12 Jenis Fitur-Fitur Pendukung Pada Taman (Bagian I)

desain taman dirumah

Beberapa fitur-fitur pendukung yang penting untuk dihadirkan pada taman demi menambah sisi artistik dan fungsional pada taman itu sendiri.

Membangun taman memang terlihat mudah, karena sebagian orang masih berpegangan bahwa hanya dengan menanam tumbuhan dengan bunga yang berwarna-warni, maka taman yang kita impikan sudah terlaksana. Padahal, hanya dengan menghadirkan tumbuh-tumbuhan pada taman saja tak cukup. Kita perlu menghadirkan pula fitur-fitur pendukung lain. Fitur-fitur pendukung itu diperlukan dalam menambah sisi artistik dan fungsional pada taman itu sendiri. Dengan demikian, maka sebuah taman dapat terkonsep dengan baik dan tertata dengan sempurna.

Apakah Anda berniat membangun sebuah taman dengan konsep yang baik? Bila iya, maka setidaknya ada 12 elemen pendukung yang bisa turut Anda hadirkan pada taman di rumah Anda. Elemen-elemen pendukung tersebut tak hanya berperan dalam menambah segi artistik pada taman, tapi juga menambah dan memaksimalkan fungsi tiap sudut taman itu sendiri. Penasaran apa sajakah elemen-elemen pendukung tersebut? Berikut ini ulasannya. Ke 12 elemen pendukung tersebut nantinya akan ditampilkan dalam dua edisi.

1. Bangku taman

Bangku taman yang diposisikan pada taman di rumah Anda dapat memberikan sisi artistik, tapi juga sisi fungsional pada taman. Betapa tidak, bangku taman yang ada saat ini telah dibentuk dan diberi ukiran yang menarik pada sisi-sisinya. Bangku-bangku taman yang cantik ini tak hanya menarik untuk dipandang, tapi juga nyaman untuk digunakan. Terlebih, bangku taman yang di cat dengan warna yang terang dan kontras, seperti merah, kuning, atau oranye, akan mampu membuat suasana taman lebih cerah dan tidak monoton.

meja dan kursi untuk taman

Bangku dan Meja Kayu Sebagai Outdoor Furniture

Selain itu, keberadaan bangku taman juga dapat mengakomodasi kebutuhan Anda yang ingin membaca buku, mendengarkan musik, atau hanya sekedar duduk sembari menikmati teh di sore hari. Sebagai pendukungnya, Anda mungkin memerlukan patio yang dapat melindungi Anda dari panas dan sinar matahari langsung. Atau bila Anda tak ingin menambahkan patio, Anda bisa mengatur untuk meletakkan bangku taman di bawah pohon yang rindang dan cukup teduh, sehingga dapat melindungi Anda dari panas matahari.

2. Air mancur

Seperti apa yang disarankan para ahli bahwa sebuah rumah atau tempat idealnya harus memiliki fitur air. Fitur air ini dimaksudkan untuk memberikan keselarasan dengan alam dan menciptakan nuansa harmoni, terutama untuk area-area di luar ruangan. Dan salah satu fitur air yang bisa Anda bawa ke dalam taman adalah air mancur. Ada berbagai macam ukuran dan varian dari air mancur itu sendiri. Di area-area publik misalnya, kita sering menjumpai air mancur denga ukuran besar. Tetapi, untuk mendukung taman di sekitar rumah, air mancur berukuran kecil saja sudah cukup.

Air mancur ini diharapkan tak hanya memberikan kesegaran pada taman, tapi juga dapat berfungsi sebagai penyedia air bagi burung-burung liar yang kehausan. Dengan melihat banyaknya burung-burung liar yang mampir sejenak dan meminum air di air mancur tersebut, maka dapat tercipta suasana tenang dan sejuk dan merelaksasikan pikiran yang tegang.

kolam air ditaman

Kolam dan Air Mancur Sebagai Fitur Air Pada Taman

3. Kolam

Tak hanya hadir dalam wujud air mancur, fitur air juga dapat dihadirkan dalam bentuk kolam. Keberadaan kolam ini tak hanya indah dan sejuk dipandang, tapi juga memungkinkan sebagai tempat hidup biota-biota air lainnya, seperti ikan, serangga, ganggang hijau,teratai, dan hewan atau tumbuhan lain. Tetapi, penting untuk diperhatikan bahwa memiliki kolam berarti Anda harus siap melakukan perawatan rutin secara berkala untuk menjaga kebersihan dan kesehatan hewan dan tumbuhan yang hidup didalamnya. Anda juga perlu memastikan bahwa di dalam kolam tersebut tak ada binatang atau tumbuhan liar yang tak Anda inginkan. Perawatan dan pembersihan rutin secara berkala juga termasuk menguras kolam dan mengganti air, agar kolam tak dihinggapi jentik-jentik nyamuk berbahaya.

4. Paving

Jika Anda tak ingin area taman Anda becek tatkala hujan, Anda bisa memasang paving di area taman tersebut. Tetapi, pastikan pilih paving yang dapat tembus air yang memungkinkan air meresap melalui celah-celahnya, sehingga tatkala hujan turun dengan sangat deras, air tak akan menggenang dan berakibat banjir.

kerikil ditaman kering

Paving dan Teknik Pencahayaan Pada Taman

Penerapan paving pada taman juga dapat mengurangi intensitas perawatan taman. Taman yang dipasang paving akan lebih mudah dibersihkan. Tetapi, penerapan paving mungkin akan sedikit mengurangi kesan alami pada taman, karena area untuk tumbuhnya rumput dan tanaman lain tentu saja akan berkurang.

5. Perapian

Maksud dari perapian disini bukanlah sebuah tungku api yang biasanya berfungsi untuk menghangatkan badan di kala mudim dingin. Perapian disini adalah tempat atau lubang untuk menyalakan api agar api dapat terkonsentrasi di satu tempat. Keberadaan lubang ini sangat fungsional tentunya, karena lubang ini dapat dimanfaatkan sebagai tempat membakar dedaunan kering serta sampah-sampah lain yang ada di taman. Dengan membuat lubang perapian ini, maka proses pembakaran daun-daun kering tak akan menjalar kemana-mana.

Bersambung ke Bagian II

..

Architectaria – Arsitek dan Perencana

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

No Comments Yet.

Leave a Comment