Beberapa Ide Dekorasi Untuk Menciptakan Ruang Baca Yang Nyaman Dirumah Anda

Jika anda termasuk pribadi yang sangat suka sekali membaca, memiliki perpustakaan pribadi dirumah untuk menyimpan dan menikmati buku-buku bacaan diwaktu senggang ibarat mimpi indah yang harus diwujudkan menjadi sebuah kenyataan. Ketika akan menata dan mendekorasi ruang baca, sebaiknya anda lakukan dengan mood yang tepat. Pengaruh mood anda ketika menata dan mendekorasinya akan menentukan hasil kerja anda, hasil terbaik tentu akan membuat ruangan tersebut menjadi tempat yang nyaman untuk menghabiskan waktu anda sepulang kerja atau sepanjang hari libur dengan berbagai tumpukan buku dan bahan bacaan lainnya.

Untuk mendapatkan suasana yang nyaman didalam ruang baca atau perpustakaan pribadi dirumah anda, seharusnya anda mengetahui elemen apa yang yang mempengaruhi kehangatan dan kenyamanan didalam ruang tersebut. Pada artikel kali ini kita akan membahas beberapa ide untuk menata dan mendekorasi ruang baca atau perpustakaan pribadi dirumah anda, membuatnya terasa nyaman sehingga anda betah berada didalamnya.

Skema Warna Yang Hangat

Secara tradisional, skema warna yang biasa diterapkan pada sebuah perpustakaan pribadi atau ruang baca adalah; warna gelap, coklat kehitaman, ebony, warna hijau tua (hunter green), warna merah anggur, dan biru gelap. Meskipun secara umum warna-warna tersebut yang biasa diterapkan pada perpustakaan atau ruang baca, anda tidak harus menerapkannya juga. Selain skema warna gelap tersebut, anda bisa menerapkan skema warna yang memberi kesan hangat. Yang termasuk dalam skema warna hangat ini diantaranya adalah; merah, krem, cokelat muda, sage green atau warna terracotta.

Skema warna yang hangat seperti earth tones (coklat, krem, dsb) atau terracotta di dinding ruangan akan memberi kesan nyaman pada ruang baca atau perpustakaan pribadi anda. Warna coklat merupakan warna yang mampu memunculkan suasana nyaman dan keakraban sehingga pas sekali bila diterapkan untuk mendesain ruang baca atau perpustakaan pribadi maupun ruang-ruang lain seperti ruang keluarga. Selain itu, coklat juga bisa membawa atmosfir ketenangan bagi Anda dan keluarga. Tak masalah jika warna coklat Anda aplikasikan sebagai warna latar belakang pada seluruh elemen dinding.

Sebaiknya gunakan gradasi warna coklat agar ruangan tampak elegan. Untuk mensiasati ruang keluarga tak terlihat gelap, anda bisa padukan warna coklat dengan warna putih ataupun abu-abu yang terang (light grey). Sehingga ruangan tetap tampak terang dan bernuansa segar. Padukan dinding coklat tua dengan lantai serta plafond berwarna putih. Dengan demikian, ruang baca atau ruang perpustakaan pribadi anda terlihat lebih luas dan semakin terasa menjadi tempat yang nyaman.

Panel Dinding Kayu

Panel dinding dari kayu adalah alternatif yang bisa anda pilih untuk dinding ruang baca atau perpustakaan pribadi dirumah anda. Panel dinding kayu ini biasanya tersusun atas rangka kayu 5/5 dan 5/7 kemudian dilapisi dengan papan kayu yang sudah dimolding atau juga plywood. Jika anda menggunakan plywood, anda bisa melapisinya dengan HPL dengan motif kayu solid (seperti; jati, sungkai, nyatoh, dsb) atau MDF yang dipasang dengan pola-pola diagonal.

Penggunaan lapisan HPL akan menampilkan bentuk serat kayu alami, anda bisa memilih jenis serat seperti apa yang pas untuk ruang baca atau perpustakaan pribadi anda. Sesuaikan warna atau motif panel dinding kayu anda dengan furniture didalam ruangan tersebut, perpaduan warna yang sesuai antara panel dinding dan furniturenya akan membuat ruangan terkesan kohesif. Berbagai furniture yang mungkin anda butuhkan adalah rak buku (book case), meja baca, kursi dan task lamp.

Furniture Pengisi Ruangan

Sebuah ruang baca atau perpustakaan pribadi akan terasa kurang lengkap jika tanpa elemen tambahan, dan elemen tambahan ini sudah pasti adalah berbagai furniture pengisi. Ruang baca atau perpustakaan pribadi dirumah mungkin akan menjadi tempat dimana anda banyak menghabiskan waktu, pekerjaan kantor yang belum terselesaikan atau rencana kegiatan perusahaan anda beberapa minggu kedepan pastinya akan anada buat diruangan ini. Karena pentingnya ruangan ini dan frekwensi penggunaannya, sebaiknya anda memilih furniture dengan desain dan bahan yang terbaik.

Anda bisa mengkombinasikan furniture dengan bahan kayu ebony atau jati dengan ukiran-ukiran dan ornament berbahan kulit untuk menciptakan dekorasi ruang baca atau perpustakaan pribadi bergaya klasik. Sofa kulit yang besar akan memberi kesan ruangan tersebut adalah ruang baca atau perpustakaan yang nyaman, tapi imbangi sofa besar tersebut dengan 2 buah kursi agar terlihat seimbang.

Untuk menambah kesan elegan dan cozy pada ruang baca atau perpustakaan pribadi anda, tambahkan ornament atau item-item dengan warna aksen yang sesuai dengan warna dinding dan furniturenya. Warna coklat bisa anda terapkan pada meja yang terbuat dari material kayu, bingkai lukisan/kaligrafi dinding, atau dengan membentangkan karpet yang bercorak warna coklat dari berbagai gradasi.

Jika anda suka berbaring atau bersandar ketika membaca, siapkan bantal kecil untuk bantalan kepala atau punggung anda, agar anda makin merasa nyaman.

Demikian beberapa tips yang bisa anda coba dan terapkan untuk menciptakan ruang baca atau perpustakaan pribadi dirumah anda. Selamat berkreasi..

..

Architectaria – Arsitek dan Perencana

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

LinkedInTumblrStumbleUponRedditAIMDiggDeliciousFlipboardShare

2 Comments

  1. Syifa

    Selamat siang, sekarang ini memiliki ruangan khusus untuk membaca itu penting juga karena dengan memiliki ruangan tersendiri kita bisa lebih merasakan nyaman dan bisa lebih fokus. Apalagi ditambah dengan macam-macam jenis lampu baca yang sekarang memiliki banyak model yg lucu-lucu. Saya hanya ingin memberikan rekomend dalam memilih jenis lampu baca. sekarang ada lampu baca yang hanya mempunyai 1 Watt saja. itu bisa lebih berhemat dalam pembiayaan listrik.

    • Dear Ibu Syifa,

      Thanks info dan masukannya.

      Regards,

      Aria

Leave a Comment