Bagaimana Merenovasi Kamar Mandi Agar Tidak Terlalu Mahal

desain-renovasi-kamar-mandi-1

Tips desain interior kamar mandi – Informasi mengenai tips renovasi kamar mandi yang kadang dapat menghabiskan dana yang besar.

Renovasi kamar mandi terkadang membuat para pemilik rumah merasa stress karena prosesnya yang panjang dan juga biaya yang tidak sedikit untuk dikeluarkan. Namun jika renovasi kamar mandi dilakukan dengan hati-hati dan penuh dengan perhitungan, tentu saja hasil akhir yang Anda impikan dapat terwujud. Merenovasi kamar mandi tentunya bertujuan khusus untuk meningkatkan nilai investasi bagi rumah Anda.

Karena dengan kamar mandi yang tampak indah, nilai jual rumah Anda akan semakin meningkat. Renovasi tidak harus dilakukan dengan biaya yang sangat mahal, karena terdapat beberapa cara untuk menghindari biaya renovasi yang berlebihan. Ingin tahu bagaimana caranya? Berikut ini adalah beberapa tips untuk menghindari biaya berlebihan dalam renovasi kamar mandi.

  1. Terlalu terburu-buru dalam pengerjaan renovasi kamar mandi

Hal yang terpenting agar proses renovasi dapat berjalan dengan lancer adalah dengan perencanaan matang yang tidak terburu-buru. Memaksa agar proyek renovasi kamar mandi dipercepat akan membuat biaya semakin tinggi karena Anda tidak memperhitungkan biaya dengan teliti. Apalagi jika Anda menyewa jasa kontraktor, tentu jika Anda ingin segera menyelesaikan kamar mandi dengan cepat, pasti kontraktor akan memberikan tarif yang mahal.

Tidak hanya itu, bahan atau material yang digunakan untuk renovasi kamar mandi pun cenderung dipilih secara sembarangan dan tentunya hal ini tidak baik karena kemungkinan kerusakan dalam waktu dekat dapat terjadi.  Untuk itu, lakukan perencanaan yang matang agar proses renovasi berjalan lancar dan tentunya biaya yang dikeluarkan tidak akan terlalu menguras tabungan Anda.

  1. Mencari tukang dengan tarif murah

Ketika merenovasi kamar mandi, kebanyakan pemilik rumah berfikir untuk mencari tenaga tukang dengan biaya yang terjangkau sehingga mereka dapat menghemat biaya dalam proses renovasi. Pemikiran seperti ini sesungguhnya tidak tepat karena biasanya tukang dengan tarif rendah kurang berpengalaman. Untuk membuat proses renovasi kamar mandi berjalan dengan baik, alangkah lebih baik jika Anda menyewa seorang tukang yang professional. Mungkin tarifnya akan sedikit lebih mahal akan tetapi semua itu akan terbayar dengan hasil akhir renovasi kamar mandi yang menakjubkan.

Contoh terburuk ketika Anda memilih tukang dengan pengalaman minim adalah ketika pemasangan keramik pada lantai. Keramik yang Anda beli dengan harga yang mahal akan terlihat buruk ketika dipasang oleh seorang tukang yang kurang berpengalaman. Tentu saja area lantai merupakan salah satu komponen penting dalam interior rumah Anda, untuk itu, memanggil seorang tukang profesional merupakan hal terbaik yang bisa dilakukan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

  1. Memilih menggunakan material yang murah

Ketika merenovasi kamar mandi, menggunakan material yang murah terkadang menjadi pilihan untuk menghemat anggaran. Dengan harga yang murah, biasanya kualitas material kurang begitu baik dan hal ini tentu saja tidak cocok digunakan dikamar mandi. Kamar mandi digunakan setiap hari mulai dari toilet, bak mandi, wastafel yang tentu saja kesemuanya harus dibuat dari bahan-bahan pilihan terbaik agar bisa bertahan lama.

Jika Anda tidak tahu material apa saja yang paling baik digunakan pada kamar mandi, konsultasikan hal-hal tersebut bersama kontraktor Anda.

desain-renovasi-kamar-mandi-2

Renovasi dan Desain Interior Kamar Mandi

  1. Hanya berpikir jangka pendek

Mungkin Anda tidak berencana tinggal di rumah yang direnovasi dalam waktu yang lama, akan tetapi menginvestasikan renovasi kamar mandi dengan pemilihan material yang baik tentu saja dapat meningkatkan nilai dari rumah tersendiri. Sehingga amat sangat penting untuk memperhatikan kualitas elemen kamar mandi seperti meja rias di kamar mandi, toilet dan bak mandi.

Jangan lupa bahwa ke semua elemen tersebut harus di desain senyaman mungkin agar penghuni rumah dapat menggunakan kamar mandi dengan penuh rasa nyaman.

  1. Mengabaiakan fungi ventilasi

Buruknya kualitas ventilasi udara akan membuat ruang kamar mandi mejadi panas dan lembab ketika Anda selesai mandi. Apalagi jika tidak terdapa ventilasi pada kamar mandi Anda, maka kamar mandi akan ditumbuhi jamur dan yang lebih parah lagi lumut yang tentu saja membuat tampilan kamar mandi terlihat kotor.

Untuk itu, kamar mandi harus memiliki sistem ventilasi yang baik agar udara dapat keluar masuk dengan lancar dan hal ini tentu saja akan membuat udara lebih segar.

  1. Memaksanakan untuk mengganti seluruh komponen kamar mandi

Terkadang para pemilik rumah berfikir bahwa renovasi berarti mengganti semua komponen kamar mandi yang lama menjadi baru. Terkadang hal ini justru terlihat memaksa karena tidak semua komponen di kamar mandi harus diganti jika masih berfungsi dengan baik. Mislanya, Anda ingin mengganti bak mandi lama dengan yang baru yang sebenarnya tidak terlalu diperlukan. Hal ini akan memperlama proses renovasi karena Anda harus membongkar pipa yang sudah terpasang dan kemudian menggantinya.

Tentu Anda harus membongkar dinding dan bahkan lantai yang seharusnya tidak perlu dilakukan. Untuk itu, tentukan komponen apa saja yang memang perlu diganti supaya budget Anda tidak terlalu besar.

Selamat mencoba 🙂

..

architectaria.com | Arsitek, Desain Interior, General Contractor

Untuk Anda yang berada diwilayah JABODETABEK dan membutuhkan jasa arsitek, desain interior dan jasa kontraktor untuk membangun/merenovasi rumah, silahkan menghubungi kami melalui nomor: 081229400888, 087710400888, 021-83836281, atau 0251-9195383 (Bogor).

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

No Comments Yet.

Leave a Comment