Beberapa Hal Yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Membuat Denah Rumah Bergaya Minimalis

desain-eksterior-rumah-minimalis

Tips desain arsitektur rumah – Berikut ini beberapa hal yang akan membuat Anda lebih mudah dalam membuat denah rumah minimalis idaman Anda sekeluarga.

Ada banyak sekali contoh denah rumah minimalis yang Anda bisa dapatkan di internet. Akan tetapi, apakah denah tersebut sesuai dengan lahan yang Anda miliki?

Luas atau bentuk lahan hanya salah satu faktor saja. Dan tentu saja ada beberapa lagi faktor yang menentukan seperti apa denah rumah Anda.

Oleh karena itu, ada beberapa hal yang harus digunakan untuk bahan pertimbangan sebelum Anda membuat denah rumah idaman Anda.

Pertimbangan Sebelum Membuat Denah Rumah

Banyak orang yang langsung menyerahkan pembuatan denah kepada interior designer. Ini kesalahan besar.

Desainer memang tahu persis bagaimana membuat denah rumah yang bagus dan sesuai dengan bentuk serta luas tanah. Namun, desainer tidak tahu apa yang dibutuhkan oleh penghuninya.

Anda harus ingat bawasannya Anda yang akan menggunakan rumah tersebut. Sekalipun desain rumah minimalisnya sangat bagus sesuai dengan keilmuan arsitektur, jika Anda sebagai penghuni tidak nyaman, percuma saja.

denah-layout-rumah-minimalis-1

Desain Denah/Layout Rumah Bergaya Minimalis – lantaiĀ 1

Oleh sebab itu, Anda harus melakukan beberapa pertimbangan. Salah satunya adalah mengenai kamar. Berapa jumlah kamar tidur yang Anda butuhkan? Jumlah kamar tidur ini biasanya disesuaikan dengan jumlah anggota keluarga Anda.

Akan tetapi, luas serta bentuk lahan juga sangat mempengaruhi berapa jumlah kamar yang bisa dibuat. Oleh karena itu, luas tiap-tiap kamar juga harus dihitung.

Pertimbangan selanjutnya adalah jumlah lantai. Untuk lahan yang sempit, kebanyakan rumah dibuat dengan lebih dari dari satu lantai. Namun, Anda juga harus menghitung berapa biaya yang harus Anda siapkan untuk membuat rumah lebih dari satu lantai.

denah-layout-rumah-minimalis-2

Desain Denah/Layout Rumah Bergaya Minimalis – lantai 2

Yang pasti, denah rumah minimalis lantai lebih dari satu memerlukan perencanaan yang matang, mulai dari letak void, tangga, dan lain sebagainya.

Namun yang tak kalah penting lagi adalah ruang terbuka. Agar rumah nyaman, tentu saja harus ada ruang terbuka, entah di depan, belakang, atau di dalam rumah.

Saat ini yang sedang trend adalah membuat ruang terbuka di bagian dalam rumah. Ruang terbuka ini bisa berupa taman kering atau kolam renang kecil.

Dua Cara Membuat Denah Rumah Idaman

Setiap orang pasti memiliki gambaran tentang rumah idaman, termasuk Anda. Jika Anda sudah memiliki pertimbangan tersebut di atas, setidaknya Anda punya gambaran seperti apa rumah yang Anda inginkan.

Tugas selanjutnya adalah mewujudkan impian tersebut ke dalam sebuah gambar atau denah rumah.

Ada banyak sekali contoh denah rumah minimalis yang bisa Anda tiru. Namun, sayangnya tidak semua contoh tersebut sesuai dengan yang Anda idamkan.

desain-interior-rumah-minimalis

Desain Interior Rumah yang Bergaya Minimalis

Lebih baik Anda membuatnya sendiri dengan memanfaatkan software desain rumah miniamalis online. Bahkan sudah ada software yang bisa digunakan untuk membuat desain rumah 3D. Jadi, hasil desain yang Anda buat sendiri akan terlihat lebih nyata.

Akan tetapi, jika Anda tidak yakin, akan lebih baik jika Anda mendiskusikan rumah idaman Anda dengan konsultan jasa desain rumah minimalis. Mereka yang akan menuangkan ide yang ada dipikiran atau angan-angan Anda ke dalam sebuah gambar berupa denah rumah idaman Anda.

Jika Anda memilih yang kedua, Anda bisa sekaligus menanyakan RAB atau rencana anggaran bangunan. Jadi, Anda tidak hanya mendapatkan denah rumah idaman Anda, tapi juga kisaran biaya yang harus Anda siapkan untuk membangun sebuah hunian sesuai yang Anda inginkan.

Selamat mencoba šŸ™‚

..

architectaria.com |Ā Arsitek, Desain Interior, General Contractor

Untuk Anda yang berada diwilayah JABODETABEK dan membutuhkan jasa arsitek, desain interior dan jasa kontraktor untuk membangun/merenovasi rumah, silahkan menghubungi kami melalui nomor: 081229400888, 087710400888, 021-83836281, atau 0251-8386706 (Bogor).

(Jika Anda menganggap artikel ini bermanfaat, danĀ menikmati membaca artikel-artikel di web ini, Anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika Anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

No Comments Yet.

Leave a Comment