7 Langkah Hemat untuk Mendekorasi Ulang Ruangan Dengan Budget Minimum

Cara-cara sederhana, mudah, dan murah untuk mendekorasi ulang ruangan dan membuat tampilan ruangan menjadi baru tanpa menguras kantong.

Mendekorasi ulang sebuah ruangan memang membutuhkan dana yang cukup besar, Terlebih bila kita ingin membuat perubahan besar pada ruangan tersebut. Tapi, taukah Anda bahwa dana bukanlah satu-satunya hal yang penting tatkala Anda ingin mendekorasi rumah? Ya, terkadang dengan dana yang terbatas, kita justru lebih kreatif dalam mendesain serta mendekorasi ulang ruangan di rumah kita. Banyak hal bisa kita eksplorasi untuk membuat tampilan sebuah ruangan menjadi baru.

Dan berikut ini adalah beberapa langkah sederhana namun efektif untuk menciptakan tampilan baru sebuah ruangan. Dan yang pasti, tips-tips berikut ini tak akan menguras kantong Anda. Penasaran? Berikut ini poin-poinnya:

1. Mengecat ulang dinding ruangan

Ya, mengganti cat lama dengan cat yang baru selalu ampuh dalam menyajikan tampilan yang baru serta berbeda untuk sebuah ruangan. Harga cat yang cukup terjangkau tentu tak akan memberatkan kantong Anda. Anda bisa melakukan pengecatan sendiri dan tak perlu menyewa jasa tukang karena pengecatan adalah hal yang mudah dan bisa dilakukan semua orang.

Untuk warna cat yang baru, maka pilih warna yang lebih segar dari warna cat sebelumnya. Anda bisa menggunakan warna-warna seperti hijau atau biru yang mampu membawa nuansa baru di ruangan Anda.

Warna Cat yang Meriah Untuk Merubah Suasana Didalam Ruangan

2. Terapkan 3R (Reduce, Reuse, Recycle)

Saat niat Anda untuk mendekorasi ulang sebuah ruangan berbenturan dengan dana yang terbatas, maka sekali lagi kreativitaslah yang harus bermain. Anda bisa menerapkan prinsip 3R (Reduce, Reuse, Recycle) dengan cara memanfaatkan barang-barang yang tidak terpakai di rumah Anda. Gunakan botol atau kaleng bekas sebagai tempat pensil atau vas bunga, namun Anda perlu menghiasnya sebelum digunakan.

Selain itu, Anda bisa membuat kotak tissue atau tempat majalah dari kardus atau kotak bekas yang telah dihiasi atau dibungkus kertas warna-warni. Tempatkan barang-barang daur ulang tersebut di ruang tamu dan Anda bisa menunjukkan hasil karya Anda pada teman-teman Anda.

Meja/Cabinet Penyimpanan Dari Kayu Bekas yang Didaur Ulang

3. Beri pencahayaan tambahan

Terkadang, memberikan pencahayaan pada beberapa sudut ruangan dapat membuat tampilan ruangan menjadi lebih cerah. Tempatkan lampu warna-warni yang disertai kap lampu yang unik. Kap lampu ini banyak dijual dengan harga yang cukup murah. Atau, Anda bisa membuat kreasi kap lampu sendiri yang dibuat dari botol plastik atau bola plastik bekas yang dicat, dibentuk, dan diwarnai sesuai keinginan.

Untuk memilih lokasi yang tepat dalam menempatkan pencahayaan tambahan, Anda bisa memilih area yang jarang dimanfaatkan. Area bawah tangga adalah area yang potensial untuk ditempatkan pencahayaan tambahan. Selain untuk menicptakan kesan artistik di ruangan tersebut, area bawah tangga yang diberi pencahayaan akan menghilangkan kesan gelap dan berdebu.

Dekorasi Ruangan Dengan Memanfaatkan Lampu Unik Berbahan Botol Daur Ulang

4. Pasang cover pada dinding dan langit-langit

Dinding dan langit-langit yang bocor dan berlubang merupakan pemandangan yang dapat merusak estetika ruangan Anda. Namun, untuk memperbaiki itu semua, tentu Anda membutuhkan biaya yang tak sedikit. Untuk mengakalinya, Anda bisa beralih ke wallpaper atau wall sticker untuk menutupi bagian yang berlubang.

Pilih wallpaper atau wall sticker yang bercorak seperti corak bunga, kartun, atau hanya guratan-guratan warna saja. Dengan demikian, maka dinding dan langit-langit yang semula tampak kusam dan tidak berlubang kini menjadi tertutupi dan berganti ke tampilan yang lebih menarik.

Dekorasi Interior Ruangan Dengan Wallpaper

5. Tempatkan bunga di samping sofa atau di atas meja tamu

Bunga tak pernah gagal dalam menciptakan kesan ruangan yang asri. Bunga yang segar dan berwarna–warni mampu seketika menghadirkan tampilan ruangan yang lebih cantik. Dengan wanginya yang khas, tentu dapat memberikan kesegaran alami pada ruangan. Maka dari itu, selalu letakkan bunga-bunga segar terutama di ruang tamu Anda.

Bila tak dapat menyajikan bunga yang asli di ruang tamu Anda, maka Anda bisa menggantinya dengan bunga plastik yang tentu tak kalah cantiknya.

6. Mengganti gorden yang lama dengan yang baru

Tak banyak orang menyadari bahwa gorden juga mampu memberikan nuansa baru dan berbeda pada ruangan. Dan yang pasti, harga seperangkat gorden tentu lebih murah dibandingan merombak total ruangan di rumah Anda. Untuk itu, mengganti gorden yang alam dengan yang baru dapat juga menjadi salah satu cara dekorasi ruangan yang lebih murah.

7. Mengecat ulang aksesoris dan hiasan meja dengan cat semprot

Salah satu ide kratif yang bisa diterapkan dalam mendekorasi ruangan adalah dengan memanfaatkan aksesoris, cenderamata, dan hiasan meja seperti patung, boneka keramik, atau botol parfum yang berbentuk unik. Kumpulkan benda-benda tersebut dan cat ulang menggunakan cat semprot yang dapat dibeli di pasaran serta harganya pun cukup murah.

Letakkan benda-benda tersebut di atas meja atau di dalam kotak kaca. Hal ini merupakan ide unik yang tak banyak diterapkan oleh orang-orang. Sehingga, tamu-tamu yang datang ke rumah Anda akan mengapresiasi ide ini.

..

Architectaria – Arsitek dan Perencana

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

No Comments Yet.

Leave a Comment