Beberapa Cara Untuk Membuat Ilusi Ruangan Agar Lebih Tinggi

desain-interior-ruangan-yang-terkesan-tinggi-1

Tips desain interior rumah – Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat ilusi ruangan dalam rumah Anda agar nampak lebih tinggi dari yang sebenarnya.

Tampilan ruangan yang nampak lebih tinggi dari yang sesungguhnya tentunya terlihat elegan dan menawan. Interior dengan tampilan yang tinggi tentu saja mampu memberikan perasaan mewah layaknya berada digedung-gedung kuno yang biasanya dirancang dengan atap yang tinggi. Selain itu ruangan dengan atap tinggi mampu membuat tampilan lebih luas dan yang terpenting mampu menyediakan sirkulasi udara yang lebih baik tanpa membuat ruangan terlihat pengap.

Mungkin jika ruangan dirumah Anda tidak terlalu besar, membuat ruangan nampak lebih tinggi dari yang sesungguhnya terdengar mustahil. Tapi, dengan beberapa trik kreatif dengan bermain ilusi, ruangan yang kelihatannya kecil dapat terlihat lebih besar dan tentunya nyaman. Ingin tahu tipsnya? Berikut ini adalah beberapa tips membuat ilusi ruangan lebih tinggi yang harus Anda tahu.

  1. Pasanglah jendela diatas pintu

Memasang jendela diatas pintu tentunya akan membuat ruangan nampak lebih tinggi karena dengan adanya jendela diatas pintu, cahaya dapat menembus jendela dan akhirnya memantul keseluruh ruangan dan hal ini akan membuat ruangan nampak lebih luas.

Memasang jendela diatas pintu juga mampu memberikan tampilan yang artistik apalagi jika bentuknya unik dan klasik. Jangan lupa untuk menyesuaikan warna jendela dengan pintu sehingga keduanya nampak harmonis dan tidak bertabrakan.

  1. Pilihlah rak buku yang bentuknya ramping dan tinggi

Anda mungkin saja berencana untuk membeli furnitur tambahan untuk ruangan rumah Anda. Jika fokus Anda adalah membuat ruangan nampak tinggi dan luas. Memilih rak buku yang ramping dan tinggi pastinya akan membuat ruangan lebih rapi karena semua buku yang tercecer akan tertata rapi di rak buku. Karena ruangan yang nampak kumuh akan membuat ruangan terlihat semakin sempit.

Trik untuk membuat ruangan lebih luas adalah dengan menggantungkan rak buku yang ramping tepat dibawah langit-langit sehingga ketika seseorang masuk kedalam ruangan maka pandangannya akan tertuju keatas yang tentu saja akan membuat ruangan nampak lebih tinggi dari yang sebenarnya.

  1. Gantunglah korden dengan posisi yang tinggi

Menggantungkan korden dengan posisi yang tinggi terbukti mampu memberikan tampilan ruangan yang terlihat lebih luas. Apalagi jika Anda memilih korden dengan motif vertical yang bertumpuk. Tidak hanya korden ruangan biasa, korden kamar mandi yang biasanya terletak di dekat ruang shower tentunya akan semakin menarik jika diberi korden yang digantung dengan posisi yang lebih tinggi.

Jika Anda ingin membuat ilusi ruangan yang lebih tinggi di area ruang tamu, Anda dapat menggantung korden jendela setidaknya berjarak 5-10 cm dari langit-langit rumah.

  1. Buatlah ilusi menggunakan warna pada dinding

Tidak hanya menggantung benda pada posisi yang lebih tinggi, membuat ilusi ruangan agar terlihat lebih tinggi juga dapat dilakukan dengan cara mewarnai dinding dengan warna-warna yang membuat ruangan lebih luas dan tinggi. Caranya adalah dengan menyamarkan batasan antara warna dinding dan langit-langit. Berilah warna yang sama pada pintu, jendela dan langit-langit dan gunakanlah warna cerah yang memiliki tone hampir senada.

Akan sangat baik jika Anda memilih warna yang sangat cerah sehingga ruangan akan lebih nampak luas dan nampak lebih tinggi. Jangan gunakan warna yang terlalu gelap karena akan membuat langit-langit rumah terlihat rendah. Jika lantai rumah Anda berbahan dasar keramik, pilihlah warna yang hampir senada dengan dinding karena dengan melakukan hal ini, ruangan akan terlihat lebih luas dan lega.

Jika Anda tidak ingin warna yang terlalu senada, Anda dapat mengecat dinding dengan warna vertikal yang contrast dengan lantai tapi perbedaan keduanya jangan terlalu mencolok.

desain-interior-ruangan-yang-terkesan-tinggi-2

Desain Interior Ruang Makan dan Dapur yang Terkesan Tinggi

  1. Pencahayaan secara vertikal

Kunci utama membuat ruangan nampak lebih tinggi adalah dengan memberikan pencahayaan secara vertikal yang dapat di pancarkan dari lamou dinding atau scone. Lampu scone yang dipasang secara vertikal di dinding akan semakin membuat penampakan dinding menjadi lebih tinggi ketika lampu di nyalakan. Lampu dinding jenis ini sangat efektif diletakkan pada kamar mandi terlebih jika terdapat sebuah kaca besar yang mampu memantulkan cahaya ke seluruh penjuru kamar mandi.

Agar dinding tidak terlihat begitu hampa cobalah untuk memberikan hiasan dinding pada kamar mandi seperti lukisan dedaunan yang menampakkan keindahan alam yang biasanya sangat sesuai jika dipajang di dinding kamar mandi.

Kelima tips untuk membuat ruangan rumah Anda nampak lebih tinggi tadi dapat Anda terapkan dengan sedikit modifikasi kreasi sesuai dengan imajinasi Anda. Tentunya, tanpa harus merombak ruangan dan memperluas ketersediaan ruangan, trik tadi mampu memberikan ilusi pada mata kita semua tanpa harus mengorbankan dekorasi utama.

Tidak perlu takut dengan biaya yang mahal, karena hal akhir pasti akan sesuai dengan harapan Anda. Apakah Anda siap “mengelabui” anggota keluarga yang lain?

Selamat mencoba 🙂

..

architectaria.com | Arsitek, Desain Interior, General Contractor

Untuk Anda yang berada diwilayah JABODETABEK dan membutuhkan jasa arsitek, desain interior dan jasa kontraktor untuk membangun/merenovasi rumah, silahkan menghubungi kami melalui nomor: 081229400888, 087710400888, 021-83836281, atau 0251-9195383 (Bogor).

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

No Comments Yet.

Leave a Comment