12 Jenis Fitur-Fitur Pendukung Pada Taman (Bagian II)

desain taman dirumah

Beberapa fitur-fitur pendukung yang penting untuk dihadirkan pada taman demi menambah sisi artistik dan fungsional pada taman itu sendiri.

6. Dapur Outdoor

Tak hanya elemen-elemen kecil yang sifatnya dekoratif saja yang bisa Anda tampilkan di taman. Elemen yang cukup besar seperti halnya dapur outdoor juga merupakan salah satu elemen pendukung pada taman yang bisa Anda pilih. Seperti pada artikel yang ditampilkan beberapa hari yang lalu, disitu menyebutkan bahwa dapur outdoor dapat difungsikan ketika sang pemilik rumah ingin menggelar garden party atau pesta barbeque. Jika Anda memilih dapur outdoor ini untuk mendukung tampilan taman Anda, Anda bisa membuatnya cukup sederhana tanpa budget yang mahal. Tatanan dapur tak perlu rumit, cukup hadirkan barang-barang wajib seperti pemanggang, tungku api, meja, kursi panjang, dan patio atau payung besar sebagai alasnya. Jangan lupa untuk menempatkan beberapa alat masak penting lainnya, yakni pisau, garpu, sendok, dan alat pemotong lain. Maka, sebuah dapur outdoor yang minimalis nan fungsional dapat dihadirkan pada taman di rumah Anda.

kitchen outdoor 2

Outdoor Kitchen Sebagai Fitur Untuk Taman

7. Jalan setapak

Ketika merawat tumbuhan dan rerumputan yang Anda tanam di taman, Anda mungkin sering menghadapi masalah dimana rumput-rumput atau tumbuhan yang baru ditanam terinjak oleh anak-anak dan binatang peliharaan yang berkeliaran di area taman tersebut. Untuk itu, ada baiknya Anda membangun jalur khusus di area taman yang berfungsi untuk lalu lalang. Jalur khusus itu bisa berupa jalan setapak yang dibangun dari batu hampar. Keberadaan jalan setapak ini juga dapat memberikan arahan bagi tamu yang datang ke rumah Anda, sehingga mereka bisa tahu dimana harus melangkah dan berjalan untuk menikmati keindahan taman Anda tanpa takut akan merusak rumput atau tanaman di area tersebut.

desain lanskap - jembatan kayu

Jalan Setapak (Pathway) Untuk Fitur Taman

8. Anjang-anjang/Pergola

Anjang-anjang atau sebuah bangunan kecil di area luar rumah meruapakan salah satu opsi bagi Anda yang ingin menghadirkan elemen tambahan pada taman. Bentuknya hampir menyerupai gazebo, hanya saja anjang-anjang ini lebih sederhana dan berupa frame dimana area di bawahnya bisa dimanfaatkan untuk area menumbuhkan tanaman. Bisa juga pergola ini digunakan untulk tempat yoga atau bersantai sembari berbaring dan menikmati keindahan serta suasana taman Anda.

gazebo kayu dengan atap ijuk

Gazebo dan Pergola Untuk Fitur Taman

9. Patung/karya seni pahatan

Patung atau benda-benda pahatan lain akan sangat menarik bila ditempatkan di sekitar taman. Warna abu-abu yang cenderung gelap yang dipadupadankan dengan warna hijau yang berasal dari tumbuh-tumbuhan di taman bisa berkombinasi secara selaras, sehingga kehadiran patung tersebut bisa menjadi ornamen yang menarik pada taman. Tak hanya memberikan variasi warna pada taman, keberdaan patung-patung ini, terutama yang berbahan batuan, dapat memberikan tekstur pada taman itu sendiri. Benda ini juga mampu menciptakan kesan padat dan kuat yang mampu menjadi penyeimbang dari kesan halus dan lembut dari bunga-bunga dan tanaman hias yang tumbuh di sekelilingnya.

taman bergaya bali 2

Patung dan Ukiran Batu Untuk Fitur Taman

10. Seni instalasi atau karya seni lain

Di masa modern ini, seni instalasi banyak dipertontonkan di media – media. Seni ini memang masih tergolong baru dan cukup menarik karena banyak hal yang bisa dilakukan untuk berkreasi dengan seni instalasi, salah satunya dengan memanfaatkan barang-barang bekas untuk disusun menjadi objek seni yang indah. Barang-barang seperti sedotan bekas, kertas bekas, dan botol-botol bekas dapat disulap menjadi karya seni yang indah, unik, dan layak untuk dipajang. Maka dari itu, menghadirkan seni instalasi sebagai unsur dekoratif taman merupakan salah satu inovasi yang baik, namun jarang dilakukan. Untuk Anda yang tertarik dengan dunia seni, tak ada salahnya memilih seni instalasi ini pada taman di rumah Anda.

Selain seni instalasi, seni topiari atau seni memangkas tanaman yang dapat dibentuk menjadi berbagai rupa juga merupakan ide brilan untuk diterapkan pada taman. Seni topiari ini akan nampak cantik dan pas ditempatkan pada taman dengan area yang cukup luas. Meskipun terlihat mudah, seni topiari sebenarnya sulit untuk dibuat. Semakin rumit bentuk tanaman, tentu semakin tinggi skill yang dibutuhkan. Sehingga, mungkin Anda memerlukan orang yang ahli dibidangnya untuk menghadirkan seni topiari di taman Anda.

11. Pencahayaan

Saat malam tiba merupakan saat yang menyenangkan bagi pemilik rumah untuk menikmati pemandangan langit di malam hari. Mereka biasa menikmati hal itu di taman, untuk itu penting untuk menghadirkan pencahayaan yang cukup pada taman. Kehadiran pencahayaan ini juga mampu memperkuat tampilan elemen-elemen taman yang lain, seperti air mancur atau patung.

Rumah artistik dengan pagar kayu

Pagar Dengan Material Kayu Keras

12. Pagar/dinding taman

Pagar dan dinding taman ini lebih bersifat protektif pada taman ketimbang bersifat dekoratif, yakni menjaga taman agar tak mudah dihalau oleh orang luar. Tetapi, tak ada salahnya Anda memasukkan unsur-unsur dekoratif pada pagar, seperti menumbuhkan tanaman rambat di sela – sela pagar. Atau, Anda bisa menggantung pot-pot bunga pada dinding taman. Sehingga, pagar atau dinding tersebut tak hanya berdiri sendiri dengan satu fungsi saja, tapi bisa memiliki dua fungsi sekaligus, yakni sebagai pelindung dan juga sebagai pemercantik area taman.

..

Architectaria – Arsitek dan Perencana

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

No Comments Yet.

Leave a Comment