat singkat dan mendadak. Anda dapat membeli kotak packing sesuai dengan kebutuhan yang sebelumnya sudah Anda perhitungkan.

  1. Memindahkan hampir semua isi rumah yang sebenarnya tidak perlu.

Masalah ini paling sering ditemui ketika berencana untuk pindah rumah. Anda mungkin merasa semua barang yang Anda miliki di dalam rumah harus ikut serta karena mungkin saja suatu saat Anda akan membutuhkannya. Hal ini sebenarnya tidak perlu dilakukan karena hal ini hanya akan menambah ongkos untuk proses pindah rumah. Kami menyarankan Anda untuk menyingkirkan segala benda-benda yang sudah tidak diperlukan lagi, jika perlu, Anda bisa menjualnya ke toko bekas atau memberikannya kepada orang lain yang membutuhkan.

Barang-barang yang tidak perlu Anda pindahkan ke tempat baru diantaranya adalah pakaian yang sudah tidak terpakai, mainan anak yang sudah rusak dan furnitur atau perabotan yang sudah tak layak pakai.

  1. Memakai jasa angkut pindah rumah yang tidak profesional

Karena tergiur pada harga yang murah, terkadang seseorang yang berencana berpindah rumah menyewa jasa angkut yang tidak profesional karena mereka hanya menyediakan angkutan saja tanpa tenaga yang handal yang terbiasa memindahkan barang-barang. Untuk mendapatkan tenaga jasa angkut pindah rumah yang profesional, Anda bisa meminta bantuan referensi teman yang sebelumnya sudah pernah memakai jasa angkut pindah rumah.

Pastikan jika jasa angkut tersebut dapat dipercaya sehingga barang-barang yang akan Anda pindahkan sampai di tempat dengan selamat.

  1. Tidak mengangkut barang berharga dengan semestinya

Beberapa barang berharga seperti perhiasan, laptop, tablet akan sangat mudah hancur apabila tidak ditempatkan dengan semestinya. Barang-barang tersebut sebaiknya tidak dijadikan satu dengan barang-barang besar seperti furnitur yang diangkut oleh jasa angkut barang.  Anda bisa membawanya dengan cara yang aman yaitu dengan membawanya kedalam kendaraan pribadi.

Pastikan bahwa barang-barang berharga di bungkus sesuai dengan ukurannya karena hal ini akan memudahkan Anda untuk membawanya tanpa takut akan hilang.

jasa-pindah-rumah-2

Proses Packaging Pada Jasa Pindah Rumah

  1. Tidak membungkus barang-barang kecil dalam tas darurat.

Jika Anda memuat seluruh barang langsung ke dalam mobil jasa angkut maka hal demikian merupakan sebuah kesalahan yang besar. Ada barang-barang yang seharusnya ditempatkan di tas darurat seperti barang-barang keperluan bayi, keperluan mandi dan juga alat-alat kecantikan yang sering Anda gunakan. Jika semua terlambat, sudah tidak mungkin bagi Anda untuk membongkar satu-persatu semua barang yang sudah diangkut ke dalam mobil pengangkut.

Untuk itu, barang-barang yang penting tersebut alangkah lebih baik jika ditempatkan di tas darurat yang sering Anda bawa.

  1. Kurangnya persiapan mengenai hewan peliharaan

Berpindah rumah merupakan aktifitas yang terkadang membuat stres dan melelahkan begitu juga untuk hewan peliharaan yang Anda miliki. Hewan kesayangan Anda mungkin merasa tidak nyaman dengan segala hal yang terjadi ketika terjadi proses pindah rumah. Untuk itu, teruslah menjaga rutinitas hewan seperti biasanya dengan tetap memberikan treatment yang mereka butuhkan seperti mengajak jalan-jalan ke sekitar rumah dan juga perawatan rutin agar hewan tidak stres ketika proses pindah rumah dilakukan.

  1. Tidak mem-back-up semua data pada komputer.

Pindah rumah bukan merupakan sesuatu yang ideal bagi barang-barang elektronik seperti komputer. Untuk itu, agar keamanan tetap terjaga, pindahkanlah semua dokumen-dokumen penting kedalam tempat penyimpanan lain sperti harddisk, flashdisk, atau tempat penyimpanan online untuk mencegah hilangnya data karena kerusakan yang mungkin terjadi pada barang elektronik saat dipindahkan.

Amankan juga dokumen-dokumen fisik penting seperti sertifikat tanah, ijazah, akta lahir dan lainnya ke dalam penyimpanan dokumen yang aman dan bawalah dokumen tersebut bersama Anda selama proses pindah.

Demikianlah beberapa informasi mengenai kesalahan umum yang sering dilakukan seseorang ketika berpindah rumah dan juga bagaimana cara untuk mengatasinya. Setelah anda mencermati mengenai kesalahan tersebut, kini saatnya Anda melakukan persiapan yang matang sehingga segala kemungkinan buruk dapat diatasi.

Selamat mencoba 🙂

..

architectaria.com | Arsitek, Desain Interior, General Contractor

Untuk Anda yang berada diwilayah JABODETABEK dan membutuhkan jasa arsitek, desain interior dan jasa kontraktor untuk membangun/merenovasi rumah, silahkan menghubungi kami melalui nomor: 081229400888, 087710400888, 021-83836281, atau 0251-9195383 (Bogor).

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

No Comments Yet.

Leave a Comment