8 Bahan Alami Penghilang Bau Cat yang Menyengat

cat tembok rumahBeberapa cara mudah untuk menghilangkan bau cat yang menyengat dengan bahan alami yang bisa ditemui sehari – hari.

Menginginkan tampilan ruangan yang baru tentu idaman bagi setiap orang. Cara yang paling banyak ditempuh untuk mewujudkan hal ini yakni dengan mengecat ulang ruangan dengan warna yang baru agar mampu membawa nuansa baru ke dalam ruangan. Namun, setelah mengecat ruangan, masalah bau cat yang menyengat tentu sedikit mengganggu kenyaman penghuninya.

Bau cat yang menyengat ini tidak mudah hilang, kadang dibutuhkan waktu berjam – jam bahkan satu hari penuh agar bau cat benar – benar hilang. Bau yang menyengat yang ditimbulkan oleh cat yang masih baru bisa membawa dampak buruk bagi kesehatan, salah satunya bisa menyebabkan seseorang menderita pusing, mual, hingga muntah.

Ada beberapa cara mudah untuk menghilangkan bau cat yang menyengat. Dengan menggunakan bahan – bahan alami berikut ini, niscaya bau cat yang masih basah pada ruangan dapat berkurang hingga hilang sama sekali.

1. Cuka

Letakkan semangkuk cuka di tengah – tengah ruangan paska dicat. Jika bagian yang Anda cat hanya satu sisi dinding saja, maka tempatkan semangkuk cuka ini tak jauh dari dinding tersebut. Tempatkan cuka ini selama 24 jam penuh. Setelah didiamkan selama seharian, bau cat kemungkinan akan berkurang karena terserap oleh cairan cuka. Namun,  bisa saja bau cuka yang ganti mengisi seluruh ruangan. Namun Anda mesti tenang, sebab bau dari aroma cuka relatif lebih mudah dihilangkan. Cukup buka jendela, pintu, dan ventilasi udara selebar mungkin agar aroma cuka cepat menghilang.

2. Bawang merah

Bawang merah merupakan bahan alami ampuh menghilangkan bau cat. Cara menggunakannya cukup mudah, yakni dengan mengiris – iris bawang merah kecil – kecil. Masukkan irisan bawang merah ini ke dalam mangkuk berisi air. Kemudian, letakkan mangkuk ini di ruangan yang telah selesai dicat. Letakkan di ruangan tersebut semalaman, dan di pagi hari, niscaya aroma cat akan berkurang atau menghilang. Aroma bawang merah disebut – sebut sanggup menyerap aroma bahan kimia menyengat yang ditimbulkan cat. Kadang, aroma bawang ini akan tertinggal pada ruangan. Cara menghilangkan aroma bawang ini dengan membuka pintu dan jendela selebar – lebarnya sembari menyalakan kipas angin. Maka, aroma bawang akan segera menghilang.

3. Baking soda

Baking soda memiliki fungsi yang hampir sama dengan cuka, yakni mampu menyerap bau cat. Letakkan semangkuk air yang dicampur baking soda seharian. Aroma baking soda yang netral kemungkinan besar tidak akan meninggalkan bau setelahnya.

4. Charcoal (arang kayu)

Arang merupakan bahan yang tak hanya ampuh menyerap bau menyengat yang timbul dalam cat. Lebih dari itu, arang mampu  menyerap racun dan zat – zat kimia yang terkandung pada cat. Cara mengaplikasikannya yakni dengan meletakkan arang dalam keranjang bersamaan dengan handuk basah. Biarkan hal ini berlangsung semalaman hingga aroma cat benar – benar hilang.

5. Campuran ekstrak vanila dan pepermint

Aroma vanila yang manis dan lembut juga terbukti ampuh menyerap bau menyengat dari cat. Caranya cukup mudah, yakni dengan menambahkan dua sendok makan ekstrak vanila pada seember air, kemudian letakkan di tempat yang baru saja selesai di cat. Jika Anda menginginkan kombinasi aroma yang lebih segar, Anda bisa juga menambahkan pepermint pada campuran air dengan ekstrak vanila tersebut. Campuran ekstrak vanila dan pepermint ini juga bisa langsung ditambahkan pada cat yang akan digunakan untuk mengecat ruangan. Sehingga, setelah cat itu diaplikasikan pada dinding, cat tidak akan mengeluarkan aroma bahan kimia yang menyengat. Justru, wangi vanila dan kesegaran pepermint yang akan tercium.

6. Apel

Beberapa orang menyebutkan bahwa buah apel juga mampu menyerap aroma menyengat yang ditimbulkan oleh cat yang baru. Caranya yakni dengan memotong buah apel menjadi beberapa bagian (seperempat atau seperenam), kemudian letakkan secara berjajar pada piring. Posisikan piring tersebut tak jauh dari dinding yang baru saja dicat. Otomatis, aroma cat yang menyengat akan terserap dengan baik.

7. Lemon

Lemon memiliki aroma khas yang segar, sehingga bisa turut menyerap bau menyengat dari cat dan menggantinya dengan aroma segar hingga ke seluruh sudut ruangan. Peras satu buah lemon dan campurkan dengan satu baskom air. Tempatkan di pusat ruangan yang baru saja dicat.

8. Kopi

Bubuk kopi disebut – sebut mampu menyerap bau menyengat dari cat, terutama cat minyak (cat dengan bahan pelarutnya minyak). Caranya dengan menempatkan semangkuk bubuk kopi dan letakkan di bagian yang baru saja dicat dengan cat minyak. Bubuk kopi mampu menyerap aroma cat minyak yang menyengat. Pastikan ruangan dalam keadaan terbuka, dengan jendela, ventilasi udara, dan pintu yang terbuka lebar agar aroma cat minyak segera menghilang.

Tips:

  • Sebelum memilih dan membeli cat, pastikan Anda memilih merk cat dengan kadar volatile organic compounds (voc) yang rendah. Kandungan voc lah yang membuat cat memiliki aroma yang menyengat. Voc cukup berbahaya bagi kesehatan, karena bisa mengakibatkan gangguan paru – paru dan sistem pernafasan. Dengan memilih cat berkadar voc rendah, niscaya aroma yang ditimbulkan tidak akan terlalu menyengat.

Selamat mencoba 🙂

..

architectaria.com | Arsitek, Desain Interior, General Contractor

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

1 Comment

  1. thanks gan infonya sangat membantu.

Leave a Comment