10 Langkah Mudah dalam Memasang Ubin Mozaik untuk Lantai

lantai mosaic_2

Bagaimana memasang ubin mozaik yang benar untuk penggunaan pada lantai, dengan memperhatikan pemilihan grout dan sealer yang berkualitas untuk melindungi ubin agar tidak mudah retak/disposisi.

Efek mozaik yang dihadirkan oleh ubin mozaik mampu mengubah nuansa rumah yang semula terlihat monoton menjadi lebih hidup. Apapun jenis dan bentuk ubin mozaik, mulai dari segi empat, segi enam, hingga lingkaran, masing – masing menawarkan keunikan dan nilai artistiknya sendiri. Ubin mozaik dekoratif yang dipasang pada lantai biasanya memiliki tipe dan karakter tertentu. Selain itu, tidak semua bahan bisa dijadikan ubin mozaik. Beberapa bahan yang bisa digunakan misalnya marmer, porselain, kayu, keramik, hingga batu – batuan alam.

Jika kemarin kita telah membahas macam – macam ubin mozaik serta kelebihan dan keuntungannya, kini kita akan mengetahui bagaimana memasang ubin mozaik yang benar, termasuk persiapan yang mesti dilakukan.

1. Tentukan motif, warna, dan tekstur ubin sesuai konsep ruangan

Sebelum memasang ubin mozaik dekoratif, terlebih dahulu lakukan observasi pada konsep dan ruangan di mana ubin ini akan dipasang. Sebab, desain atau tema ruangan turut menentukan pemilihan warna, bentuk, dan ukuran ubin yang akan dipilih.

2. Lihat dulu sample atau contoh ubin mozaik yang sudah terpasang

Sebelum memulai memasang ubin mozaik, ada baiknya Anda mencari referensi serta contoh ubin yang sudah terpasang di lantai. Sebab, ada kalanya sebuah ubin nampak indah, namun begitu dipasang di lantai, tampilannya menjadi kurang menarik. Untuk itu, sebaiknya mintalah sample atau contoh dari supplier ubin mozaik ini, atau Anda bisa mencari contohnya sendiri di internet. Pastikan bahwa ruangan yang yang digunakan sebagai contoh memiliki tipe dan tema yang hampir sama dengan ruangan Anda.

3. Mulailah dengan membersihkan lantai/tempat di mana ubin akan dipasang

Setelah Anda menentukan ubin mozaik yang akan Anda gunakan di sini, Anda bisa mulai melakukan pemasangan. Namun, sebelumnya pastikan agar permukaan tempat di mana akan dipasangi ubin ini bersih dari debu dan kotoran.

lantai mosaic_1

Desain Interior Kamar Mandi Modern dengan Lantai Mozaik

4. Gunakan sealer pada lantai sebelum dipasangi ubin

Untuk menjaga agar posisi ubin mozaik tidak mudah bergeser ketika diinstal di lantai, sebaiknya gunakan stone sealer terlebih dahulu pada lantai. Setelah diaplikasikan, butuh waktu sekitar 2 hingga 3 jam untuk agar ubin dan sealer bisa menempel dengan baik

5. Haluskan bagian belakang ubin mozaik

Ada beberapa ubin yang alasnya sudah halus, tapi ada juga beberapa ubin mozaik dengan bagian belakang yang masih kasar. Untuk itu, Anda perlu sedikit menghaluskannya, bisa dengan pisau atau dengan grinder dari logam. Pertama, lepaskan plastik pelindung yang ada di bagian belakang ubin. Setelah itu, baru memulai proses penghalusan. Hati – hati saat melakukan proses ini dan jangan sampai menekan terlalu keras, sebab akan mengakibatkan ubin menjadi retak dan patah.

6. Bersihkan debu dan sisa – sisa ubin

Paska dilakukan proses pengkilapan, pastinya akan ada debu – debu dan serpihan ubin yang tersisa. Dengan menggunakan sapu pembersih atau alat penyedot debu, pastikan untuk membersihkan kotoran – kotoran ini sebelum pemasangan ubin mozaik.

7. Siapkan thinset yang akan digunakan sebagai perekat ubin mozaik

Agar ubin mozaik bisa merekat dengan sempurna pada lantai, gunakan thinset dari campuran semen dengan ketebalan yang sedang, sekitar 2-5 mm.

8. Atur penempatan ubin mozaik

Jika thinset sudah diletakkan di lantai, kini saatnya pemasangan ubin mozaik. Dalam meletakkan ubin – ubin ini, beri sedikit penekanan agar bagian bawah ubin dengan thinset bisa merekat kuat. Dalam penataan ubin, perlu juga diperhatikan pola – polanya, apakah ada motif, pola, atau alur tertentu yang mesti diikuti untuk mempertegas efek mozaiknya.

9. Bersihkan seluruh permukaan ubin mozaik

Jika seluruh ubin mozaik telah terpasang dengan sempurna di lantai, segera bersihkan permukaannya dengan spons basah untuk mempertahankan kilapnya serta untuk membersihkan thinset semen yang meluber / mengenai permukaan ubin sebelum mengering. Jika thinset ini sudah terlanjur mengering, maka akan semakin sulit dibersihkan.

10. Diamkan selama 24 jam

Sebelum permukaan ubin mozaik ini digunakan untuk beraktifitas atau digunakan untuk meletakkan barang – barang, sebaiknya diamkan dulu selama 24 jam agar thinset mengering dengan sempurna, sehingga ubin tidak mudah bergeser atau retak.

lantai mosaic_3

Desain Interior Dapur Modern dengan Lantai Mozaik

11. Akhiri dengan proses grouting

Grouting atau grout merupakan perekat yang biasanya ada di antara satu ubin dengan ubin yang lain. Gunanya agar masing – masing ubin tidak berdempetan yang bisa menyebabkan disposisi atau keretakkan jika permukaan ubin berbenturan. Pilih jenis non sand grout serta pastikan agar warna dari grout ini tidak terlalu gelap maupun terlalu terang. Akan lebih baik jika Anda memilih grout dengan warna yang senada dengan warna ubin mozaik.

Tips Penting:

  • Sebelum memulai pemasangan, pastikan permukaan lantai cukup bersih dan juga kering.
  • Gunakan sealer dan grout dengan bahan yang berkualitas baik untuk melindungi ubin mozaik agar tidak mudah retak.
  • Jangan gunakan ubin mozaik berbahan kaca untuk lantai di ruangan.

Selamat mencoba 🙂

..

architectaria.com | Arsitek, Desain Interior, General Contractor

(Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, jika anda menikmati membaca artikel-artikel di web ini, anda dapat berlanggangan untuk membaca artikel ini melalui email. Silahkan klik DISINI jika anda ingin berlangganan membaca artikel dari architectaria.com melalui email).

1 Comment

  1. Teknologi beton yang dikenal masyarakat luas umumnya dipersepsikan sebagai produk yang berfungsi sebagai penunjang konstruksi atau struktur bangunan rumah serta diketahui memiliki keawetan (durability) tinggi. Namun di saat ini beton juga dapat di aplikasikan sebagai material finishing bangunan rumah. Beton decoratif (Concrate Decorative) merupakan penggunaan untuk meningkatkan estetika dari sebuah konstruksi atau struktur – sumber

Leave a Comment