Bagaimana Menyimpan Perhiasan Dengan Aman di Rumah?

tempat penyimpanan perhiasan_1

Tips dalam meletakkan dan menyimpan perhiasan di rumah serta jenis dan cara yang baik dalam menjaga agar perhiasan tetap aman.

Bagi kaum wanita, perhiasan merupakan hal yang sangat lekat dengan dirinya. Terlebih jika koleksi perhiasan tersebut tergolong memiliki harga selangit. Ia akan menjaga perhiasan tersebut di tempat yang aman dan tepat guna menjaga agar perhiasan tersebut tetap awet. Namun dengan banyaknya koleksi perhiasan yang dimiliki, banyak wanita yang bingung bagaimana menyimpannya dengan benar. Sebab, jika salah dalam menyimpan dan meletakan perhiasan tersebut, bisa dipastikan perhiasan akan tercecer dan sulit dicari ketika dibutuhkan. Yang paling parah, perhiasan tersebut bisa saja rusak atau berkarat.

Untuk itu, dibutuhkan tempat penyimpanan perhiasan yang kuat, awet, terorganisir dengan rapi, dan terjaga kelembabanya. Selain itu, tempat perhiasan juga mesti dilengkapi dengan sistem pengaman untuk menghindari pencurian. Sistem pengaman ini bisa berupa kunci dengan gembok atau kunci dengan kode tertentu.

Jenis tempat penyimpanan perhiasan yang baik

Agar perhiasan terjaga keamanannya serta mudah dijangkau ketika dibutuhkan, beberapa jenis tempat perhiasan ini patut diperhatikan. Ada yang sifatnya aman dan tertutup, namun ada yang sifatnya terbuka dan mudah dijangkau. Semua disesuaikan dengan penggunaan dan jenis perhiasan yang tersimpan di dalamnya.

  • Mounted box

Mounted box biasanya terpasang di dinding. Di dalamnya, terdapat kotak – kotak kecil yang disusun berjenjang dan saling terkait. Anda bisa mengkategorikan perhiasan Anda dan meletakkannya pada kotak – kotak kecil tersebut. Agar terlihat lebih cantik, pilih jenis decorative cardboard box. Jenis boks ini cocok untuk menampung perhiasan berukuran kecil, seperti cincin, bros, pin, dan anting. Kebanyakan perhiasan yang disimpan disini adalah perhiasan dengan harga yang relatif mahal.

  • Grid

Tempat perhiasan model Grid atau kisi – kisi cocok untuk menyimpan perhiasan berbentuk bulat, misalnya cincin dan anting. Perhiasan tersebut akan diinsetkan ke dalam lubang yang ada dan bisa dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan. Jenis tempat penyimpan perhiasan ini cocok untuk meletakkan perhiasan yang kerap dipakai dengan harga yang tidak terlalu mahal.

  • Branches

Tempat perhiasan dengan model branches dengan tangkai yang bercabang ini bisa digunakan untuk meletakkan perhiasan apa saja, terutama yang berukuran kecil hingga sedang, misalnya gelang, cincin, dan anting. Perhiasan disimpan dengan cara dicantelkan pada cabang – cabangnya. Tidak semua jenis perhiasan cocok diletakkan di sini. Di samping itu, tempat perhiasan ini memiliki tingkat pengamanan yang relatif rendah. Jenis penyimpan perhiasan ini lebih cocok digunakan untuk menyimpan dan meletakkan perhiasan yang kerap dikenakan sehari – hari dan bukan terbuat dari material yang mahal, misalnya terbuat dari manik – manik, perak, plastik, atau besi.

tempat penyimpanan perhiasan_2

Desain Furniture Untuk Penyimpanan Perhiasan

Cara meletakkan, menyimpan dan merawat perhiasan dengan baik

Khusus untuk perhiasan – perhiasan tertentu, terutama yang memiliki harga selangit, pastinya Anda tak ingin membiarkannya tercecer hingga hilang dan sulit ditemukan. Untuk itu, diperlukan tata cara penyimpanan perhiasan yang baik dan benar, misalnya:

  • Pisahkan perhiasan berdasarkan fungsi, warna, atau materialnya

Pemisahan perhiasan berdasarkan kategori tertentu mutlak diperlukan. Hal ini guna menjaga keawetan perhiasan tersebut, karena terkadang material tertentu pada perhiasan tidak bisa dicampur dengan material lain. Pemisahan perhiasan bisa juga didasarkan pada fungsinya. Hal ini tentu mempermudah Anda dalam menyasar jenis perhiasan tertentu yang ingin Anda kenakan. Di samping fungsi, Anda bisa mempertimbangkan kategori perhiasan berdasarkan warnya. Dengan demikian, Anda akan lebih mudah memilih jenis perhiasan mana yang memiliki warna matched dengan warna pakaian yang Anda kenakan.

  • Beri pelumas pada permukaan perhiasan sesekali

Di saat – saat tertentu, ada baiknya Anda membersihkan perhiasan Anda untuk menjaga keawetan dan kilaunya. Hal ini mutlak dilakukan, khususnya pada perhiasan berbahan emas, perak, atau logam mulia lainnya. Anda bisa menggunakan baby oil dan mengoleskannya dengan cotton bud ke permukaan perhiasan secara perlahan.

  • Perhiasan yang memiliki tingkat prestis yang tinggi kadang butuh tempat penyimpanan khusus

Perhiasan yang memiliki harga selangit dan dengan tingkat prestis yang tinggi kadang membutuhkan tempat atau kotak khusus. Perhiasan seperti cincin berlian tentunya tidak bisa disatukan dengan perhiasan lain berbahan perak atau manik – manik. Bahkan, kadang diperlukan kotak khusus dengan inner dari kain beludru untuk menyimpan satu jenis perhiasan. Salah satu jenis perhiasan yang mesti diperlakukan dengan cara tersebut adalah kalung mutiara.

  • Susun tempat penyimpanannya berdasarkan intensitas pemakaian

Tidak semua perhiasan dipakai setiap hari bukan? Ada perhiasan tertentu yang hanya dipakai sehari – hari secara kasual, ada perhiasan yang khusus dikenakan saat bekerja, namun ada juga perhiasan yang hanya dikenakan saat pesta atau acara – acara formal yang menuntut penampilan optimal. Agar memudahkan Anda dalam mengaksesnya, susun tempat penyimpanan perhiasan sesuai dengan intensitas pemakaian. Perhiasan yang paling sering dikenakan mesti ditempatkan di tempat yang paling dekat dan paling mudah dijangkau. Sementara perhiasan yang mahal dan jarang dikenakan mesti ditempatkan di area yang tertutup rapat dan cukup sulit dijangkau.

Selamat mencoba 🙂

..

architectaria.com | Arsitek, Desain Interior, General Contractor

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

1 Comment

  1. boleh nih tipsnya bagus banget

Leave a Comment