Beberapa Ide Dekorasi Untuk Kamar Tidur

Jika saat ini anda merasa beberapa bagian dari hidup anda terasa membosankan, seperti suasana kamar tidur yang makin menjemukan, kenapa berfikir terlalu panjang? kenapa tidak segera merombaknya? dan dapatkan suasana yang baru untuk kamar tidur anda. Anda dapat memilih antara merombak kamar tidur anda secara keseluruhan atau hanya menambahkan sedikit sentuhan sehingga tampak lebih menarik. Untuk merubah atau mendekorasi kamar tidur biasanya dimulai dari menentukan budget (rencana pembiayaan), menemukan ide-ide baru yang spesifik, dan alokasi waktu untuk menyelesaikan pekerjaan remodeling tersebut.

Ketiga hal diatas (biaya, ide, dan waktu) adalah batasan/parameter dalam proses remodeling ini. Sebagai contoh, jika anda ingin merombak kamar tidur anda, hampir pasti anda dan semua orang lebih menyukai jika waktu untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut lebih lama, anda pasti lebih menyukai jika durasi pekerjaan tersebut adalah 2 minggu, bukannya 1 minggu. Hal lain yang menjadi pertimbangan dan berhubungan dengan biaya adalah: siapa yang akan mengerjakannya? apakah anda mengerjakannya sendiri, atau menyerahkannya pada pihak yang lebih professional dalam hal remodeling atau dekorasi ruangan. Jika anda menyerahkannya pada pihak professional tentu biaya yang dibutuhkan lebih banyak dibandingkan jika anda mengerjakannya sendiri.

Jika anda ingin kamar tidur terkesan lebih segar dan tampilannya menjadi berbeda dari sebelumnya, mulailah dengan menentukan atau memilih kain, tekstur, warna, dan corak/pola yang berbeda dari sebelumnya. Untuk pekerjaan remodeling (merombak) yang sederhana, merubah posisi tempat tidur, window treatment (pola, model, dan warna kain gorden penghias jendela), menambah atau merubah posisi letak artworks/aksesoris sudah cukup untuk merubah tampilan kamar/ruangan menjadi berbeda dari sebelumnya. Bingkai lukisan juga bisa menjadi elemen penting yang dapat menimbulkan kesan berbeda pada ruangan.

Jika saat ini dekorasi kamar tidur anda bergaya classic dan didalamanya banyak bingkai foto atau bingkai lukisan model classic, penuh ukiran, ornament, dan berwrna keemasan, cobalah ganti bingkai-bingkai lukisan tersebut. Ganti warna bingka-bingkai tersebut dari keemasan menjadi hitam polos, ganti model bingkai-bingkai tersebut dari yang penuh ornament dan ukiran menjadi polos dan bersih, jika anda sudah melakukannya, maka anda akan mendapatkan perubahan nuansa, suasana dan tampilan kamar tersebut, dari model classic menjadi lebih kontemporer.

Jika didalam kamar tidur anda terdapat sofa, anda dapat menambahkan bantal kursi (cushion) pada sofa tersebut. Jika anda telah memiliki bantal kursi, ide yang mungkin dilakukan adalah mengganti cover/sarung bantal kursi atau sarung bantal ditempat tidur anda dengan warna dan pattern yang berbeda. Valances (kain gorden bagian atas), curtains (kain gorden yang menjuntai lebih memanjang kebawah), dan cornice (list plafond dengan motif/ukiran tertentu) juga merupakan elemen yang baik jika ingin merubah penampilan kamar/ruangan anda. Sebagian orang membayangkan atau menganggap bahwa penggunaan curtains, dan valance akan membuat penampilan ruangan terlihat classic, padahal kenyataan-nya tidaklah seperti itu. Dengan penataan yang tepat, maka kamar/ruangan anda juga bisa terlihat modern atau kontemporer.

Jika anda memiliki meubel/furniture lama, maka meubel/furniture lama itu juga bisa digunakan dalam pekerjaan remodeling kamar tidur anda. Misalkan anda memiliki lemari yang tidak terlalu bagus jika dibandingkan dengan meubel2 lain dirumah anda, anda dapat merubah lemari tersebut menjadi sama menariknya seperti meubel lain. Modifikasi dan berikan penampilan baru yang unik pada lemari tersebut, caranya bisa dengan mengecat ulang, membuat beberapa variasi warna, variasi material dan tekstur pada lemari tersebut.

Jika ukuran kamar/ruangan anda masih cukup luas, letakkanlah sebuah kursi pada bidang dinding didekat jendela. Hal ini akan menciptakan sebuah area yang nyaman untuk relax, bersantai sambil membanca buku bacaan favorit anda. Anda juga bisa membuat sebuah frame yang ditautkan (screw) ke dinding, dan sebuah kursi kayu berlapiskan busa (cushioned chair). Sesuaikanlah warna dan material-materialnya dengan tema dekorasi ruangan, jika tema-nya modern atau contemporary, maka pilihlah leather, atau fabric yang warnanya sesuai dengan tema tersebut. Tambahkan benda atau aksesoris lain dengan warna dan pola berbeda sebagai aksen.

..

Architectaria – Arsitek dan Perencana

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

No Comments Yet.

Leave a Comment