10 Tanaman Ampuh Penangkal Nyamuk

nyamuk_1Sepuluh tanaman pengusir nyamuk yang bisa ditanam di halaman atau pekarangan rumah dan dimanfaatkan dengan cara dioles pada kulit atau disemprotkan ke ruangan.

Membasmi nyamuk dengan menggunakan bahan kimia tentu bukan hal yang bijak. Bahan kimia pada cairan pembasmi nyamuk bisa berdampak buruk pada kesehatan kita, kesehatan hewan peliharaan, kondisi udara dan lingkungan sekitar. Sebagai alternatif, kita bisa memilih tumbuhan sebagai bahan alami pengusir nyamuk. Beberapa tumbuhan tidak disukai nyamuk karena bau yang dikeluarkannya.

Dengan demikian, Anda bisa memanfaatkan bagian tanaman tersebut dan mengusapkannya sedikit pada kulit atau pakaian yang kita kenakan. Yang pasti, beberapa tanaman tersebut tak hanya berguna, tapi juga sedap dipandang. Apa sajakah tanaman pengusir nyamuk itu?

1. Citronella grass

Jika Anda tinggal di lingkungan beriklim tropis, Citronella grass atau yang lebih dikenal sebagai Lemon Grass ini patut Anda jadikan opsi karena tanaman ini merupakan salah satu tanaman yang tidak disukai nyamuk. Citronella grass menghasilkan minyak Citronella yang biasanya dimanfaatkan sebagai bahan pembuat lilin dan lentera untuk mencegah nyamuk agar tidak mendekat. Anda bisa menanamnya di halaman rumah Anda, kemudian mengambil minyaknya dan oleskan pada kulit atau pakaian.

2. Tanaman kacang kedelai

Siapa tak tahu tanaman kedelai. Kedelai yang menjadi bahan utama pembuat tempe ini ternyata juga bisa digunakan sebagai bahan alami penangkal nyamuk. Bagian yang dimanfaatkan adalah minyak yang terkandung dalam biji kedelai. Anda bisa mengoleskannya dikulit dan beraktifitas di malam hari dengan nyaman tanpa khawatir gigitan nyamuk. Minyak kedelai ini juga berguna sebagai pelembab kulit yang alami.

3. Catnip

Catnip merupakan sejenis tanaman herbal yang mampu mengusir nyamuk. Tanaman ini cocok ditanam di area sekitar Patio. Cara memanfaatkan tanaman ini yakni dengan mengambil rantingnya, kemudian letakkan di dekat area di mana kita berada, entah itu di meja atau di dekat tempat tidur. Anda juga bisa membuat semacam bahan semprotan pengusir nyamuk alami dari Catnip ini.

Caranya dengan mengambil kira – kira 2 cangkir Catnip yang sudah dicuci, lalu rebus. Setelah itu, masukkan Catnip dalam botol, tambahkan 3 – 4 cangkir cuka. Tutup rapat – rapat dalam botol gelap dan tertutup dan diamkan selama 2 minggu. Cairan catnip tersebut bisa disimpan selama 6 bulan. Jika ingin menggunakannya, pindahkan sedikit cairan dalam botol ke botol sprayer, lalu semprotkan pada kulit atau ruangan.

4. Pohon Nemba

Pohon Nemba menghasilkan Neem Oil yang terbukti ampuh melawan serangan nyamuk. Tak hanya itu, Neem oil juga bisa digunakan sebagai insektisida alami untuk membasmi hama seperti lalat putih, kutu, agas, kumbang, hingga tungau. Neem oil juga bisa membuat tanaman lebih tahan jamur dan beberapa penyakit tanaman.

bunga-lavender

Bunga Lavender, Tumbuhan Penangkal Nyamuk

5. Lavender

Tanaman satu ini sudah kerap kita dengar khasiatnya dalam menangkal nyamuk. Ya, Lavender memang kerap digunakan dan dipilih sebagai bahan campuran obat anti nyamuk. Di samping itu, Lavender memiliki wangi harum yang semerbak, dengan tampilan warna ungu nan cantik, cocok dijadikan tanaman penghias halaman rumah. Lavender bisa dimanfaatkan dengan mengambil minyak atau sari – sarinya, kemudian oleskan pada kulit untuk menghindari nyamuk.

6. Basil

Tanaman ampuh penangkal nyamuk ke enam adalah Basil. Basil biasa ditanam dalam pot – pot kecil di teras rumah atau di area sekitar Patio. Bagian yang bisa dimanfaatkan dari tanaman ini untuk mengusir nyamuk adalah daunnya. Usapkan segenggam daun basil yang masih segar ke tangan kita. Otomatis, nyamuk tak akan sudi mendekat.

7. Lemon

Lemon yang kita kenal tentu merujuk pada nama buah segar berwarna kuning. Dengan bau harumnya yang segar, siapa sangka bahwa justru hal itulah yang sangat dibenci nyamuk. Wangi Lemon ini tidak hanya bisa kita dapatkan dari tanaman Lemon itu sendiri, tapi juga tanaman lain yang memiliki aroma sejenis lemon, misalnya Lemon Thyme, Lemon Grass (Citronella), Lemon Basil, dan Lemon Oregano.

8. Marigold

Tanaman Marigold bisa Anda jadikan alternatif tumbuhan penangkal nyamuk pada halaman rumah. Namun, usahakan agar lokasi penanamannya agak jauh dari rumah, karena Marigold cenderung mengeluarkan bau yang tidak begitu sedap. Marigold lebih tepat difungsikan sebagai tanaman pengusir nyamuk di halaman sekitar rumah. Marigold bisa juga digunakan untuk menangkal kutu, hama, atau tungau yang menyerang tanaman.

9. Rosemary

Tanaman rosemary mengandung minyak ekstraksi yang ampuh untuk mengusir nyamuk. Tanaman ini biasa ditanam di pot – pot kecil. Saat suhu udara cukup hangat, Anda bisa menaruhnya di luar rumah. Namun jika suhu mulai dingin, Anda mesti memasukkan tanaman ini ke dalam karena rosemary tergolong tanaman yang tidak tahan dingin.

10. Bawang putih

Aroma bawang putih yang cukup tajam ternyata juga tidak disukai nyamuk. Untuk itu, Anda bisa memilih tanaman bawang putih untuk ditanam di pekarangan rumah Anda. Hasilnya bisa Anda manfaatkan sebagai bumbu dapur, sekaligus pengusir nyamuk. Anda bisa mengoleskannya pada kulit atau bahkan memakannya untuk menghindarkan diri dari gigitan nyamuk.

Selamat mencoba 🙂

..

architectaria.com | Arsitek, Desain Interior, General Contractor

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

No Comments Yet.

Leave a Comment