5 Home Appliances yang Penting untuk Rumah Anda

home appliance

Beberapa home appliances yang dapat membantu mengerjakan pekerjaan rumah tangga menjadi lebih mudah.

Memelihara dan membersihkan rumah merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan, sekaligus melelahkan. Terlebih, pekerjaan rumah tangga bukan hanya itu, kita masih harus dihadapkan pada kewajiban memasak, mencuci piring, dan mencuci baju. Apalagi bila ukuran rumah Anda tergolong cukup besar dan Anda tidak memiliki Asisten Rumah Tangga untuk membantu kegiatan harian Anda. Tentu, hal ini akan sedikit merepotkan. Dalam hal ini, tentu peran home appliances cukup besar. Pemilihan home appliances yang benar dan sesuai tujuan tentu dibutuhkan untuk membantu Anda mengerjakan pekerjaan rumah tangga lebih mudah dan lebih cepat.

Untuk itu, berikut ini kami hadirkan 5 home appliances yang signifikan dan esensial untuk membantu pekerjaan rumah tangga Anda. 5 home appliances ini tidak hanya bisa Anda terapkan untuk rumah Anda, tapi juga bisa Anda hadirkan sebagai kado atau hadiah untuk rekan Anda.

dishwaser

Dishwaser (Mesin Cuci Piring)

1. Dishwashers / Mesin Pencuci Piring

Dishwasher atau mesin pencuci piring otomatis ini tergolong home appliances yang cukup ‘mewah’. Tak ayal, jarang sekali rumah tangga yang memiliki alat ini, karena memang harganya yang cukup mahal. Alat ini lebih banyak kita temui di restoran atau hotel. Padahal, dengan adanya home appliances satu ini, Anda tidak perlu repot – repot harus mencuci piring setiap hari, terlebih bila Anda tipe orang yang malas untuk mencuci piring atau Anda sudah cukup sibuk dengan pekerjaan dan tidak memiliki cukup banyak waktu untuk mengerjakan pekerjaan rumah tangga. Dengan adanya mesin pencuci piring ini, Anda tak perlu khawatir akan kelelahan dalam mengerjakan pekerjaan rumah tangga setiap harinya.

mesin cuci (wash machine)

Mesin Cuci

2. Mesin Cuci dan Pengering

Mesin cuci saat ini hampir bisa kita temui di rumah – rumah, terutama di kota – kota besar dimana kedua orang tua sibuk bekerja. Mesin cuci sangat diandalkan dalam mencuci pakaian – pakaian kita aehari – hari, karena hanya dengan memasukkan pakaian kotor ke dalamnya, menambahkan deterjen, dan mengoperasikan alat ini, kita bisa mendapatkan pakaian kita bersih kembali. Selain mesin cuci, pengering juga sangat diandalkan, terlebih bila di musim hujan dimana susah sekali mendapatkan sinar matahari untuk menjemur pakaian. Mesin pengering mungkin cukup jarang ditemui di rumah – rumah, dan lebih banyak ditemui di usaha laundry.

Dengan menggunakan mesin pengering di rumah Anda, maka konsekuensinya tagihan listrik Anda akan bertambah. Untuk itu, sebaiknya gunakan mesin pengering seminimal mungkin dan gunakan sinar matahari untuk mengeringkan pakaian Anda. Jangan lupa, pilih mesin cuci dan mesin pengering yang memiliki fitur energi efisiensi dan hemat air, sehingga Anda bisa mengontrol penggunaan listrik dan air di rumah Anda.

portable air conditioner

Portable Air Conditioner

3. AC portable dan pemanas ruangan

AC sangat diandalkan, terutama untuk kondisi iklim dan cuaca yang cukup panas seperti di kota – kota besar di Indonesia. Dengan menginstal AC di rumah, Anda bisa mendapatkan sensasi sejuk dan dingin di rumah. Untuk pemanas ruangan, mungkin alat tersebut kurang banyak dipakai di Indonesia, terutama karena kondisi iklim di Indonesia yang sudah cukup hangat. Pemanas ruangan lebih banyak digunakan di area – area pegunungan yang biasanya dingin dan berkabut. Tapi, jangan lupa untuk selalu memperhatikan fitur energi efisiensi pada kedua home appliances ini. Hal ini untuk menghindarkan tagihan listrik Anda yang besar.

4. Microwaves

Microwave merupakan home appliances, atau lebih tepatnya kitchen appliances yang cukup sering digunakan, di samping oven. Sehingga, alat ini bisa dikategorikan sebagai alat yang cukup esensial dan signifikan dalam membantu pekerjaan rumah tangga, terutama untuk memasak.

kitchen appliances

Kitchen Appliances (Kompor, Oven, Microwave)

5. Ranges dan oven

Di samping microwaves, Anda bisa juga memilih oven untuk mempermudah Anda dalam memasak. Oven dan microwaves bisa berperan saling menggantikan. Namun, banyak yang lebih memilih oven karena daya tahan yang lama serta kualitas yang lebih baik. Selain itu, ranges juga salah satu home appliances yang berperan penting dalam membantu Anda mengerjakan pekerjaan rumah tangga. Ranges sendiri merupakan kumpulan beberapa home appliances yang terdiri induksi, gas , dan kumparan elektrik. Memiliki alat – alat ini sangat penting, terutama bagi Anda yang memang suka memasak, khususnya memasak kue.

Selain kelima home appliances di atas, masih ada beberapa home appliances yang signifikan dan esensial, misal kulkas, bath up, shower, mesin penyedot debu, dan masih banyak lagi. Meski keberadaan home appliances tersebut sangat bermanfaat untuk membantu menyelesaikan pekerjaan rumah tangga, jangan sampai Anda menjadi kalap dan membeli semua peralatan tersebut sehingga tagihan listrik Anda membengkak. Ada baiknya sebelum membeli home appliances, sesuaikan terlebih dahulu dengan tingkat kebutuhan dan pemakaian alat tersebut. Jangan sampai Anda membeli alat – alat yang justru nantinya tidak banyak terpakai.

Selamat mencoba 🙂

..

Architectaria – Arsitek dan Perencana

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

No Comments Yet.

Leave a Comment