Bagaimana Mengatur Kamar Tidur Anda

Cara Anda mengatur kamar tidur dan furniture didalamnya dapat merubah nuansa didalam ruangan tersebut.

Menata kamar tidur dan furniture yang ada didalamnya bisa menjadi sebuah tantangan untuk dilakukan, tantangan tersebut akan semakin menarik jika anda harus menata berbagai furniture berukuran besar didalam kamar tidur yang berukuran kecil. Idealnya kamar tidur adalah tempat paling privat didalam rumah dan mungkin cenderung sakral bagi orang lain, karena sifatnya yang privat dan cenderung sakral maka kamar tidur tersebut harus ditata dan diatur sedemikian rupa. Kamar tidur seharusnya memunculkan aliran alami dan memberi kesan mendalam, menghasilkan suasana seperti oase yang menenangkan buat anda beristirahat diakhir pekan. Pada waktu dimana anda tidak keluar rumah untuk pergi bekerja atau beraktifitas, pastinya banyak dari anda yang hanya ingin menghabiskan waktu dikamar tidur, bermalas-malasan sambil membaca buku/majalah atau menonton TV.

Sekarang lihat dan cermati kamar tidur anda, apakah sudah memberikan kesan yang demikian? Saya harap jawabannya, Ya! Bagi anda yang memiliki kamar tidur dengan kondisi dan suasana yang biasa-biasa saja, jangan berkecil hati. Anda mengunjungi website ini untuk mendapatkan berbagai tips yang bermanfaat, dan pada artikel kali ini kita akan membahas tentang bagaimana menata kamar tidur dan furniture yang ada didalamnya untuk mendapatkan kamar tidur dengan suasana seperti yang sudah saya ilustrasikan diatas.

Berikut ini adalah beberapa langkah yang harus dilakukan untuk menata ulang dan mendapatkan suasana kamar tidur yang menyenangkan..

Pertama; Menata tempat tidur. Ada banyak perabot atau furniture didalam setiap kamar tidur, meja rias, wardrobe, TV display, dsb.. Tapi kita tentu setuju bahwa tempat tidur merupakan focal point didalam kamar tidur tersebut. Coba letakkan tempat tidur diantara dua buah jendela, jika hanya ada satu jendela maka letakkan kamar tidur anda dibawah bidang jendela. Setelah mendapatkan posisi tempat tidur, selanjutnya anda bisa meletakkan furniture lain yang ukurannya lebih kecil berdasarkan kebiasaan anda didalam kamar.

Kedua; Menambahkan bed tables atau nakas. Apakah anda pribadi yang sibuk atau sangat suka membaca? Bed tables atau yang biasa disebut nakas biasanya ditambahkan disebelah kanan dan kiri tempat tidur. Fungsi nakas bisa berbagai macam, selain memberi kesan seimbang pada tempat tidur, anda bisa mendesain nakas dengan rak untuk meletakkan buku bacaan anda dan membacanya menjelang tidur. Anda juga bisa meletakkan laptop/notebook, jam, telfon atau desk/task lamp diatasnya.

Ketiga; Meletakkan meja rias didekat lemari pakaian. Pengaturan antara meja rias dan lemari pakaian ini bertujuan untuk memudahkan anda beraktifitas dipagi hari. Sangat memudahkan melakukan kegiatan mandi, berhias dan memilih pakaian sebelum berangkat kerja. Penempatan meja rias dan lemari yang berdekatan memudahkan anda melakukan aktifitas tersebut tanpa harus membuang banyak waktu.

Keempat; Menyeimbangkan komposisi furniture dalam ruangan. Cobalah berjalan atau setidaknya amati kamar tidur anda, berdirilah didepan pintu kamar anda kemudian perhatikan antara sisi kiri dan kanan ruangan tersebut. Maksud pengamatan ini untuk menjaga agar penempatan furniture didalam ruangan seimbang, tidak berat sebelah.. Penuh disatu bagian sementara kurang dibagian yang lain. Untuk kamar tidur anda sebaiknya tidak perlu memasukkan terlalu banyak furniture, gunakan furniture seperlunya saja. Gunakan furniture multifungsi agar space kamar tidur anda tetap lega.

Kelima; Aksen. Menambahkan aksen didalam kamar tidur anda akan membuat ada sesuatu yang menonjol didalam ruangan tersebut. Menonjol tapi tidak boleh kontradiktif, aksesn tersebut harus tetap menyatu dengan apapun (tema, warna, atau furniture) yang ada didalam ruangan. Bentuk akses yang bisa ditambahkan biasanya berupa; art painting diatas headboard, decorative pillow, kaligrafi, dsb. Selain itu anda juga bisa menambahkan aksesoris yang juga fungsional, seperti; decorative hanging lamp, atau root floor lamp, candle holder+aroma therapy, dsb.

Demikianlah beberapa tips yang bisa anda terapkan didalam kamar tidur anda, tidak harus menjadi seorang arsitek atau desainer interior untuk mendapatkan kamar tidur yang nyaman dan menenangkan. Selamat berakhir pekan..

..

Architectaria – Arsitek dan Perencana

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

8 Comments

  1. indah

    Dear Admin,

    Saya mau minta saran tentang desain kamar tidur saya. Tapi bingung mau mulai dari mana, kalau saya kirim foto kamar saya beserta ukuran, kira2 bisa bantu nggak untuk memberikan masukan bagaimana cara menatanya? Terima kasih sebelumnya

    • Dear Indah,

      Menata kamar/ruangan berukuran kecil sebenanrnya simple aja, berikut beberapa tips yg bisa anda coba:

      - gunakan cat watna netral atau warna light (putih, light blue, light grey, etc). Krn warna2 netral atau warna light memberi kesan luas pada ruangan/kamar.
      - furniture kompak dan multifungsi sehingga anda tidak perlu menggunakan banyak furniture didalam kamar..
      - gunakan bidang dinding untuk dijadikan rak buku, menyimpan pajangan, dan tv display. biasanya kita sebut wall mounted tv stand dan wall mounted bookcase (ambalan).
      - gunakan cermin, terutama didepan bidang jendela untuk memberi kesan luas.
      - buat geometric shape dengan pola garis horizontal untuk memberi ilusi luas pada kamar.
      - jangan terlalu banyak sekat/partisi. gunakan partisi ringan dan jika mungkin manfaatkan partisi juga sebagai rak penyimpanan atau bookcase (multifungsi).

      Demikian bbrp tips yang bisa anda terapkan pada kamar anda, semoga kamar anda jadi lebih lapang dan nyaman.

      Regards,

      Architectaria

  2. Ayu

    Dear Admin,

    Saya minta saran tentang desain kamar tidur saya, ukurannya kecil 3.5 x 3 m, kamar tidur saya letaknya di belakang dan ada lebih tanah 2.5 x 3.5 m yang dulu saya tutup untuk tempat lemari-lemari , tapi lama kelamaan kayaknya kamae saya kok sumpeg tidak ada ventilasi, nah sekarang ini saya ingin memindahkan kamar mandi saya ke area belakang tempat saya menyimpan lemari-lemari dengan ukuran 1/2 ruangan dan yang 1/2 ruangan lagi saya ingin buka kembali untuk taman belakang sekaligus biar kamar saya ada jendelanya. mohon saran bagaimana sebaiknya

  3. @Andy,

    Ada banyak sekali tips diweblog ini yang membahas tentang pengaturan kamar atau ruangan berukuran mungil. Silahkan anda browse arsip-arsip kami. Selamat membaca..

    Regards,

    Aria

  4. Try

    Wah sip banget. . . bisa jadi inspirasi. . .

  5. Oliva

    wow.. that’s cool site! love it

  6. miswan datau

    kamar saya ada 2 pintu. 1 pintu terhubung ke teras rumah dan 1 pintu terhubung ke ruang tamu.sya mohon penjelasannya bagaimana mengatur kamar seperti itu.da saya punya barang antaralain : kulkas, tv 29 inchi, lemari 3 pintu dan 2 pintu,lemari kecil dan ranjang besar (160 x 200)

Leave a Comment