4 Warna Cat Eksterior Yang Akan Menambah Daya Tarik Rumah Anda

cat-eksterior-rumah-1

Tips desain eksterior rumah – Informasi mengenai pemilihan warna cat yang cocok untuk eksterior rumah Anda agar tampilannya lebih menawan.

Tampilan visual eksterior rumah Anda merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan karena akan mempengaruhi nilai dari keseluruhan tampilan rumah. Terkadang, para pemilik rumah hanya mengkhawatirkan penataan interior rumah saja sehingga mereka lupa untuk memberikan perhatian khusus pada tampilan eksterior rumah.

Tampilan eksterior rumah yang segar merupakan salah satu cara tercepat dan paling efektif untuk membuat rumah Anda semakin menarik. Sudah pasti Anda menginginkan agar rumah Anda menjadi pusat perhatian. Tetapi perlu Anda perhatikan bahwa cat eksterior rumah Anda, haruslah terlihat harmonis dengan cat rumah tetangga agar warna yang dihasilkan terlihat natural.

Berikut ini adalah 4 warna cat eksterior yang akan menambah daya tarik rumah yang Anda miliki.

  1. Nuansa hijau dan coklat

VariasiĀ  nuansa hijau dan coklat merupakan warna yang paling mudah dibaurkan dengan suasana alam sekitar. Pemilihan nuansa warna hijau dan coklat yang lebih gelap dirasa paling cocok untuk menyamai warna natural alam sekitar. Jika Anda ingin memasukkan warna lain, disarankan untuk memilih warna sedikit merah agar tampilannya sempurna jika di kombinasikan dengan warna hijau dan coklat. Seperti yang sudah diketahui bahwa untuk membuat tampilan eksterior rumah lebih hidup, maka Anda harus mencampurkan warna yang saling berlawanan yang bisa dilihat pada color wheel (roda warna).

Warna hijau dan merah saling berseberangan maka warna yang dihasilkan jika keduanya dikombinasikanĀ  akan membuat tampilan eksterior rumah Anda lebih hidup. Perlu Anda ingat bahwa warna kombinasi tidak boleh warna merah asli karena nantinya akan membuat tampilan eksterior menjadi membosankan dan cenderung terlihat tidak ekslusif. Anda bisa menetralkan warna agar tidak terlihat terlalu mencolok dengan memberikan sedikit aksen warna abu-abu.

Warna-warna natural seperti biru dan hijau akan sangat sempurna bila dikombinasikan dengan warna coklat. Campurlah warna coklat cerah yang sedikit cenderung ke arah warna tan untuk mencerahkan keseluruhan tampilan warna eksterior. Untuk memberikan kombinasi yang lebih menarik, Anda dapat mengecat pintu garasi di sebelah pintu utama dengan warna coklat yang lebih gelap.

Jika pintu depan Anda terbuat dari kayu, mengkombinasikannya dengan warna hijau akan lebih membuat daya tarik eksterior lebih menonjol.

  1. Warna biru gelap dan biru terang

Jika Anda memilih untuk membuat tampilan rumah terlihat segar dan menawan, Anda dapat memilih warna biru yang memiliki shades atau nuansa biru gelap dan terang. Warna biru dipercaya mampu memberikan efek menenangkan. Selain itu shade warna biru yang lain juga memberikan efek menyegarkan. Warna biru dapat dikombinasikan dengan warna abu-abu dan putih pucat.

Anda juga dapat menambahkan aksen warna hijau jika ingin lebih membuat eksterior rumah terasa menyejukkan. Karena warna biru bukan merupakan warna natural, memang butuh sedikit keberanian untuk menggunakannya pada cat eksterior rumah Anda. Anda tidak perlu takut untuk menggunakan warna biru, karena Anda bisa mensiasatinya dengan memilih warna yang sedikit terang atau gelap yang dikombinasikan dengan warna abu-abu.

Dengan melakukan hal ini, maka cat dinding yang dihasilkan oleh kombiasi kedua warna tidak akan terlihat mencolok dan pastinya akan sedap dipandang mata.

cat-eksterior-rumah-2

Desain Eksterior Rumah Dengan Cat Warna Putih

  1. Warna netral

Warna-warna natural sangat menyatu secara sempurna dengan alam sekitar. Warna netral seperti warna putih, beige, dan krem tergolong memiliki karakteristik warna yang hangat. Warna-warna hangat akan sangat mudah di kombinasikan dengan warna terang yang lain karena warna hangat mampu menetralkan tampilan warna terang agar tidak terlalu mencolok mata.

  1. Warna putih dan hitam

Untuk mendapatkan tampilan eksterior yang terlihat klasik dan tradisional, Anda dapat memilih cat berwarna putih pucat yang dikombinasikan dengan warna hitam. Untuk menambah nuansa yang lebih tradisional, warna hitam dan putih sangat sesuai bila ditambahkan dengan elemen natural seperti pintu kayu yang juga akan memberikan tampilan yang lebih sempurna karena setiap lekukan pintu kayu akan terlihat begitu elegan.

Selain itu, warna hitam dan putih akan memberikan dimensi baru apabila Anda mampu memberikan highlight warna pada permukaan warna hitam dan putih.

Demikianlah beberapa informasi mengenai 4 warna cat eksterior yang akan membuat tampilan rumah Anda terlihat lebih menarik dan mempesona. Ke empat kombinasi warna cat eksterior tersebut akan membuat tampilan lebih segar dan tentunya menambah nilai bagi rumah Anda. Warna tradisional tidak berarti harus terlihat membosankan.

Dengan sedikit kreatifitas dan imajinasi, Anda mampu memberikan dimensi lain yang tentunya tidak akan membuat rumah terlihat tidak berwarna karena eksterior yang menarik mampu membuat rumah Anda menjadi menonjol dan luar biasa. Kini saatnya bagi Anda untuk berkreasi sesuai dengan keinginan Anda.

Jangan lupa untuk meminta bantuan seseorang profesional jika Anda ragu dengan pilihan warna yang ingin Anda terapkan.

Selamat mencoba šŸ™‚

..

architectaria.com |Ā Arsitek, Desain Interior, General Contractor

Untuk Anda yang berada diwilayah JABODETABEK dan membutuhkan jasa arsitek, desain interior dan jasa kontraktor untuk membangun/merenovasi rumah, silahkan menghubungi kami melalui nomor: 081229400888, 087710400888, 021-83836281, atau 0251-9195383 (Bogor).

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

No Comments Yet.

Leave a Comment