Banyak Nyamuk di Rumah? Cari Tahu Cara Membasminya

nyamuk

Beberapa tempat atau sudut di rumah yang bisa menjadi sarang nyamuk beserta cara mengatasinya.

Musim segera akan berganti. Setelah kemarin kita melewatkan setengah tahun berada dalam musim penghujan, kini saatnya kita bersiap memasuki musim kemarau. Masa – masa pergantian musim ini biasa disebut masa peralihan. Di masa ini, banyak sekali penyakit yang berkembang yang salah satunya disebabkan oleh gigitan nyamuk. Ya, hewan kecil pemakan darah ini mampu menyebarkan berbagai macam penyakit pada manusia; dua di antaranya yakni DBD dan Malaria. Mengingat bahayanya kedua penyakit tersebut, disarankan untuk menjaga lingkungan rumah agar terhindar dari nyamuk.

Untuk mengusir nyamuk, kebanyakan orang menggunakan obat nyamuk kimia atau pestisida. Namun meski sudah disemprotkan beberapa kali, toh kehadiran nyamuk masih saja ditemui di rumah, terlebih bila Anda bertempat tinggal di lingkungan yang lembab, kawasan pedesaan, atau kawasan yang dekat dengan sungai dan sawah. Jika hal ini terjadi, Anda patut curiga dan mencari tahu, jangan – jangan beberapa sudut di rumah Anda menjadi sarang berkembang biak nyamuk. Berikut ini tempat – tempat yang bisa menjadi sarang nyamuk beserta cara mengatasinya. Dengan mengetahui hal ini, Anda turut menjaga keluarga Anda dari bahaya gigitan nyamuk yang bisa mengancam kesehatan Anda dan keluarga.

1. Cek area di bawah kran air

Kran air yang biasa dipasang di halaman luar tentunya memudahkan kita dalam mengambil air ketika kita membutuhkan. Namun sayangnya, kran air ini kerap ditutup dengan tidak sempurna, sehingga mengakibatkan timbulnya tetesan – tetesan yang bisa menciptakan genangan air. Meskipun hanya sedikit, genangan air ini berpotensi menjadi tempat berkembang biaknya nyamuk.

2. Cari tahu apakah ada lubang di tanah di halaman rumah Anda

Di beberapa sudut halaman rumah, sering tanpa kita sadari muncul lubang yang diakibatkan tanah retak atau ambles sedikit. Ketika hujan tiba, air akan mengisi lubang – lubang tersebut dan akan menimbulkan genangan. Akibatnya, genangan tersebut menjadi sarang yang empuk untuk berkembangbiaknya nyamuk.

3. Pastikan tanaman dan rumput terawat dan tidak ada rumput liar yang tumbuh

Mungkin Anda bertanya – tanya, apa hubungannya tanaman dan rumput dengan keberadaan nyamuk di rumah. Faktanya, nyamuk menyukai tinggal di rumput atau tanaman, terutama yang berdaun tipis dan panjang. Bagi nyamuk, tanaman atau rumput tersebut merupakan tempat bersembunyi dari predator. Maka, jaga selalu tanaman dan rumput di halaman atau taman Anda agar selalu terawat dan teropotong dengan rapi. Sebaiknya, potong secara sedikit – sedikit namun sering, dan bukan memotongnya terlalu banyak hingga habis tak bersisa. Terakhir, pastikan juga tidak ada rumput liar yang tumbuh.

4. Buat agar halaman rumah Anda menarik bagi predator nyamuk

Salah satu cara ampuh membasmi nyamuk di rumah adalah dengan menghadirkan predator atau hewan pemangsa nyamuk ke rumah. Namun, Anda tentu ingin tahu, hewan – hewan apa saja yang merupakan predator pemangsa nyamuk?

  • Burung

Beberapa jenis burung dipercaya mampu memangsa atau hanya sekedar mengusir nyamuk, misalnya jenis burung Purple martins. Maka, pastikan agar halaman rumah Anda nyaman dan menarik bagi burung untuk singgah dan memangsa nyamuk.

  • Katak / kodok

Katak merupakan hewan amfibi yang makanan utamanya adalah nyamuk. Karena tergolong hewan yang hidup di dua alam, selain hidup di darat katak juga harus sesekali hidup di perairan, misalnya kolam kecil. Maka, tak salah jika Anda menyediakan sebuah kolam kecil, lalu lepaskan beberapa ekor katak ke dalamnya. Biarkan katak memangsa nyamuk serta larva yang mungkin terbentuk di permukaan kolam. Jika Anda beruntung, di saat – saat tertentu Anda juga bisa mendengarkan suara nyaring dari katak.

  • Cicak

Cicak merupakan hewan yang secara tiba – tiba hadir di dalam ruangan dan kita tak pernah tahu dari mana ia muncul. Cicak membantu kita dalam membasmi nyamuk dengan ketangkasannya dalam menangkap nyamuk yang bersandar di dinding. Maka, Anda mesti turut berterimakasih dengan adanya cicak yang membantu membasmi nyamuk.

  • Ikan – ikan kecil

Beberapa jenis ikan kecil (misalnya ikan cupang) mampu memangsa nyamuk dan larva. Maka, tak ada salahnya jika Anda memelihara ikan ini pada kolam atau aquarium di rumah Anda. Di beberapa tempat bahkan orang – orang kerap memasukkan ikan – ikan ini dalam bak mandi atau bak penampungan air mereka, berharap agar ikan memangsa jentik – jentik nyamuk di tempat tersebut.

sarang-nyamuk

Genangan Air Sebagai Sarang Naymuk

5. Selalu kuras bak mandi, aquarium, dan bak penampungan air secara reguler

Bak mandi, aquarium dan bak penampungan air merupakan lahan yang empuk bagi berkembang biaknya jentik – jentik nyamuk. Untuk mengatasinya, kuras bak tersebut 1 atau 2 kali seminggu, kemudian ganti airnya dengan air yang baru.

6. Tanam tanaman yang mampu mengusir nyamuk

Beberapa tanaman ampuh mengusir nyamuk. Hal ini karena bau menyengat yang dikandungnya tidak disukai nyamuk, sehingga nyamuk enggan mendekat. Beberapa tanamanan itu misalnya Citronella, Catnip dan Lemon. Mengenai tanaman apa saja yang ampuh mengusir nyamuk dan cara menanamnya, akan dijelaskan dalam edisi artikel berikutnya. Jadi, tetap ikuti ya!

Selamat mencoba 🙂

..

architectaria.com | Arsitek, Desain Interior, General Contractor

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

1 Comment

  1. Anonymous

    Gabisa kliatan begron cerah tulisan putih

Leave a Comment