Barang-Barang yang Wajib Diletakkan di Dekat Pintu Utama

pintu utama rumah

Berbagai macam furnitur dan barang baik yang fungsional maupun dekoratif yang harus ditempatkan di dekat pintu utama.

Pintu utama merupakan bagian dari rumah yang pertama kali dilihat oleh orang –orang yang berkunjung ke rumah Anda. Maka, area seputar ini pastinya tak luput dari penglihatan tamu, baik ketika ia masuk atau keluar dari rumah. Sayangnya, daerah sekitar ini biasanya kurang mendapatkan perhatian. Kita cenderung luput memanfaatkan area di sekitar ini untuk diletakkan benda – benda yang fungsional sekaligus dekoratif. Sehingga, kebanyakan area di sekitar ini dibiarkan kosong dan tidak dimanfaatkan. Padahal, sama seperti bagian lain di dalam rumah, bagian ini juga sangat potensial untuk menarik pandangan orang yang berkunjung ke rumah.

Sebelum terlambat, ada baiknya mulai sekarang Anda meletakkan barang – barang yang berguna yang mesti diletakkan di dekat pintu utama. Apa sajakah barang – barang itu? Cari tahu detailnya di bawah ini.

1. Meja atau laci serba guna

Di dekat pintu, biasanya diletakkan laci atau meja kecil yang berfungsi sebagai elemen dekoratif, biasanya untuk menempatkan lampu atau vas bunga. Namun, kita toh bisa memanfaatkan area ini untuk hal – hal yang lebih fungsional. Misalnya dengan menempatkan kotak atau tempat kecil untuk meletakkan kunci kendaraan, kunci rumah, kacamata, sarung tangan, topi, dan benda – benda lain yang berukuran kecil dan dibutuhkan saat kita akan keluar rumah. Sehingga, Anda bisa dengan cepat meraihnya ketika Anda akan bepergian dan membutuhkan barang – barang tersebut.

meja konsol

Meja Konsol dan Cermin

2. Cermin

Ketika kita terburu – buru untuk pergi ke suatu tempat, cermin yang diletakkan di dekat pintu utama ini sangat fungsional untuk membantu kita melihat penampilan diri kita sebelum akhirnya memutuskan untuk pergi keluar menghadiri acara. Untuk itu, sebaiknya cermin digantung di salah satu sisi di dekat pintu utama. Namun bila Anda tergolong orang yang senang menerapkan prinsip Feng shui, Anda bisa meletakkan cermin ini tepat di seberang pintu untuk menangkap aliran energi baik dari luar. Dan jika di dekat pintu terdapat tangga, sebaiknya gantungkan cermin di depan pintu. Hal ini untuk menjaga agar aliran energi baik tetap berada di dalam area ruangan.

3. Gantungan / cantelan

Gantungan atau cantelan yang dipasang di samping maupun tepat di pintu akan sangat membantu kita maupun tamu untuk meletakkan payung, jaket, maupun jas hujan. Dengan begitu, Anda atau tamu Anda bisa langsung meraihnya ketika akan bepergian atau beraktifitas di luar ruangan ketika cuaca tengah hujan atau panas terik. Namun, sebaiknya bukan sembarang gantungan yang Anda beli, melainkan gantungan yang masih memenuhi unsur dekoratif dan artistik. Kemudian, padu – padankan bentuk dan warnanya dengan keseluruhan tema maupun konsep ruangan.

4. Tempat duduk

Melepaskan sepatu atau alas kaki serta mengenakan jaket, kacamata, sarung tangan, dan benda – benda lain akan lebih mudah dilakukan sambil duduk. Untuk itu, disarankan bagi Anda untuk meletakkan bangku kecil di dekat pintu utama, entah di dalam rumah maupun di luar. Tetapi Anda perlu berhati – hati dalam meletakkanya, jangan sampai ujung dari bangku ini mengganggu pergerakan pintu untuk membuka dan menutup.

rak sepatu dan bench

Rak Sepatu dan Bench

5. Rak sepatu

Sepatu atau sandal yang kotor atau basah mestinya perlu dilepas sebelum memasuki rumah. Maka, sediakan rak sepatu di dekat pintu utama sehingga tamu yang ingin berkunjung ke tempat Anda tidak bingung kemana akan meletakkan alas kakinya. Rak sepatu tersebut juga bisa digunakan untuk meletakkan sepatu dan sandal penghuni rumah agar ketika mereka ingin melangkahkan kaki keluar rumah, mereka tidak bingung mencari alas kaki yang tepat. Dengan adanya rak sepatu di dekat pintu, semua alas kaki termasuk sepatu dan sandal bisa tertata rapi dan tidak terlihat berantakan di depan pintu.

6. Keset

Keset merupakan benda yang hampir selalu diletakkan di depan pintu. Hal ini bertujuan agar orang – orang yang bertandang ke rumah bisa membersihkan kakinya terlebih dahulu di keset ini. Keset ini juga berguna bagi tamu maupun penghuni rumah selepas mereka mencuci kaki. Dengan demikian, mereka tidak akan membasahi lantai ketika melangkah dan berjalan ke dalam rumah. Untuk bahannya, pilih keset yang tahan di area lembab, misalnya keset yang terbuat dari bahan karet atau kulit binatang. Selain itu, kini telah terseda banyak keset dengan bentuk yang menarik dan beragam, mulai dari pola polkadot, kotak – kotak, hingga figur kartun. Sehingga, keset ini bisa menjadi salah satu elemen dekoratif yang menarik perhatian.

7. Pot bunga

Kebanyakan barang – barang yang dibahas di atas adalah barang – barang yang cenderung fungsional. Padahal, Anda bisa saja meletakkan benda atau barang yang bertujuan untuk dekorasi semata, misalnya pot bunga. Ya, pot bunga ini bisa diletakkan di dekat pintu, tepatnya di bagian luar. Maka, tamu yang datang berkunjung ke rumah kita akan merasa seperti ‘disambut’ oleh pemandangan dari kumpulan bunga – bunga yang segar yang ada di depan pintu.

Selamat mencoba 🙂

..

Architectaria – Arsitek dan Perencana

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

No Comments Yet.

Leave a Comment