9 Cara Menata dan Mendesain Interior Kamar Tidur yang Nyaman

desain interior kamar tidur nyaman_1

9 cara dan langkah yang bisa ditempuh untuk mendesain interior kamar tidur Anda agar kamar tidur menjadi nyaman dan membuat Anda bisa tidur dengan nyenyak.

Masalah kesulitan tidur banyak dihadapi orang – orang, terutama yang tinggal di kota besar. Stres karena tekanan pekerjaan atau studi terkadang bisa memicu hal ini. Atau, mungkin saja masalah kesulitan tidur ini berasal dari desain dan tata letak kamar tidur yang kurang nyaman dan tak sesuai dengan kebutuhan mereka. Akibatnya, mereka tidak bisa tidur dengan nyenyak dan kerap terbangun di tengah malah. Jika memang desain dan dekorasi ruangan tidur salah satu penyebabnya, maka Anda mesti mengubahnya dari sekarang.

Desain interior kamar tidur sangat bervariasi, mulai dari desain modern, minimalis, klasik, kontemporer, retro, feminim, hingga sporty. Namun di antara desain – desain kamar tidur tersebut, apakah semuanya menyajikan tingkat kenyamanan yang sama? Tentu, semua tergantung dari selera Anda. Yang pasti, meskipun semua dekorasi tersebut memiliki karakter yang berbeda, masing – masing desain tersebut mesti menyajikan sebuah area yang nyaman untuk bersitirahat.

Hal ini bisa disisasati dengan menambah atau mengganti beberapa elemen yang mampu menciptakan nuansa hangat, nyaman, dan bersahaja, misal dengan menghadirkan material linen, memberikan aromaterapi, atau memilih warna cat dasar yang lembut. Terakhir, jangan lupa memasang pencahayaan dengan intensitas cahaya yang lembut dan tidak terlalu terang.

Aksesoris dan peralatan yang diperlukan:

– Cat interior dengan warna yang lembut nan hangat
– Comforter
– Selimut / bed cover dengan tema senada
– Wall sconces
– Lampu aksen
– Lilin
– Aromaterapi
– Kumpulan foto keluarga dalam pigura
– Aksesoris / pajangan
– Karpet
– Bantal sutra/ beludru, chenille atau felt
– Fitur air
– AC

Langkah – langkah dalam menciptakan desain kamar tidur yang nyaman:

1. Pilih cat dengan warna natural, hangat, dan membumi

Agar kamar tidur terasa nyaman ditempati, ciptakan nuansa nyaman nan bersahaja melalui pemilihan warna – warna natural, hangat, dan membumi agar bisa mengatur mood kita menjadi lebih baik. Anda bisa memilih warna – warna seperti kuning muda, oranye, krem, cokelat, putih gading, dan hijau muda. Jika ingin sentuhan warna yang berbeda namun tetap hangat dan bersahaja, Anda bisa menggunakan warna cranberry reds, karena warna ini tak hanya memberi kesan nyaman, tapi juga kekeluargaan.

2. Pilih material kain yang nyaman

Agar kamar terasa nyaman ketika kita berada di dalamnya, cobalah hadirkan material kain yang memberi kesan halus, hangat, dan nyaman misalnya kain linen, comforter , kain beludru, hingga selimut atau bed cover di atas tempat tidur. Yang pasti, penempatan elemen – elemen ini harus terpadu dan menyebar ke semua sudut ruangan, bukan hanya di satu sisinya saja.

3. Pilih pencahayaan yang hangat dan lembut dan tidak terlalu terang

Pencahayaan yang baik untuk kamar tidur sebaiknya dipilih yang intensitas cahayannya tidak terlalu terang, dengan warna kuning lembut dan mampu menyebar ke segala arah, bukan hanya terfokus pada satu area saja. Anda bisa menggunakan wall sconces dengan dimmer yang bisa diatur tingkat nyalanya, mulai dari yang paling terang hingga yang paling redup. Sebagai aksen, Anda bisa menambahkan lilin agar tercipta nuansa yang tenang dan bersahaja.

4. Tambahkan wewangian / aromaterapi

Wewangian tertentu dipercaya bisa membuat tidur lebih mudah dan lebih nyenyak. Wangi seperti lavender, lili, melati, atau wangi buah – buahan tertentu yang ditempatkan di ruang tidur bisa juga membuat kita mudah terlelap. Maka, tak ada salahnya menghadirkan wewangian / aromaterapi di kamar.

5. Hadirkan aksesoris dan pajangan yang Anda sukai

Tidak ada hal lain yang lebih menyenangkan selain menghadirkan benda yang kita sukai ke dalam kamar tidur. Anda bisa menghadirkan akseoris spesial, misalnya cenderamata, boneka, action figures, hingga foto – foto keluarga yang dibingkai dalam pigura. Anda bisa menempatkan aksesoris ini di meja atau menggantungnya di dinding.

desain interior kamar tidur nyaman_2

Desain Interior Kamar Tidur yang Nyaman – view 2

6. Buat lantai nampak nyaman

Lantai dalam ruangan juga menjadi faktor yang penting untuk dipertimbangkan. Agar tercipta kesan nyaman, tambahkan karpet di atas lantai. Karpet identik dengan kesan halus dan hangat, sehingga kita bisa merasa nyaman dalam menginjakkan kaki di atasnya.

7. Instal AC atau termostat

Jika Anda menyukai hawa dingin nan sejuk, Anda bisa mengatur untuk menempatkan AC dengan dingin yang diatur. Tapi jika Anda lebih menyukai ruangan yang hangat, Anda bisa memilih termostat.

8. Tempatkan bantal – bantal nan halus dan lembut di sudut ruangan

Bantal – bantal ini tak hanya digunakan tat kala kita berbaring di tempat tidur, tapi juga bisa digunakan sebagai pajangan atau sebagai fitur tambahan pada sofa agar kita merasa lebih nyaman duduk di sofa. Namun, pastinya bantal yang dipilih cukup nyaman, misal dari bahan beludru. Anda bisa memilih bentuk bantal yang lucu yang disesuaikan dengan figur kesukaan Anda.

9. Hadirkan fitur air

Beberapa orang akan merasa nyaman ketika mendengarkan bunyi gemericik air. Bunyi – bunyian ini bisa menenangkan pikiran hingga membuat kita bisa tidur dengan tenang dan nyenyak. Maka, Anda bisa menempatkan fitur air seperti aquarium, air terjun artifisial, atau tabletop water fountain sebagai sentuhan final untuk menciptakan kamar yang nyaman dihuni.

Selamat mencoba 🙂

..

architectaria.com | Arsitek, Desain Interior, General Contractor

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

No Comments Yet.

Leave a Comment